DJI Mavic Series – Review dan Spesifikasi DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

Dorangadget.com Dengan rilisnya Drone DJI Mini 2 untuk jajaran drone Mavic Series. Akan semakin memperbanyak pilihan Anda untuk memutuskan Drone DJI mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari DJI Mini 2 yang ringan, Mavic Air 2 yang seimbang sampai DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom yang power full.

Masing-masing model memiliki keunggulan tersendiri. DJI Indonesia akan memaparkan semua yang perlu Anda ketahui tentang perbedaan Drone DJI Mavic Series, Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2:

Perbedaan Desain Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

Ketiga model Mavic ini memiliki desain yang tampak serupa, masing-masing dengan matte khas, warna abu-abu muda.

Secara tampilan, DJI Mini 2 adalah yang terkecil dari keluarga Mavic Series dengan berat hanya 249 gram. Berat di bawah batas yang ditetapkan Transport Canada yakni 250g, membuatnya tidak memerlukan lisensi atau izin untuk terbang. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda mencari drone untuk pemula berukuran kecil dan mudah digunakan.

DJI Mavic Air 2 memiliki berat 570g dan menjadikannya opsi kedua untuk Anda yang sedang mencari drone untuk pemula. Karena bobotnya yang lebih berat dan desain yang lebih besar, Mavic Air 2 memiliki lebih banyak fitur tanpa menaikkan harga terlalu tinggi.

DJI Mavic Air 2 juga memiliki ukuran 180x97x84 mm dan bila dilipat jadi berukuran 183x253x77 mm. Hal ini menunjukkan jika Anda dapat dengan mudah melipatnya agar muat dalam tas saat bepergian.

Dari seri DJI Mavic 2, terdapat dua varian yakni DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom. keduanya memiliki berat masing-masing 907g dan 905g, menjadikannya pilihan terberat dari drone Mavic Series. Namun sekaligus sebagai drone paling canggih.

Beratnya sedikit berbeda karena kamera juga berbeda untuk setiap model, tetapi desainnya hampir identik. Keduanya memiliki ukuran 214x91x84 mm saat dilipat dan 322x242x84 mm saat dibuka. Meskipun keduanya merupakan Seri Drone Mavic 2 yang memiliki ukuran paling besar, DJI Mavic 2 Pro dan Zoom masih dapat dengan mudah dibawa-bawa dengan ransel.

Baca: Review & Spesifikasi Drone DJI Mini 2 yang Membuatnya Lebih Baik Dari Mavic Mini Sebelumnya

Gimbal dan Kamera Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

DJI Mini 2 hadir dengan gimbal 3 sumbu dan kamera yang ditingkatkan dari seri sebelumnya, yakni Mavic Mini. DJI Mini 2 sekarang dapat merekam video 4K pada 30fps dan foto 12 megapiksel dalam format mentah DNG/RAW dan JPEG.

Selain kemampuan video 4K baru, Mini 2 memiliki kemampuan zoom digital 4x saat pengambilan gambar 1080p. Ini lebih dari cukup untuk sebagian besar fotografer dan videografer pemula. Mini 2 akan memberi Anda rekaman halus berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. 

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

DJI Mavic Air 2 memiliki fitur sistem gimbal 3 sumbu stabil yang menjamin rekaman bebas guncangan, meskipun kameranya jauh lebih canggih. Mavic Air 2 dapat merekam video 4K pada 60 fps dan dilengkapi sensor ½ CMOS yang dapat menangkap gambar diam 48 megapiksel, memberi Anda kualitas yang jauh lebih baik daripada Mini 2.

DJI Mavic Air 2 juga memberi Anda lebih banyak pilihan untuk format rekaman, dengan kemampuan untuk merekam dalam format jpeg, DNG, MP4 dan MOV. Jika Anda seorang semi-profesional atau vlogger yang bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk kualitas kamera yang lebih baik, Mavic Air 2 adalah pilihan yang sangat baik.

