Coros Indonesia Sebagai salah satu brand smartwatch olahraga, Coros terus mengembangkan inovasi untuk membantu para atlet maupun pengguna dalam meningkatkan performa. Di antaranya dengan mengembangkan platform Coros EvoLab yang tersambung dengan smartwatch seperti seri Pace 2, APEX 2, hingga Vertix 2. Seperti apa itu Coros EvoLab dan fitur unggulannya yang dapat digunakan para atlet? Simak ulasannya di artikel kali ini.

Apa Itu Coros EvoLab?

Apa Itu EvoLab COROS
sc: Montre Cardio GPS

Coros EvoLab merupakan platform digital yang dikembangkan oleh Coros untuk membantu meningkatkan dan mengevaluasi performa bagi para atlet saat latihan. Pihak pabrikan mengembangkannya sejak tahun 2021 dan terus melakukan pembaruan. Mulai dari kondisi kebugaran tubuh, tingkat kelelahan, dan lainnya yang dapat dipersonalisasi dengan kebutuhan untuk mencapai target olahraga yang diinginkan.

EvoLab memiliki berbagai mode untuk beragam olahraga dan menawarkan feedback yang akurat saat latihan. Data latihan ini nantinya muncul di smartwatch dan aplikasi Coros. Terutama dalam memantau metrik aktivitas kebugaran selama harian, mingguan, hingga jangka panjang. Misalnya memantau tingkat kebugaran, kapan Anda harus memulihkan tubuh, intensitas, dan lain sebagainya.

Baca juga: Panduan Menghubungkan Jam Coros dengan Coros App

Fitur  dan Keunggulan Coros EvoLab untuk Olahraga

sc: DC Rainmaker

Platform ini memiliki beberapa fitur dan keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah menyediakan berbagai rekomendasi selama 7 hari latihan dengan berdasarkan aktivitas kebugaran yang dilakukan.

Dimana berkat adanya fitur tersebut mampu memberikan arahan kepada pengguna apakah overtraining, cukup, atau terlalu kurang untuk melakukan latihan. Beberapa indikator atau metrik yang dapat dipantau menggunakan Coros EvoLab ini di antaranya adalah:

