DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2 - FI

DJI IndonesiaSetelah tiga tahun diluncurkan kamera  DJI Osmo Pocket 2, pihak pabrikan kembali meluncurkan generasi penerusnya yakni DJI Osmo Pocket 3 menjelang akhir Oktober 2023. Kamera terbaru ini memiliki sejumlah keunggulan dan pembaruan. Apa saja yang berbeda dari DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2 ini? Simak ulasan selengkapnya yang dihimpun oleh tim Doran Gadget.

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2

Berikut tabel mengenai spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 dan DJI Osmo Pocket 2 secara umum yang perlu Anda ketahui:

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 DJI Osmo Pocket 2
Dimensi 139.7 × 42.2 × 33.5mm 124.7×38.1×30 mm
Bobot 179 gram 117 gram
Sensor Kamera 1-inch CMOS 1/1.7-inch CMOS
Lensa Kamera 20mm equiv. f/2.0 20 mm equiv. f/1.8
Resolusi Video 4K60 / 4K120 slow-motion 4K60 / 1080p 240 slow-motion
Mode Video Video, Slow Motion, Timelapse, Motionlapse, Hyperlapse, Low-Light Video, Slow Motion, Timelapse, Motionlapse, Hyperlapse, HDR Video
Resolusi Foto 9.4MP 64MP
Baterai 1300mAh hingga 166 menit 875mAh hingga 140 menit
Konektivitas USB-C USB-C
Penyimpanan microSD microSD
Jumlah Mikrofon 3 4

Baca juga: 10+ Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber

Fitur dan Keunggulan

Dalam melihat perbedaan antara DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2, penting pula untuk dilihat dari segi fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Baik perbandingan dari segi desain, ketahanan baterai, fitur pendukung, hingga kualitas dari video dan gambar yang dihasilkan. Berikut di antaranya sebagaimana dilansir dari laman Pocket Lint dan Trusted Reviews.

1. Desain dan Layar

DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2
sc: Android Authority

Dari segi desainnya, terlihat antara kedua kamera pocket DJI ini hampir mirip. Namun, sebenarnya ada perbedaan dari segi dimensinya. Pada seri terbaru ini memang lebih besar dimensi maupun bobotnya. Hal itu karena pada Pocket 3 memiliki layar cukup besar dibanding sebelumnya, termasuk adanya joystick yang tersemat.

Kamera DJI Pocket 2 dirancang dengan smartphone yang digunakan untuk layar tambahan berkat dukungan USB-C maupun lightning dengan dongle untuk melihat dengan jelas dan luas apa yang sedang direkam. Di sisi lain, Pocket 3 menghilangkan konsep tersebut dan menggantinya dengan layar lebih besar 2 inci. Layar ini bisa diputar dan mendukung touchscreen. Meski begitu, juga mendukung untuk integrasi dengan aplikasi smartphone melalui sambungan WiFi.

Kemudian, joystick yang ada pada DJI Pocket 3 akan membuat pengendalian lebih nyaman. Terutama jika Anda ingin membidik pergerakan secara vertikal maupun horizontal. Bentuk yang besar membuatnya kokoh dipegang. DJI Pocket 2 sebenarnya memiliki joystick pada tab modular. Hanya saja, ukurannya lebih kecil.

Baca juga: Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3: Sensor Besar, Bisa Rekam Hingga 4K!

2. Ketahanan Baterai

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (2)
sc: DIY Photography

Ketahanan baterai pun menjadi pertimbangan saat memilih antara keduanya. Sebab, Anda memerlukan daya yang cukup untuk penggunaan di luar ruangan. Baik Pokcet 2 maupun Pocket 3 menggunakan baterai jenis LiPo. Hanya saja, kapasitasnya berbeda yakni 1300 mAh di Pocket 3 dan 875 mAh untuk Pocket 2.

Perbedaan kapasitas tersebut berpengaruh pada ketahanan dan lama penggunaan baterai. Dimana Pocket 3 lebih unggul dengan 166 menit dan Pocket 2 hanya 140 menit. Keduanya mendukung untuk penggunaan pada temperatur 0° hingga 40° Celcius dan temperatur saat pengisian daya pada 5° hingga 45° Celcius.

Hal yang mencolok dari segi baterai ini adalah waktu pengisian dayanya. Pokcet 2 memerlukan setidaknya 73 menit untuk bisa terisi penuh dengan charger 10W. Sementara, Pocket 3 hanya memerlukan sekitar 16 menit untuk terisi penuh sekitar 80%. Jika ingin mengisi daya hingga 100%, maka diperlukan waktu setidaknya 32 menit.

3. Kualitas Gambar dan Video

DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2 (1)
sc: Tech Guide

Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya ada di sektor kamera. Pocket 3 dibekali dengan sensor berukuran 1 inci. Itu artinya lebih besar dibandingkan Pocket 2 yang menggunakan sensor 1/1.7 inci. Ini akan berpengaruh pada dua hal utama. Yakni kedalaman bidang yang lebih rendah. Dimana subjek akan lebih fokus dan latar belakang akan terlihat blur. Hasil tersebut akan terlihat seperti hasil pada kamera high-end ketimbang kamera smartphone. Video pun akan terlihat lebih terang.

