Doran GadgetBrand smartwatch Coros meluncurkan jam tangan outdoor terbaru Coros Apex 2 dan Apex 2 Pro pada akhir tahun 2022 lalu. Walaupun terbilang pendatang baru, brand asal Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 2016 ini pun patut diperhitungkan.

Terlebih lagi dengan berbagai fitur unggulan yang disematkan dan harga yang bisa dibilang cukup bersahabat untuk smartwatch kelas atas. Lalu, seperti apa spesifikasi dan fitur yang dimilikinya? Simak review Coros Apex 2 dan Apex 2 Pro yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget di artikel kali ini.

Spesifikasi Coros Apex 2

Review Coros Apex 2
sc: TSM Active

Coros Apex 2 dan Apex 2 Pro hadir dengan berbagai spesifikasi unggulan. Khususnya untuk jam tangan outdoor maupun penggunaan sehari-hari. Baik dari segi dimensi hingga fitur-fitur unggulan yang dimilikinya. Dalam website resminya, Coros menuliskan spesifikasi Apex 2 reguler maupun Apex 2 Pro adalah sebagai berikut:

Spesifikasi Coros Apex 2 Coros Apex 2 Pro
Dimensi 43.0 x 42.8 x 12.8mm 46.1 x 46.5 x 14mm
Bobot 53gram (silicone band)
42gram (nylon band)
66gram (silicone band)
53gram (nylon band
Tipe Layar Touch Screen Always-On Memory LCD Touch Screen Always-On Memory LCD
Ukuran dan Resolusi Layar 1.2 Inch (240 x 240 pixel) 1.3 Inch (260 x 260 pixel)
Material Bezel Grade 5 Titanium Alloy With PVD Coating Grade 5 Titanium Alloy With PVD Coating
Material Strap Silicone/Nylon Silicone/Nylon
Pelindung Layar Sapphire Glass Sapphire Glass
Ukuran Strap 20mm Quick Release 22mm Quick Release
Tombol Digital Dial, Back Button, Dedicated Backlight Button Digital Dial, Back Button, Dedicated Backlight Button
Konektivitas Bluetooth Bluetooth
Ketahanan Air 5 ATM 5 ATM
Ketahanan Baterai 17 Hari 30 Hari
Navigasi GPS, GLONASS, Galileo, Beidou, QZSS GPS, GLONASS, Galileo, Beidou, QZSS
Warna Coral, Grey, Black Grey, Black, Green

Baca juga: 5 Kegiatan Outdoor Favorit yang Menyehatkan

Review Coros Apex 2 dari Segi Fitur

Setelah mengetahui spesifikasi Coros Apex 2 baik dari segi reguler maupun pro secara umum, penting pula diketahui mengenai fitur-fitur unggulan yang dimiliki oleh smartwatch ini. Melansir dari berbagai sumber seperti The Verge, Techno.id, dan lainnya, berikut di antaranya:

1. Desain Smartwatch

Review Coros Apex 2
sc: Sport Passion

Review yang pertama adalah dari segi desain. Untuk seri reguler dan seri Apex 2 Pro memiliki desain yang tidak jauh berbeda. Seperti konsepnya, jam tangan ini dirancang untuk penggunaan outdoor yang tangguh di segala medan. Meski begitu, Coros Apex 2 juga stylish untuk penggunaan sehari-hari seperti aktivitas kantor indoor.

Material jam tangan, khususnya di bagian frame dan bezel menggunakan bahan dari titanium alloy grade 5. Hal itu akan membuatnya tangguh dan dapat bertahan di kedalaman 50 meter. Pada bagian sampingnya, ada sebuah tombol yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan pengaturan.

Jika dibandingkan dengan seri reguler, Coros Apex 2 Pro memiliki desain yang sedikit lebih besar. Begitu juga dengan bobotnya sekitar 66 gram, sementara Coros Apex 2 hanya sekitar 53 gram. Untuk ukuran strap atau tali jam tangannya memiliki ukuran 20mm hingga 22mm dan mengadopsi sistem quick release yang memudahkan pengguna saat memasangnya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Jam Tangan Outdoor Terbaik, Baterai Tangguh!

2. Layar yang Digunakan

Review Coros Apex 2
sc: Running Magazine

Selanjutnya dari segi layar smartwatch yang digunakan pada Coros Apex 2 reguler dan Pro. Keduanya sama-sama menggunakan material Sapphire Glass untuk perlindungan terhadap goresan hingga 2x lipat dan tipe layar LCD. Berkat tipe layar LCD ini membuatnya lebih hemat energi baterai.

Ukuran layarnya juga berbeda, dimana untuk reguler 1.2 inci dan seri Pro sedikit lebih besar dengan ukuran 1.3 inci. Meski begitu, kedua jam tangan menggunakan jenis layar always-on dan sudah kompatibel untuk penggunaan touchscreen. Tentu, ini menjadi opsi yang menarik bagi pengguna yang ingin berpindah mode dengan cepat.

