Doran GadgetKehadiran smartwatch di era digital tidak hanya sebagai penunjuk waktu saja. Lebih dari itu jam tangan pintar ini memiliki segudang fitur canggih terutama untuk kesehatan dan olahraga. Penjualannya pun semakin meningkat pada saat pandemi Covid-19. Lantas, apa saja merk smartwatch terbaik dan banyak diminati saat ini? Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui.

Merk Smartwatch Terbaik

harga apple watch series 7 (4)

Sebenarnya, jika kita berbicara mengenai smartwatch terbaik memang relatif. Hal itu bisa dilihat dari fitur yang dimilikinya. Selain itu dapat pula dilihat dari pangsa pasarnya. Sebagai gambaran, pengiriman smartwatch dan pangsa pasar yang meningkat mengindikasikan brand tersebut diminati masyarakat dan disebut-sebut sebagai smartwatch terbaik.

Melihat dari riset yang dilakukan oleh Counterpoint, setidaknya ada beberapa brand besar smartwatch yang mendominasi penjualan di dunia. Berikut di antaranya yang perlu Anda ketahui:

  1. Apple masih menjadi smartwatch terbaik. Hal itu karena fiturnya yang lengkap dan akurat. Peningkatan penjualan juga tidak lepas dari seri terbaru yang dikeluarkan. Misalnya saja seri Apple Watch 7 yang sukses menarik perhatian.
  2. Di nomor yang kedua adalah Garmin. Smartwatch ini memiliki pangsa pasar premium. Terutama bagi para atlet dan pehobi olahraga lari, sepeda, dan lainnya. Selain lengkap, akurasi jam tangan Garmin pun cukup tinggi. Beberapa seri yang laris manis di antaranya adalah Garmin Forerunner, Garmin Fenix 7, Garmin Venu 2, dan lainnya.
  3. Samsung pun masih mendominasi di jajaran merk smartwatch terbaik. Beberapa alasan mengapa jam tangan ini banyak dipilih karena mudah dioperasikan. Selain itu, tampilannya juga stylish untuk aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi seri terbaru dikeluarkan dalam beberapa waktu belakangan seperti Samsung Galaxy Watch 5.
  4. Amazfit pun seolah tak mau ketinggalan. Seri unggulan seperti GTR dan GTS sukses masuk di pasaran smartwatch terlaris hingga tahun 2022 ini. Sejak melakukan ekspansi ke luar Cina dan Asia, Amazfit pun sukses merebut hati konsumen smartwatch di kawasan Eropa.
  5. Lalu, ada Xiaomi yang mencoba masuk di jajaran smartwatch. Meskipun pendatang baru, penjualannya pun meningkat tajam hingga 69% di kuartal pertama 2022 dan itu berhasil memecahkan rekor. Smartwatch ini dikenal terjangkau namun fiturnya tak kalah unggul.

Selain lima teratas, ada beberapa merk smartwatch terbaik lainnya yang memiliki segmentasi pasar sendiri. Sebut saja seperti Suunto maupun Huawei. Kemudian, ada Fitbit yang sejak merger dengan Google juga semakin diminati oleh konsumen.

Baca juga: Garmin vs Apple: Mana Smartwatch yang Tepat untuk Anda?

India Dominasi Penjualan Smartwatch

Berbicara mengenai penjualan smartwatch dengan jumlah terbanyak memang menarik. Terlebih lagi, India muncul sebagai pasar terbesar untuk jam tangan pintar di dunia. Hal itu bisa dilihat dari riset Counterpoint yang menyebutkan pangsa pasar ini tumbuh 171% YoY. Terutama pada kuartal ketiga tahun 2022. Peningkatan ini dikarenakan adanya musim perayaan di India.

Selanjutnya didominasi oleh kawasan Amerika Utara dengan tingkat pertumbuhan 21% YoY. Sebelumnya, pada kuartal keempat tahun 2020 dan kuartal kedua tahun 2022, kawasan ini jadi pasar terbesar. Namun, masuk kuartal ketiga 2022, India pun menyalip penjualan di kawasan Amerika Utara. Sementara itu, penjualan di Cina mengalami penurunan hingga 28% YoY yang disebabkan lonjakan Covid-19.

Baca juga: 20+ Rekomendasi Smartwatch Terbaik Sejauh Ini

Jenis Smartwatch yang Perlu Diketahui

Di pasaran, smartwatch terbagi menjadi dua jenis yakni HLOS Smartwatch dan Basic Smartwatch. Perbedaan tersebut didasarkan pada  kemampuan smartwatch, fitur, hingga sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. Berikut perbedaannya:

  • HLOS Smartwatch merupakan jam tangan pintar yang memiliki high-level Khususnya pada fitur olahraga dan kesehatan. Termasuk kemampuannya untuk pemasangan aplikasi pihak ketiga di smartwatch tersebut. Misalnya jam tangan Samsung yang menggunakan Wear OS atau Apple yang menggunakan Watch OS.
  • Basic Smartwatch adalah jam tangan pintar pada versi lite dari segi sistem operasi. Dimana smartwatch tersebut tidak bisa mnginstall aplikasi dari pihak ketiga.

Baca juga: 25 Rekomendasi Smartwatch Kesehatan Terbaik untuk Aktivitas Anda

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai merk smartwatch terbaik di dunia yang banyak diminati para konsumennya. Apapun pilihan Anda, pastikan memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, belilah di tempat terpercaya seperti Doran Gadget yang menjual smartwatch dari berbagai brand terkemuka di dunia. Mulai dari Garmin, Samsung, Apple, dan Xiaomi.

Dapatkan harga menarik di setiap pembelian pada promo dan program tertentu. Baik pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

× WhatsApp