Insta360 GO 3S vs DJI Osmo Pocket 3

Doran GadgetSejak dirilis pada bulan Juni 2024 lalu, Insta360 disebut-sebut sebagai kamera kecil dengan fitur unggulan. Tak sedikit yang membandingkannya dengan kamera lainnya. Salah satunya dengan DJI Osmo Pocket 3. Seperti apa kecanggihan keduanya dan siapa yang unggul? Simak ulasan Insta360 GO 3S vs DJI Osmo Pocket 3 berikut.

Spesifikasi Insta360 GO 3S vs DJI Osmo Pocket 3

Mengenai perbandingan Insta360 GO 3S dan DJI Osmo Pocket 3 secara umum bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Spesifikasi Insta360 GO 3S DJI Osmo Pocket 3
Dimensi 25.6 x 54.4 x 24.8 mm 139.7 x 42.2 x 33.5 mm
Bobot 39 gram + 96 gram (Action Pod) 179 gram
Ukuran Layar 2.2 inci 2 inci
Resolusi Video Maksimal 4K/30fps 4K/60fps
Resolusi Foto Maksimal 12MP 9.4MP
Stabilizer FlowState Three-Axis Mechanical
Pre Recording Ya Tidak
Fungsi Live Streaming Tidak Ya
Audio 2 Mikrofon 3 Mikrofon
Hands-Free Control Voice Control, Gesture Control Tidak didukung
Dukungan Mic Eksternal Tidak Ya
Timecode Tidak Ya
Dukungan Apple Find My Ya Tidak
Ketahanan Air 10 meter Tidak didukung
Suhu Pengoperasian -20°C hingga 40°C 0°C hingga 40°C
Ketahanan Baterai 38-140 menit (perekaman 1080p/30fps) 166 menit (perekaman 1080p/24fps)

Baca juga: 10+ Rekomendasi Kamera Vlog untuk YouTuber 2024

Adu Fitur Insta360 GO 3S vs DJI Osmo Pocket 3

Dalam membandingkan fitur antara Insta360 GO 3S dengan DJI Osmo Pocket 3 setidaknya ada enam kunci utama. Mulai dari segi desain, kualitas foto dan video, ketahanan baterai, fitur pendukung, hingga harganya. Berikut selengkapnya:

1. Desain dan Layar

Review Insta360 GO 3S (6)
sc: Tom’s Guide

Dilihat dari segi desain, kedua kamera sama-sama mengusung desain ergonomis yang kecil dan ringan. Hanya saja, untuk Insta360 GO 3S memang lebih ringkas dibanding DJI Osmo Pocket 3. Bahkan, GO 3S hanya seukuran jari jempol tangan orang dewasa walaupun jika dipasangkan pada Action Pod terlihat lebih besar.

Untuk layarnya sendiri, Insta360 GO3S memiliki ukuran 2.2 inci terpasang di Action Pod dengan model flip touchsceen memungkinkan pengguna melihat preview dan melakukan kontrol kamera dari jarak jauh. Lalu, DJI Osmo Action 3 memiliki layar yang bisa diputar dan touchscreen dengan ukuran 2 inci. Kamera ini juga bisa diputar horizontal maupun vertikal.

Baca juga: Seukuran Jari Tangan, Ini Kecanggihan Kamera Insta360 GO 3S!

2. Pengoperasian Kamera

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (1)
sc: DJI

DJI Osmo Pocket 3 dirancang sebagai gimbal kamera, jadi digunakan dengan dua tangan lebih baik. Inilah yang jadi perbedaan mencolok dengan Insta360 GO 3S yang berukuran cukup kecil dan bisa digunakan di tongsis. Di samping itu, desain mungilnya memberikan fleksibilitas lebih baik untuk dipasang di mana saja. Apalagi terdapat magnet pendant yang merekat kuat, khususnya untuk mengambil gambar dari sudut orang pertama.

Bicara soal ketahanan, Insta360 GO 3S memang lebih unggul. Kameranya sendiri mampu digunakan di lingkungan dengan suhu -20°C hingga 40°C. Selain itu memiliki ketahanan air hingga 33 kaki (10 meter). Sementara itu, DJI Osmo Pocket 3 tidak dirancang tahan air dan tidak bisa dioperasikan di suhu yang ekstrem dibawa 0°C.

3. Kualitas Foto dan Video

Review Insta360 GO 3S (4)
sc: Insta360

Berikutnya dalam hal kualitas foto dan video yang dihasilkan. Keduanya mendukung perekaman video dengan resolusi maksimal hingga 4K. Namun, DJI Osmo Pocket 3mendukung refresh rate yang lebih tinggi sebesar 60fps dan GO 3S hanya mampu hingga maksimum di angka 30fps untuk video 4K-nya.

Akan tetapi, jika dilihat dari resolusi foto Insta360 GO 3S cukup unggul dengan 12MP. Bandingkan dengan Osmo Pocket 3 yang memiliki resolusi foto maksimum di 9.4MP. Begitu pun dengan fitur Insta360 yang lebih kaya dan tidak dimiliki Osmo Pokcet 3 seperti mode FreeFrame, Interval Video, Pre-Recording, dan Loop Recording.

Di sisi sensor kamera, memang DJI Osmo Pocket 3 lebih besar. Hal itu membuatnya unggul dalam pengoperasian dengan kondisi yang minim cahaya. Sebagai tambahan, kamera ini juga dibekali dukungan 10-bit D-Log M dan HLG yang membuat gradasi warna lebih beragam dan cocok digunakan untuk proses editing bagi para profesional.

