Mengenal Olaharga Skateboard

Doran Gadget – Sebagai salah satu yang sudah menjadi gaya hidup, siapa sangka bahwa skateboard termasuk salah satu olahraga lho! Sebenarnya apa itu skateboard dan bagaimana sejarah sekaligus perjalanannya hingga menjadi sebuah gaya hidup? Yuk intip selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui jawabannya!

Apa Itu Skateboard?

sc: freepik

Mungkin banyak yang belum tahu, namun skateboard adalah olahraga yang lahir di pantai California pada tahun 1950-an dan telah berkembang dari awal yang sederhana menjadi fenomena budaya global. Awalnya diciptakan oleh para peselancar yang mencari sensasi di darat ketika ombak sedang surut, skateboard pertama kali dibuat dari peti kayu dengan roda roller skate yang terpasang. Para “sidewalk surfers” ini membuka jalan bagi revolusi rekreasi perkotaan.

Baca juga: Apa Itu Content Creator? Yuk, Kenali Seluk Beluknya Lebih Dalam!

Sejarah Skateboard

sc: ultraswank

Untuk lebih mengetahui asal-usul tentang kegiatan yang masuk extreme sport ini, yuk intip sejarah lengkapnya di bawah ini!

1.  Pertama Kali Muncul (1950s – 1960s)

Pada tahun 1950-an, saat ekonomi Amerika Serikat melesat pasca-Perang Dunia II, skateboard mendapat perhatian yang lebih besar. Perusahaan seperti Roller Derby memperkenalkan skateboard pertama yang komersial, yang berupa papan kayu dengan roda roller skate yang sederhana.

Namun, baru pada tahun 1960-an skateboard mulai beralih dari barang baru menjadi olahraga yang sah. Terinspirasi oleh budaya selancar yang sedang berkembang, skateboard menjadi lebih canggih dengan desain dan kemampuan yang ditingkatkan, berkat inovasi seperti kicktail yang diperkenalkan oleh Larry Stevenson pada tahun 1969.

Perusahaan seperti Val-Surf di California mulai menjual skateboard lengkap, dan sepatu Vans yang ikonik muncul, melayani komunitas skater yang terus berkembang. Majalah skateboard pertama, The Quarterly Skateboarder, diterbitkan pada tahun 1964, memperkuat posisi skateboard dalam budaya pop. 

2. Evolusi: Roda Urethane (1970s)

Tahun 1970-an menandai era penting bagi skateboard dengan penemuan roda urethane oleh Frank Nasworthy. Roda baru ini memberikan cengkeraman dan kelancaran yang lebih baik, merevolusi olahraga dan memungkinkan gaya baru seperti freestyle dan downhill skating. Popularitas skateboard melonjak, didukung oleh pendirian taman skateboard dan lahirnya majalah khusus seperti Skateboarder Magazine pada tahun 1975.

Munich menjadi pusat skateboard di Jerman, memiliki skatepark pertama di negara itu dan menyelenggarakan kejuaraan skateboard Jerman pertama pada tahun 1978. Seiring berkembangnya komunitas skateboard, trik dan gaya baru bermunculan. Desain skateboard mencerminkan evolusi ini, dengan papan yang lebih lebar menampilkan dek cekung dan nose serta tail yang tegas. Selain itu, tahun 1978 menandai penemuan Ollie oleh Alan Gelfand, gerakan revolusioner yang mendefinisikan ulang skateboard dan membuka jalan bagi street skating, yang dipelopori oleh Rodney Mullen.

sc: Marvin magazine

3. Kebangkitan Street Skating (1980s – 1990s)

Pada tahun 1980-an, skateboard menjadi fenomena global, memengaruhi budaya dan mode remaja di seluruh dunia. Merek-merek seperti Powell Peralta dan Vision mendominasi pasar, sementara acara-acara seperti X Games yang diluncurkan pada tahun 1995 mempopulerkan skateboard di kalangan penonton mainstream. Kemunculan permainan video seperti Tony Hawk’s Pro Skater pada akhir tahun 1990-an lebih memperkokoh posisi skateboard dalam budaya populer.

4. Era Modern (2000s – Sekarang)

Masuk ke milenium baru, skateboard terus tumbuh dalam popularitas dan keragaman. Diakui sebagai olahraga profesional, dengan atlet-atlet yang mencapai status selebriti dan sponsorships yang menguntungkan. Jangkauan global olahraga ini berkembang dengan tersebarnya banyak taman khusus skateboard dan konten tentang skateboard yang tersebar secara online sehingga dapat diakses oleh penggemar dari segala usia.

