01. DJI Mini SE, drone DJI

DJI IndonesiaDrone DJI Mini SE resmi rilis beberapa waktu lalu. Meski begitu, drone ini hanya dirilis di beberapa wilayah saja, khususnya kawasan dimana drone mulai populer dan berkembang. Mulai dari Amerika Selatan seperti Brasil hingga beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Lantas, seperti apa keunggulannya dan bagaimana perbandingannya dengan drone seri Mini sebelumnya? Berikut ulasannya yang dihimpun oleh tim Doran Gadget untuk Anda.

Keunggulan yang Dimiliki DJI Mini SE

DJI Mini SE memiliki beberapa keunggulan yang menjadi daya tarik utamanya. Mulai dari segi desain, pengoperasian, hingga kompatibilitasnya dengan aksesoris drone DJI lainnya. Tak heran jika DJI Mavic Mini SE disebut-sebut sebagai drone terbaik untuk pemula saat ini.

1. Bobot yang Ringan Layaknya Smartphone

02. DJI Mini SE, drone DJI

Mungkin bagi sebagian orang drone terlihat memiliki bobot yang berat. Namun, anggapan tersebut nampaknya kurang tepat bila melihat spesifikasi bobot DJI Mini SE. Dengan bobot kurang dari 250 gram, membuatnya sangat ringan layaknya bobot smartphone. Sehingga, drone mudah dibawa ke mana saja untuk berbagai keperluan termasuk saat traveling.

2. Mudah Dioperasikan

04. DJI Mini SE, drone DJI

Sebagai drone terbaik yang dirancang khusus untuk pemula, DJI Mavic Mini SE pengoperasiannya sangat mudah. Anda bisa menghubungkannya dengan DJI Fly App dan lakukan konfigurasi dengan mudah untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan.

Terutama untuk mengambil gambar dan merekam video, termasuk menggunakan remote control untuk mendapatkan kualitas HD pada video dan menjangkau jarak hingga 4 kilometer. Selain itu, juga terdapat tutorial menerbangkan drone untuk Anda yang baru pertama kali menggunakannya.

3. Penerbangan yang Aman

06. DJI Mini SE, drone DJI

Tak perlu khawatir ketika menerbangkan drone ini, karena pada bagian baling-balingnya dilengkapi dengan pelindung hingga sudut 360 derajat. Anda pun lebih leluasa menerbangkannya, bahkan di dalam rumah sekalipun bersama keluarga tercinta.

4. Template Mudah  dan Kompatibel untuk Stabilized Gimbal Camera

09. DJI Mini SE, drone DJI

DJI Fly App tidak hanya berfungsi untuk kontrol penerbangan saja. Anda juga bisa melakukan pengaturan gambar, foto, dan video dari hasil rekaman drone. Termasuk melakukan editing yang mudah dengan berbagai macam template yang dapat Anda bagikan di media sosial. Bahkan bagi pengguna yang belum memiliki pengalaman editing sekalipun.

DJI Mini SE pun mampu memberikan hasil foto udara jernih dan tajam dengan resolusi 12 MP dan video hingga 2.7K Quad HD. Hal itu karena didukung adanya Stabilized Gimbal Camera yang membuat kualitas gambar dan rekaman menjadi sangat halus dengan getaran yang minim untuk hasil optimal.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone DJI untuk Pemula

5. Daya Tahan Baterai yang Unggul

05. DJI Mini SE, drone DJI

Melansir dari laman resmi DJI, keunggulan lainnya dari DJI Mavic Mini SE dapat dilihat dari baterai drone yang disematkan. Bobotnya yang ringan membuatnya dapat terbang lebih lama di udara dan mengambil gambar maupun merekam video secara smooth. Dengan sekali pengisian daya hingga baterai penuh, DJI mengklaim drone ini mampu terbang selama 30 menit.

6. Harga DJI Mini SE di Indonesia

07. DJI Mini SE, drone DJI

Tak hanya itu saja, dari segi harga pun DJI Mavic Mini SE juga dapat dijangkau oleh berbagai kalangan. Di pasaran, generasi terbaru Mini Series ini dijual dalam dua paket berbeda. Yakni paket Basic dengan harga Rp4.8 jutaan. Sedangkan bila Anda menginginkan paket lengkap dengan aksesoris atau Combo, dijual dengan harga Rp6.5 jutaan.

Perbandingan DJI Mini SE dengan Seri Sebelumnya

03. DJI Mini SE, drone DJI

Sebenarnya, drone DJI terbaru ini sekilas memiliki spesifikasi yang hampir sama dengan seri Mini sebelumnya. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan tertentu di beberapa bagian maupun fiturnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut perbandingan seri DJI Mini yang perlu Anda ketahui.

Spesifikasi MINI 2 MAVIC MINI MINI SE
Sensor kamera ½.3 Inch ½.3 Inch ½.3 Inch
Resolusi video maks 4K30 2.7K30 2.7K30
Resolusi foto 12 MP 12 MP 12 MP
Berat 239 Gram 249 Gram 242 Gram
Ketahanan angin Level 5 Level 4 Level 5
Maksimum pengoperasian di atas permukaan laut 4000 m 3000 m 3000 m
Transmisi video OcuSync 2.0 Enhanced WiFi Enhanced WiFi
Jarak terbang FCC: 10 Km
CE: 2Km di tempat terbuka
FCC: 4 Km
CE: 500 M di tempat terbuka
FCC: 4 Km
CE: 500 M di tempat terbuka
Format foto JPEG + RAW JPEG JPEG
Kemampuan zoom Ya Tidak Tidak
MicroSD 256 GB 256 GB 256 GB
Sensor rintangan Tidak ada Tidak ada Tidak ada

Selain fitur di atas, perbedaan juga menyangkut pada kompatibilitas aksesoris yang digunakannya. Misalnya saja untuk two way charging hub DJI Mini SE kompatibel dengan Mini 2. Sementara untuk remote control yang digunakan kompatibel dengan miliki drone DJI Mavic Mini.

Untuk baterainya, Mini SE juga kompatibel dengan menggunakan baterai milik Mini 2. Termasuk pula pelindung baling-balingnya. Kemudian, untuk charging port menggunakan kabel dengan tipe Type-C.

Baca juga: 5 Perbedaan Drone DJI Mavic Mini VS DJI Mini 2

Penutup

08. DJI Mini SE, drone DJI

Setidaknya itulah ulasan mengenai spesifikasi, keunggulan, dan perbandingan DJI Mini SE dibandingkan dengan seri Mini lainnya. Anda bisa mendapatkan drone DJI seri Mini di di Doran Gadget yang merupakan authorized dealer DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Jakarta di Indonesia.

Semua produk yang dijual merupakan barang asli dan memiliki garansi resmi dari pabrikan. Anda juga memiliki kesempatan mendapatkan harga terbaik dan promo lainnya di saat-saat tertentu. Informasi lebih lanjut tentang drone DJI dan aksesorisnya bisa Anda dapatkan dengan join di channel Telegram Doran Gadget di smartphone.

Artikel terkait:

×