Mengenal Lebih Jauh tentang Content Creator

Doran GadgetKemajuan teknologi di era digital membuka peluang baru untuk hal-hal yang mungkin belum pernah ada sebelumnya. Salah satunya adalah kemunculan content creator di media sosial dan platform digital lainnya. Keberadaan mereka tak hanya meramaikan dunia maya saja, tetapi juga menjadi bagian dari bisnis saat ini. Lantas, apa itu content creator, jenis, dan cara mereka mendapatkan uang? Simak ulasan selengkapnya sampai tuntas.

Mengenal Apa Itu Content Creator?

Ada beberapa pengertian mengenai apa itu content creator. Misalnya saja State of Digital Publishing sebagaimana dikutip Glints menyebutkan bahwa content creator adalah pihak yang memiliki tanggung jawab atas informasi media. Khususnya media yang berbasis digital. Misalnya Instagram, TikTok, Facebook, X, dan lain sebagainya. Dimana sasarannya adalah audiens atau kalangan tertentu.

HubSpot mengartikannya sebagai orang yang memiliki dan membuat materi tertentu (content). Isinya beragam, mulai dari untuk hiburan semata maupun materi dengan nilai-nilai mengedukasi audiens. Tema yang dibawakan ini bisa disesuaikan berdasarkan ketertarikan atau keinginan audiens.

Selama ini, ada anggapan jika content creator itu selebritis. Namun, tidak semua pembuat konten adalah orang terkenal (public figure) atau selebritis. Memang, di kalangan selebritis juga saat ini banyak merangkap sebagai pembuat konten. Tapi itu bukan patokan jika seorang content creator otomatis selebritis.

Sebagai contoh, Anda membuat konten tentang review gadget di YouTube atau Instagram, ini sudah bisa dibilang Anda seorang content creator. Dalam proses pembuatan konten, diperlukan kreativitas yang bagus dan kemampuan menganalisis apa yang sedang ramai jadi perbincangan atau viral. Semakin menarik konten yang dibuat dan beda dari yang lain, maka semakin besar pula dilihat oleh audiens.

Baca juga: Mau Jadi Content Creator Sukses? Simak 10 ‘Perlengkapan Tempur’-nya Ini!

Jenis-Jenis Content Creator

Sebagian orang mungkin melihat kreator konten ini sama. Namun, tahukah Anda jika ada jenis-jenis content creator di era digital sekarang. Klasifikasi jenis pembuat konten ini didasarkan pada media apa yang mereka gunakan untuk menyebar konten hingga cara yang digunakan. Beberapa jenis yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. YouTuber

Jadi YouTuber yang Mendunia
sc: Freepik

Jenis pembuat konten yang pertama adalah YouTuber dan disebut juga dengan vlogger. Seperti namanya, mereka membuat konten berupa video dan diunggah di platform YouTube. Adapun konten yang dibuat berisikan video untuk menarik perhatian para penonton. Baik itu mengenai tema hobi, edukasi, gaya hidup, hingga hiburan.

Tak hanya itu saja, mereka juga membuat video dengan tema lainnya. Mulai dari video tutorial, vlog sehari-hari, dan ulasan produk. Setelah merekam dan mengedit video, kreator video ini akan mengunggahnya ke channel YouTube mereka. Dari sinilah mereka berinteraksi dengan penggemar melalui komentar, live streaming, dan media sosial.

Baca juga: 10 YouTuber Penghasilan Selangit di Indonesia & Dunia, Siapa Paling Kaya?

2. Podcaster

apa itu podcast
sc: Freepik

Selanjutnya yang tidak kalah populer saat ini adalah podcast, dimana orang yang melakukannya disebut podcaster. Mereka adalah content creator yang membuat dan menyebarkan konten dalam bentuk audio secara online di berbagai platform khusus. Misalnya saja Spotify, Apple Podcasts, Google Podcasts, dan lainnya. Biasanya, podcast dibuat berupa program khusus yang tayang di waktu tertentu.

Seiring berjalannya waktu, podcast tidak hanya berupa konten audio saja. Bahkan kini ada podcast di YouTube yang menampilkan video dengan mewawancarai narasumber tertentu. Baik di bidang gaya hidup, edukasi, maupun topik khusus seperti kesehatan, keagamaan, dan sebagainya. Keistimewaan dari podcast adalah fleksibilitas dalam konsumsi konten. Pendengar dapat mendengarkan podcast kapan saja dan di mana saja

3. Blogger

03. work from home, bekerja dari rumah, ppkm
sc: Amazon

Ketiga ada blogger, dimana mereka ini adalah content creator yang mendistribusikan karya mereka di platform digital. Bedanya, konten yang ditampilkan hanya berupa tulisan dalam bentuk artikel, tips, tutorial, dan opini. Selain kemampuan menulis yang baik, mereka juga menguasai bidang tertentu. Seperti bidang kuliner, traveling, teknologi dan lainnya.

Para blogger biasanya akan membagikan pengalaman pribadinya. Contohnya adalah blogger traveling yang menulis perjalanannya secara rinci dalam bentuk storytelling untuk membuat pembaca mau membacanya sampai tuntas.  Terutama di itus website seperti Blogger, WordPress, maupun medium, hingga media online nasional. Tak hanya itu saja, blogger juga dapat mengulas produk dan endorse untuk iklan melalui tulisan.