  • General Training Status: untuk memantau kebugaran dengan olahraga atau aktivitas fisik yang rendah selama 4 minggu. Intensitas latihan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.
  • Base Fitness: digunakan untuk memantau beban latihan pengguna selama 6 minggu terakhir. Jika durasinya lebih lama dengan intensitas tinggi, maka Anda sering latihan. Ini akan mengalami penurunan secara bertahap untuk sementara waktu.
  • Fatigue: memberikan data apakah pengguna mengalami overtraining atau tidak dengan skala 1-100. Jika mencapai angka 100 maka pengguna overtraining dan jika menunjukkan angka 0 itu artinya tidak ada kendala.
  • Load Impact: mengukur beban olahraga yang diberikan tubuh dalam jangka pendek. Dengan begitu, dapat mengetahui tingkat kelelahan dan apakah beban olahraga yang dijalankan terlalu berlebihan sehingga dapat mencegah terjadinya kelelahan.
  • Recovery Timer & Suggestion: memberikan gambaran data tentang kapan Anda harus melakukan pemulihan dan apa yang harus dilakukan berdasarkan kebugaran dengan persentase. Jika menunjukkan 0%-29% Anda harus beristirahat. Jika menunjukkan angka 30%-89% Anda dapat melakukan latihan ringan. Apabila angka menunjukkan 90%-100% Anda bisa melakukan latihan berat.
  • Training Effect: Efek Latihan ditentukan oleh beban latihan per menit dan mengevaluasi bagaimana latihan Anda mempengaruhi sistem aerobik (dari aktivitas membangun kardio) dan sistem anaerobik (dari latihan interval intensitas tinggi).
  • Training Load: Beban latihan mengukur dampak yang ditimbulkan pada tubuh Anda dari latihan. Setiap latihan yang dilacak menggunakan perangkat COROS akan mendapatkan skor beban latihan berdasarkan training impulse (TRIMP), sebuah metode yang terkenal untuk mengukur beban latihan menggunakan detak jantung dan waktu latihan.
  • Road Running Metrics: data yang ditampilkan merupakan metrik mode lari yang dilakukan oleh pengguna. Baik itu untuk marathon maupun Trail Running, dan lainnya.
  • Race Predictor: EvoLab memberikan perkiraan waktu dan kecepatan lomba untuk jarak 5k, 10k, setengah maraton, dan maraton penuh berdasarkan latihan Anda selama 6 minggu terakhir melalui jam tangan COROS dan aplikasi COROS. Dengan prediktor lomba ini, Anda dapat merencanakan strategi lomba Anda sesuai dengan perkiraan tersebut.
  • Running Performance: mengukur performa lari pengguna apakah rendah, cukup, baik, hingga istimewa dengan rerata persentase angka dari 80% hingga 120%.
  • VO2 Max: VO2 Max adalah jumlah maksimum oksigen yang dikonsumsi tubuh selama latihan. VO2 Max yang lebih tinggi biasanya menunjukkan tingkat kebugaran yang lebih baik. COROS menghitung VO2 Max lari berdasarkan data latihan termasuk detak jantung dan kecepatan dari latihan lari outdoor terbaru pengguna.
  • Treshold Heart Rate Zones: rentang denyut jantung yang digunakan untuk mengukur intensitas latihan yang lebih tinggi dan lebih intens. Zona ini berada di atas ambang batas anaerobik, yang merupakan titik di mana tubuh mulai menghasilkan asam laktat lebih cepat daripada dapat dibuang.
  • Training Focus: mengukur peningkatan utama berdasarkan beban latihan dan intensitas pada akhir latihan lari Anda. Latihan akan diberi label dengan salah satu dari enam Fokus Latihan yang berbeda, termasuk Mudah, Dasar, Tempo, Ambang Batas, VO2 Max, dan Anaerobik.
  • Training: adalah serangkaian latihan yang telah dirancang secara terstruktur untuk membantu Anda mencapai tujuan kebugaran atau pencapaian tertentu. Setelah Anda memilih rencana latihan, EvoLab akan memberikan panduan harian yang terperinci tentang jenis latihan, jarak, intensitas, dan durasi yang direkomendasikan untuk setiap sesi latihan.

Baca juga: 5 Keunggulan Smartwatch Coros yang Membuatnya Layak Pilih!

Kompatibilitas Penggunaan

sc: DC Rainmaker

Coros EvoLab bisa digunakan untuk smartphone dengan berbagai sistem operasi. Baik itu untuk sistem operasi Android maupun iOS. Namun, perlu diingat jika Coros selalu memperbarui fitur dan layanan di EvoLab, maka dari itu penting bagi Anda untuk mengeceknya agar tidak ketinggalan update dan menikmati fitur-fitur terbaiknya. Adapun sistem yang bisa digunakan adalah:

  • Versi aplikasi untuk Android setidaknya memiliki versi v2.5.29
  • Versi aplikasi untuk iOS setidaknya memiliki versi v2.5.24
  • Untuk firmware pada jam tangan Coros adalah v2.53.0

EvoLab bisa Anda dapatkan secara gratis bagi pengguna smartwatch Coros. Anda hanya perlu masuk ke PlayStore maupun AppStore, kemudian download aplikasi Coros. Agar bekerja secara optimal, pastikan kapasitas memori smartphone Anda mencukupi.

Baca juga: Daftar Harga Jam Coros Terbaru 2023, Mulai 3 Jutaan!

Dapatkan Smartwatch Coros Terbaik Anda

spesifikasi Coros Pace 2 (1)
sc: CNBC

Bagaimana Sobat Doran, kini Anda sudah tahu bukan apa itu Coros EvoLab? Saatnya Anda menggunakannya untuk olahraga dan memantau kesehatan selama beraktivitas. Lengkapi pula koleksi smartwatch COROS hanya di online atau offline store Doran Gadget Surabaya, Jakarta, Bali, Semarang, Manado, dan Banjarmasin. 

Sebagai mitra resmi Coros Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa didapatkan di setiap pembelian. Baik pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi admin kami via WhatsApp dengan cara klik di sini.

Artikel terkait:

>