Rekomendasi Kamera untuk Main Skateboard

Doran Gadget – Bagi para pecinta skateboard, mengabadikan momen aksi dan trik keren di atas papan adalah hal yang wajib dilakukan. Selain untuk kenangan pribadi, video dan foto skateboard juga bisa menjadi portofolio untuk menunjukkan kemampuan dan perkembanganmu. Karena itulah, yuk simak cara memilih kamera untuk skateboard beserta rekomendasinya di bawah ini! 

Cara Memilih Kamera untuk Skateboard

cara memilih Kamera Untuk Skateboard
sc: concretewavemagazine

Bagi banyak pemain skateboard, melewatkan aksi trik ekstrem yang dilakukan merupakan hal yang sangat disayangkan. Trik-trik ini bukan hanya menantang adrenalin, tetapi juga mencerminkan dedikasi dan keterampilan yang telah diasah selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, banyak pemain skateboard memilih untuk mengabadikan momen tersebut menggunakan kamera khusus untuk skateboard. Mengabadikan momen ini tidak hanya memberi kenangan, tetapi juga bisa menjadi alat untuk menganalisis dan memperbaiki teknik.

Namun, memilih kamera yang tepat untuk skateboard tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis kamera, resolusi gambar, frame rate, angle of view, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini telah kami rangkum cara memiilh kamera untuk skateboard yang bisa Anda terapkan sebelum membeli yang baru. Simak selengkapnya! 

1. Gunakan Action Cam

Saat Anda ingin mengabadikan momen epik saat bergaya di atas papan, penting untuk mengetahui jenis kamera apa yang Anda gunakan. Kamera digital memiliki ragam jenis yang berbeda dengan kelebihan dan fungsi masing-masing. Bagi para penyuka olahraga atau aktivitas ekstrem, action cam adalah pilihan yang lebih baik. Berikut adalah jenis kamera yang wajib Anda tahu. 

  • Action cam: Kamera ini dirancang khusus untuk aktivitas ekstrem seperti skateboard. Bentuknya yang kecil dan ringkas membuatnya mudah dibawa dan dipasang di berbagai posisi. Action cam juga tahan banting dan tahan air, sehingga cocok untuk digunakan di berbagai kondisi.
  • Mirrorless: Kamera mirrorless menawarkan kualitas gambar yang lebih baik daripada action cam, dengan lensa yang dapat diganti. Namun, mirrorless umumnya lebih besar dan berat, sehingga tidak ideal untuk dibawa saat beraksi.
  • Smartphone: Jika Anda memiliki smartphone dengan kamera berkualitas tinggi, Anda bisa menggunakannya untuk merekam video skateboard. Namun, pastikan untuk menggunakan smartphone case yang kuat dan tahan banting untuk melindungi smartphone dari benturan..

Kamera action jadi pilihan yang paling tepat untuk skateboard karena dirancang khusus untuk digunakan di berbagai kondisi dan medan. Bentuknya yang kecil dan ringkas membuatnya mudah dibawa dan dipasang di berbagai posisi. Anda bisa memasangnya di helm, papan skateboard, atau bahkan di pergelangan tangan, sehingga memberikan sudut pandang yang unik dan dinamis.

Selain ukurannya yang praktis, action cam juga tahan banting dan tahan air, menjadikannya pilihan ideal untuk merekam trik-trik skateboard yang penuh aksi. Kualitas gambar yang dihasilkan pun tak kalah dengan kamera lain, dengan resolusi tinggi dan kemampuan merekam dalam kondisi cahaya minim. Dengan action cam, Anda bisa mengabadikan setiap momen epik saat bermain skateboard tanpa khawatir dengan kondisi kamera.

2. Resolusi Gambar

Resolusi gambar menentukan tingkat detail dalam video yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusinya, semakin detail videonya. Untuk skateboard, resolusi minimal 1080p (Full HD) sudah cukup untuk menghasilkan video yang bagus. Namun, jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memilih kamera dengan resolusi 4K atau bahkan 8K.

