Coros IndonesiaCoros Pace 3 vs Coros Pace 2 menjadi dua jam tangan pendatang baru untuk olahraga dengan sejumlah fitur unggulan. Termasuk harganya yang cukup ramah di kantong bagi para pemula. Apa saja keunggulan masing-masing dan mana yang layak untuk Anda pilih? Simak ulasan lengkapnya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget dalam artikel kali ini.

Spesifikasi Coros Pace 3 vs Coros Pace 2

Berikut spesifikasi Coros Pace 3 dan Coros Pace 2 secara umum yang perlu diketahui:

Spesifikasi Coros Pace 3 Coros Pace 2
Dimensi 41.9 x 41.9 x 11.7mm 42 × 42 × 11.7mm
Bobot 39 gram (silikon)
30 gram (nylon)
35 gram (silikon)
29 gram (nylon)
Ukuran Layar 1.2 Inch 1.2 Inch
Resolusi Layar 240 x 240 pixel 240 x 240 pixel
Tipe Layar Always-On Memory LCD Always-On Memory LCD
Material Layar Mineral Glass Mineral Glass
Material Casing High Strength Polymer High Strength Polymer
Material Band Silicone/Nylon Silicone/Nylon
Ukuran Band 20mm, 22mm (Quick Release) 20mm, 22mm (Quick Release)
Diameter Band 135mm – 205mm (nylon)
130mm – 220mm (silikon)
135mm – 205mm (nylon)
130mm – 220mm (silikon)
Tombol Digital Dial
Back Button
Digital Dial
Back Button
Touchscreen Ya Tidak
Konektivitas Bluetooth, WiFi Bluetooth, ANT+
Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM
Ketahanan Baterai Hingga 38 hari Hingga 30 hari
Navigasi Satelit GPS, GLONASS, GALILEO, Beidou, QZSS GPS, GLONASS, Beidou
Warna Black, White Black, White, Track Edition

Baca juga: 5 Keunggulan Smartwatch Coros yang Membuatnya Layak Pilih!

Fitur Coros Pace 3 vs Coros Pace 2

Tak hanya spesifikasinya secara umum saja, hal lain yang patut diperhartikan dari kedua jam tangan terbaik Coros ini adalah fitur dan keunggulan yang dimiliki masing-masingnya. Baik itu dari segi desain, baterai, sampai fitur unggulannya seperti dilansir dari laman Wareable, PlayBetter, Forbes, dan sumber lainnya.

1. Desain dan Layar

spesifikasi Coros Pace 2 (1)
sc: CNBC

Pertama yakni dari segi desain dan layarnya. Dalam hal ini Coros tidak membuat perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Dengan kata lain masih mempertahankan desain yang ringkas, kecil, dan ringan untuk berolahraga dan aktivitas lainnya.

Baik Coros Pace 2 maupun Coros Pace 3 sama-sama memiliki ukuran layar 1.2 inci dengan case berbahan polimer 42mm. Soal resolusinya, cukup unggul di 240×240 pixel. Keduanya pun menggunakan layar tipe LCD always-on. Hanya saja di Coros Pace 3 kini sudah didukung dengan touchscreen.

Kemudian, dari tombol fisiknya tidak mengalami perubahan berarti. Yakni terdapat tombol yang dapat diputar maupun datar pada bagian bawahnya. Untuk ketahanan airnya mampu hingga 5 ATM yang membuatnya nyaman digunakan untuk aktivitas perairan seperti berenang.

Baca juga: Spesifikasi Coros Pace 3: Harga dan Fitur Terbaru untuk Lari

2. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Spesifikasi Coros Pace 3 (3)
sc: Coros

Berikutnya adalah mengenai fitur pemantau kesehatan dan olahraga. Keduanya memiliki fitur dan mode olahraga standar seperti lari, bersepeda, olahraga indoor (gym), dan latihan kebugaran lainnya. Begitu pula pemantau kesehatan seperti pemantau tidur dari segi durasi dan tahapannya.

Bagi para petualang, Coros Pace 3 adalah pilihan tepat. Sebab, dibekali dengan fitur dan mode untuk mendaki hingga snowboarding. Termasuk navigasi yang akurat berkat fitur TOPO yang sebelumnya dipasangkan pada seri Coros Vertix 2 dan Coros Apex 2 Pro.

Lalu, untuk sensor Coros Pace 3 memiliki oksimeter, heart rate, dan chipset GNSS terbaru dengan frekuensi ganda. Sehingga ini mendukung tingkat akurasinya dibandingkan Pace 2. Pengguna juga dapat mengintegrasikannya dengan aplikasi Coros Evolab saat latihan dan mengetahui performa secara realtime.

3. Coros Pace 3 vs Coros Pace 2 – Baterai

Spesifikasi Coros Pace 3 (6)
sc: Gear Junkie

Hal lain yang cukup signifikan ketika membandingkan Coros Pace 3 vs Coros Pace 2 adalah baterainya. Sebenarnya, kedua jam tangan Coros ini menawarkan ketahanan yang cukup unggul. Untuk penggunaan normal, Coros Pace 2 mampu hingga 20 hari. Sedangkan untuk Coros Pace 3 ketahanannya mampu sampai dengan 24 hari.

