Mengenal Olahraga Surfing_

Doran Gadget Berselancar menjadi salah satu olahraga ekstrem yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena dinilai lebih menantang dan membangkitkan rasa percaya diri serta keberanian. Nah, bagi Anda yang tertarik mencoba olahraga ini saatnya cari tahu apa itu surfing dan kenali berbagai tekniknya agar aman dan nyaman.

Apa Itu Surfing?

apa itu surfing (1)
sc: Freepik

Apa itu surfing? Walaupun pertanyaan ini terbilang sederhana, namun sebagian orang mungkin belum tentu mengetahuinya. Secara umum, surfing bisa diartikan dengan olahraga selancar. Di sini, seseorang akan berdiri dan berselancar mengejar ombak dan menantangnya, meliuk-liuk di antara gulungan ombak besar dan itu memberikan sensasi tersendiri.

Awalnya, selancar merupakan budaya masyarakat kepulauan Polinesia. Mengingat mereka hidup dan berdampingan dengan laut. Jadi, olahraga pun tidak jauh-jauh dari lautan. Memasuki abad ke-20, surfing mulai dikenal masyarakat luar. Terutama ketika papan selancar modern mulai digunakan di Hawaii. Beda dari papan kayu yang berat, papan berbahan fiberglass dirasa lebih ringan, sehingga memudahkan surfer untuk bermanuver.

Seiring berjalannya waktu, surfing menjadi sebuah sub-kultur baru. Tidak hanya sekadar olahraga saja, tetapi juga menjadi salah satu dari bagian gaya hidup masyarakat modern. Termasuk mulai bermunculannya brand-brand fashion ternama yang awalnya digunakan para peselancar, kini juga digunakan masyarakat umum. Ini juga termasuk nilai-nilai dari berselancar yakni kebebasan, keberanian, dan kedekatan dengan alam.

Baca juga: 9 Rekomendasi Tempat Surfing di Bali Terbaik

Teknik Dasar Surfing yang Perlu Diketahui

apa itu surfing (3)
sc: Freepik

Teknik dasar surfing merupakan hal yang paling utama dan wajib dipelajari para peselancar. Dimana di sini ada teknik-teknik tertentu mulai dari mengendalikan papan selancar, mencari ombak terbaik, dan bermain bersamanya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Paddling

Pertama adalah paddling. Teknik ini merupakan gerakan kayuhan yang menggunakan tangan dengan tenaga menengah hingga kuat. Tujuannya adalah agar lebih mudah memperoleh momentum saat menuju ombak. Dengan teknik yang benar, ini akan membantu peselancar tergulung maupun terhindar dari jebakan ombak.

2. Take-Off

Selanjutnya, mempelajari teknik take-off. Di sini, peselancar akan bergerak dari awalnya berbaring ke posisi duduk pada papan selancar. Dilanjutkan dengan posisi berdiri ketika ombak datang dan mengangkat. Oleh karena itu, diperlukan langkah tepat dan cepat agar tidak terjatuh atau hilang keseimbangan.

3. Jaga Keseimbangan dan Berdiri

Keseimbangan adalah hal penting saat berselancar. Terutama saat berdiri di atas papan selancar setelah melakukan take-off. Perhatikan tubuh dalam posisi yang rendah. Begitu pula dengan titik beratnya. Anda dapat menggunakan lengan dalam menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.

4. Jangan Salah Pilih Jalur

Surfing Bali - PadangPadang
sc: Hotel

Tak hanya pandai menjaga keseimbangan saja, seorang surfer pun harus pandai membaca situasi dari mana arah ombak akan datang. Begitu pun ketika memilih jalurnya. Dengan memilih jalur yang tepat, ini akan memudahkan proses manuver. Di sini juga penting memperhitungkan kekuatan ombak dan menentukan ke arah yang diinginkan.

5. Teknik Manuver

Saat telah berada di jalur yang tepat dan memperhitungkan berbagai kemungkinan dalam gulungan ombak, kini satnya untuk bermanuver. Ada beberapa trik yang bisa dicoba. Yakni cutbacks, top turns, bottom turns, hingga floater. Pastikan saat melakukan manuver tubuh dalam kondisi yang seimbang dan memerlukan koordinasi yang pas.

6. Ambil Ombak Terbaik

Teknik ini merupakan hal wajib yang dikuasai oleh para peselancar. Di sini diperlukan keterampilan dan memperhitungkan waktu yang tepat saat ombak datang. Posisi pun juga harus dijaga agar stabil. Dalam mengambil ombak terbaik, perhatikan seberapa besar kekuatannya, kapan ombak tiba, dan mengetahui kapan ombak akan memecah agar tak kelewatan momen terbaik.

