smartwatch terbaik - FI

Doran GadgetSmartwatch menjadi kebutuhan utama bagi sebagian masyarakat saat ini. Sebab, tidak hanya untuk melihat waktu saja, jam tangan pintar pun kini bisa digunakan untuk memantau kesehatan, olahraga, hingga melakukan aktivitas pembayaran. Apa saja rekomendasi smartwatch terbaik 2024? Simak ulasannya yang sudah dirangkum tim Doran Gadget dari berbagai brand ternama.

Rekomendasi Smartwatch Terbaik – Brand Garmin

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (8)
sc: Manila Bulletin

Berbicara mengenai smartwatch terbaik sejauh ini, Garmin menempati urutan terdepan. Terutama bagi para pecinta olahraga maupun adventure. Termasuk juga bagi Anda yang peduli dengan kesehatan. Sebab, Garmin memiliki sejumlah fitur unggulan dan canggih di kelasnya. Berikut beberapa seri yang dapat Anda pilih:

1. Garmin Forerunner Series

Rekomendasi pertama yang cukup banyak dipilih adalah seri Forerunner. am tangan ini sangat direkomendasikan bagi pecinta olahraga lari maupun atlet profesional. Desain jam tangan ini cukup nyaman dan elegan. Sehingga nyaman digunakan dalam beraktivitas. Termasuk dengan pemantau kesehatan yang lengkap. Seri Forerunner yang cocok untuk Anda antara lain:

  • Garmin Forerunner 255: mulai Rp5 jutaan
  • Garmin Forerunner 265: Rp7.9 jutaan
  • Garmin Forerunner 55: Rp3 jutaan
  • Garmin Forerunner 955: Rp6 jutaan
  • Garmin Forerunner 965: Rp10 jutaan

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

2. Garmin Fenix 7

 

Berikutnya ada smartwatch terbaik dengan fitur unggul yakni Garmin Fenix 7. Jam tangan ini merupakan seri premium. Desainnya sangat ringkas dengan bobot hanya 83 gram saja dan memiliki ketahanan hingga kedalaman 100 meter. Untuk kenyamanan terdapat fitur flashlight untuk kondisi minim cahaya.

Kerennya lagi, walaupun memiliki tombol, di sini juga terdapat fitur touchscreen. Daya baterainya bisa bertahan hingga 40 hari saat digunakan untuk mode GPS. Sedangkan untuk seri Fenix 7 Solar bisa bertahan hingga 1 tahun lebih untuk mode hemat daya dan pengisian menggunakan cahaya matahari.

Harga Garmin Fenix 7: Rp11 jutaan – Rp20.7 jutaan

3. Garmin Enduro 2

garmin enduro 2

Untuk para pecinta olahraga dan aktivitas outdoor, Garmin Enduro 2 adalah pilihan tepat. Khususnya bagi Anda yang suka naik gunung. Meski begitu, jam tangan ini juga cocok dijadikan pilihan untuk memantau aktivitas olahraga dan kesehatan sehari-hari. Pemantauan jantung semakin akurat berkat dukungan sensor Garmin Elevate v4.

Bahkan, disebut-sebut sebagai smartwatch Garmin dengan ketahanan baterai paling tangguh saat ini. Bahkan hingga 550 hari menggunakan mode solar hemat daya. Untuk mode smartwatch, jam tangan mampu bertahan 34 hari hingga 46 hari menggunakan mode solar.

Harga Garmin Enduro 2: 16 jutaan

Baca juga: 7 Smartwatch Terbaik untuk Wanita Aktif dari Garmin

4. Garmin Venu 3

Garmin Venu 3 memiliki 30 lebih mode olahraga. Selain itu memiliki beberapa fitur unggulan tambahan Mulai dari adanya Garmin Pay yang bisa digunakan di beberapa regional, Smart Notification, dan fitur keselamatan. Begitu juga dengan penyimpanan untuk musik. Bahkan, saat Anda menggunakan smartphone Android dapat melihat foto yang dikirim secara langsung di layar smartwatch.

Salah satu yang signifikan adalah adanya fitur Wheelchair Mode. Fungsinya adalah untuk memonitor mengenai peringatan perubahan berat badan, aplikasi olahraga dan latihan khusus bagi para pengguna kursi roda. Fitur ini juga dilengkapi dengan algoritma yang telah disesuaikan untuk meningkatkan pengalaman kesehatan dan pemantauan kesehatan terbaik untuk Anda.