Adapun resolusi untuk seri reguler adalah 240×240 pixel, sedangkan untuk seri Coros Apex 2 Pro memiliki resolusi layar 260×260 pixel. Pengguna juga dapat membaca notifikasi di jam tangan dengan jelas, sekalipun berada di luar ruangan dan terkena paparan cahaya matahari secara langsung.

3. Review Coros Apex 2 – Baterai

Review Coros Apex 2
sc: Trusted Reviews

Sektor baterai memang penting diperhatikan saat memilih smartwatch outdoor terbaik. Review Coros Apex 2 dari segi ketahanan baterai memang cukup unggul. Terlebih lagi untuk seri Pro yang dirancang memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Untuk penggunaan sehar-hari, Coros Apex 2 mampu hingga 17 hari, sedangkan pada seri Pro mampu hingga 30 hari.

Sementara itu, jika Anda mengaktifkan fitur-fitur unggulan seperti GPS, maka ketahanan baterai pada Seri Coros Apex 2 reguler adalah sebagai berikut:

  • Terhubung dengan GPS dan QZSS: 45 jam
  • Terhubung dengan GPS dan QSZZ dengan musik offline: 8 jam (dengan musik)
  • Terhubung dengan sistem navigasi di waktu yang sama: 30 jam
  • Terhubung dengan sistem navigasi di waktu yang sama dengan musik offline: 8 jam (dengan musik)

Lalu, untuk Coros Apex 2 Pro jika mengaktifkan beberapa fitur unggulan seperti di atas, maka ketahanan baterainya adalah:

  • Terhubung dengan GPS dan QZSS: 75 jam
  • Terhubung dengan GPS dan QSZZ dengan musik offline: 17 jam (dengan musik)
  • Terhubung dengan sistem navigasi di waktu yang sama: 45 jam
  • Terhubung dengan sistem navigasi di waktu yang sama dengan musik offline: 14 jam (dengan musik)

Kedua jam tangan ini memerlukan waktu kurang dari 2 jam untuk melakukan pengisian daya hingga penuh dan penggunaan yang optimal.

Baca juga: 5 Jenis GPS yang Ada di Smartwatch Beserta Fungsinya

4. Fitur Smartwatch

Review Coros APex 2
sc: Coros

Berikutnya adalah dari segi fitur smartwatch yang dimiliki. Seri Coros Apex 2 reguler maupun Pro memiliki kemampuan untuk mendeteksi jantung secara akurat. Hal itu berkat adanya fitur optical heart rate sensor yang telah ditingkatkan. Sensor ini juga dilengkapi pelindung khusus dan halus agar menempel di kulit dan meningkatkan akurasi sensor.

Anda juga bisa mengaktifkan beberapa mode olahraga dan melakukan pemantauan melalui Coros Training Hub maupun Coaching and Training System.  Ini sangat cocok untuk olahraga seperti lari maupun virtual runing. Terlebih lagi kompatibel dengan aplikasi ketiga.

Di samping itu, sebagai jam tangan outdoor Coros Apex 2 dilengkapi chipset Dual-Frequency GPS yang membuat navigasi lebih akurat. Contohnya koneksi peta digital dengan lima satelit utama di dunia secara bersamaan. Ada pula peta global secara offline yang meliputi topografi, lanskap, dan lainnya. Dengan Route Planner melalui aplikasi Coros, pengguna bisa menyusun rute sesuai dengan preferensi dan merekomendasikan jalur tercepat.

5. Harga Coros Apex 2

Review Coros Apex 2
sc: The Verge

Terakhir adalah dari segi harga jam tangan ini. Di Indonesia, sudah tersedia dalam dua varian baik reguler maupun Pro. Harga keduanya pun memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Hal itu dikarenakan seri Pro memiliki fitur lebih lengkap dan keunggulan dari seri reguler.

Adapun harga yang ditawarkan di tanah air adalah Rp7.5 jutaan untuk seri reguler. Sedangkan untuk seri Pro dibanderol sekitar Rp9 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk garansi yang diberikan oleh pabrikan selama 2 tahun untuk pengguna. Terutama untuk pembelian di gerai maupun mitra resmi Coros.

Baca juga: 7 Perlengkapan Naik Gunung yang Harus Anda Perhatikan

Dapatkan Coros Apex 2 di Doran Gadget

Review Coros Apex 2
sc: Coros

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa smartwatch Coros Apex 2 dan Apex 2 Pro menjadi salah satu jam tangan outdoor yang patut diperhitungkan. Hal ini karena ketangguhan daya baterai yang dimilikinya serta fitur-fitur unggulan untuk aktivitas luar ruangan lainnya. Seperti GPS dan fitur navigasi lainnya, serta akurasi data yang baik.

Kini, Anda bisa mendapatkan jam tangan COROS ini di Doran Gadget. Sebagai salah satu authorized dealer Coros di Indonesia, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan juga berbagai kemudahan dan promo berbelanja di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget dari smartphone Anda.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

× WhatsApp