7. Lakukan Exit & Re-Entry

Terakhir, setelah melakukan berbagai teknik di atas kini saatnya Anda menyelesaikan manuver di gelombang ombak. Peselancar perlu memiliki kemampuan untuk bisa keluar dari gulungan ombak dengan nyaman dan aman. Selain itu, mulailah untuk persiapkan diri kembali untuk menghadapi gelombang selanjutnya. Inilah yang dinamakan teknik exit and re-entry.

Baca juga: 7+ Spot Foto Bawah Laut Terbaik untuk Anda yang Suka Diving!

Tips Surfing untuk Pemula

apa itu surfing
sc: Freepik

Untuk Anda yang masih pemula atau baru kali mencoba olahraga surfing. Pahami pula berbagai tips surfing untuk pemula. Tujuannya adalah agar lebih aman dan nyaman saat melakukannya. Antara lain sebagai berikut:

  1. Pelajari terlebih dahulu hal yang paling dasar dalam olahraga surfing. Termasuk teknik-tekniknya. Di sini, pastikan Anda belajar pada instruktur surfer yang profesional dan berpengalaman.
  2. Pilihlah papan selancar yang sesuai bagi pemula. Mengingat tipe papan ini berbeda-beda. Sebaiknya, pilih papan dengan ukuran yang cukup besar, tebal, dan stabil. Sebab, dengan papan besar memungkinkan Anda lebih mudah menjaga keseimbangan dan saat berdiri.
  3. Pahami terlebih dahulu kondisi dan situasi laut sebelum terjun langsung. Mulai dari kekuatan ombak, kekuatan dan arah angin, hingga cuaca. Khususnya mengenai keselamatan diri ketika berselancar.
  4. Sebagai awalan, Anda dapat memilih ombak kecil dan tenang terlebih dahulu. Jangan gegabah untuk memaksakan diri memilih ombak besar jika kemampuan masih belum begitu mahir.
  5. Selalu jaga keseimbangan tubuh. Ini bisa dilatih dengan olahraga lain seperti yoga dan lainnya.

Selain itu, poin paling penting bagi seorang surfer pemula adalah jaga konsistensi dan mood agar bersemangat dalam berlatih. Ingat, dalam berselancar memang diperlukan proses yang tidak sebentar. Kesabaran dan konsistensi inilah yang jadi kuncinya agar lebih mahir secara bertahap.

Baca juga: Mengenal Motovlog, Konten yang Banyak Diminati Saat Ini

Manfaat Olahraga Surfing

apa itu surfing (2)
sc: TeqClub

Setelah Anda mempelajari teknik dasar surfing, ketahui juga apa saja sebenarnya manfaat dari olahraga ini. Setidaknya, saat melakukan olahraga ini ada manfaat dari segi fisik, mental, hingga sosial. Berikut di antaranya:

  1. Manfaat secara fisik antara lain dapat menguatkan otot dan sistem kardiovaskular. Selain itu, sebagai olahraga yang membantu menjaga keseimbangan dan koordinasi serta melatih fleksibilitas. Termasuk menjaga stamina dan daya tahan fisik tetap bugar.
  2. Manfaat surfing untuk mental di antaranya bisa mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan emosional melalui pelepasan hormon endorfin. Di sisi lain juga melatih fokus dan meningkatkan rasa percaya diri dan lebih tangguh karena dapat menalukkan ombak.
  3. Secara sosial, ternyata surfing juga memiliki manfaat seperti menambah jejaring pertemanan antar komunitas dan mendapatkan teman baru. Selain itu, membuat seseorang menjadi lebih peka terhadap lingkungan dan alam di sekitarnya.

Baca juga: 5 Perbedaan Snorkeling dan Diving, Jangan Sampai Salah!

Bikin Konten Keren Saat Surfing Pakai Kamera Terbaik

Bagaimana Sobat Doran, menarik bukan olahraga air ini? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk selalu didampingi oleh para profesional jika baru pertama kali memulainya. Bagi yang sudah bisa dan mahir, saatnya abadikan momen seru saat surfing dengan kamera terbaik.

Salah satunya adalah dengan kamera Insta360 X4 yang dirancang khusus dengan ketahanan air tinggi. Sehingga, lebih aman dan nyaman untuk merekam video saat surfing. Kini, Anda bisa mendapatkannya dengan cukup membayar Rp500 ribu saja untuk DP pre-order produk tersebut. Informasi lebih lanjut, silakan klik di sini!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>