7 Rekomendasi Peralatan Bikin Konten Motovlog - FI

Doran GadgetMinat para content creator untuk jenis konten motovlog semakin meningkat. Bahkan, dilansir dari laman official blog YouTube menyebutkan 15 dari 20 motovlog paling banyak ditonton berasal dari Indonesia. Tak heran jika banyak yang mulai menjajal jenis konten ini karena peluang ditonton lebih banyak audiens cukup tinggi. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, simak dulu apa saja peralatan motovlog yang wajib dimiliki di artikel kali ini.

Peralatan Motovlog yang Harus Ada

Apa saja aksesoris motovlog agar konten semakin terlihat keren? Paling tidak beberapa peralatan ini sudah Anda siapkan ya, Sobat Doran!

1. Pakaian yang Nyaman

apa itu motovlog
sc: Freepik

Pertama adalah pakaian yang nyaman. Sebagai seorang motovloger, tentu Anda akan sering melakukan aktivitas outdoor saat berkendara. Oleh karena itu, pakaian yang nyaman adalah hal paling penting. Dalam artian, pakaian tidak hanya pas di badan saja tapi juga mampu menahan panas, hujan, dan angin.

Sebagai contoh adalah menggunakan jaket kulit atau bahan lain yang nyaman. Yakni tidak terasa gerah dan cukup ringan. Begitu pun dengan celana dengan bahan denim atau kain yang kuat agar tidak mudah robek dan tahan lama. Termasuk pula sepatu yang kuat untuk menjelajahi berbagai medan. Jangan lupa gunakan masker dan pelindung tangan.

Baca juga: Mengenal Motovlog, Konten yang Banyak Diminati Saat Ini

2. Perlengkapan Motovlog – Helm Full Face

peralatan motovlog (1)
sc: Getty Images

Setelah pakaian, perlengkapan motovlog penting selanjutnya adalah helm. Fungsinya tentu melindungi kepala kita dari dampak benturan ketika terjadi sesuatu. Termasuk terkena benda-benda lain saat berkendara seperti kejatuhan ranting pohon, hewan terbang kecil, dan lainnya.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda menggunakan jenis full face. Sebab, helm ini akan melindungi kepala secara menyeluruh. Pilihlah dengan material yang kuat namun tidak terlalu berat saat dipakai. Anda pun dapat menyesuaikan desain dan warna helm sesuai dengan warna pakaian.

3. Mikrofon

Review DJI Mic 2 (2)
sc: DJI

Ada dua tipe konten motovlog. Yakni konten yang hanya menampilkan video saja dan konten yang dilengkapi dengan narasi dari suara perekam langsung. Jika ingin membuat konten jenis kedua, maka perlu mikrofon untuk membuat suara lebih baik, jernih, dan jelas. Apalagi sekarang sebagian mikrofon wireless memiliki fitur peredam/reduksi kebisingan.

Fitur tersebut dapat mengurangi bising dari suara luar seperti suara angin, kendaraan lain, dan keramaian. Jadi, hanya fokus pada suara perekam saja. Beberapa merek terkenal mikrofon yang sering dipilih oleh para content creator di antaranya seperti DJI, Saramonic, Rhode, dan lainnya. Alternatif lain dengan harga terjangkau yang memiliki fitur unggulan adalah mikrofon dari JETE Indonesia.

Baca juga: 9 Rekomendasi Kamera Helm Terbaik untuk Motovlog 2024

4. Action Camera

apa itu motovlog (3)
sc: Hollex

Peralatan motovlog ini merupakan yang utama. Ibaratnya, action camera adalah senjata dalam membuat konten dari atas motor. Ukurannya yang ringkas dan memiliki beragam fitur unggulan untuk video, membuatnya banyak dipilih. Dengan begitu, tak perlu repot lagi membawa kamera berukuran besar. Sebab, selain seukuran saku action cam bisa dipasang di helm maupun stang motor.

Tak hanya memiliki fitur videografi unggulan saja, kamera ini dirancang dengan material dan kuat. Tentu, membuat Anda lebih aman dan nyaman merekam walaupun saat hujan. Rekomendasi kamera yang sering digunakan antara lain dari GoPro, DJI, Insta360, dan lainnya.

5. Invisible Stick

peralatan motovlog (2)
sc: Hilotherm

Invisible selfie stick adalah alat yang memungkinkan Anda untuk membuat kamera 360 Anda tampak melayang di udara. Ini dapat digunakan untuk membuat video yang sangat kreatif dan imersif, dan juga dapat digunakan untuk menghindari larangan terbang saat Anda melintasi kawasan tertentu. Tongkat ini tidak akan terlihat di kamera nantinya pada video.

Ada kalanya juga motovloger memerlukan penopang kamera lainnya seperti tripod. Khususnya jika ingin membuat konten interaksi dengan audiens. Berhentilah sejenak di area yang memiliki panorama yang menarik, lalu mulailah bercerita di depan kamera. Menarik bukan?

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Invisible Selfie Stick yang Benar!

6. Mount dan Case

Review DJI Osmo Action 4 (5)
sc: Tech Verse

Action camera dan mikrofon memerlukan perangkat tambahan khusus jika Anda ingin memasangnya pada helm dan bagian lain di motor seperti stang maupun tangki dan helm. Termasuk dipasangkan di dada atau bagian depan tubuh. Salah satunya adalah menggunakan mount atau pengait. Alat ini dirancang khusus untuk membantu memastikan kamera terpasang dengan aman dan stabil. Fungsinya  mencegah goyangan atau getaran yang bisa memengaruhi kualitas rekaman video.

Sementara itu, case atau wadah khusus untuk kamera maupun mikrofon digunakan untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap debu, kotoran, dan bahaya lainnya selama perjalanan. Perangkat ini biasanya dijual dalam paket bundling dengan kamera dan ada yang dijual terpisah.

7. Peralatan Motovlog – Drone

peralatan motovlog
sc: Mad or Nomad

Terakhir, beberapa motovloger menggunakan drone untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Sebab, tidak hanya membuat konten di motor saja, tetapi juga tempat keren yang disinggahi. Biasanya, mereka akan berhenti di suatu tempat dengan panorama pemandangan yang indah. Setelah itu mulai merekam area sekitarnya dari udara.

Bahkan, ada pula motovloger dengan drone tertentu membuat konten dengan drone mengikuti dari atas. Jadi, drone disetting otomatis terbang mengikuti kemana motovloger tersebut berjalan dengan motornya dengan jarak yang sudah ditentukan. Ini akan memberikan hasil lebih keren dan nampak real.

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

Dapatkan Peralatan Terbaiknya di Doran Gadget

DJI Action 2 vs DJI Osmo Action (3)
sc: DJI

Bagaimana Sobat Doran, sudahkah Anda mempersiapkan peralatan motovlog di atas untuk memulai bikin konten keren? Jika belum, kamu bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Mulai dari action camera, microphone wireless, hingga drone terbaik dari berbagai brand ternama dunia.

Semua barang yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada banyak bonus untuk pembelian secara langsung di store maupun online melalui website dan aplikasi Doran Gadget.

Segera lengkapi peralatannya dan selamat berpetualang!

Artikel terkait:

>