Dalam beberapa tahun terakhir, skateboard mencapai tonggak sejarah lain dengan inklusinya dalam Olimpiade, debutnya terjadi di Tokyo 2020 (diselenggarakan tahun 2021). Pengakuan ini menegaskan evolusi skateboard dari aktivitas subkultur menjadi perburuan atletik yang dihormati di panggung dunia.

Saat ini, skateboard berkembang pesat dengan sekitar 1.500 taman skateboard di seluruh UK dan komunitas yang aktif lebih dari 60.000 peserta. Ini tetap menjadi perpaduan dinamis dari olahraga, seni, dan gaya hidup, menarik individu dari berbagai latar belakang yang bersatu oleh kecintaan mereka untuk menikmati jalan-jalan dan taman skateboard di seluruh dunia.

Baca juga: Apa Itu Surfing? Yuk, Kenali Teknik Dasar dan Tipsnya!

Bintang Skateboard

Jika Anda ingin mendalami dunia skateboard baik untuk hobi maupun sebagai profesional, paling tidak Anda harus memahami siapa saja bintang di bidang ini.  Seperti yang sudah disebutkan, pada era milenium baru, skateboard secara resmi diakui sebagai olahraga profesional, dan para skater menjadi selebritas besar.

Acara seperti Rob and Big, yang dibintangi oleh skater profesional Rob Dyrdek, dirilis dan menjadi sukses. Merek seperti DC Shoes, Etnies, Supra, Hurley, dan Quicksilver yang dulunya menjadi andalan komunitas skating akhirnya gagal mengikuti tren skating terkini. 

Berikut adalah daftar sepuluh pemain skateboard terbaik di dunia saat ini berdasarkan informasi yang telah diberikan:

  • Nyjah Huston – Skater yang sangat sukses dalam kompetisi, memenangkan banyak kompetisi dan memiliki sepatu pro model Nike sendiri.
  • Daewon Song – Terkenal dengan kreativitasnya dalam menggunakan objek dan rintangan yang tidak lazim untuk membuat trik-trik unik dan menghibur.
  • Rodney Mullen – Bapak street skating yang mengembangkan banyak trik penting dalam sejarah skateboarding.
  • Jamie Thomas – Seorang pionir dalam gaya skateboarding yang berani dan energik, terkenal dengan video part klasiknya di “Welcome To Hell”.
  • Aaron ‘Jaws’ Homoki – Dikenal sebagai skater yang mengambil risiko besar dengan melompat dari bangunan, celah, dan tangga yang tinggi.
  • Tony Hawk – Legenda skateboarding yang mempopulerkan olahraga ini secara global melalui video game dan brand-nya.
  • Rob Dyrdek – Berperan penting dalam mengembangkan skateboarding jalanan melalui kompetisi seperti Street League dan skate plazas.
  • Andrew Reynolds – Salah satu skater yang sangat berbakat dan konsisten, dikenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam bertahan dan berkompetisi.
  • Tom Penny – Skater dengan gaya alami yang membuat skateboarding terlihat mudah dan tanpa usaha.
  • Kris Markovich – Salah satu skater yang menginspirasi banyak orang dengan gaya dan energinya yang khas.

Manfaat Skateboarding

sc: British GQ

Skateboarding bukan hanya olahraga yang menyenangkan dan menantang, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat bagi para pelakunya:

  • Meningkatkan kesehatan fisik: Skateboarding membantu meningkatkan keseimbangan, koordinasi, kekuatan otot, dan ketahanan kardiovaskular.
  • Meningkatkan kesehatan mental: Skateboarding dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.
  • Mengembangkan kreativitas dan ekspresi diri: Skateboarding memberikan ruang bagi individu untuk mengekspresikan diri melalui trik dan gaya pribadi mereka.
  • Membangun komunitas dan persahabatan: Skateboarding dapat membantu individu untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa, membangun rasa kebersamaan dan persahabatan.
  • Fleksibilitas: Skateboarding memungkinkan untuk berlatih di berbagai tempat, baik indoor maupun outdoor, serta memberikan kebebasan untuk menggabungkan skateboarding dengan berbagai aktivitas lainnya.

Kesimpulan

Itulah seputar apa itu Skateboard yang wajib Anda pahami. Meskipun menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental yang signifikan, skateboarding juga memiliki tantangan sendiri, termasuk risiko cedera yang perlu diperhitungkan dengan serius. Meskipun begitu, skateboard terus berkembang sebagai simbol kebebasan, kreativitas, dan semangat petualangan di atas empat roda.

Pastikan untuk mengabadikan kegiatan skateboard Anda dengan tajam, jernih, dan mudah menggunakan berbagai action cam yang sangat cocok digunakan untuk olahraga ekstrim seperti skateboard. Kini Anda sudah bisa mendapatkan camera action tersebut hanya di Doran Gadget. Semua produk yang dijual merupakan barang original lengkap dengan garansi resminya.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>