Mengenal Perbedaan Bleutooth 4 vs Bluetooth 5

01. bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru

Doran GagdetTeknologi Bluetooth saat ini sangat populer sebagai teknologi untuk mentransfer data di sebuah perangkat elektronik. Cara kerjanya adalah melalui koneksi radio transceiver untuk pengiriman maupun penerimaan data dengan gelombang radio.

Seiring berjalannya waktu, saat ini muncul Bluetooth 4 dan Bluetooth 5 sebagai generasi mutakhir dalam perkembangan Bluetooth terbaru.  Apa saja perbedaannya dan perjalanan kemunculannya? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Perjalanan Teknologi Bluetooth Awal hingga Bluetooth Terbaru

Keberadaan teknologi Bluetooth dari generasi awal hingga generasi Bluetooth terbaru, tidak bisa lepas dari perjalanan dan inovasi yang terus dikembangkan. Kehadirannya muncul di akhir tahun 1990-an, tepatnya pada tahun 1999 dan di masa tersebut adalah kelahiran dari Bluetooth 1.0.

Teknologi terbaru ini diklaim sebagai salah satu yang terbaik dalam hal menyalurkan atau transfer data lebih cepat. Pengembangan yang dilakukan membuatnya secara perlahan diterapkan pada perangkat pendukung komputer dan gadget sejak tahun 2001. Misalnya saja untuk printer, perangkat pada mobil, dan tahun tersebut menjadi tahun pertama penerapannya untuk laptop.

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru (2)

Barulah pada tahun 2004, teknologi Bluetooth diterapkan pada sekitar 250 juta perangkat untuk headphone stereo. Selang empat tahun berikutnya, tahun 2008 Bluetooth terbaru generasi 3.0 dirilis yang penggunaannya diterapkan hingga 13.000 perusahaan. Di tahun ini juga Special Interest Group (SIG), yakni lembaga sertifikasi standar Bluetooth internasional menyetujui rancangan teknologi Bluetooth 4.

Tahun 2011 Bluetooth 4.2 pun dirilis SIG dan diterapkan di 24.000 perusahaan. Ini juga sebagai pencapaian terbaik dalam mendukung upaya internet of things (IoT). Terutama pada pengiriman data yang cepat. Pada tahun 2016, Bluetooth 5 akhirnya dirilis sebagai pembaruan dari generasi sebelumnya. Sebanyak 33.000 perusahaan juga turut mengembangkannya untuk berbagai aktivitas pengiriman data. Termasuk Bluetooth 5 ini mendukung pada sekitar 3.6 miliar smartphone di dunia. Begitu juga penggunaannya pada perangkat lainnya seperti speaker Bluetooth, smartwatch, earphone, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Sebab Harus Menggunakan Headset Bluetooth Ini Saat Olahraga

Perbedaan Teknologi Bluetooth 4 vs Bluetooth 5

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru

Meski memiliki cara kerja teknologi Bluetooth yang sama, dalam kinerjanya antara Bluetooth 4 dan Bluetooth 5 memiliki perbedaan yang mendasar. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

1. Segi Kecepatan Bluetooth 5

Pertama adalah dari segi kecepatannya. Bluetooth 5 diklaim lebih cepat dari Bluetooth 4 yakni 2 Mbps. Dengan begitu, kecepatan transfer datanya pun lebih nyaman dan dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas yang memerlukan transfer data dengan jumlah cukup besar. Selain itu juga bisa diandalkan dalam pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan internet of things (IoT).

2. Jarak Jangkau Bluetooth Terbaru

Perbedaan kedua ialah dari segi jarak jangkauan teknologi Bluetooth yang ada. Biasanya, untuk jarak Bluetooth 4 setidaknya mendukung sekitar 10 meter di dalam ruangan. Sedangkan Bluetooth 5 jarak jangkaunya cukup jauh dan mampu hingga jarak jangkau 40 meter di lingkungan dalam ruangan.

3. Kebutuhan Daya Bluetooth 4 dan Bluetooth 5

Ketiga, Bluetooth 5 dirancang untuk menggunakan daya lebih rendah dari perangkat jika dibandingkan dengan dengan generasi sebelumnya. Itu artinya, pada generasi terbarunya ini setidaknya Anda dapat menghemat daya baterai lebih lama. Penggunaan pada perangkat juga lebih panjang berkat dukungan fitur ini.

4. Kapasitas Transfer Data

Berikutnya atau yang keempat ialah dari segi kapasitas data yang ditransfer. Dimana pada Bluetooth 5 kapasitas pesan yang ditransfer sekitar 255 Byte. Sementara, Bluetooth 4 hanya sekitar 31 Byte saja. Dengan begitu, Anda dapat melakukan transfer data dalam jumlah yang cukup besar dalam waktu yang singkat.

5. Kompatibilitas Perangkat

Bagaimana mengenai kompatibilitas perangkat generasi sebelumnya dengan bluetooth terbaru ini? Bluetooth 4 hanya berfungsi untuk perangkat yang menggunakan versi teknologi tersebut saja dan tidak kompatibel untuk generasi yang baru. Sementara, Bluetooth 5 selain bisa digunakan untuk perangkat yang kompatibel di teknologi ini juga dapat bekerja pada perangkat dengan teknologi Bluetooth 4. Hanya saja beberapa fitur mungkin tidak berfungsi.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Keunggulan Speaker Bluetooth!

Kesimpulan

bluetooth 5, bluetooth 4, teknologi bluetooth. bluetooth terbaru (2)

Dari ulasan di atas, Bluetooth generasi terbaru memiliki daya dukung lebih optimal di berbagai perangkat. Sehingga, memberikan manfaat lebih untuk berbagai macam aktivitas dan mendukung dalam pelaksanaan internet of things (IoT). Khususnya pada perangkat yang sering digunakan sehari-hari.

Untuk perangkat terbaik dengan fitur-fitur Bluetooth terbaru di atas, Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget dengan berbagai ragam promo terbaik di saat-saat tertentu. Informasi lebih lanjut mengenai apa saja produk dengan fitur tersebut, Anda bisa join di channel Telegram Doran Gadget atau klik di sini untuk hubungi CS kami.

× WhatsApp