Rekomendasi Kamera untuk Surfing Terbaik

Doran GadgetSelancar kini bukan lagi sekadar olahraga untuk melatih kekuatan tubuh saja. Lebih dari itu, telah menjadi gaya hidup masyarakat. Tak heran jika banyak yang merekam momen-momen terbaik saat berselancar. Oleh karena itulah, diperlukan kamera yang mendukung. Apa saja rekomendasi kamera surfing terbaik dan bagaimana cara memilihnya? Selengkapnya bisa Anda simak pada artikel kali ini.

Cara Memilih Kamera Surfing

apa itu surfing (3)
sc: Freepik

Sebelum membeli kamera surfing, ada hal dan tips penting dalam memilihnya. Tujuannya agar Anda mendapatkan kamera terbaik yang sesuai pilihan dan kebutuhan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kamera memiliki ketahanan air dan tangguh di berbagai kondisi. Begitu juga dengan durabilitasnya, itu artinya kamera haruslah tahan terhadap benturan.
  2. Memiliki kualitas foto dan video unggul. Misalnya untuk video dengan resolusi minimal 1080p. Namun, bila memungkinkan pilih yang resolusi 4K. Begitu juga dengan tingkat frame rate 60fps dan lebih. Pastikan pula resolusinya sudah mendukung HDR.
  3. Perhatikan fitur tambahannya. Dalam hal ini contohnya adalah fitur stabilisasi yang membuat hasil bidikan kamera tetap stabil walaupun saat bergerak.
  4. Desain yang ringkas dan mudah digunakan. Khususnya kamera harus memiliki opsi mounting yang kompatibel sesuai perlengkapan surfing.
  5. Ketahanan baterai yang lama saat digunakan. Bila perlu, Anda dapat membawa baterai cadangan.
  6. Selain penggunaan, interface kamera haruslah nyaman dan bisa dikontrol dengan jarak jauh melalui remote maupun smartphone.
  7. Pertimbangkan pula mengenai harga dan mereknya. Merek kamera yang sudah terkenal biasanya adalah yang terbaik karena didukung dengan berbagai fitur unggulan.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Daftar Kamera Surfing Terbaik Saat Ini

Berikut daftar kamera surfing dari berbagai brand yang memiliki tingkat ketahanan air yang tangguh. Sehingga sangat cocok untuk menemani aktivitas olahraga air yang ekstrem sekalipun.

1. Insta360 X4

Rekomendasi yang pertama ada Insta360X4 yang rilis pada bulan April 2024. Dimana kamera ini hadir dengan sejumlah pembaruan dari generasi sebelumnya. Misalnya saja ukuran yang sedikit lebih besar dengan layar sentuh lebih luas. Dari segi kualitas gambarnya, mengalami peningkatan piksel hingga 78%. Kemudian, perekaman lebih stabil berkat dukungan FlowState Image Stabilization.

Bahkan, Insta360 X4 mampu merekam hingga resolusi 8K30fps. Selain itu, kamera ini juga memiliki banyak mode pemotretan lainnya, seperti Hyperlapse, timelapse, Single-lens mode (termasuk MeMode dan FreeFrame). Dimana semua mode tersebut dapat dikonfigurasi melalui aplikasi Insta360. Soal ketahanan baterainya juga unggul sampai 135 menit penggunaan.

Harga Insta360 X4: mulai Rp9 jutaan

Baca juga: 10 Spot Surfing Terbaik di Dunia, Termasuk Indonesia!

2. GoPro Hero12 Black

Selanjutnya ada GoPro yang hadir dengan seri Hero 12 Black. Desainnya memang tak jauh dari generasi sebelumnya. Bobotnya juga sangat ringan di ksiaran 154 gram saja. Kamera depannya memiliki resolusi 27MP dan dibekali fitur video HDR yang bisa diandalkan untuk perekaman pada 5.3K dan 4K 60 fps.

Dua fitur unggulan yakni AutoBoost dan HyperSmooth 6.0, mampu membuatnya lebih tahan terhadap goyangan, getaran, dan guncangan. Baterainya mampu digunakan hingga 2.5 jam non-stop untuk merekam dengan 1080p 30fps. Sementara, untuk 30fps, bisa digunakan hingga 1.5 jam dan 70 menit untuk fps tertinggi.

Harga GoPro Hero 12 Black: mulai Rp6 jutaan

3. Akaso V50 Elite

Kamera Surfing Terbaik - AKASO V50 ELITE

Akaso V50 Elite sangat cocok digunakan untuk aktivitas perairan outdoor termasuk selancar. Dimana kamera ini dapat menghasilkan video dengan resolusi 4K/30fps dengan resolusi foto 20MP. Lensa wide-angle yang dimilikinya, dapat disesuaikan hingga sudut 70°, 110°, dan 140°.

Kenyamanan penggunaan semakin sempurna dengan peredam getaran Electronic Image Stabilization (EIS). Kemudian Anda dapat menggunakannya dari jarak jauh dengan fitur remote control dan voice control.  Akaso V50 Elite pun memiliki ketahanan air dan dapat digunakan hingga kedalaman 40 meter.

Harga Akaso V50 Elite: mulai Rp3 jutaan

4. Sony RX0 II

Kamera Surfing Terbaik - Sony RX0 II

Sony RX0 II merupakan kamera aksi dengan desain yang compact dan memiliki sensor tipe 1.0. Sudutnya yang lebar membuatnya dapat merekam video 4K dan mengambil gambar beresolusi tinggi. Lensa wide-angle dari Zeiss Tessar T* 24mm F4 membuat bidang pandangnya lebih luas untuk merekam video dan mengambil foto.

Framne rate-nya juga cukup tinggi dan dapat merekam super slow-mo hingga 960fps. Lalu, ada fitur interval pengambilan gambar untuk mode timelapse dan fitur pendukung lain. Merekam gambar dengan gerakan yang cepat pun terlihat sangat detail. Untuk ketahanannya, kamera tahan air hingga 10 meter.

Harga Sony RX0 II: mulai Rp8 jutaan

5. DJI Osmo Action 4

DJI Osmo Action 4 Standard Combo

Selain drone, DJI juga berfokus pada produk action cam. Salah satunya adalah DJI Osmo Action 4. Kamera ini memiliki sensor kamera 1/1.7 inci serupa dengan sensor drone DJI Air 3. Selain itu, unggul dalam pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya dan kondisi ekstrem seperti digunakan untuk surfing.

Kestabilannya sudah tak diragukan lagi berkat dukungan 360° HorizonSteady dan RockSteady 3.0. Kemudian, dari segi baterainya juga tak kalah unggul. Yakni mampu digunakan hingga 160 menit. Baterainya dilengkapi fitur fast charging diklaim mampu mengisi daya hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit saja.

Harga DJI Osmo Action 4: mulai Rp6 jutaan

Baca juga: 9 Rekomendasi Tempat Surfing di Bali Terbaik 2024

6. Insta360 X3

Insta360 X3 memiliki ukuran layar touchscreen 2.29 inch yang sejauh ini menjadi layar terbesar untuk Insta360 camera yang memudahkan penggunanya untuk menavigasi menu. Kamera Insta360 X3 bisa mengambil video yang jelas dan jernih. Untuk kamera 360nya sendiri memungkinkan pengambilan gambar 5.7K@30 fps dan 4K@60fps. Dalam mode single lens juga sudah bisa mengambil video dengan resolusi 4K@30fps.

Karena sensor dan bukaannya yang besar, Insta360 X3 mampu menghasilkan performa yang lebih baik di kondisi cahaya rendah. Saat berada di resolusi tertingginya, kamera satu ini mampu mengambil gambar 72MP di foto 360 derajat dan mengambil video untuk time-lapse hingga 8K. Untuk baterainya mampu hingga sekitar 70 menit untuk pengambilan video.

Harga Insta360 X3: mulai Rp7.8 jutaan

7. Drift Ghost XL Pro

Kamera Surfing Terbaik - (1)

Drift Ghost XL Pro didesain khusus untuk profesional yang menginginkan kamera yang multifungsi, ketahanan yang unggul, dan kualitas video maupun foto berkualitas tinggi. Sebab dapat merekam video dengan 4K/30fps dan 30 frame per detik. Sensornya pun lebih besar sehingga dapat menghasilkan foto hingga 20MP.

Kamera ini juga tangguh karena mampu digunakan hingga kedalaman 30 meter. Selain itu, dapat dikontrol dari jarak jauh menggunakan remote. Lalu, ada juga dukungan Bluetooth dan WiFi. Ada pula fitur GPS yang dapat digunakan untuk membuat geotag di foto maupun video yang dibuat.

Harga Drift Ghost XL Pro: mulai Rp5 jutaan

8. SJCAM SJ8 Pro

Kamera Surfing Terbaik - SJCAM SJ8 Pro

Termasuk dalam kategori kamera mid-range, SJCAM SJ8 Pro menawarkan keunggulan berupa kualitas foto dan video yang unggul dengan harga yang relatif terjangkau. Kamera dapat merekam video dengan resolusi 4K/60fps. Sedangkan resolusi fotonya hingga 12MP.

Keunggulan lainnya adalah dibekali Electronic Image Stabilization (EIS) dan giroskop untuk menjaga kestabilan pengambilan gambar ketika berselancar. Ditambah lagi dengan ketahanan air yang mampu digunakan hingga kedalaman 30 meter. Pengguna dapat mengintegrasikan kamera ini dengan smartphone melalui jaringan WiFi.

Harga SJCAM SJ8 Pro: mulai Rp8.6 jutaan

9. GoPro Hero11

Rekomendasi kamera surfing terbaik yang terakhir adalah GoPro Hero 11 Black. Salah satu keunggulan utamanya adalah memiliki fitur HyperSmooth 5.0 dan diperkuat AutoBoost untuk hasil gambar dan video lebih halus dan mulus. Fitur Horizon-Lock membuat perekaman video lebih stabil, bahkan saat berputar hingga 360°.

Beberapa mode yang dapat dipilih saat pengambilan video antara lain Hyperview, Slo-Mo, dan Night Effect. Untuk harga pasaran di Indonesia kamera ini terdiri dari dua varian yakni GoPro Hero11 Black Rp8.1 jutaan. Sedangkan untuk seri GoPro Hero 11 Black Mini sekitar Rp4 jutaan.

Harga GoPro Hero 11 Black: mulai Rp4 jutaan

Baca juga: Apa Itu Surfing? Yuk, Kenali Teknik Dasar dan Tipsnya!

Penutup

apa itu surfing (2)
sc: TeqClub

Setidaknya itulah beberapa rekomendasi kamera yang bisa Anda pilih untuk merekam momen-momen terbaik saat surfing. Pastikan memilihnya sesuai dengan budget dan kebutuhan. Selain itu, belilah di tempat terbaik dan terpercaya. Salah satunya Doran Gadget.

Sebagai mitra resmi penjualan kamera Insta360, DJI, dan GoPro kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula berbagai promo menarik untuk pembelian secara online melalui website maupun aplikasi Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>