Tutorial Mengganti Baling-Baling DJI Mavic Mini

dji mavic mini

DJI IndonesiaBaling-baling merupakan bagian penting pada drone, termasuk juga bagi DJI Mavic Mini. Baling-baling yang tidak bekerja dengan baik bisa berpengaruh terhadap performa drone saat diterbangkan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan pengecekan hingga penggantian baling-baling secara berkala. Apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana caranya? Berikut ulasannya yang perlu Anda simak.

Tips Mengganti Baling-Baling DJI Mavic Mini

dji mavic mini

Sebelum mengarah pada bagaimana cara mengganti baling-baling drone DJI Mavic Mini, penting bagi Anda untuk mengetahui tips apa saja yang diperlukan. Pertama, Anda harus menggunakan aksesoris dan perlengkapan lainnya yang resmi dari DJI. Jika Anda tidak menggunakan aksesoris resmi, maka tidak akan sesuai dengan spesifikasinya. Buruknya, selain mempengaruhi performa bila digunakan dalam waktu lama akan cepat rusak.

Kedua, perhatikan tempat saat Anda membongkar baling-baling. Pastikan tempat tersebut bersih. Dikhawatirkan tempat yang kurang bersih akan membawa debu, kotoran, maupun air pada bagian drone. Kemudian dapat menghambat proses penggantian atau kotoran dan debu masuk ke dalam bagian drone sehingga sulit dibersihkan dan mengganggu kinerjanya.

Baca juga: DJI Mavic Series – Review dan Spesifikasi DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

Cara Mengganti Baling-Baling DJI Mavic Mini

Cara mengganti baling-baling drone DJI Mavic Mini memang tidak mudah. Setelah Anda mempersiapkan segala sesuatunya yang disebutkan pada poin di atas, kini saatnya melakukan penggantian baling-baling. Di sini, setidaknya ada tujuh langkah penting yang harus Anda perhatikan dengan baik. Tujuannya adalah agar pemasangan lebih sempurna dan drone dapat kembali normal dalam memberikan performa terbaik saat digunakan. Berikut tutorialnya:

1. Cari Tahu Letak Kerusakan Baling-Baling

dji mavic mini

Sebagai langkah awal, Anda perlu mencari terlebih dahulu kerusakan pada baling-balingnya. Kerusakan  yang sering terjadi pada baling-baling drone, biasanya adalah retak, patah, dan tergores karena terkena objek tertentu. Akibatnya, drone performanya saat terbang menjadi berkurang. Kerusakan baling-baling juga berpengaruh terhadap sejauh mana perbaikan yang diperlukan.

2. Kenali Tanda yang Ada pada Baling-Baling DJI Mavic Mini

Ada dua tipe baling-baling pada drone DJI Mavic Mini. Yakni dua baling-baling dengan tanda garis di dekat bagian lubang skrup, dan dua baling-baling tanpa tanda. Anda bisa memasangkan baling-baling itu pada dudukannya yang memiliki tanda. Lebih jelasnya ada pada gambar berikut:

dji mavic mini

Ini adalah baling-baling yang memiliki tanda berupa garis putih pada bagian dekat lubang skrup.

dji mavic mini

Pasangkan baling-baling dengan tanda garis itu ke dudukan yang juga memiliki tanda garis lengkung kecil seperti yang ada pada gambar di atas.

dji mavic mini

Ini adalah baling-baling lainnya yang tanpa tanda garis pada bagian dekat lubang skrup.

dji mavic mini

Pasangkan baling-baling tanpa tanda garis tersebut pada dudukannya yang juga tidak memiliki tanda seperti gambar di atas.

3. Melepas Baling-Baling pada Badan Drone

dji mavic mini

Untuk melepas baling-baling drone DJI Mavic Mini, pasangkan obeng pada skrup baling-baling. Putarlah ke arah kiri secara perlahan hingga terlepas kedua baling-balingnya satu per satu. Letakkan baling-baling yang dilepas tadi ke tempat tertentu.

4. Jangan Lupa Perhatikan Kondisi Skrup-nya

dji mavic mini

Mengganti baling-baling, berarti Anda perlu memperhatikan skrupnya. Sebab, selain kerusakan pada bagian baling-baling, skrup ini bisa jadi salah satu penyebab baling-baling tidak berjalan secara optimal. Usahakan juga, skrup yang digunakan adalah baru. Menemukannya, juga tidak susah. Cukup cari dan lepas skrup lama pada lubang baling-baling.

5. Pasangkan Baling-Baling Baru Menggunakan Skrup dan Obeng

dji mavic mini

Memasangkan baling-baling baru dapat Anda lakukan menggunakan skrup baru. Sebenarnya, menggunakan skrup lama tidak masalah. Hanya saja, jika terjadi kekurangan pada skrup lama tersebut dikhawatirkan mengganggu kinerja baling-baling. Saat melakukan pemasangan, Anda jangan terlalu terburu-buru dan pastikan memasangnya dilakukan perlahan serta tidak merusak bagian lainnya di sekitar baling-baling.

6. Pastikan Pemasangan Sudah Benar

dji mavic mini

Pada saat melakukan pemasangan baling-baling, pastikan Anda melakukan pemasangan skrupnya sudah tepat. Jika pemasangan kurang tepat, maka baling-baling akan terasa longgar pada bagian dudukannya. Hal ini cukup riskan, karena akan membuat baling-baling lepas bahkan ketika diterbangkan. Jika hal itu terjadi, maka drone akan tidak stabil dan mengganggu motor penggerak dan kemungkinan terburuknya drone akan jatuh.

7. Lakukan Pengecekan Sekali Lagi

dji mavic mini

 

Terakhir, dalam mengganti baling-baling drone DJI ini Anda perlu mengecek sekali lagi secara keseluruhan. Selain pemasangan sudah benar, bagian-bagian kecil harus terpasang dan tidak ada yang belum terpasang. Untuk mengecek baling-baling sebelum dicoba, Anda bisa memutarnya secara perlahan. Pastikan putarannya sudah halus dan bergerak ke arah yang benar, dengan artian tidak berlawanan dengan arah sebelumnya.

Baca juga: Aksesoris DJI Mavic 2 yang Wajib Anda Miliki

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mengganti baling-baling drone DJI Mavic Mini sebaiknya dilakukan secara berkala. Anda harus jeli melihat kerusakan dan kekurangannya sekecil mungkin. Sebab, ketika kerusakan kecil luput dari perhatian bisa saja dapat merembet pada kerusakan lainnya. Sehingga, Anda pun akan mengeluarkan biaya lebih besar untuk perbaikannya.

Jadi, lebih baik jika mengganti baling-baling jika dirasa muncul masalah. Misalnya drone tidak stabil ketika diterbangkan. Kemudian, lakukan penggantian secara perlahan dan hati-hati karena bentuk baling-baling dan perlengkapan lainnya berukuran kecil. Terutama bagian skrup perlu diletakkan di tempat yang mudah terlihat. Pengecekan akhir juga penting saat selesai melakukan pemasangan sebelum drone coba diterbangkan kembali dengan baling-baling baru.

Kini, untuk mendapatkan baling-baling DJI Mavic ini tidaklah sulit. Anda bisa mendapatkannya ketika membeli paket drone tertentu seperti DJI Mini 2 Fly More Combo dan DJI Mavic Mini Fly More Combo dengan harga yang kompetitif di DJI Surabaya, salah satunya di Doran Gadget. Dapatkan juga informasi menarik dan up to date seputar produk terbaru dari kami dengan join di channel Telegram Doran Gadget di smartphone Anda.