Baca juga: Cara Memilih Keyboard yang Baik Agar Nyaman Mengetik

4. Influencer Sosial Media

Syarat Live di TikTok
sc: Jets Weekly

Jenis content creator yang keempat ini sangat populer. Sebab, mereka memiliki pengaruh kuat di beberapa platform besar seperti Instagram, YouTube, TikTok, Twitter, atau platform lainnya. Khususnya di bidang tertentu yang relate dengan keseharian masyarakat. Misalnya saja kecantikan, fashion, fitness, makanan, traveling, dan sebagainya.

Mereka menggunakan platform media sosial untuk berbagi pengalaman, tips, pandangan, atau ulasan terkait dengan minat. Tak jarang juga jika influencer bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk atau layanan, baik melalui konten sponsor, dan endorse. Termasuk digunakan oleh instansi pemerintah untuk mensosialisasi program yang akan dijalankan.

5. Motovlog

apa itu motovlog (3)
sc: Hollex

Terakhir ada motovlog. Jenis konten ini menampilkan pengalaman berkendara motor di jalanan. Materinya menggabungkan antar video dengan komentar audio. Di sini, motovlogger dapat berbagi pengalaman, mengedukasi audiens tentang berkendara aman, dan menyuguhkan hiburan tempat-tempat menarik selama berkendara.

Umumnya, para pembuat konten motovlog ini memasang kamera helm untuk merekam perjalanan mereka. Meskipun mirip dengan vlog biasa yang merekam kegiatan sehari-hari, motovlog memiliki keunikan karena menampilkan pengalaman dan pandangan berbeda serta menarik bagi penonton yang mungkin tertarik dengan dunia otomotif atau petualangan di jalan.

Baca juga: 7 Peralatan Motovlog yang Wajib Dimiliki untuk Traveling

Cara Content Creator Menghasilkan Uang

sc: Pexels

Alasan mengapa content creator banyak diminati saat ini karena adanya anggapan jika aktivitas ini mampu menghasilkan uang berlebih. Bahkan, ada yang menjadikannya sebagai profesi di era digital. Sebenarnya, ada beberapa cara bagi para pembuat konten ini untuk mendapatkan uang selain bikin konten. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Iklan dan sponsor

Banyak platform seperti YouTube, Instagram, dan blog memungkinkan content creator untuk menghasilkan uang melalui iklan yang ditayangkan di setiap konten mereka atau melalui sponsor dari brand maupun perusahaan tertentu.

2. Program Afiliasi

Cara ini dalam beberapa waktu belakangan cukup populer. Para pembuat konten akan mendapatkan penghasilan dari komisi setiap kali seseorang melakukan pembelian melalui tautan yang dibagikan. Saat ini juga banyak brand yang menawarkan program afiliate kepada creaor.

3. Penjualan Produk

Tak sedikit juga para content creator memanfaatkan basis penggemar mereka dengan menjual produk tertentu. Baik itu dalam bentuk produk fisik atau digital seperti merchandise, e-book, kursus online, atau bahkan karya seni mereka sendiri untuk menghasilkan uang.

Baca juga: 7 Alat Live TikTok dan Instagram, Content Creator Wajib Punya!

4. Keanggotaan Berbayar

sc: The Leap

Ada pula yang mencoba mendapatkan uang dengan cara menawarkan keanggotaan berbayar di platform mereka, memberikan akses eksklusif ke konten tambahan, diskon, atau komunitas tertutup. Biasanya ini berlaku untuk konten dalam bentuk video, podcast, maupun tulisan yang berupa e-book.

5. Lisensi Konten

Jika Anda sebagai pembuat konten dapat menciptakan konten yang memiliki nilai eksklusif, dapat menjual hak penggunaan kepada pihak lain. Misalnya kepada perusahaan media, penerbit, atau agen periklanan. Bentuk kontennya pun beragam dan bisanya berupa video, foto, konten audio, hingga tulisan.

6. Performa Langsung

Content creator dalam bidang tertentu dapat menghasilkan uang melalui acara-acara yang digelar secara langsung. Misalnya saja menjadi narasumber, konsultan, atau coaching. Sebagai contoh kreator gaming yang memberikan pelatihan kepada gamers pemula. Atau creator di bidang bisnis yang memberikan mentoring bagi perusahaan maupun entrepreneur.

7. Endorser Produk

Endorse juga bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang bagi para content creator. Mereka akan melakukan kolaborasi dengan brand tertentu untuk menciptakan konten bersama yang dapat menghasilkan keuntungan bagi kedua belah pihak. Konten ini biasanya berupa video promosi, foto produk, dan lainnya.

Baca juga: Ingin Video Masuk FYP? Ini Ide Konten Tiktok yang Berpeluang Viral!

Penutup

Nah, bagaimana Sobat Doran, kini Anda sudah mengetahui tentang apa itu content creator dan seluk beluknya bukan? Bisa disimpulkan bahwa pembuat konten saat ini sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari edukasi hingga sarana promosi dari suatu brand tertentu dengan tujuan mendapatkan perhatian khalayak sebanyak mungkin.

Selain poin penting di atas, hal penting yang wajib dipahami bagi seorang content creator adalah peralatan mendukung. Mulai dari kamera, perangkat audio, dan lain sebagainya. Anda bisa mendaptkan berbagai perangkat tersebut dari brand ternama di Doran Gadget dengan jaminan kualitas terbaik dan original. Selengkapnya Anda bisa klik di sini!

Yuk, wujudkan mimpi Anda jadi content creator sukses!

Artikel terkait:

>