spotify wrapped 2023

Doran Gadget – Sudah memasuki akhir tahun dan Spotify Wrapped telah kembali. Hadir dalam mode yang sedikit berbeda dengan sebelumnya, sudahkah Anda menggunakan Spotify Wrapped 2023 kali ini? Jika belum, ikuti cara menggunakannya di bawah ini. Namun sebelum itu, Anda wajib mengetahui apa itu Spotify Wrapped dan bagaimana cara kerjanya. Yuk intip penjelasan selengkapnya! 

Apa Itu Spotify Wrapped?

spotify wrapped 2023
sc: newsroom.spotify

Spotify Wrapped adalah fitur tahunan yang membocorkan lagu, artis, genre, dan podcast favorit pengguna selama satu tahun. Tradisi tahunan ini telah dimulai sejak tahun 2016. Dirilis setiap musim liburan, ini adalah cara gratis dan menyenangkan bagi pengguna Spotify untuk membagikan selera musik mereka di media sosial sambil mengetahui lebih banyak tentang kebiasaan mendengarkan mereka.

Dalam Spotify Wrapped, Spotify juga memberikan informasi tentang artis, lagu, album, dan podcast paling populer secara global dan regional selama satu tahun terakhir. Fitur ini begitu populer sehingga banyak layanan streaming lainnya kini menawarkan fitur serupa, seperti Apple Music Replay dan My Deezer Year.

Fitur ini tidak hanya memungkinkan pengguna berbangga dengan selera musik mereka tetapi juga memberikan beberapa fitur baru untuk 2023, seperti karakter berdasarkan kebiasaan mendengarkan dan pencocokan pengguna dengan kota berdasarkan preferensi musik mereka. Selain itu, Spotify Wrapped menyajikan feed dengan merchandise, info konser, pesan dari artis, serta hadir dengan AI DJ dan opsi membuat playlist Blend bersama orang lain.   

Baca juga: Cara Memasang dan Menggunakan Spotify di Garmin Smartwatch

Apa Saja yang Ada di Spotify Wrapped?

sc: newsroom.spotify

Spotify Wrapped memberikan gambaran visual tentang lagu, artis, genre, dan podcast yang sering didengarkan dari 1 Januari hingga 31 Oktober, dan bisa berbeda setiap tahunnya tergantung kapan Spotify Wrapped meluncur pada tahun itu. Pengguna dapat berbagi hasil Spotify Wrapped mereka di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, X, dan situs lainnya untuk memamerkan selera musik mereka kepada semua orang.

Untuk tahun 2023 ini, Spotify Wrapped menampilkan kartu atau “cerita” yang mencakup berbagai hal seperti artis teratas, genre teratas, lagu teratas, podcast teratas, dan total menit mendengarkan. Ada juga fitur baru yang menarik untuk tahun ini. Uniknya, mereka merangkum genre yang Anda dengarkan selama tahun ini dalam bentu “sandwich”.

Kemudian ada juga fitur baru yaitu “Me in 2023” menggunakan kebiasaan mendengarkan pengguna untuk memberikan karakter mendengarkan khusus dari 12 karakter yang berbeda. Selain itu, ada juga fitur “Sound Town” yang mencocokkan pengguna dengan kota berdasarkan sejarah mendengarkan mereka. 

sc: newsroom.spotify

Untuk wrapped kali ini, Anda akan mendapatkan hasil tentang deretan daftar di bawah ini yang telah dirangkum selama satu tahun:

  • Top artists
  • Top genres
  • Top songs
  • Top podcasts
  • Minutes listened

Cara statistik untuk menampilkan daftar di atas juga mengalami beberapa pembaruan minor. Lima genre teratas ditampilkan dalam bentuk sandwich, dan lima artis teratas dilengkapi dengan grafik yang menunjukkan seberapa banyak pengguna mendengarkan setiap artis setiap bulan. 

Selama minggu pertama setelah peluncuran Spotify Wrapped 2023, pengguna dapat menggunakan DJ AI Spotify untuk membimbing mereka melalui hasil Spotify Wrapped mereka, memainkan lagu-lagu dan memberikan komentar tentang artis, lagu, dan genre teratas. Pengguna juga dapat menggunakan hasil Spotify Wrapped untuk membuat daftar putar Spotify Blend dengan seseorang lain yang berisi semua lagu teratas mereka dari tahun 2023.

Spotify Wrapped telah menjadi sangat populer sehingga banyak layanan streaming lainnya kini menawarkan fitur serupa, seperti Apple Music Replay dan My Deezer Year. Dengan berbagai fitur baru dan cara kreatif untuk mengeksplorasi data mendengarkan, Spotify Wrapped 2023 menawarkan pengalaman yang lebih dalam dan pribadi bagi pengguna untuk merayakan tahun mendengarkan musik mereka.

Sementara itu, Taylor Swift mendapatkan gelar sebagai Artist of the Year oleh Spotify. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengherankan mengingat banyak sekali lagu popular Taylor yang didengarkan oleh jutaan penggemar yang tersebar di seluruh dunia. 

Baca juga: Cara Membuat Playlist Spotify via Zodiac Affinity

Cara Menggunakan Spotify Wrapped 

spotify wrapped 2023
sc: newsroom.spotify

Untuk mengakses Spotify Wrapped 2023, pastikan untuk mengupdate versi terbaru Spotify agar bisa memulainya. Bila sudah merupakan cukup versi terbaru aplikasi Spotify, dan umpan Spotify Wrapped 2023 akan muncul di layar utama Anda. Anda juga dapat melihat Spotify Wrapped 2023 melalui browser di ponsel atau desktop dengan mengunjungi link Spotify Wrapped di sini spotify.com/wrapped.

Kapan Spotify Wrapped Rilis?

sc: newsroom.spotify

Pada tahun 2021, Spotify Wrapped diluncurkan pada tanggal 1 Desember, dan Spotify Wrapped 2022 diluncurkan pada tanggal 30 November. Kabar baiknya, sekali lagi, Spotify Wrapped diluncurkan satu hari lebih awal dari tahun sebelumnya, Anda dapat mendapatkan Spotify Wrapped Anda mulai 29 November 2023, jadi cek sekarang juga!

Cara Berbagi Spotify Wrapped?

Pengguna Spotify dapat berbagi Spotify Wrapped mereka ke Facebook, Instagram, WhatsApp, X/Twitter, Snapchat, dan TikTok. Untuk setiap kartu dalam Spotify Wrapped Anda, Anda akan melihat opsi untuk membagikannya. Cukup klik atau ketuk tombol berbagi untuk mempostingnya ke platform media sosial pilihan Anda. Anda juga dapat menyematkannya di situs web atau blog.

Jika Anda ingin berbagi playlist Spotify Wrapped Anda, cukup buka playlistnya di akhir dan ketuk atau klik tiga titik, lalu klik berbagi untuk mendapatkan tautan yang dapat Anda kirimkan ke siapa pun atau ke mana pun yang Anda inginkan. Anda juga dapat menambahkan lagu Spotify Wrapped 2023 langsung ke Spotify Blend untuk membuat playlist bersama orang lain.

Baca juga: Cara Membuat Spotify Blend, Kolaborasi Playlist Musik Favorit Bareng Teman

Penutup 

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk membagikan Spotify Wrapped Anda sekarang ke seluruh dunia? Jangan lupa, untuk menambah kenyamanan menikmati musik favorit di Spotify, pastikan Anda menggunakan aksesoris gadget terbaik seperti headsetheadphoneTWS, dan speaker aktif yang dapat Anda beli di Doran Gadget. Selamat mencoba! Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami melalui WhatsApp. 

Artikel terkait:

>