Doran GadgetWalaupun terbilang pendatang baru di jajaran smartwatch, Coros sudah mendapatkan tempat di kalangan pengguna jam tangan pintar. Baik untuk atlet maupun profesional. Salah satunya adalah Coros Vertix 2 yang disebut-sebut memiliki banyak fitur olahraga unggulan.

Selain untuk olahraga, smartwatch ini pun dirasa tangguh untuk menemani aktivitas outdoor. Seperti apa spesifikasi Coros Vertix 2 dan fitur-fitur unggulan yang dimilikinya? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget dalam artikel kali ini.

Spesifikasi Coros Vertix 2

sc: Facebook Coros

Spesifikasi Coros Vertix 2 penting untuk Anda ketahui. Terutama jika pengguna menginginkan jam tangan ini untuk kebutuhan dalam berolahraga maupun aktivitas sehari-hari. Di sini, beberapa hal dari spesifikasi secara umumnya adalah sebagai berikut:

Bobot dan Dimensi50.3×50.3×15.7mm,
89 gram (silikon band)
72 gram (nylon band)
Tipe dan Ukuran LayarTouch Screen Always-On Memory LCD, 1.4 Inch
Resolusi Layar280 x 280 pixel
Material Titanium Alloy With PVD Coating
Pelindung LayarSapphire Glass
KonektivitasBluetooth 5.0, WiFi, COROS App
Ketahanan Air10 ATM
Ketahanan Baterai60 Hari
NavigasiTopo, Landscape
Aplikasi Pihak KetigaKomoot, TrainingPeaks, Strava, Relive, adidas Running, Apple Health, Stryd, Final Surge, Runalyze, Running Quotient, Decathlon
BahasaEnglish, Simplified Chinese, Traditional Chinese, German, Spanish, French, Polish, Thai, Japanese, Korean, Portuguese, Italian, Russian
SatelitGPS, GLONASS, Galileo, Beidou, QZSS
Tipe dan WarnaObsidian, Lava

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch untuk Berbagai Jenis Olahraga

Keunggulan Coros Vertix 2

Coros Vertix 2 jadi alternaif pilihan smartwatch terbaik dengan sejumlah fitur multisport dan pendukung lainnya untuk berbagai aktivitas. Mulai untuk olahraga, pemantau kesehatan, hingga aktivitas outdoor atau lapangan yang memerlukan tingkat akurasi data. Melansir dari laman The Verge, DC Rainmaker, dan Wareable, berikut beberapa keunggulan Coros Vertix 2 yang perlu Anda ketahui.

1. Desain yang Dimiliki

sc: Android Authority

Pertama adalah dari segi desain yang dirancang kokoh dengan dimensi 50.3×50.3×15.77 mm. Sedangkan untuk bobot jam tangan tergantung pada band yang digunakan. Jika Anda memilih band dengan silikon bobotnya adalah 89 gram. Sedangkan untuk seri menggunakan band bahan nylon bobotnya lebih rendah yakni sekitar 72 gram.

Jam tangan Coros Vertix ini juga memiliki fitur tahan air hingga kedalaman 100 meter dan tahan terhadap suhu ekstrem dari -40°C hingga 60° Celcius. Untuk pengoperasiannya sudah dibekali dengan fitur touchscreen yang memudahkan pengguna dalam melakukan penyesuaian.

Walaupun menggunakan fitur touchscreen atau digital, jam tangan ini juga dibekali dengan dua buah tombol di bagian samping. Adapun kedua tombol ini adalah Back Button dan Dedicated Backlight Button. Tampilan antarmuka (interface) Coros Vertix 2 sangat ramah pengguna.

Baca juga: 7 Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

2. Keunggulan Layar

sc: iRun Far

Selanjutnya adalah sektor layar Coros Vertix 2. Ukuran layarnya yakni sekitar 1,4 inci dengan resolusi 280 x 280 piksel dan layar warna yang cerah dan tajam. Layar tersebut juga dilengkapi dengan kaca safir anti gores yang tahan terhadap benturan dan goresan, sehingga membuat jam tangan ini tangguh di berbagai kondisi. Begitu juga dengan ketahanannya saat terkena air maupun debu saat berolahraga.

Dengan tipe layar LCD diklaim membuatnya lebih daya pakai baterai lebih lama karena mampu menghemat energi yang ada. Di samping itu, walaupun memiliki tingkat kecerahan dan ketajaman yang tinggi namun masih nyaman digunakan untuk aktivitas outdoor. Termasuk saat berada di bawah terik matahari sekalipun.

3. Fitur Coros Vertix 2 – Pemantau Kesehatan

sc: Trusted Reviews

Fitur unggulan Coros Vertix 2 lainnya yang penting bagi pengguna adalah pemantau kesehatan. Beberapa di antaranya adalah pemantau kualitas tidur, pemantau tingkat stres, hingga pemantau detak jantung (heart rate).

Berkat sensor ECG pemantauannya menjadi lebih akurat termasuk dalam membaca Heart Rate Variability (HRV). Hanya saja, di jam ini tidak dibekali pemantau hidrasi maupun pemantau menstruasi. Begitu juga dengan fitur pemantau kualitas tidur yang begitu akurat.

Keunggulan lainnya dari pemantau kesehatan ini dilengkapi dengan fitur skor. Jadi, pengguna bisa lebih mudah dalam melihat sejauh mana kualitas kesehatan mereka dari skor yang muncul tersebut. Khususnya untuk fitur pemantau kualitas tidur, tingkat stres, hingga pemantau detak jantung.

