Doran GadgetPenggunaan smartwatch terus mengalami peningkatan sejak beberapa tahun belakangan. Terlebih selama pandemi COVID-19, keberadaan gadget ini sangat membantu dalam memantau kesehatan para penggunanya. Tak hanya itu saja, jam tangan pintar ini juga sering digunakan para atlet untuk memantau hasil capaian olahraga mereka.

Bagi Anda yang ingin menggunakannya namun masih belum mengetahui caranya, khususnya bagi pemula, ada baiknya simak ulasan mengenai cara setting smartwatch secara umum dalam artikel kali ini.

Apa Itu Smartwatch?

sc: IDN Times

Sebelum beranjak ke cara setting smartwatch sebelum digunakan bagi para pemula, ada baiknya Anda ketahui apa itu smartwatch. Seperti namanya, jam tangan ini menawarkan berbagai fitur pintar dengan teknologi canggih. Beberapa di antaranya adalah fitur untuk memantau kesehatan, data olahraga, hingga cuaca dan navigasi. Termasuk untuk mendengarkan musik.

Perkembangan smartwatch sendiri sudah dimulai pada dekade 1970-an. Seperti dilansir dari laman TechTarget, jam digital yang menjadi cikal bakal smartwatch pertama dirilis pada tahun 1972 oleh perusahaan Hamilton Pulsar. Kemudian, jam digital ini berkembang lagi menjadi Calcron atau calculator watch.

Barulah di dekade 1980-an, pengembangan jam tangan dengan sistem komputasi mulai dikerjakan dengan serius oleh brand jam tangan. Kemudian, barulah di awal tahun 2000-an pengembangannya mulai menggunakan teknologi terbaru. Bahkan, sampai sekarang terus dikembangkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para pengguna. Termasuk dapat dihubungkan dengan berbagai aplikasi dan sistem operasi smartphone.

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Ini Beda Smartwatch dan Smartband

Cara Setting Smartwatch

Cara setting atau melakukan pengaturan di smartwatch memang terlihat mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terlebih lagi jika Anda baru pertama kali menggunakannya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber

1. Isi Daya Baterai Smartphone Terlebih Dahulu

sc: DC Rainmaker

Sebagai langkah awal, Anda perlu mengisi daya baterai dari smartwatch yang akan digunakan. Terkadang baterai pada smartwatch saat pertama kali dibeli tidaklah maksimal. Maka dari itu, agar bisa digunakan dengan nyamana Anda harus mengisinya terlebih dahulu.

Cara mengisi ulang baterai ini sebaiknya dilakukan dengan menonaktifkannya dahulu. Apabila mengisi daya dalam kondisi smartwatch masih menyala, lambat laun akan berpengaruh pada kualitas baterainya. Anda dapat menggunakan colokan khusus yang didapatkan dalam satu paket pembelian.

Baca juga: 5 Cara Mengecas Smartwatch Garmin yang Aman dan Benar

2. Download Aplikasi Pendukung

sc: Tech Daily

Setelah baterai terisi penuh, langkah berikutnya adalah mengunduh aplikasi bawaan pabrikan smartwatch yang digunakan. Tujuannya untuk menghubungkan data dari smartwatch ke smartphone sehingga mudah untuk dipantau dan dilihat. Aplikasi ini dapat diunduh melalui PlayStore maupun AppStore.

Dalam mengunduh aplikasi tersebut, pastikan kapasitas ruang yang tersedia cukup untuk aplikasi smartwatch tersebut. Sebab, jika smartphone memiliki kapasitas ruang yang terbatas, aplikasi pun bisa saja tidak berjalan secara optimal.

3. Aktifkan Bluetooth

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru
sc: Kaskus

Kemudian, aktifkan Bluetooth di kedua perangkat, baik di smartwatch maupun smartphone. Teknologi Bluetooth saat ini menggunakan teknologi terbaru seperti Bluetooth 5.0. Dimana diklaim memiliki koneksi yang lebih cepat dan lancar di berbagai perangkat.

Saat kedua Bluetooth ini sudah diaktifkan pada perangkat, Anda bisa mencoba menghubungkannya dengan smartphone. Jika dalam masa percobaan dapat terhubung, itu artinya tidak ada kendala. Namun, apabila masih belum terhubung, Anda perlu mengecek kembali smartphone.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Bleutooth 4 vs Bluetooth 5

4. Cara Setting Smartwatch – Menghubungkan dengan Smartphone

sc: How to Geek

Apabila Bluetooth sudah aktif di smartwatch, langkah selanjutnya adalah menghubungkan dengan smartphone. Setelah terhubung, Anda dapat mengikuti instruksi yang ada di aplikasi pendukung smartwatch yang sudah diunduh tadi. Untuk menghubungkannya, biasanya pengguna harus memasukkan kode tertentu untuk melakukan konfirmasi koneksi.

Pada tahapan ini, Anda juga dapat mengatur smartwatch. Mulai dari tampilan jam tangan, pengaturan untuk notifikasi, pemantau olahraga, dan pemantau kesehatan. Termasuk untuk fitur-fitur lainnya seperti menggunakan musik streaming dan sebagainya.

5. Sinkronisasikan Data Anda

sc: Gadgetdiva

Langkah terakhir adalah melakukan sinkronisasi data. Sebagian smartwatch dapat melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan smartphone. Namun, ada pula smartwatch lain yang memerlukan sinkronisasi secara manual.

Jika Anda harus melakukan sinkronisasi manual, perlu perhatikan langkah-langkah apa saja yang diperlukan di dalam buku panduan. Termasuk instruksi apa yang harus dilakukan untuk bisa menikmati fitur-fitur unggulannya.

Baca juga: Langkah dan Cara Menghubungkan Smartwatch ke iPhone

Dapatkan Smartwatch Terbaik di Doran Gadget

sc: OSXDaily

Bagaimana, cukup mudah bukan cara setting smartwatch untuk pemula sebelum digunakan? Hal di atas merupakan cara dasar saja, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan lebih lengkap, memang berbeda-beda di setiap smartwatch. Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga melihat di buku panduan seri jam tangan yang digunakan.

Kini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam jam tangan dari brand terbaik. Mulai dari Garmin, Apple, Samsung, Coros, dan JETE Indonesia di Doran Gadget. Sebagai mitra resmi brand tersebut, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo-promo yang sedang berlangsung di waktu tertentu.

Artikel terkait:

× WhatsApp