Coros IndonesiaCoros Apex 2 Pro dan Coros Vertix 2 adalah dua smartwatch unggulan dari brand asal Amerika Serikat ini. Walaupun jam tangan tersebut sama-sama unggul, tentu keduanya memiliki perbedaan dan peruntukannya. Lantas, apa saja keunggulan sekaligus perbedaan Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 dan mana yang tepat untuk Anda? Simak ulasannya sampai akhir di artikel ini.

Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 – Spesifikasi Umum

sc: Android Authority

Berikut beberapa perbandingan antara Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 dari beberapa aspek secara umum yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum memilihnya:

Spesifikasi Coros Apex 2 Pro Coros Vertix 2
Dimensi 46.1 x 46.5 x 14mm 50.3 x 50.3 x 15.7mm
Bobot 66g (silikon)
53g (Nylon)
89g (silikon)
72g (Nylon)
Ukuran Layar dan Resolusi 1.3 inci (260 x 260 Pixel) 1.4 inci (280 x 280 pixel)
Tipe Layar Touch Screen Always-On Memory LCD Touch Screen Always-On Memory LCD
Pelindung Layar Sapphire Glass Sapphire Glass
Material Bezel Grade 5 Titanium Alloy With PVD Coating Grade 5 Titanium Alloy With PVD Coating
Material Cover Titanium Alloy Titanium Alloy with PVD Coating
Material Band Silicone/Nylon Silicone/Nylon
Ukuran Strap dan Instalasi 22mm (Quick Release) 26mm (Quick Fit)
Ketahanan Air 5 ATM 10 ATM
Ketahanan Baterai Maksimal 75 Jam 140 jam

Baca juga: 5 Keunggulan Smartwatch Coros yang Membuatnya Layak Pilih!

Fitur dan Keunggulan

Hal lainnya yang tidak kalah penting untuk disimak mengenai kedua jam tangan Coros ini adalah fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Baik Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 memiliki perbedaan tersendiri. Mulai dari segi desain, fitur untuk kesehatan dan olahraga, hingga ketahanan baterainya.

1. Desain dan Layar

sc: Sport Passion

Pertama adalah dari segi desain dan layar yang digunakan. Persamaannya di sini adalah, tipe layar antara Coros Apex 2 Pro dengan Coros Vertix 2 sama-sama menggunakan Touch Screen Always-On Memory LCD. Dimana layar LCD ini keunggulannya adalah dapat menghemat baterai untuk penggunaan sehari-hari.

Perbedaan terletak pada segi dimensi dan bobot. Jika dilihat pada tabel di atas, Coros Apex 2 Pro lebih kecil jika dibandingkan dengan Coros Vertix 2. Begitu juga dengan ukuran layarnya maupun bobot jam tangan. Dalam hal ini, Coros Vertix 2 memiliki desain lebih rugged dan Coros Apex 2 Pro lebih ringan dan cocok untuk pergelangan tangan yang berukuran kecil.

Baca juga: Review Coros Apex 2: Smartwatch Outdoor Lengkap, Harga Bersahabat

2. Fitur Olahraga dan Kesehatan

sc: Coros

Beralih ke fitur olahraga dan kesehatan. Pada fitur olahraga keduanya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mulai untuk memantau olahraga seperti lari, mendaki, bersepeda, hingga olahraga air. Data olahraga di smartwatch Coros Apex 2 Pro maupun Coros Vertix 2 dapat dilihat pula di Coros Training Hub maupun Coaching and Training System yang bisa diinstal di smartphone. Begitu pun dengan upgrade fitur EvoLab membuat pelacakan lari lebih akurat.

Hal yang sama juga pada fitur pemantau kesehatan. Beberapa di antaranya adalah pemantau kualitas tidur, pemantau tingkat stres, hingga pemantau detak jantung (heart rate). Berkat sensor ECG pemantauannya menjadi lebih akurat termasuk dalam membaca Heart Rate Variability (HRV).Keunggulan lainnya dari pemantau kesehatan ini dilengkapi dengan fitur skor. Jadi, pengguna bisa lebih mudah dalam melihat sejauh mana kualitas kesehatan mereka dari skor yang muncul tersebut.

3. Ketahanan Baterai Coros Apex 2 Pro Vs Vertix 2

sc: Trusted Reviews

Hal menarik di sini yang menjadi pembeda antara Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 adalah dari segi ketahanan baterai keduanya. Perbedaan ini dapat Anda lihat pada tabel berikut ini:

Mode Coros Apex 2 Pro Coros Vertix 2
Standar Full GPS 75 jam (terhubung dengan GPS dan QZSS)
17 jam (terhubung dengan GPS dan QZSS dengan musik offline)
140 jam (terhubung dengan GPS dan QZSS)
30 jam (terhubung dengan GPS dan QZSS dengan musik offline)
Semua Satelit Terhubung 45 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama)
14 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama dan musik offline)
90 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama)
25 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama dan musik offline)
Dual Frequency 26 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama)
11 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama dan musik offline)
50 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama)
20 jam (terhubung dengan 5 satelit di waktu yang sama dan musik offline)
Mode Smartwatch 30 hari 60 hari

Dari segi ketahanan baterai, Coros Vertix 2 memang lebih unggul. Khususnya dalam berbagai mode yang digunakan. Baik menggunakan mode GPS hingga penggunaan sehari-hari atau mode smartwatch.

Baca juga: Spesifikasi Coros Vertix 2: Smartwatch Multisport Terbaik

4. Fitur Lainnya

sc: Coros

Sementara itu, hal yang bisa diunggulkan dari Coros Apex 2 Pro dan Vertix 2 ini adalah konektivitasnya yang cepat berkat dukungan Bluetooth 5.0 Dual Mode dan WiFi. Adapun navigasinya seperti GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan Beidou, notifikasi pintar, fitur pelacak tidur, dan alarm. Pada Coros Vertix 2 disematkan fitur untuk setting action camera Insta360 baik itu seri One X2 dan One R melalui jam tangan ini.

Bicara mengenai navigasi, keduanya pun dilengkapi chipset Dual-Frequency GPS yang membuat navigasi lebih akurat. Contohnya koneksi peta digital dengan lima satelit utama di dunia secara bersamaan. Ada pula peta global secara offline yang meliputi topografi, lanskap, dan lainnya. Oleh karena itu, untuk fitur pendukung keduanya dapat diandalkan.

5. Harga yang Dipasarkan

sc: The Verge

Terakhir adalah perbandingan Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 dari segi harga. Di Indonesia, smartwatch Coros dikenal dengan harganya yang affordable dan memiliki sejumlah fitur unggulan. Untuk harga Coros Apex 2 Pro dibanderol di kisaran Rp8.9 jutaan. Sedangkan untuk Coros Vertix 2 dipasarkan di tanah air dengan harga Rp11.5 jutaan.

Harga tersebut sebenarnya worth it untuk pasar di Indonesia. Mengingat jam tangan ini sudah memiliki fitur olahraga dan kesehatan terbaru. Termasuk keunggulan lainnya, khususnya di sektor ketangguhan baterai dan tingkat akurasi GPS yang bisa diandalkan.

Baca juga: Daftar Harga Jam Coros Terbaru 2023, Mulai 3 Jutaan!

Kesimpulan

sc: Facebook/Coros

Dari ulasan antara Coros Apex 2 Pro vs Vertix 2 di atas, dapat disimpulkan jika Coros Vertix 2 lebih unggul. Khususnya dari segi ketahanan baterai maupun ketahanan air yang unggul. Sehingga, jam tangan ini bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas. Terutama untuk olahraga dan aktivitas outdoor lainnya dalam waktu yang lama.

Meski begitu, tanpa mendiskreditkan Coros Apex 2 Pro, jam tangan ini juga memiliki sejumlah keunggulan. Terlebih bagi Anda yang menginginkan smartwatch Coros dengan bobot yang ringan dan desain lebih kecil untuk berolahraga. Baik untuk olahraga dan aktivitas outdoor maupun indoor. Selain itu, fitur olahraga dan kesehatannya juga sangat lengkap dan harganya pun lebih rendah.

Apapun pilihannya, pastikan Anda membelinya sesuai dengan kebutuhan olahraga. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah, membeli di mitra resmi Coros Indonesia seperti Doran Gadget. Selain garansi resmi dan harga bersaing, raih pula kesempatan mendapatkan promo di waktu tertentu. Khususnya untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>