Panduan Menerbangkan Drone DJI Mini 2 Bagi Pemula

dji mini 2

DJI IndonesiaSaat Anda memilih drone DJI Mini 2, penting untuk mengetahui cara menerbangkannya yang aman. Terutama bagi para pemula yang baru pertama kali menerbangkan drone. Bagaimanakah cara menerbangkan drone DJI Mini 2 ini? Doran Gadget mengulasnya dalam tulisan ini untuk Anda.

Menerbangkan Drone DJI Mini 2

Menerbangkan drone ini sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah, namun harus tetap mengikuti panduan resminya sebagai berikut:

1. Pastikan Lokasi Penerbangan Aman

dji mini (1)

Lokasi penerbangan menjadi syarat utama yang harus diperhatikan pertama. Di sini, Anda harus memilih lokasi yang luas dan bebas dari halangan tertentu. Seperti bangunan dan gedung, tidak terlalu banyak orang, atau menerbangkan di area terlarang seperti di kompleks militer tanpa izin. Hal ini untuk menghindari kerusakan fatal.

2. Nyalakan Drone Pada Mode Normal

dji mini (2)

Gunakan tombol slide untuk mengaktifkan kontroler drone di antara dua tombol mode penerbangan. Anda disarankan untuk menggunakan mode penerbangan normal untuk penerbangan pertama kali. Dengan mode ini, penerbangan menjadi lebih aman dan nyaman.

3. Cek Kembali Baling-Balingnya

dji mini (3)

Setelah mengecek kontroler dan menyalakan mode normal pada drone, pastikan pula baling-baling dalam kondisi baik sebelum diterbangkan. Cek secara seksama apakah ada kerusakan kecil hingga kerusakan berarti seperti retak, tergores atau bagian yang tidak rata dan melengkung. Jangan gunakan baling-baling ketika terjadi kerusakan tersebut. Lalu, segeralah ganti dengan aksesoris baling-baling yang asli.

Baca juga: 10 Aksesoris Drone DJI Mini 2 dan Mavic Mini untuk Traveling

4. Cek Baterai dan Masukkan ke Dalam Battery Port

dji mini (4)

Tidak hanya baling-baling saja yang perlu dicek, tetapi juga pada komponen baterainya. Untuk hal ini, Anda wajib menggunakan Intelligent Flight Battery asli dari DJI. Setelah itu, masukkan baterai ke dalam Battery Port pada badan drone sampai terdengar bunyi ‘klik’. Jika Anda mendengarnya, maka baterai tersebut sudah terpasang dengan aman dan sesuai.

5. Lepas Gimbal Protector Bila Tak Digunakan

dji mini (5)

Drone DJI Mini 2 dilengkapi dengan fitur Gimbal untuk menghasilkan performa dan hasil yang lebih baik. Selain itu, juga dilengkapi Gimbal Protector untuk melindungi dari risiko kerusakan. Sebaiknya, Anda bisa melepas Gimbal Protector ini saat akan diterbangkan. Sebab, jika tak dilepas hal itu akan membuat drone lebih berat dan menimbulkan kerusakan pada bagian dalam.

6. Masukkan MicroSD Pada DJI Mini 2

dji mini (6)

Memori MicroSD digunakan untuk menyimpan data pada saat melakukan perekaman baik itu video maupun foto ketika drone diterbangkan dan membidik objek. Maka, jangan lupa untuk memasukkan MicroSD pada slotnya di badan drone. Pilihlah MicroSD dengan ukuran dan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Letakkan Drone di Tanah

dji mini (7)

Lalu, mulailah melakukan percobaan penerbangan. Anda bisa meletakkan drone pada tanah atau bidang yang rata dan tidak bergelombang lainnya. Pastikan posisi dan letaknya sudah benar, dengan artian tidak miring dan sebagainya ketika diletakkan.

8. Pasang dan Gunakan DJI Fly App

dji mini (1)

Untuk memudahkan, gunakan DJI Fly App yang terhubung pada smartphone sebelum melakukan penerbangan dan lanjutkan dengan mengetuk tombol “Go Fly” pada sisi kanan bawah. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melihat kondisi objek yang akan direkam secara realtime. Sehingga Anda dapat menentukan mana objek terbaik yang akan dibidik.

9. Lanjutkan ke Safety Settings

dji mini (8)

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke bagian pengaturan ketinggian penerbangan dengan cara mengubah RTH DJI Mini 2 saat melakukan pengaturan. Hal ini untuk melakukan penyesuaian agar aman diterbangkan di antara bangunan tinggi. Jangan lupa untuk memahami peraturan penerbangan drone yang berlaku. Sekarang Anda bisa melakukan penerbangan pertama dan menikmati berbagai fitur unggulan pada drone DJI Mini 2 dengan kamera 4K terbaik.

Baca juga: DJI Mini 2: Drone Untuk Pemula Terbaik dan Powerfull

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kesimpulannya adalah ketika menerbangkan drone lakukanlah dengan hati-hati dan secara perlahan. Jangan lupa untuk selalu membaca panduan dengan seksama. Sebab, bila Anda menerbangkannya tidak sesuai dengan panduan resminya, dikhawatirkan drone akan mengalami penurunan performa. Bahkan, bisa saja drone rusak karena pemakaian tidak wajar. Oleh karena itu, tetaplah selalu mengacu pada panduan resmi ketika mengoperasikan maupun menerbangkan DJI Mini 2.

Mendapatkan DJI Mini 2 Terbaik

Kini, Anda bisa mendapatkan Drone DJI Mini 2 terbaik dengan mudah di DJI Surabaya. Barang yang dijual merupakan barang asli dan memiliki garansi resmi. Selain itu, Anda berkesempatan juga mendapatkan harga khusus melalui promo-promo tertentu yang kami tawarkan.

Untuk informasi lebih lanjut dan up to date mengenai drone DJI dan aksesoris lainnya, Anda bisa kunjungi di laman Doran Gadget maupun dengan join di channel Telegram kami di smartphone Anda.