Doran GadgetFilm perjuangan Indonesia selalu ramai diputar di TV terutama di bulan Agustus yang bertepatan dengan Perayaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Seiring perkembangan dunia digital, kini Anda bisa menonton film-film perjuangan di berbagai platform streaming video dari rumah. Apa saja rekomendasi film karya anak bangsa yang bisa jadi pilihan? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Rekomendasi Film Perjuangan Indonesia

Berikut sejumlah film bertema perjuangan Indonesia yang sarata dengan nilai-nilai patriotis dan semangat persatuan yang bisa Anda tonton bersama keluarga.

1. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film Perjuangan Indonesia - Guru Bangsa
sc: Imdb

Rekomendasi yang pertama ada ‘Guru Bangsa: Tjokroaminoto’. Seperti kita tahu H.O.S Tjokroaminoto menjadi guru dari banyak tokoh pergerakan nasional termasuk Soekarno. Di film ini, Tjokroaminoto diperankan Reza Rahadian berusaha bangkit melawan sistem tanam paksa di tahun 1900 dan membantu rakyat lepas dari belenggu kemiskinan.

Dirinya bahkan melepas status bangsawannya dan rela bekerja sebagai kuli pelabuhan. Tjokro juga membangun organisasi Sarekat Islam untuk perjuangan mendapatkan martabat dan hak bumiputera.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Religi Indonesia Terbaik

2. Battle of Surabaya (2015)

Film Perjuangan Indonesia - Battle of Surabaya
sc: Imdb

Walaupun dalam bentuk animasi, film perjuangan Indonesia ‘Battle of Surabaya’ tak kalah keren dan punya pesan mendalam tentang kebangsaan. Seperti judulnya, film tersebut berkisah tentang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dalam melawan tentara sekutu.

Berkisah tentang sosok fiksi seorang tukang semir sepatu bernama Musa yang maju bertempur dan berperan sebagai kurir TKR dan Arek Suroboyo. Karena merupakan film animasi, ‘Battle of Surabaya’ sangat cocok pula ditonton dengan anak-anak. Sebab, juga sebagai sarana edukasi untuk mengenalkan sejarah perjuangan bangsa dengan cara yang tidak membosankan bagi mereka.

3. Kadet 1947 (2021)

Film Perjuangan Indonesia -Kadet 1947
sc: Imdb

Di nomor tiga ada ‘Kadet 1947’ yang bercerita tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, terutama saat Agresi Militer Belanda Pertama. Berkisah tentang sekelompok penerbang dari sekolah kadet penerbang Angkatan Udara Maguwo. Mereka terdiri dari Sigit, Mul, Har, dan Adji yang berambisi mengalahkan pasukan Belanda.

Akan tetapi, mereka masih berstatus sebagai pelajar di AU dan tidak memiliki izin menerbangkan pesawat maupun senjata. Akhirnya, mereka nekat untuk terbang dan meminta bantuan dari Sersan Udara Tardjo dan dua orang penembak udara yakni Kapoet dan Dul untuk menghancurkan sasaran musuh.

Baca juga: 5 Film Indonesia Terbaru, Jadi Wishlist Tontonan Saat Libur

4. Film Perjuangan Indonesia – Perburuan (2019)

Film Perjuangan Indonesia - Perburuan
sc: Imdb

Perburuan’ merupakan film berlatar perang kemerdekaan Indonesia dirilis tahun 2019 lalu. Sutradaranya adalah Richard Oh dan kisahnya diadaptasi dari novel karya begawan sastra tanah air Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama. Film dibintangi oleh Adipati Dolken, Ernest Smaudra, Ayushita, dan Khiva Ishak.

Bercerita tentang kisah tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang dibentuk oleh Jepang dan pada akhirnya balik menyerang pihak Jepang di Indonesia. Shodanco PETA bernama Hardo yang diperankan Dolken ini harus bersembunyi ke hutan agar tidak ditangkap tentara Jepang. Namun, setelah dia berhasil meloloskan diri, dia kembali menjumpai kisah tragis tentang pengkhianatan ayah dari tunangannya hingga sahabatnya sendiri.

5. Jenderal Soedirman (2015)

Film Perjuangan Indonesia - Jenderal Soedirman
sc: Imdb

Berbicara tentang pahlawan nasional, kita pasti tak ketinggalan menyebut Jenderal Soedirman. Kisah perjuangan beliau diangkat dalam film dengan judul sama yang rilis tahun 2015. Para pemerannya pun merupakan artis kawakan di Indonesia, mulai dari Mathias Muchus, Nugie, Baim Wong, Ibnu Jamil, dan Adipati Dolken.

Film berkisah tentang bagaimana pengorbanan Jenderal Soedirman dalam melakukan perang gerilya di tengah kondisi badannya yang kurang sehat akibat penyakit paru-paru. Strategi Jenderal Soedirman ini mampu membuat logistik dari tentara Belanda kehabisan. Di film ini kita juga diajarkan tentang pentinya persatuan dan kerjasama dalam mencapai kemenangan.

