Review Kamera Insta360 GO 3S

Doran GadgetInsta360 kembali merilis kamera terbarunya yang juga merupakan generasi penerus dari seri GO 3, yakni Insta360 GO 3S. Disebut-sebut, kamera ini sebagai salah satu yang terkecil dan hanya seukuran jari orang dewasa saja. Walaupun begitu, speknya tak main-main. Seperti apa kecanggihan yang dimiliki? Anda bisa simak review Insta360 GO 3S selengkapnya di artikel ini!

Spesifikasi Insta360 GO 3S

Mengenai spesifikasi Insta360 GO 3S secara umum dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Dimensi Kamera: 25.6×54.4×24.8 mm
Action Pod:
63.5×47.6×29.5mm (layar terlipat)
63.5×86.6×29.9mm (layar tidak terlipat)
Bobot Kamera: 39.1 gram
Action Pod: 96.3 gram
Layar 2.2″ Flip Touchscreen
Resolusi Maksimal 4K30fps
Frame Rate Maksimal 1080p200fps
Format Video MP4
Format Foto JPG, DNG
Mode Video Video, FreeFrame Video, Timelapse, TimeShift, Slow Motion, Pre-Recording, Loop Recording, Interval Video
Mode Foto Photo, HDR Photo, Interval Photo, Starlapse
Ketahanan Baterai Hingga 140 menit
Sensor Kamera 12 MP
Ketahanan Air IPX8 (kamera)
IPX4 (Action Pod)
Stabilitas Gambar FlowState Stabilization, HorizonLock
Fitur Pendukung MegaView FOV, Gesture Control, Apple Find My, Remote Control & Live Preview

Baca juga: 10 Rekomendasi Kamera Insta360 Terbaik untuk Bikin Vlog

Fitur Unggulan Insta360 GO 3S

Berikut beberapa keunggulan kamera Insta360 GO 3S yang membuatnya layak untuk dipilih untuk merekam aktivitas dan momen tak terlupakan Anda. Mulai dari adventure hingga petualangan bawah air yang menakjubkan.

1. Desain Hanya Seukuran Jari Tangan

Review Insta360 GO 3S (5)
sc: Insta360

Keunggulan pertama yang jadi daya tarik Insta360 GO 3S adalah dari segi desainnya yang ringkas. Bahkan, disebut-sebut sebagai salah satu action camera terkecil yang diproduksi di dunia saat ini. Bobot kamera sendiri hanya 39 gram dan jika menggunakan Action Pod bobotnya sekitar 135 gram saja. Layarnya berukuran 2.2 inci dengan model flip touchscreen.

Untuk memasangkan ke pad sangatlah mudah dengan mode magnetic mounting. Cukup tempelkan bagian bawah kamera ke bagian magnet di mount, maka akan merekat kuat. Desain yang ringkas menjadikan Insta360 GO 3S dapat ditempatkan di badan, topi, helm maupun bagian bawah skateboard.

Digunakan di dalam air pun tidak masalah. Sebab, kamera juga dibekali dengan ketahanan bersertifikasi IPX8. Jadi, Anda bisa menggunakannya di kedalaman hingga 33 kaki atau 10 meter. Sangat cocok untuk merekam aktivitas bawah air seperti snorkeling. Khusus untuk Action Pod-nya memiliki IP rating IPX4 yang mampu digunakan walaupun terkena percikan air, debu, dan salju.

Baca juga: Review Insta360 GO 3: Desain Ringkas, Banyak Fitur Canggih

2. Kualitas Video dan Foto

Review Insta360 GO 3S (4)
sc: Insta360

Poin penting berikutnya adalah mengenai kualitas video dan foto yang dihasilkan. Memang, kamera ini memiliki upgrade fitur dibanding Insta360 GO 3. Contohnya saja untuk perekaman video, seri sebelumnya hanya mampu di resolusi maksimal 2.7K saja. Sedangkan Insta360 GO 3S mampu membuat rekaman video sampai dengan 4K 30fps. Meski begitu juga bisa digunakan di resolusi 2.7K 50fps.

Pengguna pun semakin nyaman saat mengoperasikan kamera secara otomatis berkat dukungan MegaView FoV. Dimana fitur ini dapat menghidupkan maupun mematikan kamera dengan interval tertentu dalam perekaman menggunakan video ultrawide. Peningkatan lainnya bisa dilihat pula dari fitur Slow Motion yang mampu hingga 200fps pada resolusi 1080p. Selain itu, dapat diaktifkan pada 100fps 2.7K.

Khusus di fitur Timelapse, Anda dapat mengaktifkan mode Dynamic Timelapse. Dimana mode ini bisa memotong video hingga mensimulasi untuk pengambilan gambar yang ideal. Pengambilan gambar semakin nyaman dengan adanya fitur orientasi otomatis untuk posisi vertikal maupun horizontal. Ditambah lagi fitur FlowState Stabilization yang membuat pengambilan gambar menjadi lebih stabil walaupun saat terjadi guncangan maupun merekam objek bergerak.

