Doran GadgetPabrikan kamera ternama Insta360 baru saja merilis gimbal kamera untuk smartphone pertamanya. Perangkat yang dikenalkan ke publik beberapa waktu lalu ini dikenal dengan Insta360 Flow. Walaupun memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dari gimbal kamera HP pada umumnya, namun ada fitur canggih yang jadi andalannya.

Salah satunya adalah dukungan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di setiap fitur tersebut. Apa saja keunggulannya dan berapa harga yang dipasarkan? Simak ulasannya yang telah dihimpun tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Insta360 Flow

Spesifikasi Insta360 Flow
sc: Twitter/Insta360

Berikut beberapa spesifikasi Insta360 Flow secara umum sebagaimana dilansir dari laman resminya yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya nanti:

Dimensi Dilipat: 79.6×162.1x36mm
Tidak Dilipat: 73.6×269.4×69.9mm
Bobot Gimbal: sekitar 369 gram
Magnetic Phone Clamp: sekitar 32 gram
Kompatibilitas Ketebalan Smartphone 6.9-10 mm
Kompatibilitas Lebar Smartphone 64-84 mm
Kompatibilitas Bobot Smartphone 130-300 gram
Kabel dan Port USB Type-C
Panjang Saat Dijadikan Tongsis 215 mm
Dimensi Saat Dijadikan Tripod Panjang Ekstensi: 80mm (3.1in)
Diameter Ekstensi: 187.6mm (7.4in)
Ketahanan Baterai 2.900 mAh, 12 jam penggunaan
Mechanical Range Pan: -230° to 100°
Roll: -150° to 180°
Tilt: -100° to 82°
Kontrol Kecepatan Maksimum 120°/s
Koneksi Bluetooth Bluetooth 5.0

Baca juga: 5 Cara Membuat Video dengan Stabilizer Makin Keren

Keunggulan dan Fitur Insta360 Flow

Hadirnya stabilizer atau gimbal untuk kamera smartphone dari Insta360 Flow memang menarik perhatian. Terutama bagi para pengguna yang ingin menghasilkan kualitas foto dan video terbaik. Bahkan, beberapa fitur unggulannya pun tidak kalah dengan para kompetitor mereka. Mulai desain, kestabilan, ketahanan baterai, hingga teknologi canggih yang disematkannya.

1. Desain Ergonomis dan Tangguh

Spesifikasi Insta360 Flow (4)
sc: GSM Arena

Keunggulan Insta360 Flow yang pertama bisa dilihat dari segi desainnya. Secara umum memang terlihat ergonomis dengan tampilan yang ramping dan kecil. Dengan begitu, pengguna akan merasa nyaman saat membawanya traveling dan menempatkannya di dalam tas maupun saku celana.

Bodi gimbal kamera didesain transparan dan komponen di dalamnya terlihat jelas. Pengoperasiannya lebih mudah berkat dukungan clamp magnetic. Terdapat pula aksesoris tambahan kertas seperti stiker yang memiliki berbagai motif untuk penggunaan lebih personal. Tak hanya dijadikan tripod saja, Insta360 Flow juga dapat dijadikan sebagai tongsis dengan panjang 215mm dan pemasangan untuk mikrofon.

Baca juga: Review Spesifikasi Kamera Insta360 X3

2. Kestabilan Perangkat

Spesifikasi Insta360 Flow (1)
sc: Insta360

Selanjutnya adalah mengenai kestabilan perangkat. Gimbal Insta360 Flow dilengkapi dengan fitur stabilisasi 3-axis. Hal ini dapat membuat pengambilan gambar lebih smooth di smartphone pengguna. Bahkan, untuk gerak memutar pun dapat dilakukan dengan baik.

Berkat peredaman dan kestabilan tinggi ini, membuat posisi gimbal tetap stabil dan gambar menjadi lebih baik dan tidak buram karena getaran. Terutama jika pengguna mengambil gambar secara bergerak dalam tempo yang cukup cepat.

3. Fitur Kamera

Spesifikasi Insta360 Flow (2)
sc: Gadget Update

Keunggulan yang tidak kalah keren dan jadi perbincangan di gimbal kamera ini adalah fitur AI yang dimilikinya. Tentu saja, fitur ini tidak semua tersemat di produk lain yang sejenis. Beberapa di antaranya adalah:

  • Deep Track 3.0

Fitur ini mampu melacak subjek dan mengikuti pergerakan subjek otomatis dan lebih akurat. Deep Track 3.0 di Insta360 Flow memiliki kecanggihan berkat dukungan AI seperti fitur Re-identification. Keunggulannya adalah gimbal mampu mengenali hingga mengunci subjek tanpa putus. Dengan begitu, objek akan terkunci dalam frame walaupun subjek ini terhalang benda atau bangunan tertentu. Kemudian, fitur ini masih dapat berfungsi walaupun dalam proses perekaman lambat sekalipun.

