Kelebihan Action Camera untuk Bikin Konten

Doran GadgetSaat ini merekam objek dan aktivitas menjadi lebih mudah berkat dukungan teknologi kamera. Salah satunya adalah penggunaan kamera aksi yang dinilai lebih ringkas dengan hasil menakjubkan. Yuk, ketahui lebih jauh tentang apa itu action camera, fitur unggulan, hinggga cara memilihnya yang tepat sesuai dengan kebutuhan!

Apa Itu Action Camera?

GoPro Hero 12 vs DJI Osmo Action 4 (1)
sc: YouTube/The Daniel Life

Sebelum mengetahui mengenai kelebihan dan keunggulannya, ada baiknya Anda untuk ketahui terlebih dahulu apa itu action camera. Seperti namanya, kamera ini dirancang khusus dalam mendukung penggunaan di lapangan yang ekstrem. Mulai dari olahraga, berpetualang, traveling, dan lainnya.

Poin yang mencolok pembeda antara action cam dengan kamera lain maupun smartphone ialah bentuknya yang ringkas. Dimana bentuk ringkas ini dirancang tangguh dan tahan banting. Begitu pun dengan fitur perekaman dengan hasil gambar lebih jelas. Apalagi beberapa produk kini sudah terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI). Hal itu akan membuat pengoperasian lebih mudah.

Baca juga: Mengenal Kamera 360 Derajat: Sudut Pandang Luas, Eksplorasi Tak Terbatas

Keunggulan Action Cam

Review DJI Osmo Action 4 (1)
sc: Camera Jabber

Dibandingkan dengan kamera lain seperti DSLR maupun smartphone, kamera aksi banyak dipilih karena fitur dan keunggulannya. Baik dari desain luarnya maupun fitur-fitur unggulan yang dimilikinya seperti:

  1. Desain yang ringkas: keunggulan yang bisa dilihat adalah desainnya yang ringkas dan kecil. Sehingga mudah dibawa ke mana saja. Terutama saat traveling untuk merekam momen-momen terbaik
  2. Video dengan kualitas tinggi: kamera aksi memiliki keunggulan perekaman video berkualitas tinggi. Fitur-fitur unggulannya dapat merekam hingga 4K. Beberapa bahkan mengklaim dapat merekam sampai dengan 8K.
  3. Lensa Wide-Angle: keunggulan action cam lainnya adalah dibekali dengan lensa action-wide. Ini memungkinkan untuk gambar pada sudut yang lebar dan luas.
  4. Mampu diandalkan di berbagai kondisi: walaupun memiliki desain mungil, namun kamera ini memiliki ketahanan yang unggul. Pihak pabrikan merancangnya dengan ketahanan debu, air, dan guncangan. Jadi, cocok digunakan di berbagai kondisi bahkan di kedalaman air. Termasuk kondisi baterai yang andal.
  5. Gambar lebih stabil: beberapa kamera terkadang tidak dilengkapi dengan fitur kestabilan. Sehingga hasilnya menjadi blur karena gerakan. Beda halnya dengan action cam yang memiliki fitur stabilisasi untuk menjadikan pengambilan gambar lebih stabil secara otomatis.
  6. Konektivitas yang beragam: penggunaan action camera mendukung untuk pengoperasian secara cepat berkat dukungan koneksi seperti Bluetooth dan AI yang memungkinkannya dioperasikan jarak jauh atau remote.
  7. Mendukung aksesoris tambahan: selain memiliki fitur unggulan, kamera aksi mendukung digunakan dengan mount Misalnya digunakan di helm, sepeda, maupun perangkat lainnya. Apalagi dengan mode olahraga yang dapat dipilih.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Aktivitas yang Cocok Pakai Kamera Aksi

apa itu motovlog (3)
sc: Hollex

Karena memiliki sejumlah keunggulan seperti yang sudah dijelaskan di atas, action camera sangat cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Khususnya dalam membuat konten video maupun foto. Berikut aktivitas yang sangat mendukung penggunaan kamera aksi:

  • Olahraga dan adventure: kamera ini sangat mendukung untuk merekam aktivitas olahraga. Apalagi jika dilakukan di luar ruangan. Seperti bersepeda, bermain ski, skydiving, hingga menyelam. Termasuk untuk motovlog dnengan meletakkannya di helm.
  • Traveling: digunakan untuk menangkap momen-momen terbaik saat traveling seperti bentang alam, aktivitas seru, dan lain sebagainya.
  • Konten vlog dan YouTube: action cam memberikan hasil yang lebih dinamis untuk membuat vlog dan video YouTube lainnya seperti tutorial.
  • Kebutuhan keamanan dan pengawasan: tidak sedikit pula orang yang menggunakan action camera sebagai dashcam selama perjalanan. Sehingga memungkinkan merekam kejadian tak terduga dan dapat digunakan untuk memperkuat bukti apabila diperlukan.
  • Eksplorasi bawah air: kamera aksi memiliki ketahanan air tinggi. Apalagi jika dibekali dengan case khusus, dapat digunakan hingga kedalaman 60 meter di bawah air.

Baca juga: 10 Rekomendasi Action Camera Terbaik 2024

Tips Memilih Action Cam

sc: insta360

Agar tidak salah pilih, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membeli action camera. Terutama jika Anda baru pertama kali menggunakannya, yakni:

  1. Hasil rekaman yang memukau: untuk hal ini ada baiknya Anda untuk memilih dengan resolusi 5K. Atau setidaknya 1080p Full HD. Termasuk dengan dukungan teknologi penstabil gambar untuk meredam goyangan pada kamera saat merekam.
  2. Memiliki ketahanan air yang kuat: pilihlah action camera yang mendukung untuk kondisi ekstrem. Seperti ketahanan suhu, ketahanan terhadap guncangan dan getaran. Begitu pun engan ketahanan air yang tinggi untuk mendukung perekaman di dalam air.
  3. Pemasangan dan pengoperasian yang mudah: perhatikan pemasangan action cam yang mudah. Misalnya mendukung untuk dipasangkan di helm, papan selancar, sepeda, dan lainnya. Begitu pun dengan navigasi menu yang memiliki interface mudah dipahami dan kontrol yang lebih intuitif.
  4. Ketahanan baterai: ini adalah poin penting. Sebab, dengan ketahanan baterai yang tinggi, Anda dapat menggunakannya dalam waktu lama. Terutama di tempat yang sulit untuk mengakses listrik untuk mengisi ulang daya baterai.
  5. Dilengkapi fitur-fitur unggulan: kamera aksi yang memiliki fitur tambahan seperti AI sangat penting untuk mendukung proses editing. Selain itu, kecepatan transfer daya yang mudah, juga memungkinkan pemindahan file ke perangkat jadi lebih mudah.

Di samping kelima poin di atas, dalam memilihnya Anda juga dapat melihat reviewnya terlebih dahulu. Begitu pun dengan budget yang dimiliki agar mendapatkan kamera dengan kualitas unggulan dengan harga yang sepadan.

Baca juga: 10+ Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2024

Penutup

sc: DJI

Setidaknya itulah ulasan lengkap mengenai action cam yang perlu Anda ketahui. Pastikan selain sesuai dengan kebutuhan, belilah kamera aksi tersebut di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual action cam terbaik dari berbagai brand dunia. Mulai dari GoPro, Insta360, dan DJI.

Jangan lupa follow Doran Gadget Content Creator Community di WhatsApp. Di sini, Anda bisa mengetahui informasi up to date seputar kreator konten dan perlengkapannya. Termasuk kamera aksi yang digunakan untuk membuat konten agar lebih optimal.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>