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

Untuk seri Mavic 2, baik sistem DJI Mavic 2 Zoom dan DJI Mavic 2 Pro memiliki sistem gimbal 3 sumbu stabil namun memiliki kamera yang sangat berbeda. Mavic 2 Zoom memiliki kamera unik dengan kemampuan zoom yang luar biasa, mendukung zoom optik 2x lossless dari 24mm-48mm saat dalam penerbangan.

Fitur zoom ini menyediakan mode pemotretan seperti Resolusi Super, yang menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto 48 megapiksel yang luar biasa. Ini juga memiliki efek Dolly Zoom yang unik, efek seperti Hitchcock yang memperbesar subjek sambil mendistorsi latar belakang gambar ke arah luar.

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

Baik seri Zoom dan seri Pro dapat merekam video 4K pada 30 fps, tetapi Zoom hanya dapat menangkap gambar diam 12 megapiksel. Seri Pro dapat menangkap gambar diam 20 megapiksel berkat sensor 1 inci. Sensor ini meningkatkan warna, cahaya, dan detail foto, serta memberi pengguna kemampuan untuk mengontrol parameter kamera untuk memudahkan pascaproduksi.

Baca: DJI Mavic 2 Pro VS Mavic 2 Zoom – Perbedaan dan Persamaan

Performa Terbang Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

DJI Mini 2 memiliki waktu penerbangan maksimum 31 menit dan jangkauan yang ditingkatkan sampai 10 km. Kelebihan ini memberi Anda waktu pengambilan foto/video tanpa khawatir kehabisan baterai atau terlalu jauh di luar jangkauan.

Mini 2 juga memiliki ketahanan menahan angin hingga 37,8 km/jam dan terbang secepat 57,6 km/jam. Ini menjadikannya drone yang simpel, tangguh dan cepat untuk ukurannya yang kecil. Sistem transmisi OcuSync 2.0 yang ditingkatkan memiliki fitur pengalihan otomatis 2,4 / 5,8 GHz, yang memotong gangguan dan pemudaran sinyal untuk memastikan koneksi yang stabil dan lancar.

Peningkatan yang dilakukan pada Mini 2 sejak generasi sebelumnya, yakni Mavic Mini. Membuat drone ini memiliki performa yang lebih baik dan bisa dikatakan drone terbaik untuk pemula. Meskipun masuk kedalam drone untuk pemula, performanya sudah sangat bagus.

Mavic Air 2 memiliki jangkauan transmisi video 10 km dan sistem transmisi OcuSync 2.0 seperti DJI Mini 2. Meskipun memiliki kecepatan lebih cepat 64 km/jam dan waktu penerbangan sekitar 34 menit. Mavic Air 2 sanggup menahan angin hingga 37,8 km/jam, sama dengan Mini 2.

Meskipun Mini 2 tidak boleh digunakan pada suhu di bawah 0° C, Mavic Air 2 bisa dibawah 40° C. Keuntungan terbesar Mavic Air 2 dalam hal performa penerbangan adalah kemampuannya untuk terbang lebih lama dan lebih cepat di lingkungan yang lebih dingin.

Dari seri Mavic 2, baik DJI Mavic 2 Zoom dan DJI Mavic 2 Pro memiliki waktu penerbangan 31 menit dan jangkauan hingga 8 km. Durasi ini sedikit lebih cepat daripada Mavic Mini 2 dan Mavic Air 2. Tetapi ketiga model tersebut sudah menggunakan sistem transmisi OcuSync 2.0 untuk transmisi video jarak jauh yang stabil.

Drone seri Mavic 2 memiliki hambatan angin yang sama dengan dua model lainnya. Juga ketahanan kisaran suhu yang sama dengan Mavic Air 2, tetapi mereka adalah yang tercepat karena dapat mencapai kecepatan hingga 72 km/jam dalam S-Mode.

Baca: 5 Perbedaan Drone DJI Mavic Mini VS DJI Mini 2

Mode Penerbangan Cerdas Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2

DJI Mini 2 memiliki beberapa mode penerbangan cerdas yang membantu pemula dan ahli untuk mengoperasikannya. Seperti Smart Return to Home secara otomatis memulai penerbangan drone kembali ke titik asalnya, lalu Automatic Takeoff and precision hovering membantu membuat operasi lebih efisien dari sebelumnya.