Harga Garmin Venu 3: Rp6.8 jutaan

5. Garmin Epix Series

Tak hanya pada seri Enduro saja, smartwatch terbaik untuk adventure dari Garmin lainnya adalah Epix Series. Dimana jam tangan ini dibuat dengan material yang kokoh dan ketahanan tinggi. Selain itu, dari segi baterainya pun bisa diandalkan. Untuk seri ini ada dua tipe yakni Garmin Epix Pro (Gen 2) dan Garmin Epix Gen 2 dengan harga masing-masing yakni:

  • Garmin Epix Pro (Gen 2): mulai Rp17 jutaan
  • Garmin Epix Gen 2: mulai Rp16 jutaan

Baca juga: Review Garmin Epix Pro (Gen 2): Spesifikasi, Fitur Unggulan dan Harganya

6. Garmin Instinct 2

Garmin Instinct 2 yang hadir dalam dua seri yang berbeda yakni Standar dan Solar. Layarnya memilii resolusi yang tinggi, dengan begitu dapat dibaca dengan mudah bahkan saat berada di bawah sinar matahari secara langsung. Selain itu juga memiliki standar militer 810.

Daya baterainya mampu digunakan hingga 32 hari untuk seri standar. Sedangkan untuk seri solar mampu bertahan hingga 32 hari, Khususnya untuk mode ekspedisi yang bisa diaktifkan saat beraktivitas outdoor. Hal itu akan membuat pengguna merasa lebih nyaman.

Harga Garmin Instinct: Rp5 jutaan – Rp8.5 jutaan

7. Garmin Instinct Crossover

Garmin Instinct Crossover mengadopsi desain hybrid. Hal itu bisa dilihat dari adanya tampilan jarum jam tangan yang dilapisi dengan Super-Luminova. Ukuran layarnya cukup kecil dan memiliki resolusi 176×176. Fitur pemantau kesehatan dan olahraganya sangat lengkap. Ada pula fitur RevoDrive Technology.

Dimana fitur tersebut dapat mengkalibrasi jam tangan secara otomatis. Terutama ketika terjadi guncangan yang signifikan tetap menunjukkan waktu yang tepat. Bahkan ada fitur mode Stealth untuk seri Tactical. Baterainya mampu hingga 70 hari untuk mode smartwatch dan tak terbatas jika menggunakan mode Power Saver.

Harga Garmin Instinct Crossover: Rp9 jutaan – Rp10 jutaan

Baca juga: Spesifikasi Garmin Instinct 2X Solar: Tahan Hingga 100 Hari Penggunaan

8. Garmin Approach

Garmin Approach merupakan jam tangan yang dikhususkan bagi pehobi olahraga golf. Smartwatch ini memiliki tingkat akurasi GPS yang cukup baik. Pembacaan datanya juga semakin mudah. Disamping memiliki fitur pemantau kesehatan, Anda dapat menghubungkannya dengan aplikasi Garmin Golf. Ada tiga tipe Garmin Approach yang jadi unggulan yakni:

  • Garmin Approach S42: Rp5 jutaan
  • Garmin Approach S62: Rp Rp8 jutaan
  • Garmin Approach S70: Rp11.5 jutaan

9. Garmin Tactix Series

Berikutnya adalah Garmin Tactix. Dimana jam tangan ini dapat diandalkan untuk aktivitas luar ruangan atau outdoor. Hal itu karena memiliki standar militer yang tinggi MIL-STD 810. Inilah yang membuatnya tahan terhadap goresan dan benturan, di samping itu juga terdapat fitur canggih lainnya dan bisa digunakan dalam kondisi minim cahaya sekalipun. Dua tipe andalan dari seri Tactix ini adalah:

  • Garmin Tactix 7 Pro Solar: Rp17 jutaan
  • Garmin Tactix Delta Solar: Rp15 jutaan

Mau tahu promo spesial apa saja yang ditawarkan Garmin untuk Anda di Doran Gadget? Mulai dari potongan harga khusus hingga merchandise eksklufif lainnya dengan cara klik di sini untuk mendapatkannya di setiap pembelian!

