Doran GadgetBagi seorang vlogger dan YouTuber, kamera merupakan gadget terpenting untuk memproduksi konten. Oleh karena itu, dalam memilih kamera tersebut sebaiknya harus jeli dan perhatikan fitur terbaik yang dimilikinya. Ada beberapa rekomendasi kamera Vlog untuk YouTuber terbaik versi Doran Gadget di tahun 2023.

Rekomendasi Kamera Vlog YouTuber

Berikut beberapa kamera untuk vlog di channel YouTube agar makin keren dan berkesan dengan hasil video resolusi terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

1. GoPro Hero 10 Black

gopro hero 10 black
sc: Digital Camera World

Pertama ada GoPro Hero 10 Black yang merupakan kamera aksi terbaru dari GoPro. Kamera ini memiliki lensa 23.6 MP yang dapat menghasilkan video hingga resolusi 5,3K. Tidak hanya itu, lensa kamera GoPro Hero 10 tidak mudah tergores dan tahan air. Kemudian, ada pula fitur leveling horizon, yaitu kemampuan untuk mengunci posisi horizon meski kameranya diputar. Fitur tersebut memungkinkan gambar dikunci dengan kemiringan 45 derajat.

Anda bisa menyimpan resolusi video tingkat tinggi. Untuk perekaman objek yang bergerak, tak perlu khawatir karena sudah dibekali dengan HyperSmooth 4.0 sebagai stabilizernya. Fitur tersebut adalah peredam goyangan sehingga video yang dihasilkan jauh lebih mulus. Itu artinya, meskipun Anda merekam dengan kondisi yang tidak stabil, namun video yang dihasilkan tetap optimal.

Harga GoPro Hero 10 Black: Rp8,5 jutaan

Baca juga: Klaim Garansi Produk GoPro, Begini Caranya!

2. Rekomendasi Kamera Vlog YouTuber – DJI Osmo Action

DJI Osmo Action
sc: DJI Store

Rekomendasi kamera vlog YouTuber selanjutnya ialah DJI Osmo Action. Kamera ini cocok untuk vlog di alam terbuka atau outdoor. Meski begitu, kestabliannya tetap terjaga berkat fitur RockSteady. Mode fotonya pun beragam termasuk dalam perekaman video dalam resolusi yang cukup tinggi.

Pengoperasiannya juga semakin mudah dengan tiga tombol utama termasuk tombol Quick Switch (QS). Bobot kamera ini tak begitu berat yakni sekitar 850 gram dan bisa digunakan pada kedalaman 11 meter dan tahan terhadap suhu dingin hingga -10 derajat Celcius. Selain itu, juga tahan terhadap benturan dari ketinggian 1,5 meter sekalipun.

Harga DJI Osmo Action: Rp3.9 jutaan

3. Razer Kiyo Pro

Rekomendasi Kamera Vlog - Fujifilm X-A3 (1)
sc: The Verge

Bagi Anda yang ingin membuat konten dan vlog gaming maupun streamer, kamera yang direkomendasikan di antaranya Razer Kiyo Pro. Kamera ini dapat diletakkan di meja dengan baik dan stabil. Pasalnya, kamera dilengkapi klip berengsel. Juga ada tripod yang membuat framing-nya menjadi fleksibel. Sensor kamera mampu menangkap rekaman video di 60fps.

Begitu juga tingkat eksposurnya, pengguna dapat beralih pada mode HDR tanpa khawatir keseimbangan shadows dan highlight terganggu. Bentuknya memang lebih besar daripada webcam umumnya, namun itu tak menjadi masalah dan desainnya tetap keren.

Harga Razer Kiyo Pro: Rp3 jutaan

Baca juga: Mengenal Zoom pada Kamera: Optical Zoom vs Digital Zoom

4. Insta 360 ONE X2

Spesifikasi Insta360 ONE X2 (3)
sc: YouTube Mount Media

Insta360 ONE X2 menjadi rekomendasi kamera vlog YouTuber lainnya untuk merekam aksi hingga sudut 360°. Desain kamera ini pun sangat ringkas dan bisa disimpan di dalam saku. Hal yang menjadi daya tariknya ialah, terdapat sertifikasi ketahanan air IPX8 yang membuatnya bisa digunakan di dalam air tanpa wadah pelindung sampai kedalaman 10 meter.

