Rekomendasi Kamera Motovlog Terbaik

Doran GadgetAktivitas merekam perjalanan dengan motor kini semakin diminati. Tidak hanya bagi para pehobi motor saja, termasuk juga para content creator. Untuk mendukung hasil terbaik, tentu Anda memerlukan kamera helm yang ringkas dan pengoperasian yang mudah. Namun, tak sedikit pula sebagian orang yang bingung memilih mana yang terbaik. Tak perlu khawatir Sobat Doran, kami punya rekomendasinya!

Rekomendasi Kamera Helm

Simak beberapa daftar kamera motovlog yang layak untuk Anda miliki di tahun ini untuk teman adventure:

1. GoPro Hero 12

GoPro sering digunakan untuk merekam aktivitas adventure termasuk dipasang di helm. Seperti GoPro Hero 12 Black dengan bobot yang sangat ringan di kisaran 154 gram saja. Bagian kamera depannya memiliki resolusi sebesar 27MP dan dilengkapi mode video HDR yang bisa diandalkan untuk perekaman pada tingkat 5.3K dan 4K 60 fps.

Dua fitur unggulannya yakni AutoBoost dan HyperSmooth 6.0, mampu meredam terhadap goyangan, getaran, dan guncangan. Ketahanan baterainya mampu digunakan hingga 2.5 jam non-stop untuk merekam dengan 1080p 30fps. Sementara, untuk 30fps, bisa digunakan hingga 1.5 jam dan 70 menit untuk fps tertinggi.

Harga GoPro Hero 12 Black: mulai Rp6 jutaan

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

2. GoPro Hero 11

Walaupun dirilis pada akhir tahun 2022 lalu, GoPro Hero 11 masih layak dipilih sebagai kamera helm terbaik. Kamera memiliki fitur HyperSmooth 5.0 dan didukung AutoBoost untuk pengalaman yang mulus dan gambar lebih halus saat direkam dari motor. Adanya fitur Horizon-Lock menjadikan video rekaman yang stabil termasuk digunakan berputar sampai 360°.

Untuk menjadikan gambar yang lebih baik, Anda dapat memilih berbagai mode unggulannya. Mulai dari Slo-Mo, Hyperview, maupun Night Effect. Pengguna juga tak perlu khawatir hasil rekaman hilang, sebab ada fitur pengunggah video ke Cloud otomatis ketika melakukan pengisian daya.

Harga GoPro Hero 11 Black: mulai Rp4 jutaan

3. DJI Osmo Action 4

Selain unggul soal drone, DJI pun tak kalah canggih untuk produk kamera yang diproduksinya. Salah satunya adalah DJI Osmo Action 4. Action cam ini memiliki sensor kamera 1/1.7 inci serupa dengan sensor drone DJI Air 3. Selain itu, unggul dalam pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya saat merekam perjalanan di malam hari.

Kestabilannya sudah tak diragukan lagi berkat dukungan 360° HorizonSteady dan RockSteady 3.0. Kemudian, dari segi baterainya juga tak kalah unggul. Yakni mampu digunakan hingga 160 menit. Baterainya pun dilengkapi fitur fast charging yang diklaim mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit saja.

Harga DJI Osmo Action 4: mulai Rp6 jutaan

Baca juga: 7 Action Camera dengan Daya Baterai Terlama

4. DJI Osmo Action 3

DJI Osmo action 3, dji action 3, action camera

Kamera motovlog lainnya dari DJI layak pilih ada DJI Osmo Action 3. Anda dapat mengabadikan momen perjalanan dan adventure dengan Hyperlapse hingga resolusi 4K. Tak perlu khawatir gambar goyang atau blur, berkat fitur Electronic Image Stabilization (EIS) yang dapat meredam hal tersebut.

Desainnya pun dirancang lebih rugged dengan perlindungan air tingkat tinggi. Jadi, lebih aman dan nyaman digunakan saat hujan. Termasuk merekam untuk aktivitas motocros di sirkuit berdebu. Baterainya juga unggul hingga 160 menit untuk menghasilkan video Full HD 30fps.

Harga DJI Action 3: mulai Rp4.9 jutaan

5. Insta 360 X3

Insta360 X3 memiliki ukuran layar touchscreen 2.29 inch yang sejauh ini menjadi layar terbesar untuk Insta360 camera yang memudahkan penggunanya untuk menavigasi menu. Kamera Insta360 X3 bisa mengambil video yang jelas dan jernih. Untuk kamera 360-nya sendiri memungkinkan pengambilan gambar 5.7K@30 fps dan 4K@60fps. Dalam mode single lens juga sudah bisa mengambil video dengan resolusi 4K@30fps.