  • All-Angle Tracking

All-Angle Tracking memungkinkan AI mengikuti sekaligus mengenali subjek. Walaupun, subjek tersebut mengalami perubahan bentuk yang dihasilkan dari efek gerakan berbagai arah. Fitur tersebut membuat gambar tetap dalam bentuk aslinya dan hasilnya pun sangat imersif.

  • Zoom Tracking

Ada juga fitur Zoom Tracking. Fungsinya juga untuk menjaga dan memastikan subjek untuk tetap berada dalam frame. Terutama ketika pengguna mengaktifkan fitur zoom kamera di setiap skenario yang berbeda. Pelacakan subjek tetap berjalan bahkan saat pengguna melakukan zoom in dan zoom out. Saat subjek ini keluar frame, maka pengaturan zoom out akan diatur otomatis mengikuti gerakan subjek.

  • Fitur Gestur Tangan

Insta360 Flow pun mendukung untuk penggunaan fitur perintah menggunakan gestur tangan. Pengguna hanya lebih mudah melakukan bidikan gambar dengan berbagai pilihan mode yang tersedia. Mulai dari Follow, Pan-Follow, hingga FPV. Begitu pun dengan efek lainnya seperti Motion Timelapse, TimeShift, Dolly Zoom, Barrel Roll, hingga Widescreen Mode

Baca juga: Review Kamera Insta360 Terbaru, Bisa Dipasang Buat Drone

4. Spesifikasi Insta360 Flow – Ketahanan Baterai

Spesifikasi Insta360 Flow (3)
sc: GSM Arena

Beralih ke ketahanan baterai Insta360 Flow, memang baterai ini menjadi pertimbangan tersendiri. Terutama untuk penggunaan pengambilan gambar outdoor. Kapasitas baterai stabilizer ini cukup besar, yakni di kisaran 2.900 mAh. Dengan kapasitas besar tersebut, baterai memiliki ketahanan (run-time) hingga 12 jam penggunaan.

Tak sampai di situ saja, kapasitas baterai besar ini juga bisa dipakai pengguna sebagai powerbank dengan menggunakan kabel USB type-C. Untuk pengisian daya baterai sampai penuh, pengguna perlu mengecasnya selama kurang lebih sekitar 2 jam saja.

5. Harga Insta360 Flow

Spesifikasi Insta360 Flow (5)
sc: DIY Photography

Terakhir, selain spesifikasi Insta360 Flow dari segi fitur yang perlu diketahui adalah segi harga yang dipasarkan. Gimbal kamera ini hadir dalam dua varian yang dibanderol dengan harga dan paket berbeda, di antaranya:

  • Insta360 Flow Standar: 160US$ atau sekitar Rp2.3 jutaan
  • Insta360 Flow Creator Kit: 210US$ atau sekitar Rp3 jutaan

Untuk paket standar, harga tersebut seudah termasuk kabel pengisian daya dan pouch. Sementara, paket Creator Kit selain dilengkapi seperti paket standar juga terdapat lampu untuk pencahayaan tambahan dan kabel tambahan tipe C to C maupun C to Lightning.

Baca juga: Rekomendasi 7 Stabilizer HP Terbaik 2023

Kesimpulan

Spesifikasi Insta360 Flow (6)
sc: Insta360

Bagaimana Sobat Doran, menarik bukan spesifikasi Insta360 Flow ini? Dengan berbagai keunggulan yang telah disebutkan di atas, bisa dikatakan jika gimbal kamera ini sangat cocok untuk para content creator. Terutama bagi para pembuat konten untuk TikTok, vlogger, maupun YouTuber.

Kini, Anda bisa mendapatkan berbagai produk terbaik dari Insta360 hanya di Doran Gadget. Sebagai authorized dealer Insta360 Surabaya, Insta360 Jakarta, Insta360 Semarang, Insta360 Bali, Insta360 Manado, dan Insta360 Banjarmasin kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, dapatkan pula promo menarik di setiap pembelian di waktu tertentu.hususnya pembelian melalui store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Cek di sini untuk informasi dan konsultasi produk.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×