coros vertix 2s vs coros vertix 2

Doran GadgetCoros baru saja merilis produk terbaru mereka di seri Vertix yakni Coros Vertix 2S. Dimana seri ini dikenal pula sebagai generasi pembaharu dari sebelumnya atau Coros Vertix 2 yang rilis Mei 2023 lalu. Seperti apa perbandingan dan juga perbedaan antara Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2? Simak ulasannya yang dihimpun tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2

Melansir dari laman resmi Coros, berikut tabel perbandingan seri Vertix secara umum:

Spesifikasi Coros Vertix 2S Coros Vertix 2
Dimensi dan Ukuran 50.3 x 50.3x 16.0 mm (tanpa HR Sensor)
50.3 x 50.3x 17.6 mm (dengan HR Sensor)
50.3 x 50.3 x 15.7mm (tanpa HR Sensor)
Bobot Bodi jam tangan: 61 gram
Dengan strap Ssilikon: 87 gram
Dengan strap nylon: 70 gram
Bodi jam tangan: 62 gram
Dengan strap Ssilikon: 89 gram
Dengan strap nylon: 72 gram
Ukuran Layar 1.4 Inches 1.4 Inches
Tipe Layar Transflective Memory-in-Pixel Transflective Memory-in-Pixel
Material Layar Sapphire Glass Sapphire Glass
Material Bezel Titanium Alloy, High Strength Polymer Titanium Alloy, High Strength Polymer
Material Strap Silicone / Nylon Silicone / Nylon
Touchscreen Ya Ya
Ketahanan Air 10 ATM 10 ATM
Ketahanan Baterai 118 jam 127 jam
Navigasi All-systems GPS, GLONASS, GALILEO, Beidou, QZSS All-systems GPS, GLONASS, GALILEO, Beidou, QZSS
Warna Earth, Moon, Space Lava, Obsidian

Baca juga: 5 Keunggulan Smartwatch Coros yang Membuatnya Layak Pilih!

Perbedaan Fitur yang Dimiliki

Berikut sejumlah perbandingan dan perbedaan fitur yang dimiliki keduanya melansir dari laman Forbes dan sumber lainnya. Baik dari segi desain, fitur, sampai dengan harga yang dipasarkan untuk bahan pertimbangan Anda dalam menentukan mana yang tepat.

1. Desain Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2

Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2
sc: Android Central

Perbadaan dari segi desain tidak ada perbedaan terlalu mencolok. Keduanya masih menggunakan desain sama. Sedangkan untuk dimensinya sedikit berbeda. Hanya saja, untuk Coros Vertix 2S lebih besar beberapa milimeter saja.

Sementara untuk segi bobotnya, Coros Vertix 2S memang lebih ringan daripada Coros Vertix 2. Bagi sebagian orang, bobot jam tangan ini sangat penting untuk dipertimbangkan. Khususnya mereka yang menginginkan kenyamanan dan ringkas saat berolahraga lari.

Baca juga: Resmi Rilis, Ini Spesifikasi dan Harga Coros Vertix 2S

2. Sensor Heart Rate yang Dikembangkan

Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2 (1)
sc: DC Rainmaker

Berikutnya, perbedaan Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2 terlihat pada fitur pemantau detak jantung (heart rate monitoring). Dimana Coros Vertix 2S menggunakan sensor yang lebih baru. Yakni memiliki lima buah LED dan dan empat sensor lampu. Bandingkan dengan Coros Vertix 2 yang hanya memiliki tiga lampu LED dan satu lampu sensor saja.

Berkat jumlah sensor yang lebih banyak, maka akan berpengaruh pada tingkat akurasinya. Sebab, sensor tersebut akan bekerja lebih baik dalam mengoreksi sejumlah data yang masuk untuk diolah. Termasuk data dalam jumlah yang banyak.

3. Ketahanan Baterai

sc: Facebook/COROS

Bagaimana dengan ketahanan baterainya? Mengingat, untuk olahraga lari khususnya trail running, performa baterai memang jadi perhatian. Secara umum, keduanya sama-sama memiliki kapasitas baterai yang sama di angka 680mAh. Namun, untuk penggunaannya ketahanannya dapat dilihat di tabel berikut:

Spesifikasi Coros Vertix 2S Coros Vertix 2
Mode Standar GPS 118 jam 127 jam
Mode Semua Sistem Aktif 73 jam 89 jam
Mode Dual Frequency 43 jam 49 jam
Pemantau Stres dan Tidur Aktif 36 hari 39 hari
Pemantau Stres dan Tidur Tidak Aktif 46 hari 48 hari

Dengan catatan, ketahanan baterai yang lama untuk pemantau stres dan pemantau kualitas tidur di atas aktif dalam mode penggunaan sehari-hari (daily use). Ketahanan baterai ini juga tergantung pada mode yang diaktifkan. Semakin banyak mode dan fitur yang diaktifkan, maka akan membuat smartwatch bekerja lebih keras dan berdampak pada ketahanan baterainya.

4. Harga yang Dipasarkan

Coros Vertix 2S vs Coros Vertix 2 (2)
sc: DC Rainmaker

Terakhir, selain perbandingan dari aspek fitur, mengenai harga juga menjadi pertimbangan dalam membelinya. Harga Coros Vertix 2 yang dijual di distributor atau mitra resminya, dibanderol mulai dari Rp11.5 jutaan. Dimana harga tersebut sama, baik untuk seri Obsidian dan Lava.

Sementara itu, harga Coros Vertix 2S dijual sedikit lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya. Yakni di kisaran Rp13 jutaan. Akan tetapi, harga tersebut bisa saja berubah. Hal itu juga dipengaruhi oleh kebijakan fiskal atau pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air. Sehingga, harganya pun sedikit mengalami perubahan nantinya.

Baca juga: Spesifikasi Coros Vertix 2: Smartwatch Multisport Terbaik

Mana yang Cocok untuk Anda?

sc: Tech Radar

Setelah melihat beberapa poin perbedaan di atas, lalu manakah yang tepat untuk Anda? Jika melihat dari poin perbandingan di atas, sebenarnya tidak ada hal yang terlalu mencolok sebagai pembedanya. Jadi, mana yang tepat digunakan memang tergantung pada kebutuhannya.

Apabila Anda menginginkan seri yang memiliki bobot lebih ringan, dan sensor heart rate yang diperbarui, maka Coros Vertix 2S adalah pilihan tepat. Begitu juga dengan pembaruan antena pada dual-frekuensi yang dimiliki. Ini akan membuat navigasi dan positioning lebih akurat

Namun, jika pertimbangannya adalah dari segi harga, maka tida ada salahnya memilih Coros Vertix 2 yang juga sama-sama memiliki fitur unggulan yang worth it. Termasuk ketahanan baterainya yang lebih unggul dan tahan lama.

Baca juga: Apa Itu Coros EvoLab? Ini Hal Penting yang Perlu Anda Tahu!

Beli Smartwatch Coros Terbaik di Doran Gadget

Coros Indonesia

Setidaknya itulah perbandingan sekaligus perbedaan antara Coros Vertix 2s vs Coros Vertix 2. Apapun pilihan Anda, selain memilih sesuai kebutuhan pastikan membelinya di tempat tepercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjadi mitra resmi penjualan produk Coros di Indonesia.

Dapatkan promo dan penawaran menarik untuk pembelian seara online di website maupun aplikasi Doran Gadget. Bagi Anda yang suka lari, ikuti juga Doran Fun Run di WhatsApp untuk mendapatkan informasi up to date seputar event lari hingga perangkat lari terbaru, cukup dengan cara klik link ini.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>