Baca juga: Review Coros Apex 2: Smartwatch Outdoor Lengkap, Harga Bersahabat

4. Pemantau Olahraga

sc: Coros

Tidak salah jika banyak media menyebut Coros Vertix 2 adalah salah satu smartwatch multisport terbaik. Beberapa di antaranya untuk mode lari, sepeda, sepeda indoor, renang (indoor dan perairan terbuka), sepeda gunung, hiking, climbing, dan ski. Begitu juga dengan olahraga kebugaran seperti kardio hingga triathlon. Dimana mode tersebut juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi pihak ketiga.

Pada mode lari dilengkapi dengan upgrade fitur EvoLab yang membuat pelacakan lari menjadi lebih baik. Khususnya untuk lari jarak jauh seperti marathon. Di sini, Anda dapat melihat kapan waktu untuk beristirahat maupun meneruskan lari sesuai dengan kondisi tubuh.

Sementara itu, untuk mode olahraga renang ada sejumlah fitur yang komprehensif. Seperti jarak renang, hingga SWOLF Swim Score. Ini juga yang membuat akurasi data walaupun di dalam air sangat akurat hingga 25 meter. Jika Anda menggunakannya untuk olahraga panjat tebing, jam ini dapat digunakan dengan carabiner yang dapat mengunci jam tangan dengan baik.

5. Spesifikasi Coros Vertix 2 – Baterai

sc: Hodinky365

Berbicara mengenai ketangguhan smartwatch multisport dan outodoor, juga perlu dilihat mengenai ketahanan baterai yang dimilikinya. Coros Vertix 2 diklaim memiliki ketahanan baterai hingga 140 jam untuk penggunaan normal dan menggunakan mode GPS.

Jika pengguna memasang mode smartwatch untuk aktivitas harian, maka ketahanan baterainya bisa lebih lama lagi bahkan hingga 60 hari. Pengguna dapat menyesuaikan mode baterai jam tangan ini sesuai kebutuhan yakni:

  • Terhubung dengan GPS dan QSZZ dengan musik offline:30 jam (dengan musik offline)
  • Terhubung dengan sistem navigasi lima satelit di waktu yang sama: 90 jam
  • Terhubung dengan sistem navigasi di waktu yang sama dengan musik offline: 25 jam (dengan musik)

Sebagai catatan, ketahanan penggunaan baterai ini tergantung dari berbagai mode yang diaktifkan. Jika Anda mengaktifkan banyak mode, maka itu akan berpengaruh pula pada ketahanan baterai.  Smartwatch memerlukan waktu kurang dari 2 jam untuk melakukan pengisian daya hingga penuh dan penggunaan yang optimal.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch Pria Terbaik 2023

6. Fitur Lainnya

sc: Coros

Selain pemantau kesehatan dan fitur olahraga yang lengkap, smartwatch ini juga memiliki sejumlah fitur pendukung unggulan lainnya. Misalnya saja dari fitur konektivitasnya sudah menggunakan Bluetooth 5.0 Dual Mode dan WiFi. Kemudian memiliki kapasitas penyimpanan hingga 32GB untuk musik dengan format MP3.

Adapun navigasinya seperti GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan Beidou, notifikasi pintar, fitur pelacak tidur, dan alarm. Jam tangan ini juga dapat digunakan sebagai pengontrol musik pada smartphone Anda, serta dilengkapi dengan kompas dan jam dunia. Di samping itu juga terdapat fitur peta dan TOPO yang dapat digunakan secara offline.

Kerennya lagi, jika Anda memiliki action camera Insta360 baik itu seri One X2 dan One R, smartwatch ini dapat digunakan untuk setting kamera tersebut. Itu artinya, pengguna dapat meletakkan kamera di lengan saat olahraga atau aktivitas lainnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Harga Coros Vertix 2

sc: Tom’s Guide

Terakhir adalah dari segi harga jam tangan ini. Untuk masalah harga mungkin sedikit berbeda di setiap negara. Dimana hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan fiskal dan kebijakan atas barang impor yang masuk di negara tersebut.

Adapun di lansir dari laman distributor resmi Coros di Indonesia, harga Coros Vertix 2 berada di kisaran Rp11.5 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk garansi yang diberikan oleh pabrikan selama 2 tahun untuk pengguna. Dimana harga dan garansi tersebut berlaku pada semua tipe ini baik tipe Obsidian maupun tipe Lava.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smartwatch Anti Air untuk Renang dan Olahraga Air

Penutup

sc: Coros

Setidaknya itulah ulasan mengenai spesifikasi Coros Vertix 2. Dari apa yang ada di atas dapat disimpulkan jika smartwatch ini mendukung untuk aktivitas banyak mode olahraga atau multisport. Mulai dari olahraga untuk kebugaran (gym) hingga olahraga outdoor seperti lari dan bersepeda. Termasuk juga olahraga air seperti renang dengan ketahanan air tinggi hingga 100 meter.

Tak hanya itu saja, ketahanan baterainya pun bisa diandalkan di berbagai kondisi. Hal ini menjadikannya sebagai smartwatch terbaik untuk aktivitas outdoor Anda, seperti digunakan untuk mendaki. Lalu, ada fitur peta dan navigasi yang akurat untuk memandu dalam perjalanan serta pemantau kesehatan dalam melihat kondisi tubuh secara realtime.

Kini, Anda bisa mendapatkan smartwatch Coros Vertix 2 di Doran Gadget. Sebagai distributor resmi Coros di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada pula berbagai promo dan diskon menarik untuk setiap pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk hubungi admin kami di nomor 087834601568 via WhatsApp.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

× WhatsApp