Baca juga: 10+ Rekomendasi Jam Tangan Solar Terbaik

Brand Samsung

sc: Samsung

Selama ini Samsung dikenal dengan gadget seperti smartphone dan tablet unggulan. Namun, di sisi lain brand asal Korea Selatan ini terus melakukan inovasi di sektor smartwatch. Setidaknya ada lima seri smartwatch Samsung unggulan yang dapat Anda pilih untuk aktivitas sehari-hari yakni:

1. Samsung Galaxy Watch 6

Keluaran yang terbaru adalah Samsung Galaxy Watch 6 dengan desain bezel yang lebih tipis. Jam ini hadir dalam dua ukuran yang berbeda yakni 40mm dan 44mm, jadi Anda dapat memilihnya sesuai dengan ukuran tangan. Layarnya pun semakin cerah dengan tipe AMOLED beresolusi 480 x 480 pixel. Ketahanan baterainya mampu hingga 24 jam penggunaan.

Selain integrasi SmartThings, poin penting dari Samsung Galaxy Watch 6 ini adalah chipset terbarunya, Exynos W930. Dimana chipset ini mampu untuk memonitor komposisi otot dan lemak tubuh Anda. Performanya semakin unggul dengan dukungan Wear OS (One UI Watch 5). Terlebih dengan IP rating IP68 membuatnya aman terhadap air dan debu.

Harga Samsung Galaxy Watch 6: mulai Rp4.8 jutaan

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 vs Watch 5 Pro, Mana yang Terbaik untuk Anda?

2. Samsung Galaxy Watch 5

 

Galaxy Watch 5 hadir dalam dua ukuran 40mm yang terdiri dari warna Pink Gold, Graphite, dan Silver. Kemudian yang kedua memiliki ukuran 44mm dan terdiri dari warna Graphite, Sapphire, dan Silver. Untuk layarnya semua series Watch 5 ini telah dibekali dengan kaca Sapphire Crystal Glass yang lebih tahan banting dibanding generasi sebelumnya. Bobotnya jga dibuat lebih berat dan lebih tebal dibanding sebelumnya.

Samsung juga menambahkan fitur fast charging yang memungkinkan mengisi ulang hingga 45% dalam waktu 30 menit saja. Untuk Watch 5 standar model 40mm dibekali baterai berkapasitas 284mAh dan 410mAh untuk model 44mm. Sejumlah foitur unggulannya yakni Samsung Bioactive Sensor untuk pemantauan kesehatan digital yang lebih akurat. Mulai dari Optical Heart Rate, Electrical Heart Signal, hingga Biolectrical Impedance Analysis.

Harga Samsung Galaxy Watch 5: mulai Rp4 jutaan

3. Samsung Galaxy Watch 5 Pro

Rekomendasi berikutnya yakni Samsung Galaxy Watch 5 Pro. Disebut-sebut, jam tangan pintar dari Samsung ini lebih baik daripada seri sebelumnya yakni Samsung Galaxy Watch 4. Yakni lebih tahan lama dari segi baterai dan desainnya yang lebih baik.

Sebagai contoh, baterainya dapat bertahan hingga 80 jam dalam sekali pengisian daya. Di sektor layarnya mengadopsi tipe AMOLED dengan ukuran 1.2 inci. Kemudian, kapasitas penyimpanan internalnya hingga 16 GB. Fitur olahraga dan kesehatannya juga cukup lengkap. Kemampuan smartwatch juga ditingkatkan dengan sistem operasi WearOS terbaru.

Harga Samsung Galaxy Watch 5 Pro: Rp6.4 jutaan

4. Samsung Galaxy Watch 4

Samsung Galaxy Watch 4 memiliki desain yang ramping dan tipis. Dimana seri ini mengalami pengembangan software dan OS. Pilihannya pun hadir dengan berbagai ukuran yakni 40mm, 42mm, 44mm, dan 46mm. Ketahanan baterainya dapat digunakan hingga 40 jam.

Berkat sensor kesehatan 3-in-1, Galaxy Watch 4 dapat mengukur detak jantung, melakukan ECG, dan membaca komposisi tubuh. Namun, beberapa fitur hanya dapat digunakan dengan ponsel Samsung, seperti pemantauan ECG dan tekanan darah jika Anda berada di negara yang mendukungnya.

