kamera 360 derajat

Doran Gadget – Dalam dunia fotografi dan videografi modern, kamera 360 derajat telah menjadi perangkat yang mengubah paradigma. Hadirnya kamera ini memungkinkan Anda mengambil gambar dan merekam video dengan sudut pandang yang lebih luas. Lantas apa itu kamera 360 derajat, bagaimana cara kerja, kelebihan hingga cara memilihnya? Yuk simak lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini! 

Apa Itu Kamera 360 Derajat?

Apa Itu Kamera 360 Derajat
Sc: Road to VR

Kamera 360 derajat adalah jenis kamera yang bisa menghasilkan foto atau video yang memukau dengan tampilan 360 derajat. Kamera ini dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan Anda mengambil gambar atau video dari berbagai sudut tanpa terbatas oleh apapun. Dengan kamera ini pula, Anda bisa menciptakan panorama dari penjuru arah.

Jenis kamera ini dilengkapi dua atau lebih lensa fisheye yang masing-masing lensanya memiliki cakupan sudut 180 derajat. Lensa-lensa ini dapat bekerja sama untuk mengambil dan menggabungkan gambar secara bersamaan dari berbagai arah. Hal ini memungkinkan Anda melihatnya dari samping kiri, kanan, atas, atau bawah sekaligus. 

Berbeda dengan kamera digital, action cam, atau drone, kamera jenis ini dapat meningkatkan kreativitas dalam menangkap momen-momen menarik di sekitar Anda. Tak heran, kamera ini kerap kali digunakan dalam berbagai acara hiburan seperti konser, olahraga, dan game virtual reality (VR).

Baca juga: Review Spesifikasi Kamera Insta360 X3

Cara Kerja Kamera 360 Derajat

Cara Kerja Kamera 360 Derajat
Sc: Insta360

Kamera 360 derajat bekerja sangat unik. Lensa-lensanya mampu menangkap gambar dari sudut pandang yang berbeda seolah-olah Anda berada di tengah-tengah momen tersebut. Hasil jepretan atau perekaman dari kamera ini akan diolah untuk menghasilkan gambar atau video 360 derajat yang menarik.

Sama seperti jenis kamera pada umumnya, Kamera ini relatif mudah digunakan. Untuk mengambil gambar atau video, Anda cukup menekan “shutter button” saja. Kamera akan secara otomatis menangkap gambar dari semua arah, dan Anda dapat mengeditnya dengan mudah di ponsel Anda. Anda pun bisa langsung mengekspornya dalam format foto atau video. 

Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengekspornya sebagai gambar equirectangular. Gambar jenis ini merupakan gambar bola 360 derajat yang ditempatkan dalam bingkai persegi panjang. Ini sama halnya seperti globe (bola dunia), yang diproyeksikan ke dalam bidang dua dimensi menjadi peta dunia.

Baca juga: GoPro Hero 11 vs Insta360 One RS: Mana yang Terbaik untuk Anda?

Kelebihan Kamera 360 Derajat

Kelebihan Kamera 360 Derajat
Sc: Insta360

Kamera 360 derajat memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya berbeda dari jenis kamera pada umumnya. Berikut adalah beberapa kelebihan tersebut:

1. Sudut Pandang yang Luas

Kamera jenis ini memiliki dua lensa yang dapat menangkap gambar atau video dari semua arah. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar atau video panorama yang lebih luas. Kamera jenis ini juga dapat digunakan untuk merekam video 360 derajat, yang memungkinkan Anda untuk melihat objek atau lingkungan dari sudut yang berbeda-beda.

2. Pengalaman VR yang Mendalam

Teknologi 360 derajat pada kamera jenis ini dapat dipadukan dengan teknologi VR (virtual reality) untuk memberikan pengalaman visual yang lebih mendalam. Dengan VR, Anda dapat merasakan seolah-olah berada di tengah-tengah momen yang tengah direkam. Di sini Anda juga dapat melihat objek atau lingkungan dari sudut pandang orang pertama.

3. Dukungan Platform Media Sosial

Konten yang dihasilkan oleh kamera ini dapat dibagikan di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, YouTube, dan X. Platform-platform tersebut mendukung tampilan dan interaksi imersif dari konten kamera jenis ini. Anda juga dapat dengan mudah mengunggahnya dan kemudian menggerakkan konten tersebut ke segala arah untuk melihatnya dari sudut yang berbeda.

4. Kemampuan Interaktif 

Kamera ini menawarkan pengalaman yang lebih mendalam dan pribadi dalam mengeksplorasi gambar dan video. Dengan kamera ini, memungkinkan Anda untuk memandang dunia dari berbagai sudut pandang dan mengambil kendali atas apa yang Anda lihat melalui gambar dan video yang lebih interaktif.

Baca juga: Review Insta360 GO 3: Desain Ringkas, Banyak Fitur Canggih

Tips Memilih Kamera 360 Derajat

Tips Memilih Kamera 360 Derajat
Sc: Z Cam

Saat ini, ada beragam jenis kamera 360 derajat di pasaran yang bisa Anda miliki. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya:

  1. Perhatikan kualitas foto atau video yang dihasilkan dengan melihat resolusi dan frame rate (fps) kamera. Semakin tinggi resolusi dan fps, semakin baik kualitas gambar dan video yang dihasilkan.
  2. Pastikan kamera memiliki fitur stabilizer, yang berguna untuk membuat video tetap stabil dan mengurangi getaran. Ini sangat berguna saat Anda merekam kegiatan di luar ruangan agar hasil video tidak berantakan.
  3. Cari tahu apakah kamera tersebut memiliki fitur tahan air atau waterproof. Kamera jenis ini sering kali digunakan di luar ruangan, jadi fitur ini penting untuk melindungi kamera dari kerusakan yang diakibatkan oleh air.
  4. Pertimbangkan daya tahan baterai. Jika Anda akan menggunakan kamera di luar ruangan untuk waktu yang lama, pastikan kamera memiliki baterai yang cukup kuat, setidaknya mampu bertahan selama 40 menit atau lebih saat merekam.
  5. Perhatikan desain kameranya. Kamera ini memiliki beragam model yang unik seperti model tabung, kotak, bulat, atau lainnya. Pilihlah kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yang sekiranya mudah dibawa dan digunakan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Kamera Insta360 Terbaik untuk Bikin Vlog Keren

Dapatkan Kamera 360 Derajat di Doran Gadget

Alamat Authorized Partner Insta360 Manado
Sc: Insta360

Ketika membicarakan kamera 360 derajat, salah satu brand terbaik yang bisa Anda coba adalah Insta360. Insta360 adalah pilihan ideal bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman menggunakan kamera 360 derajat untuk pertama kalinya. Pengoperasiannya yang mudah dan bentuknya yang compack sangat cocok untuk berbagai kebutuhan dan aktivitas Anda.

Teknologi yang dihadirkan pada kamera ini juga dapat mengubah cara Anda mengabadikan momen serta menciptakan pengalaman visual yang tak terlupakan dan mengagumkan. Baik itu untuk kegiatan outdoor profesional atau sekadar mengabadikan momen saat liburan. 

Dapatkan beragam pilihan produk kamera Insta360 secara mudah dengan mengunjungi situs web resmi Doran Gadget atau unduh aplikasinya di smartphone Anda. Selain itu, setiap pembelian produk ini di Doran Gadget memungkinkan Anda untuk mengumpulkan Doran Poin yang dapat digunakan untuk transaksi selanjutnya.

Jika Anda perlu informasi lebih lanjut perihal produk yang akan Anda beli, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui layanan WhatsApp Doran Gadget.

Artikel terkait:

>