Dalam perekaman video, kedua kamera ini menawarkan video hingga 4K60 untuk ukuran standarnya. Namun, Pocket 3 memiliki kemampuan slow-motion yang lebih baik dan dapat merekam hingga 120fps dalam resolusi 4K. Sementara Pocket 2 tidak menawarkan slow motion dalam resolusi 4K. Di sisi lain, keduanya dapat merekam hingga 240fps dalam resolusi 1080p.

Untuk fotografi, di sini Pocket 2 lebih unggul. Dimana kamera ini menawarkan resolusi lebih tinggi dan mampu mengambil gambar hingga 64MP. Sedangkan pada Pokcet 3 hanya berada pada 9.4MP saja. Dengan kata lain, di sini DJI Osmo Pocket 2 memang unggul untuk urusan fotografi dan DJI Osmo Pocket 3 direkomendasikan untuk perekaman video lebih baik.

Baca juga: Review DJI Pocket 2 untuk Aktivitas Fotografi Makin Keren

4. Fitur Pendukung

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (3)
sc: Soya Cincau

Agar penggunaan lebih baik, baik Pokcet 3 maupun 2 dibekali dengan beberapa fitur pendukung. Contoh saja dengan adanya stabilisasi yang lebih baik.  Lalu, Pocket  juga memiliki fitur pelacakan wajah dan objek. Dimana fitur tersebut masih digunakan pada Pocket 3 dengan sejumlah pembaruan.

Ada pula fitur tambahan lainnya seperti opsi untuk live streaming, dynamic framing dan spinshot untuk fotografi. Dimana fitur spinshot ini bisa digunakan untuk memutar gimbal pada sudut 90° hingga 180° menggunakan tombol khusus. Sedangkan untuk dynamic framing bisa diandalkan dalam pelacakan objek dengan pengambilan gambar yang disesuaikan.

Kedua kamera juga mendukung untuk mikrofon wireless dengan jumlah yang berbeda. Dimana DJI Pocket 3 dilengkapi tiga buah mikrofon, sementara Pocket 2 lebih banyak yakni empat buah. Adanya mikrofon ini membantu para kreator untuk melakukan live lebih menarik.

5. Harga DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2

DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2 (2)
sc: YouTube/Thiago Rodrigues

Harga DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2 terdapat selisih yang sedikit lebih tinggi. Di Indonesia sendiri, kedua kamera ini dijual dalam paket yang berbeda. Adapun untuk harga DJI Osmo Pocket 2 di setiap paketnya adalah:

Sementara, harga DJI Osmo Pocket 3 juga dijual dengan paket yang sama yakni:

Perlu diingat, harga tersebut bisa saja berubah pada distributor resmi di tanah air. Hal itu tergantung pada promo yang diberikan di waktu tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda untuk selalu mengecek harga terbaik sebelum membelinya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video dengan Stabilizer Makin Keren

Mana yang Tepat untuk Anda?

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (8)
sc: Apple Insider

Setelah mengetahui berbagai fitur unggulan dan spesifikasi kedua kamera saku terbaik DJI ini, mana yang tepat untuk Anda? DJI Osmo Pocket 3 memang menawarkan performa yang lebih unggul. Terlebih lagi untuk auto fokus yang lebih baik dan slow motion yang impresif dibanding pendahulunya. Kemudian, sangat cocok untuk pada kondisi yang minim cahaya.

Tentu, berkat keunggulan itulah Pocket 3 cocok untuk kreator TikTok maupun vlogger untuk livestream konten mereka. Hanya saja, kamera ini memang sedikit lebih mahal dan ukurannya cukup besar dengan bobot lebih berat. Namun, itu semua worth it dengan keunggulan yang ditawarkan.

Akan tetapi, jika pertimbangannya adalah dari segi harga maka tidak ada salahnya memilih DJI Osmo Pocket 2. Sebab, fiturnya pun sebenarnya cukup bagus. Sehingga, sangat cocok digunakan oleh para kreator konten pemula sekalipun.

Baca juga: 7 Alat Live TikTok dan Instagram, Content Creator Wajib Punya!

Penutup

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (1)
sc: DJI

Itulah ulasan mengenai DJI Osmo Pocket 3 vs DJI Osmo Pocket 2. Selain memilih sesuai kebutuhan, pastikan juga Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai authorized partner untuk penjualan DJI SurabayaDJI JakartaDJI SemarangDJI BaliDJI BandungDJI Banjarmasin, dan DJI Manado.

Kami menjual produk original DJI dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan di setiap pembelian. Baik langsung di store maupun melalui online di website maupun aplikasi Doran Gadget. Khusus untuk platform website dan aplikasi, Anda akan mendapatkan bonus belanja otomatis yang bisa ditukarkan dengan produk aksesoris gadget lainnya. Follow Instagram kami untuk melihat promo yang sedang berlangsung. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>