Harga Samsung Galaxy Watch 4: mulai Rp3 jutaan

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5, Siapa Lebih Unggul?

Brand Apple

harga apple watch series 7 (4)
sc: Slash Gear

Sama halnya seperti Samsung, Apple juga mengembangkan smartwatch terbaik. Alasan sebagian besar orang memilih smartwatch Apple karena desainnya yang elegan dan stylish. Kemudian, fitur pemantau kesehatannya lebih unggul dan akurat. Khususnya dalam memantau kesehatan vital seperti detak jantung. Ini dia rekomendasinya:

1. Apple Watch Series 9

 

Rekomendasi martwatch Apple yang pertama ada Apple Watch Series 9 dan merupakan seri tertinggi saat ini. Pada seri 9 terdapat sejumlah upgrade penting dari sebelumnya. Termasuk layar yang lebih cerah dan mendukung dengan gestur double-tap. Dimana fitur ini memungkinkan navigasi dengan satu tangan, sementara chip ultra-wideband (UWB) generasi terbaru membantu Anda melacak iPhone yang tertinggal dengan lebih mudah.

Pembaruan juga terdapat pada fitur pemantau olahraga dan kesehatan. Kerennya lagi, seri ini menggunakan bahan daur ulang. Ketahanan baterainya mampu hingga 18 jam penggunaan. Selain itu, ada fitur Apple Pay untuk pembayaran non-tunai yang lebih mudah kapan saja dan di mana saja. Apalagi fitur Siri dapat bekerja secara offline.

Harga Apple Watch Series 9: Rp7.9 jutaan

Baca juga: Review Apple Watch Series 9, Ada Fitur Double Tap!

2. Apple Watch SE 2

Apple Watch SE 2

Di sisi lain, Apple pun menyasar konsumen dengan smartwatch ramah budget Apple Watch SE 2. Walaupun harganya terjangkau, namun dari segi softwae dan fiturnya tidak kalah dengan seri flagship-nya. Jam tangan ini menawarkan pelacakan kebugaran yang setara dengan seri Apple Watch Series 8, begitu pun dengan ketahanan baterai yang hampir sama. Hanya saja pada layarnya tidak memiliki fitur always-on. Itu artinya, pengguna harus menyalakannya untuk pengecekan.

Beberapa fitur unggulannya selain pemantau kesehatan dan olahraga antara lain panggilan darurat, deteksi tabrakan, deteksi jatuh, dan lainnya. Dengan menggunakan sistem operasi watchOS 9 memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas lebih. Anda pun dapat menggunakan aplikasi Apple Fitness+ secara gratis selama tiga bulan.

Harga Apple Watch SE2 : Rp4 jutaan

3. Apple Watch Ultra 2

Apple Watch Ultra 2

Apple Watch Ultra 2 adalah seri smartwatch Apple premium saat ini yang menggunakan prosesor Apple S9 dan watchOS 10. Layarnya berukuran 1.9 inci OLED dan memiliki ketahanan air hingga 100 meter. Ukuran tersebut memang lebih besar jika dibandingkan dengan Apple Watch standar pada umumnya. Tombolnya pun cukup responsif ditambah dengan ketahanan baterai yang mampu hingga 36 jam penggunaan.

Pengisian daya baterai sudah mendukung dengan mode wireless. Dari segi GPS-nya dinilai lebih akurat untuk petualangan Anda. Hal itu dimungkinkan berkat adanya dukungan dari waypoint hiking watchOS 10. Dengan fitur dan spesifikasi tersebut, maka smartwatch ini sangat layak untuk Anda dengan mobilitas tinggi.

Harga Apple Watch Ultra 2: Rp12 jutaan

Baca juga: Jadi Favorit Banyak Orang, Ini Harga Apple Watch Series 8!

4. Apple Watch Series 8

Selanjutnya ada Apple Watch 8 Series yang cocok untuk Anda pengguna gadget Apple. Sebab, smartwatch ini sangat mudah dioperasikan dan dikoneksikan dengan iPhone karena sudah memiliki sistem operasi iOS.  Ukuran layarnya adalah 1.9 inci dengan tipe layar OLED. Hal tersebut tentu sangat memudahkan pengguna dan Apple mengusung desain user experience.