4. Ketahanan Baterai

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (2)
sc: DIY Photography

Ketahanan baterai merupakan poin penting lainnya, mengingat kedua kamera digunakan di ruang terbuka (outdoor). Di sini, DJI Osmo Pocket 3 dibekali baterai berkapasitas 1300 mAh yang mampu digunakan hingga 116 menit. Terutama untuk merekam video resolusi 4K/60 fps. Jika untuk merekam dalam mode 1080p/24 fps mampu hingga 166 menit.

Insta360 GO3S dengan menggunakan Action Pod dapat digunakan hingga 140 menit untuk perekaman di resolusi 1080p/30 fps. Hanya saja apabila tidak menggunakan Action Pod, kameranya sendiri bisa digunakan sekitar 38 menit saja. Tentu, untuk ketahanan baterainya, DJI Osmo Pocket 3 lebih unggul.

Baca juga: 7 Action Camera dengan Daya Baterai Terlama

5. Audio yang Dimiliki

Review Insta360 GO 3S (2)
sc: Insta360

Kamera dilengkapi dengan mikrofon, ini memungkinkan untuk digunakan dengan memasukkan audio asli saat perekaman. DJI Osmo Pocket 3 memiliki tiga buah mikrofon. Sehingga, membuat kualitas perekaman suara semakin jelas, bahkan di lingkungan bising sekalipun. Mikrofon juga terdapat fitur Audio Zoom yang otomatis menyesuaikan volume dengan rasio zoom dalam menangkap suara dinamis.

Kerennya lagi, DJI Osmo Pocket 3 bisa digunakan dengan menggunakan mikrofon eksternal yang menjadikan kualitas rekaman lebih baik. Di sisi lain, Insta360 GO 3S hanya mengandalkan 2 mikrofon bawaan untuk perekaman audio dan tidak mendukung mikrofon eksternal. Ini bisa menjadi keterbatasan bagi para profesional yang membutuhkan audio berkualitas tinggi untuk video mereka.

6. Fitur Pendukung Lainnya

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (8)
sc: Apple Insider

Untuk mendukung kenyamanan penggunaan, pihak pabrikan menambahkan sejumlah fitur pendukung. Insta360 GO 3S menawarkan fitur Voice Control dan Getsure Control dalam pengoperasian dan beralih mode tanpa sentuh. Lalu, terintergrasi dengan Apple Find My yang bisa diaktifkan saat kamera hilang. Fitur-fitur ini tidak ada di DJI Osmo Pocket 3.

Meski begitu, DJI Osmo Pocket 3 mendukung untuk perekaman live streaming dan GO 3S tidak mendukung hal tersebut. Kemudian, ada pula fitur timecode yang dapat digunakan untuk sinkronisasi dari beberapa kamera maupun sumber audio.

Kedua kamera terhubung dengan aplikasi bawaan pabrikan. DJI Osmo Pocket 3 dengan aplikasi DJI Mimo, sedangkan GO 3S menggunakan aplikasi Insta360 App. Aplikasi tersebut menawarkan kemudahan pengeditan video dengan berbagai macam fitur unggulan secara otomatis.

7. Harga yang Dipasarkan

Review Insta360 GO 3S (3)
sc: Insta360

Selain perbandingan dari segi fitur dan teknologi, hal lain yang bisa jadi pertimbangan adalah harganya. Adapun harga Insta360 GO 3S adalah mulai Rp8 jutaan dan hanya dipasarkan di tanah air satu seri saja yakni dengan kapasitas penyimpanan 128GB. Sedangkan harga DJI Osmo Pocket 3 dibagi ke dua varian yang dipasarkan yakni:

Sekadar catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu tergantung pada promo yang sedang berlangsung di waktu tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya.

Baca juga: Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3: Sensor Besar, Bisa Rekam Hingga 4K!

Mana yang Tepat untuk Anda?

Spesifikasi DJI Osmo Pocket 3 (4)
sc: CineD

Dari perbandingan fitur di atas, mana yang cocok untuk Anda? Ini semua tergantung kebutuhuan dan penggunaan. Jika menginginkan penggunaan yang lebih ringkas dan mudah, termasuk bagi para pemula, Insta360 GO 3S lebih dari cukup. Apalagi dengan dukungan fitur AI-nya yang membuat pengoperasian tidak serumit yang dibayangkan.

Akan tetapi, bila penggunaannya lebih ke profesional pilihannya adalah DJI Osmo Action 3. Ini karena performa baterainya yang lebih unggul dan sensor kamera yang mampu merekam di kondisi minim cahaya. Termasuk dukungan audio dan gradasi warna lebih fleksibel dan beragam. Meskipun dengan harga sedikit lebih tinggi dibanding Insta360 GO 3S, kamera besutan DJI ini menawarkan fitur yang sepadan.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Penutup

Review Insta360 GO 3S - Stabilization
sc: Insta360

Nah, itu dia Sobat Doran ulasan mengenai Insta360 GO 3S vs DJI Osmo Pocket 3. Ingat, selain memilih sesuai kebutuhan dan penggunaan pastikan membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual kamera terbaik dari Insta360 dan DJI.

Sebagai mitra resmi penjualan kedua brand tersebut, kami menyediakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menarik dan potongan harga khusus di setiap pembelian online. Khususnya di website dan aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>