Doran GadgetGlobal Positioning System atau GPS jadi salah satu fitur yang ada di smartwatch saat ini. Dimana fitur tersebut sering menjadi pertimbangan bagi para pengguna. Terutama untuk aktivitas outdoor baik olahraga dan adventure sebagai penunjuk arah.

Namun, tahukah Anda kalau jenis GPS di smartwatch ini bermacam-macam? Setidaknya, ada lima jenis yang biasa disematkan pada smartwatch. Apa sajakah? Tim Doran Gadget telah merangkumnya untuk Anda pada artikel kali ini.

Jenis GPS di Smartwatch

Berikut beberapa jenis GPS di smartwatch yang sering digunakan untuk sistem navigasi. Tipe atau jenis GPS ini memang berbeda-beda tergantung pada penggunaan di wilayah tertentu. Namun, secara garis besar fungsinya sebenarnya tidak jauh berbeda antara satu dengan lainnya.

1. GLONASS

Jenis GPS di smartwatch pertama ada GLONASS. Sistem navigasi ini dikembangkan Rusia dengan menggunakan basis satelit yang ada di luar angkasa. GLONASS diklaim memiliki kemampuan dalam hal pembacaan posisi secara akurat.

Hal itu karena jumlah satelit yang dimiliki cukup banyak di angkasa. Tentu, sebenarnya tidak mengherankan sebab seperti kita tahu Rusia memang memiliki konsentrasi dan fokus dalam bidang teknologi luar angkasa yang canggih.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

2. Jenis GPS di Smartwatch – A-GPS

Kedua yakni Assisted-Global Positioning System atau A-GPS yang bisa dibilang sistem navigasi dan penunjuk arah ini sebagai ‘pesaing’ dari GLONASS. Sebab sistem A-GPS dikembangkan oleh Amerika Serikat. A-GPS memiliki metode dengan berdasarkan waktu.

Dengan begitu, tingkat akurasinya cukup tinggi untuk menentukan posisi. Kemudian, sistem didukung server informasi dari jaringan operator lewat menara BTS. Dari situlah data dan informasi di proses dan diterima oleh GPS saat membaca lokasi.

3. BeiDou avigation Satellite System (BDS)

Jenis GPS di smartwatch yang ketiga ialah BDS. Seperti yang banyak diketahui, BeiDou merupakan sistem yang diluncurkan oleh Cina. Sebenarnya, BDS ini sudah digunakan sejak 20 tahun lalu, atau di awal era 2000-an. Seiring berjalannya waktu, sistem BDS terus dikembangkan.

Pada tahun 2015, BDS memiliki generasi kedua yang dikenal luas dengan sebutan COMPASS, walaupun memiliki nama lain BeiDou-2. Cara kerja untuk navigasinya dapat digunakan secara global dan memiliki 35 satelit. Sampai saat ini COMPASS pun banyak disematkan pada smartwatch brand besar dunia.

Baca juga: 20 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Sejauh Ini

4. Jenis GPS di Smartwatch – GALILEO

Seolah tak mau kalah dengan lainnya, Uni Eropa juga meluncurkan sistem navigasi dan GPS sendiri. Dimana sistem navigasi tersebut diberi nama GALILEO. Keunggulannya selain mampu menunjukkan arah dengan akurat, juga dapat melihat ketinggian di sebuah wilayah tertentu cukup akurat.

Dibuatnya sistem navigasi GPS GALILEO juga bukan tanpa alasan. Sebab, bisa saja di kondisi tertentu dan darurat GPS yang dikeluarkan Amerika Serikat (A-GPS) dan GLONASS (Rusia) dimatikan, maka GALILEO menjadi alternatif yang dapat digunakan masyarakat.

5. Quansi-Zenith Satelite System

Terakhir adalah Quansi-Zenith Satelite System atau QZSS. Sistem GPS ini dibangun oleh Jepang. Fungsinya adalah untuk sistem transfer waktu di tingkat regional pada tiga satelit GPS. Cakupan wilayah layanan dari Quansi-Zenith Satelite System meliputi kawasan di Asia dan Oceania. Walaupun jarang dipasang pada smartwatch, namun sistem ini sebenarnya cukup akurat. Terutama ketika digunakan di kawasan yang jadi cakupannya.

Baca juga: Ini Tips Memilih Handheld GPS Sesuai Kebutuhan

Penutup

Itu dia Sobat Doran jenis GPS di smartwatch yang perlu Anda ketahui. Selain di atas, ada pula GNSS yang merupakan sistem navigasi gabungan dari A-GPS, GLONASS, COMPASS, dan GALILEO. Jenis GPS tersebut salah satunya ada di hampir semua seri jam tangan Garmin. Terutama untuk aktivitas outdoor seperti lari, bersepeda, hingga aktivitas adventure mulai dari hiking dan sebagainya.

Anda bisa mendapatkan jam tangan terbaik dari Garmin ini di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Raih pula kesempatan mendapatkan harga terbaik di program dan promo tertentu. Khususnya pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Informasi lebih lanjut mengenai promo dan program maupun produk, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo apa saja yang berlaku.

Artikel terkait:

×