Kapasitas penyimpanan internalnya adalah 32 GB. Kemudian, untuk ketahanan baterainya dapat digunakan hingga 18 jam untuk mode normal. Pengisian dayanya semakin nyaman dengan adanya dukungan wireless charging. Fitur kesehatan dan olahraganya semakin akurat dengan adanya sensor baru. Termasuk fitur pendetkeksi kecelakaan.

Harga Apple Watch 8 Series: Rp7.9 jutaan

5. Apple Watch Nike Series 7

Apple berkolaborasi dengan Nike untuk memberikan kenyamanan olahraga lari pengguna dengan produk Apple Watch Nike Series 7. Apalagi terintegrasi dengan aplikas Nike Run Club. Desain elegan dan kuat serta memiliki kristal depan yang tahan terhadap retakan. Lalu, memiliki IP rating IP6X.

Pengguna bisa memantau kesehatan di iPhone mulai dari olahraga lari, berenang, hingga olahraga pernapasan seperti yoga, pilates, hingga tai chi. Ini dimungkinkan berkat dukungan watchOS 8 terbarunya. Ketahanan baterainya mampu hingga 18 jam penggunaan.

Harga Apple Watch Nike Series 7: mulai Rp 7 jutaan

Baca juga: Harga Apple Watch Series 7 – Dari Aluminium Sampai Seri Hermes dan Nike

Brand COROS

sc: Sport Passion

Walaupun tergolong sebagai salah satu pendatang baru di jajaran smartwatch untuk olahraga dan berpetualang, COROS hadir dengan seri unggulan. Adapun keunggulan utamanya adalah dari segi GPS-nya yang dinilai banyak pihak lebih akurat. Berikut beberapa rekomendasi smartwatch COROS terbaik:

1. COROS Vertix 2

Jam tangan ini memiliki keunggulan seperti interface yang ramah pengguna dan bisa digunakan hingga suhu -40°C hingga 60° Celcius. Layarnya menggunakan tipe LCD yang membuat ketahanan baterai lebih lama hingga 60 hari. Di samping itu, berkat teknologi EvoLab membuat fitur kesehatan dan olahraga semakin akurat.

Adanya sensor ECG membuat pemantauan lebih akurat termasuk dalam membaca Heart Rate Variability (HRV). Begitu juga dengan fitur pemantau kualitas tidur yang begitu akurat. Jika Anda menggunakannya untuk olahraga panjat tebing, jam ini dapat digunakan dengan carabiner yang dapat mengunci jam tangan dengan baik. Untuk ketahanan baterainya mampu hingga 60 hari dengan mode smartwatch.

Harga COROS Vertix 2: Rp11 jutaan

Baca juga: 5 Keunggulan Smartwatch Coros yang Membuatnya Layak Pilih!

2. COROS Apex 2

Coros juga merilis jam tangan outdoor tangguh lainnya yakni Coros Apex 2 dengan harga yang bisa dibilang lebih rendah dibanding Coros Vertix 2. Adapun ketahanan baterainya mampu bertahan hingga 17 hari. Material jam tangan, khususnya di bagian frame dan bezel menggunakan bahan dari titanium alloy grade 5.

Hal itu akan membuatnya tangguh dan dapat bertahan di kedalaman 50 meter. Material layarnya terbuat dari bahan Sapphire Glass yang memiliki perlindungan dari goresan hingga 2 kali lipat dan menggunakan tipe LCD untuk mengemat penggunaan daya baterai.

Harga COROS Apex 2: Rp7 jutaan

3. COROS Apex 2 Pro

Ada juga seri COROS Apex 2 Pro dengan ukuran layar lebih besar yakni 1.3 inci. Untuk berbagai fitur olahraga dan pemantau kesehatan, sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan seri Apex 2 standar.  Anda juga bisa mengaktifkan mode olahraga dan melakukan pemantauan melalui Coros Training Hub maupun Coaching and Training System. Ini sangat cocok untuk olahraga seperti lari maupun virtual runing.

Perbedaan mendasar utama antara seri standar dengan Apex 2 Pro adalah dari segi baterainya. Yakni mampu bertahan hingga 30 hari penggunaan. Begitu pun dengan resolusi layarnya yang lebih tinggi 260 x 260 pixel. Sehingga tampilannya lebih jelas dan nyaman digunakan outdoor.