Fitur dan mode fotonya pun beragam seperti Fly Lapse, Flash Dash, Clone Trail, dan Stop Motion Mix. Di samping itu, untuk menjaga kestabilan hasil bidikan pengguna dapat memanfaatkan fitur Keyframe, Deep Track 2.0, dan Auto Frame. Selain itu, juga dilengkapi dengan sensor 5.7K dan 18MP masih dapat digunakan untuk pengambilan gambar dengan bitrate 100 Mbps.

Harga Insta360 ONE X2: Rp7,4 jutaan

5. Rekomendasi Kamera Vlog YouTuber – DJI Pocket 2

DJI mini 2 dji pocket 2 tips traveling produk dji original
sc: DJI Store

Selain sukses mengeluarkan DJI Osmo Action, DJI merilis kamera Pocket 2 yang direkomendasikan bagi para vloger traveling. Bahkan, Tech Radar menyebutnya sebagai kamera mini dengan predikat terbaik karena memiliki banyak fitur unggulan. Misalnya saja pada lensanya lebih cerah dengan sensor 1/1.7 inchi. Termasuk mikrofon untuk audio yang lebih jernih.

Dengan sensor yang cukup besar tersebut, kualitas fotonya mampu untuk 64MP dan 4K untuk video. Lensanya memiliki ukuran lebar 20mm f/1.8 dan hal itu bisa memberikan pandangan lebih luas. Tak cuma itu saja, DJI Pocket 2 pun dapat berputar mengikuti pengguna saat bergerak dengan gambar tetap jernih.

Harga DJI Pocket 2: Rp5,8 jutaan

Baca juga: 7 Fitur Keren Action Camera DJI Pocket 2

6. Fujifilm X-A3

Rekomendasi Kamera Vlog - Fujifilm X-A3
sc: Blog Ardian Kusuma

Fujifilm tak hanya memiliki keunggulan di dunia fotografi saja, namun juga kamera untuk vlog bagi para YouTuber. Salah satunya adalah Fujifilm X-A3 yang merupakan kamera mengadopsi mirrorless 24 megapiksel. Fiturnya pun cukup mudah ketika dioperasikan, karena memang kamera ini menyasar para pemula.

Meski mengusung desain klasik, namun cukup stylish dengan adanya kulit sintetis di bagian sisinya. Layarnya sudah menggunakan mode touchscreen 3 inchi dan bisa diputarbalik sampai 180° dan mudah digunakan untuk selfie. Kamera ini juga mampu untuk perekaman video Full HD 1920×1080 di 60fps. Kerennya lagi, dibekali wireless yang bisa mentransfer foto maupun video ke smartphone lebih cepat.

 Harga Fujifilm X-A3: Rp5 jutaan

7. GoPro Hero 9 Black

action cam terbaru gopro hero 9 hero 8
sc: Glints

Rekomendasi kamera untuk vlog yang terakhir adalah GoPro Hero 9 Black. Meski brand kamera ini meluncurkan seri generasi penerusnya yakni Hero 10, namun Hero 9 Black masih banyak diminati para konten kreator. Khususnya bagi yang suka jalan-jalan. Hal itu karena pada kamera aksi ini dilengkapi sensor 23.6MP dan bisa merekam video dalam resolusi hingga 4K/30fps.

Begitu juga dalam merekam video dengan kualitas 4K/60fps dengan lebih detail. Dengan fitur TimeWrap, Anda bisa merekam dalam mode hyperlapse. Pada kamera ini terdapat pula layar display full-color untuk selfie dan wajah pengguna masih dalam frame. Layar belakangnya sudah menggunakan fitur touchscreen 2.27 inchi.

Harga GoPro Hero 9 Black: Rp7 jutaan

Baca juga: 10 Gadget untuk Content Creator yang Wajib Dimiliki

8. Insta360 One R Twin Edition

Review Insta360 ONE R Twin Edition (6)
sc: Digital Tech Review

Selain One X2, kamera vlog terbaik Insta360 lainnya adalah seri One R Twin Edition. Desain kamera ini pun sangat unik karena terdiri dari dua buah modul lensa yang dapat digunakan maupun ditukar sesuai kebutuhan penggunaan. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk action camera dan 360 camera.

Keunggulan desain lainnya adalah kamera ini memiliki ketahanan 5M waterproof, sehingga lebih aman saat terkena air maupun merekam objek di tempat ekstrem. Beberapa mode pengambilan gambar dan video unggulannya antara lain shooting modes, dan auto frame mode yang mampu beralih mode secara otomatis dari action cam ke 360 video.

Harga Insta360 One R Twin Edition: Rp7.6 jutaan

9. GoPro Hero 11 Black

sc: Digital Trends

GoPro Hero 11 Black jadi seri terbaru GoPro dengan berbagai fitur unggulan dan peningkatan dari seri sebelumnya. Lensa kameranya beresolusi 27MP dan memiliki fitur touchscreen yang memudahkan pengguna. Prosesor kamera ini menggunakan GP2 yang juga ada di GoPro Hero 10 Black. Pengguna juga lebih leluasa merekam video dengan berbagai mode seperti HyperView, Slo-Mo, dan Night Effect.

GoPro Hero 11 memiliki dua fitur stabilizer atau peredam getaran saat merekam video dan foto. Yakni HyperSmooth 5.0 yang diperkuat dengan AutoBoost yang mampu membuat tangkapan layar menjadi lebih halus dan mulus. Kemudian ada Horizon-Lock yang berfungsi menjaga fokus lebih stabil. Khususnya saat kamera berputar hingga sudut 360°.

Harga GoPro Hero 11 Black: Rp8.1 jutaan (reguler) dan Rp4.4 jutaan (seri Mini)

Baca juga: Review Spesifikasi GoPro Hero 11 – Hadirkan Fitur HyperSmooth 5.0

10. DJI Action 3

sc: Digital Trends

Produk lainnya adalah DJI Action 3 yang dirilis pada September 2022 lalu. Desainnya cukup ringkas dengan layar depan minimalis 1.4 inci dan layar belakang 2.25 inci. Selain itu sudah dibekali fitur touchscreen dan pelindung layar Gorilla Glass. Dengan begitu, mampu digunakan di berbagai kondisi dan tahan jatuh hingga 1.5 meter.

Sensornya menggunakan Ultrawide 12MP dan merekam video dengan kualitas 4K di 120fps maupun 60fps hinggga kualitas FullHD 1080 pixel. Kemudian, dilengkapi fitur Electronic Image Stablization (EIS) untuk kestabilan. Di samping itu, kamera ini memiliki daya baterai hingga 160 menit.

Harga DJI Action 3: Rp4.9 jutaan – Rp6.5 jutaan

11. Insta360 Go 3

Review Insta360 Go 3 (5)
sc: 9to5toys

Insta360 kembali mengeluarkan kamera vlog terbaru yang bisa digunakan YouTuber yakni Insta360 Go3. Bentuk kamera videonya yang lonjong mendukung untuk merekam video dengan resolusi 1080p, 1440p, hingga 2.7K menggunakan frame rate 24,25, dan 30 sampai 50 FPS.

Selain itu, desainnya lebih ringkas dan bisa dilipat serta lebih stabil untuk perekaman dalam waktu lama.Lalu, juga ada berbagai mode perekaman yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dengan mudah. Penggunaan lebih nyaman berkat adanya sertifikasi IPX8 untuk kamera dan action pod bersertifikasi IPX4.

Harga Insta360 Go 3: Mulai Rp5-6 jutaan

Baca juga:Review Insta360 GO 3: Desain Ringkas, Banyak Fitur Canggih

Penutup

kamera dji pocket 2 kamera mirrorless kamera dslr osmo pocket
sc: Camera Jabber

Itulah beberapa rekomendasi kamera vlog untuk YouTuber yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Apapun kameranya, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya seperti Doran Gadget. Keunggulan membeli di kami adalah selain produk original, juga memiliki garansi resmi pabrikan.

Anda bisa membelinya di jaringan store kami, marketplace, website kami, maupun melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di PlayStore dan AppStore. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait: