Spot Surfing Terbaik di Dunia

Doran GadgetSelain diving dan snorkeling, olahraga air di pantai yang  juga cukup banyak peminatnya adalah selancar atau surfing. Selain menantang, olahraga selancar dapat melatih keseimbangan dan kekuatan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih pantai yang mendukung. Mana saja spot surfing terbaik di dunia dan Indonesia? Simak artikel ini sampai tuntas!

Spot Surfing Terbaik di Dunia

Berikut beberapa tempat surfing terbaik di dunia. Dimana tempat-tempat ini dikenal karena memiliki gulungan ombak besar dan menantang. Bahkan, menjadi list yang wajib dikunjungi bagi para surfer profesional:

1. Jeffreys Bays – Afrika Selatan

Spot Surfing Terbaik Dunia - jeffreys bays
sc: Ticket to Ride

Destinasi pertama ada Jeffreys Bays yang ada di Afrika Selatan. Ombaknya cukup besar dan menciptakan kolom yang indah untuk dimasuki. Salah satunya yang menantang dikenal dengan Supertubes untuk kalangan peselancar profesional. Untuk para pemula, Anda bisa mencoba pantai sekitarnya seperti Kitchen Windows, Magna Tubes, dan Boneyards.

Baca juga: Apa Itu Surfing? Yuk, Kenali Teknik Dasar dan Tipsnya!

2. Cloudbreak – Fiji

Spot Surfing Terbaik Dunia - Cloud Break Fiji
sc: Seabads Fiji

Pasifik Selatan dan Oceania dikenal dengan ombaknya yang menantang. Contohnya adalah Kepulauan Fiji yang cocok dicoba bagi para profesional. Hal itu karena di sini terdapat ‘Ombak Brutal’. Ombak tersebut mampu menciptakan rongga hingga 1.6 kilometer dari area lepas pantai. Menantang sekali bukan? Namun, perlu diingat jika yang dianjurkan adalah surfer profesional.

3. Waikiki – Hawaii

Spot Surfing Terbaik Dunia - Waikiki Hawai
sc: Surfer Today

Dari dulu sampai sekarang Hawaii memang tak diragukan lagi untuk keindahan pantai dan lautnya. Tentu, ini adalah surga dunia bagi para peelancar dari berbagai penjuru negara. Salah satu yang cukup ramai dikunjungi adalah Waikiki. Dimana pantai ini cukup ramah bagi para peselancar pemula sekalipun. Sebab, ombaknya sangat tenang dan bias membuat siapa saja menjadi rileks.

4. Gold Coast – Australia

Spot Surfing Terbaik Dunia - Gold Coast
sc: JetStar

Save the Waves menobatkan Gold Coast sebagai tempat terbaik surfing ke-8 di dunia. Garis pantainya memiliki panjang hingga 16 kilometer dan bisa bebas memiliih lokasi selancar di mana saja. Namun, ada lima yang jadi favorit. Yakni di Main Beach, The Spit, Palm Beach, Mermaid Beach, dan Narrowneck. Lokasinya pun tidak jauh dari Indonesia, jadi tak ada salahnya Anda untuk mencobanya!

5. Florida – Amerika Serikat

Spot Surfing Terbaik Dunia - Florida
sc: Central Florida Surfing

Di Florida terdapat pantai yang bernama Cocoa Beach dan cocok untuk selancar. Pantai ini banyak dipilih karena ombaknya yang tenang dan konsisten. Ombaknya pun tidak terlalu tinggi, yakni 1-2 meter saja. Pemula pun dapat menjelajahinya. Begitu juga dengan suhu air di kisaran 16° Celcius dan didukung dengan cuaca yang cukup sejuk dengan suhu 221° Celcius.