Mode penerbangan cerdas yang benar-benar sangat bagus pada Mavic Mini 2 adalah mode QuickShot, yang memungkinkan Anda merekam video dinamis dengan satu sentuhan tombol. Pilih dari mode seperti Dronie, Helix, Circle, Rocket, dan Boomerang untuk membuat video yang bagus untuk dibagikan media sosial.

DJI Mini 2 VS Mavic Air 2 VS Mavic 2 Series

Mavic Air 2 memiliki berbagai mode penerbangan cerdas yang membuatnya lebih mudah untuk menerbangkan pesawat dan merekam video. Ini menampilkan lima mode QuickShot yang sama dengan Mini 2 serta tambahan mode Asteroid.

Ini juga mencakup mode ActiveTrack 3.0 dan Point of Interest untuk membantu melacak subjek saat merekam dan Spotlight 2.0 untuk mengunci kamera ke subjek saat menerbangkannya dengan bebas. Mode Hyperlapse adalah fitur keren lainnya dari Mavic Air 2, yang memungkinkan Anda membuat bidikan yang rumit tanpa perlu melalui proses pasca.

Jika Anda membutuhkan pesawat yang lebih cerdas dalam hal pelacakan dan pembuatan film, DJI Mavic Air 2 bisa menjadi pilihan yang tepat dengan harga yang pas.

Dari seri Mavic 2, DJI Mavic 2 Pro dan DJI Mavic 2 Zoom keduanya mendukung semua enam mode QuickShot serta Point of Interest dan Hyperlapse. Kedua model tersebut memiliki fitur ActiveTrack 2.0, yang merupakan edisi lebih awal dari yang ditampilkan pada Mavic Air 2. 

Namun, keduanya mendukung fitur tambahan seperti Waypoints dan Tripod Mode dengan tambahan fitur TapFly. DJI Mavic 2 Zoom juga dilengkapi mode DollyZoom dan SuperResolution khusus berkat kemampuan zoom-nya.

Drone Mana yang Tepat Untuk Anda? 

Drone yang tepat untuk Anda akan bergantung pada kebutuhan spesifik serta anggaran yang  Anda miliki. Varian ini adalah yang termurah, harga DJI Mini 2 sekitar Rp 9 jutaan. Drone Dji ini sangat cocok untuk pemula atau untuk Anda yang hobi foto dan videografi udara.

Jika Anda senang membuat vlog atau melakukan rekreasi menggunakan Drone. Mini 2 dapat membantu Anda mendapatkan foto atau video yang cukup bagus untuk dibagikan di media sosial.

Harga DJI Mavic Air 2 Rp 10 jutaan dan dilengkapi dengan mode penerbangan yang lebih cerdas juga kamera yang lebih canggih. Hal ini menjadikannya cocok untuk Anda yang ingin mendalami dunia video atau photo udara.

Drone ini juga sebagai opsi jalan tengah yang tepat. Karena performa yang bagus, kinerja yang tangguh dan bisa diandalkan karena hasil gambar yang bagus. Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit lebih bertenaga daripada Mini 2, maka drone DJI Mavic Air 2 adalah pilihan yang bagus. 

Sedangkan dari seri Mavic 2, harga DJI Mavic 2 Pro Rp 22 jutaan. Ini adalah model termahal namun ini akan memberi Anda kinerja paling kuat dari semua drone Mavic Series. Jika Anda menginginkan kemampuan kamera dan performa terbang terbaik yang dapat diandalkan, belum ada yang sebaik Mavic 2 Pro.

Sedangkan untuk harga Mavic 2 Zoom Rp 17 jutaan. Sedikit lebih murah dan sangat cocok untuk siapa saja yang menghargai kemampuan kameranya dengan berbagai efek yang fantastis.

Penutup

Drone DJI merupakan drone terbaik yang ada di pasaran dengan harga relatif bersaing. Untuk Saat ini, Anda bisa mendapatkan drone DJI impian Anda di DJI Surabaya. Setiap produk yang kami jual disini pasti original.

× Whatsapp