3. Ketahanan Baterai dan Kompatibilitas

Review Insta360 GO 3S (3)
sc: Insta360

Review Insta360 GO 3S kurang lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai segi baterai. Mengingat, baterai menjadi sumber daya utama apalagi ketika digunakan untuk aktivitas outdoor. Untuk kapasitas baterai Insta360 GO 3S terbagi menjadi dua, kameranya memiliki kapasitas baterai 310mAh, sedangkan Action Pad-nya baterainya berkapasitas 1270mAh.

Kapasitas tersebut membuat kameranya mampu digunakan hingga 38 menit. Sementara, jika menggunakannya bersama dengan Action Pod, maka ketahanan baterainya mampu hingga 140 menit. Meski begitu, ketahanan baterai ini dapat berubah-ubah seiring seberapa banyak fitur yang diaktifkan. Apabila banyak fitur aktif, kinerja kamera juga akan lebih berat sehingga berdampak pada lama baterai saat digunakan.

Kompatibilitas device yang dapat terhubung dengan kamera ini setidaknya menggunakan iOS versi 12.0 dan di atasnya dengan chip A12 dan diatasnya. Sedangkan untuk sistem operasi Android dapat digunakan pada Android 10.0 dan di atasnya, termasuk pada HarmonyOS 2.0.0 dan di atasnya.  Selain itu, juga tergantung chipset yang digunakan di perangkat, di antaranya:

  • Perangkat Android dengan chip Kirin 990 dan yang lebih baru, termasuk Huawei Mate 30, P40, atau model yang lebih baru.
  • Perangkat Android dengan chip Snapdragon 855 dan yang lebih baru, termasuk Samsung Galaxy S10, Xiaomi Mi 9, atau model yang lebih baru.
  • Perangkat Android dengan chip Exynos 2200 dan yang lebih baru, termasuk Samsung Galaxy S22, S22 Ultra, dan model yang lebih baru.

Baca juga: Mengenal Kamera 360 Derajat: Sudut Pandang Luas, Eksplorasi Tak Terbatas

4. Fitur Pendukung Lainnya

Review Insta360 GO 3S (2)
sc: Insta360

Tak hanya fitur untuk merekam video dan mengambil foto saja, untuk memberikan kenyamanan optimal kepada pengguna, Insta360 GO 3S memiliki fitur pendukung lainnya. Salah satu unggulannya adalah Apple Find My. Berkat dukungan ini, Anda bisa melacak lokasi kamera saat terhubung iPhone. Termasuk ketika dalam keadaan mati sekalipun, asalkan selama kamera masih terpasang baterai.

Pengguna dapat menampilkan status dashboard seperti GPS, kecepatan, dan lainnya dari perangkat Garmin maupun Apple Watch ketika diintegrasikan dengan kedua perangkat tersebut. Khusus untuk iOS, pengguna bisa melihat preview hasil rekaman video terbaru di aplikasi Insta360 dan notifikasi secara otomatis akan memberitahu Anda.

Adanya fitur pintar seperti Gesture Control dan Voice Control 2.0 membuat Anda lebih leluasa menggunakannya tanpa harus menekan tombol. Cukup dengan perintah suara dan gestur saja. Ada pula fitur Quickcapture untuk merekam dan mengambil gambar secara instan, walaupun ketika kamera dalam keadaan mati dengan menakan tombol yang ada di bagian depan kamera.

5. Harga Insta360 GO 3S

Review Insta360 GO 3S (1)
sc: Insta360

Terakhir adalah mengenai harga Insta360 GO 3S yang dipasarkan. Sama seperti seri sebelumnya atau GO 3, kamera ini bakalan hadir dengan dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Adapun untuk kapasitas penyimpanannya, hanya tersedia dalam satu varian saja di 128GB. Dengan varian tersebut Insta360 GO 3S dibanderol seharga Rp8 jutaan.

Sebagai catatan, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu di tingkat distributor maupun official partner penjualan resmi Insta360 di tanah air. Hal itu tergantung promo yang diberikan di waktu tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda memantaunya secara up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya nanti.

Baca juga: Spesifikasi Insta360 Flow: Gimbal Canggih dengan Dukungan AI

Dapatkan Kamera Insta360 GO 3S di Doran Gadget

Review Insta360 GO 3S
sc: Insta360

Itu dia Sobat Doran review Insta360 GO 3S dengan desain yang mungil namun memiliki kualitas hasil rekaman yang unggul. Dengan desainnya yang ringkas tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas seperti bersepeda, adventure dengan motor, hingga aktivitas perairan seperti snorkeling dan surfing.

Kini, Anda bisa mendapatkan kamera Insta360 terbaik ini dan seri lainnya sesuai kebutuhan hanya di Doran Gadget. Sebagai official partner penjualan produk di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, dapatkan harga terbaik untuk setiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>