Baca juga: 10 Film Dokumenter Netflix dengan Kisah Menarik

6. Merah Putih (2009)

Film Perjuangan Indonesia - Merah Putih
sc: Imdb

Merah Putih’ adalah film perjuangan yang dirilis tahun 2009 yang berkisah tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Yakni mengambil latar belakang tahun 1947 saat Agresi Militer Belanda Pertama. Dalam film ini, efek perang seperti ledakan, tembakan, dan lainnya ditampilkan dengan detail dan seperti nyata.

Ditambah lagi ada sejumlah nama aktor kawakan yang membintangi di film tersebut. Seperti Lukman Sardi, Darius Sinathrya, Teuku Rifnu, dan Donny Alamsyah membuat film ini semakin menarik. Tidak heran jadi salah satu film perjuangan favorit yang sering diputar saat HUT-RI.

7. Darah Garuda (2010)

Film Perjuangan Indonesia - Darah Garuda
sc: Imdb

Selanjutnya ada ‘Darah Garuda’ yang merupakan film lanjutan ‘Merah Putih’. Masih mengisahkan tentang empat kadet yang selamat dari pembantain pasukan Belanda. Meski begitu, mereka harus terus berjuang untuk menumpas musuh-musuh ke manapun mereka pergi.

Bahkan, sampai harus masuk ke hutan dan melakukan gerilya di pedalaman. Namun, saat yang sama mereka mengalami konflik sesama karena perbedaan etnis, budaya, agama, dan sifat masing-masing.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Action Terbaik Selama Ini!

8. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film Perjuangan Indonesia - Soekarno
sc: Imdb

Siapa tidak kenal dengan sosok Soekarno. Semua masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bapak bangsa. Kisah perjuangan Soekarno yang diperankan Ario Bayu dan Moh. Hatta diperankan Lukman Sardi sangat layak ditonton bersama keluarga saat merayakan Peringatan Kemerdekaan Indonesia.

Soekarno: Indonesia Merdeka’ berkisah tentang Soekarno sejak masa kecil yang bernama Kusno. Karena sakit-sakitan, akhirnya diganti nama menjadi Soekarno. Tidak hanya kisah hidupnya saja, Anda juga akan disuguhkan bagaimana sosok Soekarno memukau khalayak dengan pidato-pidatonya yang dibawakan secar detail oleh Ario Bayu.

9. Sang Kiai (2013)

Film Perjuangan Indonesia - Sang Kiai
sc: Imdb

Sang Kiai’ mengisahkan tentang perjuangan sosok KH Hasyim Asyari melawan pendudukan Jepang di tahun 1942. Dirinya menolak untuk tunduk dan melakukan Sikerei karena melanggar akidah. Oleh karena itu, ditangkap oleh Jepang. Kemudian, salah satu santrinya yang bernama Harun menghimpun kekuatan untuk membebaskan Sang Kiai.

Tidak hanya itu saja, di dalam film ini juga dikisahkan bagaimana perjuangan secara diplomasi umat Islam. Termasuk pembentukan Laskar Hizbullah yang turut andil dalam pertempuran Surabaya November 1945. Ada sejumlah aktor kawakan tanah air beradu peran di film ini. Mulai dari Ikranagara, Adipati Dolken, Dimas Aditya, Agus Kuncoro, hingga Christine Hakim.

Baca juga: 20 Series dan Film Netflix Rating Tertinggi dari Berbagai Genre

10. Soegija (2012)

Film Perjuangan Indonesia - Soegija
sc: Imdb

Film bertema perjuangan yang terakhir adalah ‘Soegija’. Mengisahkan tentang kemanusiaan selama perang kemerdekaan Indonesia dalam rentang tahun 1940-1949. Jalan ceritanya adalah seorang uskup pribumi pertama Gereja Katolik Indonesia. Dirinya berjuang dalam menyatukan semua unsur masyarakat yang hampir terpecah karena perang maupun kematian.

Film ini diangkat dari kisah nyata sosok Soegijapranata yang berusaha, berjuang, dan berdiplomasi di tingkat lokal, nasional, hingga internasional untuk kemanusiaan. Berkat jasanya, dirinya dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno.

Nonton Film Makin Nyaman dengan Perangkat Favorit

perbedaan smart TV dan android TV (2)
sc: Devoneer

Nah, itu dia Sobat Doran rekomendasi tentang film perjuangan Indonesia yang bisa Anda tonton bersama keluarga saat perayaan HUT-RI. Agar lebih nyaman dalam menonton, gunakan perangkat terbaik yang bisa didapatkan di Doran Gadget. Mulai dari smart TV, speaker Bluetooth, dan lainnya. Termasuk headset, TWS, hingga powerbank untuk menjaga daya baterai tetap prima saat menonton di HP.

Semua produk yang kami jual adalah barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik di setiap pembelian waktu tertentu. Baik di store, marketplace, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Follow Instagram kami untuk melihat informasi promo yang berlaku.

Selamat menonton!

Artikel terkait: