Garmin WatchCara mengecas smartwatch memang terlihat mudah. Namun, tahukah Anda jka smartwatch dengan fitur unggulan seperti Garmin tidak bisa diisi ulang baterainya secara sembarangan? Ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan, khususnya perangkat yang digunakan dalam pengisian daya. Apa sajakah? Ada baiknya Anda simak penjelasannya yang dirangkum oleh tim Doran Gadget dalam artikel kali ini ya, Sobat Doran.

Cara Mengecas Smartwatch Garmin

Berikut cara mengecas smartwatch Garmin yang bisa Anda terapkan agar baterai dan perangkat smartwatch awet dan performanya tetap terjaga dengan baik.

1. Jangan Tunggu Sampai Baterai 0%

Hal pertama adalah jangan tunggu sampai baterai smartwatch benar-benar habis. Atau dengan kata lain baterai dalam kondisi 0%. Sebab, ketika daya baterai benar-benar kosong dan Anda mengecasnya, bisa jadi akan berdampak buruk terhadap kesehatan baterai di kemudian hari.

Idealnya, paling tidak Anda perlu melakukan pengisian smartwatch jika daya baterainya menunjukkan angka 10%. Secara perlahan, daya baterai akan terpenuhi dan membuatnya lebih stabil dan membuat umur baterai menjadi lebih panjang.

Baca juga: 7 Jam Tangan Garmin Terbaik 2022 yang Bisa Anda Pilih

2. Hindari Menggunakan Adapter dengan Fast Charging

Kedua, perlu Anda ketahui jika Garmin memang tidak membekali adaptor atau kepala charger di setiap paket produk smartwatch yang dijualnya. Oleh karena itulah, pengguna bisa menggunakan adapter atau kepala charger yang komptibel.Namun, di sini perlu diperhatikan bahwa hindarilah mengguakan adaptor dengan fitur fast charging.

Agar aman, Anda bisa menggunakan perangkat charger dengan kapasitas di bawah 3 ampere. Atau idealnya pada kisaran 1-2 Ampere. Sebab, jika menggunakan fast charging dan di atas 3 ampere, maka arus listrik yang masuk akan besar pula dan itu bisa berdampak pada kebocoran baterai karena tidak mampu tegangan arus tinggi yang masuk ke baterai powerbank.

3. Cara Mengecas Smartwatch Garmin – Gunakan Laptop atau Komputer

Ketiga, kebanyakan pengguna Garmin melakukan pengisian daya baterai secara langsung. Artinya, menggunakan kepala charger HP dan mencolokkannya di stop kontak. Cara seperti ini sebenarnya tidaklah dianjurkan, karena mengisi langsung akan membuat tegangannya tinggi.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi pengguna mengecasnya melalui latop atau desktop. Hal ini lebih aman, karena arus dan tegangan listriklangsung dan besar dapat. disalurkan dapat terbagi dengan baik. Jadi, Anda perlu mencolokkan kabel isi ulang Garmin ke port USB di laptop atau desktop. Atau Anda dapat menggunakan charging dock Garmin.

Baca juga: Rekomendasi Smartwatch dengan Daya Tahan Baterai Terbaik

4. Jangan Tinggalkan Smartwatch Saat Baterai Diisi Ulang

Cara mengecas smartwatch yang keempat, jangan sesekali meninggalkan perangkat saat diisi ulang. Smartwatch Garmin akan terisi penuh selama kurang lebih 1-2 jam pengisian daya. Jadi, pantaulah smartwatch apabila pengisian sudah dalam kurun waktu tersebut. Agar Anda lebih aman dan nyaman serta tidak lupa mencabut perangkat pengisian, seperti ketika Anda tidur, dan melakukan aktivitas lainnya.

Pengisian yang melebihi waktu tersebut, akan berdampak pada performa baterai. Khususnya dampak jangka panjang, yakni menurunnya ketahanan baterainya. Terutama untuk smartwatch Garmin yang tidak memiliki fitur pengisian tenaga surya (solar charging)

5. Bagaimana Jika Mengecasnya dengan Powerbank?

Terakhir, bagaimana jika mengisi ulang baterai menggunakan powerbank? Sebenarnya, cara mengecas smartatwch Garmin ini sama dengan poin yang kedua. Yakni menggunakan powerbank dengan kapasitas daya yang tidak terlalu besar.

Begitu pun juga dengan hindari menggunakan powerbank dengan fitur fast charging. Sebaiknya, gunakan powerbank dengan 1-2 Ampere. Namun, di sisi lain alangkah lebih baik bila Anda mengisi ulang daya smartwatch dengan cara yang benar seperti menggunakan laptop atau komputer dan hindari menghubungkan langsung dengan stop kontak jika memungkinkan.

Baca juga: 10 Pilihan Jam Tangan Garmin Terbaik dari Pemula Sampai Expert

Penutup

Setidaknya, itulah hal penting yang wajib Anda perhatikan saat mengecas smartwatch Garmin. Cara di atas dilakukan guna menghindari dan mencegah hal-hal yang tak diinginkan pada smartwatch yang digunakan. Misalnya menurunnya daya baterai dan berdampak pada performa fitur-fitur penting yang disematkannya.

Dapatkan smartwatch Garmin sesuai kebutuhan hanya di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, barang yang kami jual adalah produk original dengan garansi resmi TAM. Dapatkan pula berbagai promo dan program menarik lainnya di setiap pembelian produk Garmin. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

× WhatsApp