Harga COROS Apex 2 Pro: Rp9 jutaan

Baca juga: Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2: Mana yang Tepat untuk Anda?

4. COROS Pace 2

Rekomendasi smartwatch terbaik COROS lainnya ada COROS Pace 2 yang menggunakan tipe LCD always-on memory. Pengguna pun tak perlu khawatir layar mudah tergores, sebab Coros sudah melengkapinya dengan pelindung layar Corning Glass. GPS yang akurat untuk navigasi saat olahraga di luar ruangan seperti lari untuk track datar maupun lari trail.

Navigasi Coros Pace 2 mendukung untuk GPS, GLONASS, dan Beidou. Sedangkan untuk Galileo dapat digunakan dengan update firmware. Selain itu, jam tangan dapat dioperasikan pada temperatur -20°C hingga 60°C. Ditambah lagi ketahanan baterainya yang mampu bertahan hingga 20 hari membuatnya bisa diandalkan untuk outdoor.

Harga COROS Pace 2: Rp3 jutaan

5. COROS Pace 3

Bagi pecinta lari, Coros Pace 3 adalah salah satu pilihan tepat dengan harga ramah di kantong. Jam tangan ini hadir dengan bobot 30 gram dan 39 gram untuk tipe yang menggunakan strap berbahan silikon. Sedangkan untuk ketebalannya hanya 13mm saja dan sudah mendukung touchscreen dengan layar Always-On Memory LCD. Ketahanan baterainya mampu hingga 24 hari.

Coros Pace 3 mengalami pembaruan software dan terdapat penambahan beberapa mode olahraga. Di antaranya adalah Trail Running, Hiking, Skiing, Snowboard, dan XC Ski. Termasuk berenang dengan kedalaman hingga 5 ATM. Ada pula fitur SpO2 Monitoring. Dimana sensor lebih akurat untuk memantau detak jantung hingga kualitas tidur sepanjang hari. Fitur pemantau kesehatan dan olahraga ini kompatibel dengan aplikasi bawaan Coros seperti EvoLab, Coros Training Hub, Coros Coaches, dan COROS Training Plans and Workout.

Harga COROS Pace 3: mulai Rp4 jutaan

Dapatkan potongan harga khusus hingga merchandise eksklusif Coros dengan melakukan pembelian smartwatch Coros secara online di  Doran Gadget. Yuk, cari tahu promo menarik Coros Special Offer  di sini!

Baca juga: Apa Itu Coros EvoLab? Ini Hal Penting yang Perlu Anda Tahu!

Rekomendasi Smartwatch Terbaik – Brand Lainnya

Huawei Watch GT4 vs Samsung Galaxy Watch 6
sc: Tech Pulse

Selain brand-brand ternama di atas, masih ada lagi beberapa brand lainnya yang tidak kalah unggul. Sebut saja seperti Google, TicWatch, Suunto, hingga Huawei yang sejak beberapa waktu belakangan menarik perhatian para pecinta olahraga. Berikut di antaranya mulai dari harga Rp2 jutaan saja:

1. Google Pixel Watch 2

Google Pixel Watch 2

Smartwatch Google Pixel Watch pun dapat dijadikan pilihan untuk penggunaan sehari-hari. Ukuran 41mm nyaman untuk pengguna dengan ukuran tangan kecil. Selain itu, daya baterainya mampu hingga 24 jam penggunaan. Selain itu, juga memiliki ketahanan air tinggi untuk aktivitas seperti berenang.

Fitur andalannya selain mode olahraga yang cukup lengkap, terdapat fitur kesehatan yang akurat. Mulai dari pemantau stres, monitor detak jantung, dan lainnya. Termasuk fitur keamanan, dimana fitur ini dapat membagikan lokasi di saat darurat. Begitu pun dukungan untuk Google Wallet.

Harga Google Pixel Watch: Rp5 jutaan

Baca juga: 5 Merk Smartwatch Terbaik dan Banyak Diminati

2. TicWatch E3

Pilihan lainnya yang tak kalah keren adalah TicWatch E3 untuk Android. Prosesornya menggunakan Snapdragon Wear 4100 dan memiliki penyimpanan hingga 8GB. Ketahanan baterainya mampu hingga 2 hari dengan mode pengisian daya Qi Wireless Charging. Jam tangan ini memiliki ketahanan air dengan sertifikasi IP68.