Karena sensor dan bukaannya yang besar, Insta360 X3 mampu menghasilkan performa yang lebih baik di kondisi cahaya rendah. Saat berada di resolusi tertingginya, kamera satu ini mampu mengambil gambar 72MP di foto 360 derajat dan mengambil video untuk time-lapse hingga 8K. Untuk baterainya mampu hingga sekitar 70 menit untuk pengambilan video.

Harga Insta360 X3: Rp8 jutaan

Baca juga: 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2024

6. Insta360 Go3

Insta360 Go 3 hadir dengan desain lebih ergonomis. Dengan bobot sekitar 93 gram saja membuatnya nyaman digunakan di helm. Untuk kameranya memiliki focal length 11.24 mm dan bukaan lensa f/22. Format video yang dihasilkan adalah MP4 dan bisa juga digunakan untuk mengambil gambar berformat INSP maupun DNG.

Tak sampai di situ saja, kamera ini juga mendukung perekaman video dengan resolusi 1080p, 1440p, hingga 2.7K menggunakan frame rate 24,25, dan 30 sampai 50 FPS. Ketahanan baterai maksimalnya mampu hingga 170 menit penggunaan. Jadi, sangat cocok untuk merekam aventure dalam waktu yang lama.

Harga Insta360 Go 3: Rp6.9 jutaan

7. Insta360 Ace Pro

Kamera helm berikutnya dari Insta360 terbaru ada Insta360 Ace Pro. Sensor kameranya memiliki ukuran 1/1.3 48MP dengan lensa ultra wide-nya menggunakan Leica SUMMARIT 16mm f/2.6. Teknologi canggih ini membuat hasil perekaman lebih jernih dan jelas.

Anda dapat merekam dalam kondisi cahaya yang minim dengan hasil tetap optimal berkat dukungan Active HDR (High Dynamic Range). Video pun akan nampak lebih natural dan nyata dan memiliki kontras tinggi. Penggunaan semakin nyaman berkat dukungan AI Warp and Highlights Assistant.

Harga Insta360 Ace Pro: Rp7 jutaan

Baca juga: 9 Rekomendasi Kamera Insta360 Terbaik untuk Bikin Vlog Keren

8. Akaso Brave 7 LE

kamera helm - Akaso Brave  7 LE

Brand lain yang patut Anda pertimbangkan adalah Akaso dengan produk Akaso Brave  7 LE. Resolusi kameranya sebesar 20MP dan bisa digunakan untuk merekam video dalam mode 4K 30fps, 1080p 120fps, dan 720p 240fps.

Desainnya cukup tangguh dan sudah dilengkapi fitur IPX7 untuk melindungi dari air dan debu. Bobotnya pun cukup ringan di kisaran 127 gram saja. Tak perlu khawatir kehabisan baterai saat merekam momen terbaik. Sebab, baterainya memiliki ketahanan hingga 120 menit penggunaan. Harganya pun juga terbilang ramah di kantong untuk motovlog pemula.

Harga Akaso Brave  7 LE: Rp2 jutaan

9. Akaso V50X

kamera helm - Akaso V50X

Rekomendasi lain ada Akaso V50X dengan desain yang ringkas dan tangguh. Bahkan, Anda dapat merekam video sampai dengan kualitas 4K. Sehingga, hasilnya pun lebih jernih dan tajam. Dimana resolusi tersebut sudah mendukung UltraHD berkualitas tinggi. Pengguna pun juga dapat mengaktifkan fitur Timelapse untuk hasil yang cinematic.

Kamera juga dilengkapi dengan fungsi EIS atau Stabilisasi Gambar Elektronik untuk menjaga kestabilan gambar selama proses perekaman. Di samping itu, kamera ini juga memungkinkan penyesuaian sudut pengambilan gambar secara fleksibel, memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menentukan sudut yang diinginkan.

Harga Akaso V50X: Rp1.5 jutaan

Baca juga: 10 Rekomendasi Holder HP Motor Terbaik, Anti Jatuh!

Penutup

DJI Action 2 vs DJI Osmo Action (3)
sc: DJI

Bagaimana Sobat Doran, mana di antara kamera motovlog di atas yang akan Anda pilih? Apapun itu, pastikan Anda untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Jangan lupa untuk membeli kamera helm tersebut di tempat terpercaya seperti Doran Gadget yang menjual action cam terbaik dari brand GoPro, Insta360, dan DJI.

Sebagai mitra resmi penjualan brand-brand tersebut, kami menyediakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai keuntungan dan promo khusus di waktu tertentu untuk pembelian langsung di store maupun online via website maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>