Kemudian, jika Anda mengaktifkan dalam mode GPS, Pace 2 dapat bertahan sekitar 30 jam. Bandingkan dengan Pace 3 yang lebih unggul hingga 38 jam. Tentu ini memberikan pengalaman lebih baik saat Anda menjelajah di alam terbuka dan mengaktifkan fitur GPS untuk navigasi. Jika menggunakan mode dual frekuensi, maka Pace 3 memiliki ketahanan baterai sampai 15 jam dan ini tidak ada di Pace 2.

Namun, perlu diingat jika ketahanan baterai tersebut juga dipengaruhi oleh seberapa banyak pengguna mengaktifkan fitur-fitur yang ada. Semakin banyak fitur yang diaktifkan maka ini akan membuat jam tangan bekerja lebih dan berpengaruh terhadap ketahanan baterai. Untuk mengisi daya kedua baterai dari 0-100% perlu setidaknya sekitar 2 jam pengisian.

Baca juga: Spesifikasi Coros Pace 2: Smartwatch Super Ringan untuk Olahraga

4. Fitur Pendukung Lain

spesifikasi Coros Pace 2 (2)
sc: DC Rainmaker

Kurang lengkap rasanya jika membahas smartwatch tidak melihat fitur pendukung lainnya. Coros menggunakan sistem operasi miliknya sendiri dan ini kompatibel untuk Andorid maupun iOS. Jadi, ini memudahkan saat melakukan sinkronisasi smartwatch dengan smartphone dan mengintegrasikannya dengan aplikasi Coros Evolab maupun aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

Pada Coros Pace 3 kini dilengkapi dengan fitur musik, dimana di seri Coros Pace 2 tidak didukung fitur ini. Pengguna dapat mendengarkan musik saat berolahraga. Dukungan lainnya adalah penambahan kapasitas penyimpanan yang nampak cukup signifikan. Dimana Pace 2 hanya 64MB saja sedangkan Pace 3 kapasitasnya diupgrade hingga 4GB.

Fitur pendukung lainnya yang cukup mencolok adalah mengenai konektivitasnya. Dimana pada Coros Pace 2 terdapat dukungan untuk Bluetooth dan ANT+, sementara untuk Pace 3 walaupun tidak didukung ANT+ lebih unggul berkat adanya konektivitas WiFi yang tak ada pada seri Pace 2.

5. Harga yang Dipasarkan

Spesifikasi Coros Pace 3 (4)
sc: Believe in the Run

Terakhir adalah mengenai harga Coros Pace 3 vs Coros Pace 2. Untuk pasaran di Indonesia, baik dengan strap nilon maupun silikon, harga Coros Pace 2 sekitar Rp3.3 jutaan. Lalu, untuk Pace 3 melansir dari website resminya sekitar 229US$ atau sekitar Rp3.4 jutaan.

Harga ini memang selisih yang tidak begitu besar. Namun, sebagai catatan harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu untuk pasaran di Indonesia. Perubahan harga tersebut dikarenakan pula adanya kebijakan fiskal atas barang impor yang masuk ke tanah air.

Maka dari itu, ada baiknya Anda untuk mengecek harganya secara berkala agar mendapatkan harga terbaik sebelum membelinya. Termasuk harga yang dijual di distributor resmi Coros di Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Coros EvoLab? Ini Hal Penting yang Perlu Anda Tahu!

Coros Pace 3 vs Coros Pace 2: Mana yang Tepat untuk Anda?

Spesifikasi Coros Pace 3 (2)
sc: Tinthe

Menentukan mana yang terbaik untuk Anda memang harus sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Jika Anda menginginkan tracking lebih baik dalam berbagai hal seperti pemantau kesehatan dan olahraga, maka Pace 3 layak dipilih. Ini karena sejumlah pembaruan yang ditingkatkan. Termasuk ketahanan baterainya.

Meski begitu, bukan berarti meminggirkan Pace 2 yang sama-sama memiliki kualitas bagus dalam hal pelacakan detak jantung, GPS, dan lainnya. Namun, harganya lebih terjangkau. Jika Anda mementingkan berdasarkan pertimbangan budget, Pace 2 lebih layak untuk dipilih.

Baca juga: Panduan Menghubungkan Jam Coros dengan Coros App

Penutup

spesifikasi Coros Pace 2 (5)
sc – Tech Advisor

Apapun pilihan Anda selain sesuai dengan kebutuhan, pastikan beli di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang juga menjadi mitra resmi Coros Surabaya, Coros Jakarta, Coros Semarang, Coros Bandung, Coros Bali, Coros Manado, dan Coros Banjarmasin.

Semua produk yang dijual merupakan barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, dapatkan pula berbagai promo menarik untuk setiap pembelian produk di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan produk, hubungi admin kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

>