Doran Gadget – Bagi Anda yang hobi bikin video pasti selalu kritis mengenai pembelian peralatan untuk take video, salah satunya adalah kamera. Demi mendapatkan hasil video yang jernih, bagus, dan sesuai keinginan, memang Anda harus memiliki kamera dengan spesifikasi mumpuni untuk menghasilkan kualitas video terbaik. Berikut ada beberapa rekomendasi action kamera terbaik 2024 yang bisa Anda pilih. Dimana dari versi kami, action camera ini didominasi oleh tiga brand besar utama yakni GoPro, Insta360, dan GoPro.

1. Insta360 Ace

Review Insta360 Ace (4)
sc: Yuga Tech

Rekomendasi yang pertama adalah Insta360 Ace yang dirilis pada akhir November 2023 lalu. Kamera ini dibekali sensor kamera berukuran ½ inci dengan resolusi 48MP. Lensa ultra wide-nya berukuran 16mm f/2.4. Selain itu unggul dalam hal pengambilan gambar pada kondisi yang minim cahaya sekalipun berkat dukungan AI Chip berukuran 5nm

Kapasitas baterainya sebesar 17700 mAh dan ada fitur fast charging yang mampu mengisi daya hingga 80% dalam 22 menit saja. Kestabilan saat pengambilan gambar sudah tidak diragukan lagi. Sebab, kedua seri Ace dilengkapi teknologi seperti FlowState Stabilization dan 360° Horizon Lock. Dukungan AI Highlight Assistant membuat pengguna bisa memasukkan adegan saat proses editing. Ada pula AI Warp untuk membuat efek video hanya dengan prompt custom atau dari preset.

Harga Insta360 Ace: Rp6.4 jutaan

Baca juga: Review Insta360 Ace & Ace Pro: Spesifikasi, Harga, dan Fitur

2. Insta360Ace Pro

Review Insta360 Ace (1)
sc: StoryTeller Tech

Selanjutnya yakni Insta360 Ace Pro yang merupakan seri upgrade dari regulernya. Desainnya memang tak berbeda jauh. Hanya saja yang membedakannya adalah dari segi sensor kamera. Yakni menggunakan ukuran 1/1.3 48MP dan lensa ultra wide-nya menggunakan Leica SUMMARIT 16mm f/2.6. Teknologi ini diklaim membuat hasilnya lebih jernih.

Ace Pro mampu digunakan hingga kedalaman 33 kaki atau 10 meter tanpa case pelindung. Sedangkan jika menggunakan case pelindung mampu dioperasikan hingga kedalaman 196 kaki atau sekitar 60 meter. Kemudian, ada Active HDR (High Dynamic Range) untuk menyesuaikan hasil foto dengan tingkat pencahayaan. Jadi, warna lebih nampak nyata dengan tingkat kontras yang tinggi, termasuk untuk pemotretan di bawah air sekalipun.

Harga Insta360 Ace Pro:Rp7 jutaan

3. Insta360 ONE R Twin Edition

Rilis pada 2020 tidak membuat action camera terbaik ini turun pamor. Kelebihannya yang bisa digunakan sebagai action camera dan 360 camera membuatnya menjadi pilihan banyak orang. Dua fitur unggulan itulah yang disebut ‘Twin Edition’ pada seri kali ini.

Karena ada dua kamera untuk satu badan yang terdiri dari dua modul lensa yang mudah untuk ditukar. Tidak hanya itu, Insta 360 ONE R Twin Edition ini juga memiliki banyak fitur lainnya termasuk 5m waterproof, AI-powered algorithms untuk berbagai shooting modes, dan auto frame mode yang mampu menukar secara otomatis dari action cam ke 360 video.

Harga Insta 360 ONE R Twin Edition: Rp jutaan

Baca juga: Harga dan Review Insta360 ONE R Twin Edition

4. GoPro Hero 10 Black

gopro hero 10 black

Disebut sebagai salah satu GoPro terbaru dan terbaik meskipun bentuknya masih terlihat mirip dengan seri sebelumnya yaitu Hero 9 Black. Menggunakan prosessor GP2 terbaru, dimana action cam satu ini memiliki kelebihan pada speedy user interfacenya, double frame rate, dan hydrophobic lens coating.

GoPro satu ini sudah mendukung 5.3K video dengan 60 frame per detiknya dan memiliki HyperSmooth 4.0 video stabilization terbaru.Fitur tersebut terdapat di semua mode sekaligus dengan lensa 23MP sehingga mampu memberikan hasil yang menakjubkan meskipun mengambil foto di tempat yang rendah cahaya.

HargaGoPro Hero 10 Black: Rp8,5 jutaan

5. DJI Action 3

Setelah sukses meluncurkan seri sebelumnya, DJI kembali merilis action camera yang diklaim tangguh di berbagai kondisi yakni DJI Action 3. Fitur unggulannya antara lain Hyperlapse yang mampu hingga resolusi 4K dan Electronic Image Stabilization (EIS) yang membuatnya semakin stabil ketika mengambil video.

Berbicara soal performa, kamera ini juga dapat digunakan di kedalaman hingga 16 meter. Jika dipasang pelindung khusus, maka Anda pun bisa menggunakan untuk menyelam hingga kedalaman 60 meter. Anda bisa mendapatkan kamera ini seharga Rp4.9 jutaan untuk versi Standar Combo. Sedangkan untuk seri Adventure Combo dibanderol seharga Rp6.5 jutaan.