Baca juga: 7+ Merk Action Cam Terbaik untuk Petualangan Ekstrem

Spot Surfing Terbaik di Indonesia

Selama ini, kebanyakan orang beranggapan jika tempat surfing terbaik di Indonesia adalah Bali. Hal tersebut memang tidak salah. Namun, tahukah Anda dengan area lautan yang luas sebenarnya daerah-daerah lain di tanah air juga memiliki hidden gem tempat surfing unggulan. Termasuk dengan panorama lautnya yang memukau dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Di antaranya adalah:

6. Pantai Plengkung – Banyuwangi

Spot Surfing Terbaik Dunia - Plengkung
sc: Kilat

Pantai Plengkung tidak hanya dikenal oleh para peselancar tanah air saja, melainkan juga surfer dunia karena ombaknya. Di dunia internasional, pantai ini memiliki spot keren dengan sebutan G-Land. Ketinggian ombak maksimumnya mencapai 6-8 meter dan intervalnya selama lima menit. Di waktu-waktu tertentu, Pantai Plengkung memiliki jadwal surfing internasional.

Baca juga: 9 Rekomendasi Tempat Surfing di Bali Terbaik 2024

7. Pantai Sorake – Nias

Spot Surfing Terbaik Dunia - Sorake
sc: Kompas

Spot surfing terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Sorake – Nias – Sumatera Utara. Pantai Sorake disebut-sebut memiliki gulungan ombak yang menantang dan bisa mencapai hingga 200 meter yang mengarah ke  pantai. Jadi, Anda bisa menikmati ombak lebih lama. Adapun ketinggiannya mencapai antara 3-5 meter. Ini adalah tinggi ombak ideal untuk masuk ke dalam kolong ombak.

8. Kepulauan Mentawai – Sumatera Barat

Spot Surfing Terbaik Dunia - Mentawai
sc: Hollow Tree’s Resort

Kepulauan Mentawai yang masuk dalam wilayah Sumatera Barat tidak hanya memiliki 1-2 spot selancar saja. Tercatat, di sini ada sekitar 400 titik terbaik selancar, lho. Inilah yang membuatnya jadi favorit surfer profesional dari berbagai penjuru dunia. Spot terbaiknya salah satunya ada di Pulau Sipora dengan ombak 7 meter dan menantang. Tertarik mencobanya? Anda bisa kunjungi di bulan April-Oktober untuk mendapatkan ombak terbaik.

9. Pantai Tanjung Setia – Lampung

Spot Surfing Terbaik Dunia - Tanjung Setia
sc: Indonesia Travel

Pulau Sumatera seolah tak pernah kehabisan spot keren untuk surfing. Di Provinsi Lampung contohnya dengan Pantai Tanjung Setia yang memiliki pantai dengan agenda rutin surfing tingkat internasional. Biasanya, event digelar pada bulan Juni-Agustus. Menghadap ke Samudera Hindia langsung, pantai ini memiliki interval panjang ombak 200 meter dengan tinggi maksimum 6-7 meter.

10. Pulau Rote – NTT

Spot Surfing Terbaik Dunia - Rote
sc: Surf Dive Rote

Kita beralih ke wilayah timur Indonesia. Kali ini ada Pulau Rote yang menawarkan eksotisme alam laut yang menakjubkan. Di sini ada spot surfing terbaik yang dikenal dengan T-Land. Beberapa spot tersebut ada di Pantai Bo’a, Pantai Nemberala, dan Pantai Ndana. Dimana pantai-pantai ini menawarkan ombak yang memanjang sampai dengan 300 meter dengan tinggi yang dapat mencapai puncaknya di 4.5 meter.

Baca juga: 50+ Taman Nasional Indonesia, Banyak yang Jadi Warisan UNESCO

Abadikan Momen Surfing dengan Kamera Terbaik

apa itu surfing (2)
sc: TeqClub

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa rekomendasi spot surfing di dunia dan Indonesia. Berniat mencobanya atau masuk list surfing Anda di tahun ini? Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Baik persiapan secara fisik maupun perlengkapannya.

Salah satunya adalah kamera khusus untuk mengabadikan momen surfing terbaik seperti Insta360 X4 yang dirancang untuk menemani aktivitas olahraga ekstrem termasuk surfing. Anda dapat membelinya di Doran Gadget dengan harga terbaik. Terutama untuk pembelian melalui website maupun aplikasi kami.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>