Doran Gadget – Anda pasti pernah mendengar invisible selfie stick yang biasanya digunakan untuk mengambil video atau foto 360 derajat. Salah satu teknik paling keren yang dapat Anda lakukan dengan stick satu ini adalah tidak membuatnya terlihat di kamera. Namun bagaimana cara menggunakan invisible selfie stick? Simak selengkapnya di sini! 

Apa Itu Invisible Selfie Stick?

cara menggunakan invisible selfie stick
sc: pbtech.co.nz

Invisible selfie stick adalah alat yang memungkinkan Anda untuk membuat kamera 360 Anda tampak melayang di udara. Ini dapat digunakan untuk membuat video yang sangat kreatif dan imersif, dan juga dapat digunakan untuk menghindari larangan terbang di tempat-tempat tertentu. 

Memiliki Invisible Selfie Stick membuka potensi kreatif yang cukup keren, dimana saat Anda menghilangkan tongkatnya, perspektif kamera Anda sama persis dengan jika kamera itu melayang di udara. Biasanya penggunaan invisible stick ini bersamaan dengan 360 camera seperti Insta360 One X2, Insta360 ONE RS Twin Edition, Kandao QooCam 8K, dan masih banyak lagi. Kebanyakan digunakan untuk membuat vlog atau film.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Tongsis Terbaik dan Murah 2023

Cara Kerja Invisible Selfie Stick 

sc: YouTube – The 360 Guy

Jika Anda menggunakan kamera Insta360, maka kamera akan menggunakan dua lensa 200 derajat untuk membuat tongkat selfie menghilang. Lensa-lensa ini menangkap lebih dari 360 derajat penuh, sehingga kamera dapat melihat lebih jauh dari yang bisa dilihat oleh manusia. 

Kamera kemudian menggunakan software untuk menggabungkan gambar dari dua lensa menjadi satu gambar. Software ini dapat memutuskan persis di mana dua gambar akan dijahit, sehingga tongkat selfie dapat dihapus dari gambar. Dengan begitu tongkat selfie akan dibuat menghilang, dan hasilnya sangat realistis seperti kamera yang melayang di udara tanpa tongkat selfie. 

Karena memiliki dua lensa yang dapat menangkap gambar dari sudut pandang 360 derajat maka Anda dapat memotret apa yang ada di depan, di belakang, di atas, dan di bawah Anda pada saat yang bersamaan. Tidak hanya digunakan untuk selfie atau vlog, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengambil gambar yang lebih kreatif, seperti panorama atau gambar yang menunjukkan keadaan sekitar. Dalam pengeditan, Anda dapat mengubah sudut kamera untuk membingkai bagian dari gambar 360° yang ingin ditampilkan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tripod Terbaik Harga Terendah hingga Tertinggi

Cara Menggunakan Invisible Stick Selfie 

sc: 360rumors.com

Untuk melakukan “cloning-out” (menghilangkan) selfie stick dalam foto, ada dua hal yang harus dipenuhi. Pertama, selfie stick tidak boleh lebih lebar daripada jarak antara kedua lensa kamera – bahkan lebih baik jika sedikit lebih tipis. 

Kedua, kamera harus dipasang sedemikian rupa sehingga selfie stick berada sejajar dengan lensa kamera dan tetap berada di antara keduanya. Jika selfie stick tidak sepenuhnya sejajar, maka hasilnya akan keluar dan tumpang tindih antara lensa akan terlihat dalam foto.

Namun, ketidakterlihatan selfie stick ini memiliki batasnya. Ketika menggunakan selfie stick yang invisible, maka Anda perlu memperhatikan pantulan dan bayangan dalam foto, yang belum dapat dihapuskan oleh perangkat lunak (sampai saat ini). Hindari cermin dan hindari berjalan dengan matahari di belakang Anda, maka seharusnya foto atau video yang Anda ambil akan baik-baik saja.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti Insta360 atau Insta360 studio. Kedua perangkat lunak tersebut secara otomatis dapat menyatukan foto dan video Anda. setelah disatukan, maka selfie stick akan menghilang begitu saja. Meskipun begitu, ada beberapa tips sederhana yang kami rekomendasikan agar Anda dapat memaksimalkan penggunaan Invisible Selfie Stick Anda:

  • Pastikan selfie stick tidak lebih lebar dari jarak antara kedua lensa kamera.
  • Pasang kamera pada selfie stick sehingga stick berada sejajar dengan kedua lensa kamera dan tetap berada di antara keduanya.
  • Hindari cermin dan cahaya matahari dari belakang untuk menghindari pantulan dan bayangan dalam foto.
  • Pasang panjang yang sesuai, untuk vlog gunakan panjang 50-70 cm. Sedangkan untuk video dari belakang punggu, video game style, atau sudut pandang orang ketiga, gunakan ukuran maksimal. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Holder HP Motor Terbaik, Anti Jatuh!

Invisible Selfie Stick Sebenarnya Optical Trik 

sc: snowlizardproducts.com

Trik menggunakan invisible selfie stick memanfaatkan kelemahan dalam desain banyak kamera 360 derajat. Ketika kamera 360 derajat memiliki ketebalan bodi tertentu, ada area kecil di mana tidak ada kamera yang dapat melihat, yang disebut titik buta. Area ini semakin jelas ketika Anda mendekati bodi kamera.

Invisible selfie stick cukup sempit untuk masuk ke area yang tidak dapat dilihat oleh kamera mana pun, terutama pada garis jahitan antara dua bidang kamera. Di sinilah efek tak terlihatnya invisible selfie stick terjadi. Dengan menggabungkan invisible selfie stick ke dalam garis jahitan ini, Anda bisa melihat beberapa distorsi pada tangan yang memegang invisible selfie stick.

Namun, bintik buta ini biasanya tidak terlihat dalam foto dan video 360 derajat karena objek yang berjarak cukup jauh dari kamera akan muncul di kedua bidang kamera, sehingga gambar menjadi lebih seragam dan kohesif. Hanya objek yang terlalu dekat dengan kamera yang akan tampak seolah-olah diambil oleh seseorang.

Jadi, asalkan invisible selfie stick Anda cukup tipis dan sejajar dengan panjang bodi kamera, Anda dapat mencapai efek invisible selfie stick yang tak terlihat. Bahkan, banyak merek kamera 360 derajat menggunakan trik ini, bukan hanya Insta360. Semakin tepat posisi invisible selfie stick Anda dengan desain bodi kamera, semakin tidak terlihat invisible selfie stick tersebut.

Baca juga: 10 Rekomendasi Holder HP Mobil Terbaik Tahun 2023

Penutup 

Itulah seputar apa itu dan cara menggunakan invisible selfie stick yang wajib Anda ketahui. Dapatkan invisible selfie stick hingga kamera Insta360 yang bisa Anda beli di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

×