Harga DJI Action 3: mulai Rp4.9 jutaan

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

6. GoPro Hero 11 Black

Rekomendasi kamera aksi terbaik lainnya adalah GoPro Hero 11 Black yang dirilis menjelang akhir tahun 2022 lalu. Action camera ini merupakan generasi penerus dari sebelumnya yakni GoPro Hero 10 Black. Salah satu keunggulan utamanya adalah memiliki fitur HyperSmooth 5.0 dan diperkuat AutoBoost untuk hasil gambar dan video lebih halus dan mulus. Fitur Horizon-Lock membuat perekaman video lebih stabil, bahkan saat berputar hingga 360°.

Beberapa mode yang dapat dipilih saat pengambilan video antara lain Hyperview, Slo-Mo, dan Night Effect. Untuk harga pasaran di Indonesia kamera ini terdiri dari dua varian yakni GoPro Hero11 Black Rp8.1 jutaan. Sedangkan untuk seri GoPro Hero 11 Black Mini sekitar Rp4 jutaan.

Harga GoPro Hero 11 Black: mulai Rp4 jutaan

7. DJI Osmo Action 4

Review DJI Osmo Action 4 (1)
sc: Camera Jabber

Setelah sukses mengeluarkan seri Osmo Action sebelumnya, DJI kembali menghadirkan seri terbaru Osmo Action 4 di tahun 2023. Action cam ini memiliki sensor kamera 1/1.7 inci serupa dengan sensor drone DJI Air 3. Selain itu, unggul dalam pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya.

Kestabilannya sudah tak diragukan lagi berkat dukungan 360° HorizonSteady dan RockSteady 3.0. Kemudian, dari segi baterainya juga tak kalah unggul. Yakni mampu digunakan hingga 160 menit. Bateria pun dilengkapi fast charging diklaim mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit saja.

Harga DJI Osmo Action 4: mulai Rp6 jutaan

Baca juga: Review DJI Osmo Action 4: Lebih Stabil dan Sensor Lebih Besar

8. GoPro Hero 12 Black

Spesifikasi GoPro Hero 12 (4)
sc: GoPro

Masih di tahun 2023, GoPro juga hadir dengan seri Hero 12 Black terbarunya. Desainnya memang tak jauh dari generasi sebelumnya. Bobotnya juga sangat ringan di ksiaran 154 gram saja. Kamera depannya memiliki resolusi 27MP dan dibekali fitur video HDR yang bisa diandalkan untuk perekaman pada 5.3K dan 4K 60 fps.

Dua fitur unggulan yakni AutoBoost dan HyperSmooth 6.0, mampu membuatnya lebih tahan terhadap goyangan, getaran, dan guncangan. Baterainya mampu digunakan hingga 2.5 jam non-stop untuk merekam dengan 1080p 30fps. Sementara, untuk 30fps, bisa digunakan hingga 1.5 jam dan 70 menit untuk fps tertinggi.

Harga GoPro Hero 12 Black: mulai Rp6 jutaan

9. DJI Osmo Pocket 3

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (8)
sc: Apple Insider

DJI di tahun 2023 juga merilis kamera terbaik lainnya yakni DJI Osmo Pocket 3. Dimana sensor kameranya memiliki ukuran 1 inci CMOS yang bisa menangkap bayangan dan sorotan lebih jelas. Resolusi video maksimumnya berada 4K dalam format 16:9.

Ada pula mode DJI D-LogM, dimana mode tersebut banyak ditemukan pada kamera drone DJI seperti Mini 4 Pro. Keunggulannya adalah, bisa menangkap gambar pada 10-bit dan dynamic range-nya lebih luas. Kemudian, ada fitur terbaru ‘Face-Priority Strategy’ yang bisa melakukan pengaturan otomatis terhadap eksposur dari berbagai warna kulit. Lalu, ada ‘Glamour Effect’ yang bisa digunakan untuk wajah terlihat halus, cerah, dan ramping. Kestabilannya pun semakin ditingkatkan dengan adanya ActiveTrack 6.0

Harga DJI Osmo Pocket 3: mulai Rp8 jutaan

Baca juga: Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3: Sensor Besar, Bisa Rekam Hingga 4K!

10. Insta360 Go 3

Review Insta360 Go 3 (2)
sc: Forbes

Insta360 Go 3 mengusung desain compact yang ergonomis. Dengan bobot sekitar 93 gram dengan menggunakan action pod. Dimana action pod ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk pengisian daya (charging case) dan remote dari kamera itu sendiri. Pada pod-nya terdapat slot USB type-C untuk melakukan pengisian daya maupun transfer data.

Untuk kameranya memiliki focal length 11.24 mm dan bukaan lensa f/22. Format video yang dihasilkan adalah MP4 dan bisa juga digunakan untuk mengambil gambar berformat INSP maupun DNG. Ini juga mendukung perekaman video dengan resolusi 1080p, 1440p, hingga 2.7K menggunakan frame rate 24,25, dan 30 sampai 50 FPS.Ketahanan baterai maksimalnya mampu hingga 170 menit penggunaan.

Harga Insta 360 Go 3: Rp6.9 jutaan

Beli Action Camera Terbaik Hanya di Doran Gadget 

Itulah deretan rekomendasi action camera terbaik yang bisa Anda pilih. Pastikan untuk selalu membeli action cam original hanya di Doran Gadget, ada banyak pilihan action cam yang tersedia dari berbagai brand ternama. Temukan juga berbagai aksesoris tambahan untuk kenyamanan penggunaan action cam Anda di sini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi call center kami di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

>