Setiap merek memiliki spesifikasi lensa kamera yang berbeda, sehingga penting bagi Anda untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan aktivitas dan tujuanmu. Resolusi yang lebih tinggi akan menghasilkan video aksi yang lebih akurat dan tajam karena detail yang luar biasa namun juga memerlukan ruang penyimpanan yang lebih besar dan perangkat keras yang lebih kuat. Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan aspek-aspek ini sebelum memutuskan action cam yang akan dibeli.

3. Frame Rate

Frame rate adalah jumlah bingkai gambar yang ditangkap kamera per detik dan tidak boleh diabaikan. Semakin tinggi frame rate, semakin halus videonya. Untuk skateboard, frame rate minimal 60 fps sudah cukup untuk menghasilkan video yang mulus. Namun, jika Anda ingin merekam video slow motion, Anda bisa memilih kamera dengan frame rate 120 fps atau bahkan 240 fps.

Karena kamera untuk skateboard sering digunakan untuk merekam gerakan yang cepat dan dinamis, dengan frame rate yang tinggi, video akan tampak lebih halus dan detail, sehingga setiap gerakan trik skateboard dapat terlihat jelas dan menarik. Selain itu, frame rate yang tinggi juga membantu mengurangi efek rolling shutter, yang bisa menyebabkan distorsi pada video ketika merekam objek yang bergerak cepat.

Baca juga: Apa Itu Skateboard? Yuk Intip Sejarah dan Manfaatnya!

sc: LAMAX Electronics | EN

4. Angle of View (AoV)

Angle of View (AoV) menentukan seberapa luas area yang dapat ditangkap oleh kamera. Semakin tinggi AoV, semakin luas area yang dapat ditangkap. Untuk skateboard, AoV minimal 120 derajat sudah cukup untuk menangkap seluruh aksi skateboarder. Dengan AoV yang tinggi, Anda dapat menangkap aksi Anda dengan lebih baik dan lebih akurat.

Selain itu, gambar yang dihasilkan juga akan lebih stabil karena pergerakan kamera tidak akan terlalu banyak. Dengan demikian, memilih kamera skateboard dengan AoV yang luas merupakan hal penting untuk memastikan bahwa Anda dapat menangkap setiap momen dengan sempurna.

5. Auto Tracking & Auto Focus

Auto tracking adalah fitur yang memungkinkan kamera video untuk skateboard mengikuti subjek yang bergerak (dalam hal ini skateboarder) tanpa penyesuaian manual. Ini sangat berguna untuk skater solo yang ingin merekam diri mereka sendiri tanpa membutuhkan seseorang untuk mengoperasikan kamera. Kamera video skateboard dengan kemampuan auto-tracking canggih dapat membantu memastikan Anda tetap dalam bingkai, membuat video Anda lebih menarik dan dinamis.

Sementara auto focus adalah fungsi kamera yang secara otomatis menyesuaikan fokus untuk menjaga subjek tetap tajam dan jelas. Untuk skateboarding, di mana aksi cepat dan subjek dapat dengan cepat berubah jarak dari kamera, memiliki auto-focus yang andal sangat penting. Memastikan bahwa bidikan Anda tetap tajam dan tidak buram, bahkan jika Anda banyak bergerak.

6. Opsi Pemasangan

Opsi pemasangan adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk memasang kamera ke berbagai permukaan atau dudukan. Dudukan umum termasuk dudukan perekat, dudukan helm, dudukan dada, dan dudukan tripod. Kemampuan untuk memasang kamera skateboard dengan aman dan kreatif memungkinkan Anda menangkap sudut dan perspektif yang berbeda, menambahkan variasi pada video skateboard Anda.

Cari kamera yang dilengkapi dengan atau kompatibel dengan berbagai aksesori pemasangan. Beberapa action cam saat ini sudah dilengkapi dengan bundle yang memungkinkan Anda untuk memasang camera diberbagai tempat termasuk topi, baju, hingga skateboard itu sendiri. 

Baca juga: 9 Rekomendasi Kamera Surfing Terbaik 2024, Ride The Wave!

Rekomendasi Kamera untuk Skateboard

Agar tidak bingung-bingung memilih action cam seperti apa untuk mendokumentasikan skateboard Anda, Doran Gadget telah memilih beberapa kamera untuk dipilih. Nah, berikut ini deretan rekomendasi kamera untuk skateboard yang bisa Anda pilih. Selengkapnya di bawah ini ya.