Harga jam tangan Mobvoi TicWatch E3 disebut-sebut lebih terjangkau. Terlebih lagi dengan berbagai fitur unggulan untuk olahraga maupun pemantau kesehatan. Layarnya menggunakan tipe LCD dengan ukuran 1.3 inci dan resolusi layarnya 360×360 pixel.

Harga TicWatch E3: Mulai dari Rp2.5 jutaan

3. Fitbit Sense 2

Dengan mengusung desain persegi, Fitbit Sense 2 memberikan tampilan yang elegan. Selain itu, ukurannya cukup pas di pengguna dengan tangan kecil 40mm. Tentu, ini akan membuat pemakaian lebih nyaman sepanjang hari dengan strap berbahan silikon. Untuk penggunaan sehari-hari pun bisa diandalkan, sebab ketahanan baterainya mampu hingga 6 hari.

Jam juga memiliki ketahanan air, sehingga dapat digunakan untuk berenang. Ada pula fitur unggulan untuk olahraga dan memantau fitur kesehatan. Termasuk dukungan Fitbit Pay dan Google Pay. Keunggulan lainnya, ada fitur pemantau stres dengan dukungan sensor cEDA yang lebih akurat. Hanya saja, smartwatch ini tidak mendukung untuk aplikasi pihak ketiga.

Harga Fitbit Sense 2: mulai Rp4 jutaan

Baca juga: 25+ Rekomendasi Smartwatch Kesehatan Terbaik untuk Aktivitas Anda

4. Huawei Watch GT4

Huawei Watch GT4

Huawei Watch GT4 mengusung desain yang kokoh dengan material stainless steel dan serat polimer. Jam tangan ini memiliki tingkat kekedapan air 5ATM dan rating IP68. Layarnya menggunakan tipe AMOLED dengan touchscreen yang responsif. Untuk software, smartwatch ini menggunakan HarmonyOS dan mendukung untuk perangkat iOS dan Android.

Watch GT 4 mendukung lebih dari 100 mode olahraga. Ini termasuk opsi standar seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, pilates, fencing, dan masih banyak lagi. Jam tangan ini dapat melacak langkah, jarak, tidur dan lainnya. Huawei telah meningkatkan algoritma pemantauan detak jantung TruSeen 5.5+ untuk meningkatkan akurasi, dan juga menambahkan dukungan GNSS dual-band untuk meningkatkan akurasi pelacakan GPS.

Harga Huawei Watch GT4: Rp3.4 jutaan

5. Suunto Traverse Alpha Stealth

Suunto Traverse Alpha Stealth telah lulus uji kelayakan dari Departemen Pertahanan di kawasan Amerika Utara. Dengan begitu, jam tangan ini sudah tidak diragukan lagi saat dibawa ke alam terbuka karena memiliki ketangguhan dan tahan banting yang tinggi.

Material bezelnya terbuat dari baja yang tangguh. Berbagai fitur unggulannya seperti navigasi hingga alarm sebagai penanda badai. Jadi, pengguna bisa lebih mempersiapkan diri ketika berada di alam terbuka dan mendapatkan notifikasi alarm tersebut.

Harga Suunto Traverse Alpha Stealth: Rp6 jutaan

Baca juga: 5 Cara Setting Smartwatch untuk Pemula Sebelum Digunakan

Tentukan Pilihan Anda Sekarang!

Coros Indonesia

Nah, itu dia Sobat Doran beberapa rekomendasi smartwatch terbaik yang bisa Anda pilih di tahun 2024. Smartwatch tersebut memang memiliki range harga kelas menengah hingga flagship. Tentu, dengan harga yang tinggi tersebut sepadan dengan teknologi dan fitur canggih yang dimilikinya.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget terbatas dan ingin membeli smartwatch dengan harga terjangkau, jangan khawatir! Berikut ini rekomendasi smartwatch Rp500 Ribu hingga Rp1 Juta dan smartwatch dibawah Rp500 Ribu yang bisa Anda beli. Semoga informasi ini bermanfaat dan pilihlah sesuai kebutuhan, ya!

Artikel terkait:

>