1. GoPro Max

GoPro MAX 360 Action Camera

GoPro Max adalah kamera action yang menawarkan berbagai fitur canggih untuk merekam video dan foto berkualitas tinggi. Kamera ini memiliki dua lensa 18MP yang dapat merekam video 360 derajat dengan resolusi hingga 5.6K pada 30fps. GoPro Max tahan air hingga 5 meter dan memiliki layar sentuh yang intuitif. Kamera ini juga dapat dikontrol menggunakan suara dan dapat digunakan untuk live streaming.

GoPro Max juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar Max HyperSmooth yang dapat memberikan hasil rekaman yang stabil dan bebas guncangan. Kamera ini juga memiliki fitur PowerPano untuk menangkap foto panorama 270 derajat, 6 mikrofon untuk merekam audio 360 derajat, dan Max TimeWarp untuk membuat video timelapse yang stabil.

Harga GoPro Max mulai dari Rp7,8 jutaan

2. Insta360 X3

Insta360 X3 adalah kamera 360° yang menawarkan berbagai fitur canggih, seperti sensor 1/2″ 48MP, perekaman video 5.7K, foto 72MP, dan mode lensa tunggal 4K. Kamera ini dilengkapi dengan layar sentuh 2,29″, giroskop 6 sumbu, dan stabilisasi FlowState untuk memastikan rekaman tetap halus dan stabil. Desainnya yang tahan air hingga 33 kaki serta baterai 1800mAh yang dapat diisi ulang membuatnya ideal untuk petualangan outdoor. Dengan layar sentuh 2,29″ yang lebih besar dan empat tombol operasi dengan umpan balik getaran, X3 mudah dikontrol dan dipantau.

Fitur AI reframing secara otomatis membingkai ulang bidikan Anda dalam 360° saat Anda beralih di antara mode pengambilan yang berbeda. Mode “Me” menciptakan efek tongkat selfie yang tidak terlihat dan merekam video hingga 1080p pada 30 dan 60 fps. Insta360 X3 360° Camera juga memiliki mode perekaman baru seperti timelapse 8K 360° dan video slow motion 4K 120 fps. Wi-Fi 50% lebih cepat dan Bluetooth 5.0 yang ditingkatkan memberikan transfer file yang lebih cepat untuk pengeditan yang lebih cepat dengan aplikasi iOS/Android.

Harga Insta360 X3 mulai dari Rp7,8 jutaan

3. GoPro Hero12 Black

GoPro Hero12 Black menghadirkan kualitas video dan foto yang lebih baik dengan resolusi 5.3K dan 27MP. Dilengkapi HyperSmooth 6.0 untuk gambar stabil, layar LCD depan dan belakang, dan konektivitas Bluetooth.Kamera ini tahan air hingga 33 kaki dan memiliki baterai tahan lama. Dilengkapi fitur canggih seperti Slo-Mo 8x, Max Lens Mod 2.0, mode tangkapan layar untuk media sosial, dan bidang pandang luas.

Kamera ini mendukung HDR video dalam resolusi 5.3K dan 4K60, serta pengoperasian otomatis seperti Hindisght, Scheduled Capture, dan Duration Capture. Dengan dukungan warna 10-bit dan sensor gambar lebih besar, Hero12 Black memberikan hasil rekaman yang tajam dan dinamis. GoPro Hero12 Black cocok untuk para content creator, vlogger, motovlogger, dan pengguna yang menginginkan hasil terbaik termasuk skateboarder.

Harga GoPro Hero12 Black mulai dari Rp7,2 jutaan

4. DJI Osmo Action 4 Standard Combo

DJI Osmo Action 4 adalah kamera aksi dengan sensor 1/1.3 inci yang besar dan mampu merekam video 4K pada 120fps. Kamera ini juga memiliki FOV ultra lebar 155 derajat dan stabilisasi gambar 360 derajat HorizonSteady. DJI Osmo Action 4 tahan air hingga 18 meter dan memiliki baterai yang tahan lama dengan waktu penggunaan lebih dari 2,5 jam. Kamera ini juga dilengkapi dengan layar sentuh ganda, remote control Bluetooth GPS, dan mikrofon stereo.

DJI Osmo Action 4 juga mendukung penggunaan eksternal melalui mikrofon DJI dan livestreaming Wi-Fi, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan kualitas tinggi dalam kamera aksi yang tangguh dan fleksibel.  Kamera ini memiliki banyak fitur yang berguna untuk membantu Anda mendapatkan bidikan yang sempurna, dan juga mudah digunakan.

Harga DJI Osmo Action 4 Standard Combo sekitar Rp5,1 jutaan

Baca juga: Duel Insta360 X4 vs GoPro Max: Mana Lebih Unggul?

5. Insta360 Go 3

Insta360 GO 3 adalah kamera aksi miniatur yang mampu merekam video dan foto hingga 2.7K, dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti stabilisasi gambar FlowState, kontrol suara 2.0, dan mikrofon ganda. Kamera ini juga tahan air hingga 16 kaki dan dapat dihubungkan ke Action Pod untuk kontrol dan transfer data yang mudah.

GO 3 juga menawarkan fitur kontrol suara Voice Control 2.0, layar sentuh lipat 2,2 inci untuk pratinjau gambar, serta berbagai mode kreatif seperti TimeShift, PureShot HDR Photo, dan rekaman gerak lambat hingga 1080p120. GO 3 sangat kecil dan ringan, sehingga mudah dipasang di mana saja. Dilengkapi dengan layar sentuh lipat 2.2 inci dan Action Pod yang inovatif dengan pratinjau gambar. Baterai yang lebih besar memungkinkan perekaman hingga 45 menit, dan dapat diperpanjang hingga 173 menit dengan Action Pod.

Harga Insta360 Go 3 mulai dari Rp5,9 jutaan

6. Insta360 Ace Pro

Insta360 Ace Pro adalah kamera aksi canggih dengan teknologi co-engineered bersama Leica, menawarkan resolusi video hingga 8K pada 24fps dan 120fps pada 4K UHD. Dilengkapi dengan stabilisasi FlowState, kamera ini cocok untuk pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah dan tahan air hingga 10 meter tanpa perlu casing tambahan. Fitur-fitur tambahan meliputi layar sentuh 2,4 inci yang dapat dibalik, kontrol suara dan gestur, serta dukungan untuk aksesori seperti Invisible Selfie Stick.

Insta360 Ace Pro dirancang untuk pengguna yang menginginkan kualitas gambar tinggi dan fitur canggih dalam kamera aksi yang mudah digunakan. Dengan sensor 48MP dan kemampuan untuk merekam detail tambahan dalam kondisi cahaya rendah, kamera ini menjadi pilihan ideal untuk penggunaan dalam olahraga ekstrem atau petualangan sehari-hari.

Harga Insta360 Ace Pro mulai dari Rp7,7 jutaan

7. AKASO EK7000

AKASO EK7000 Action Camera adalah pilihan tepat bagi para skater dengan budget terbatas. Kamera ini bisa merekam video 4K pada 30fps dengan kualitas foto 16MP, cukup untuk menangkap gambar aksi yang jernih dan tajam. Kamera ini juga dilengkapi dengan dua baterai isi ulang 1050mAh, dengan total daya tahan rekam selama 180 menit.

AKASO EK7000 dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control 2.4G atau melalui aplikasi bawaan melalui Wi-Fi atau koneksi HDMI. Namun, perlu diketahui bahwa aplikasi tersebut tampaknya memiliki beberapa bug pada perangkat Android.

Harga AKASO EK7000 mulai dari Rp2,2 jutaan

Baca juga: 10 Rekomendasi Gimbal Kamera Terbaik Agar Video Makin Keren

Penutup

Itulah deretan rekomendasi kamera untuk skateboard dan cara memilihnya yang wajib Anda ketahui. Dapatkan berbagai action cam terbaik hanya di Doran Gadget. Karena semua produk di Doran Gadget merupakan produk original dengan garansi resmi. Unduh aplikasi Doran Gadget untuk kemudahan transaksi via online.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>