Doran GadgetSamsung kembali mengeluarkan smartwatch terbarunya Samsung Galaxy Watch 5. Kemunculannya disebut-sebut sebagai penerus dari generasi sebelunya atau Watch 4. Hal itu pun membuat para pengguna semakin penasaran apa saja perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5, dan mana yang terbaik dari keduanya? Doran Gadget telah merangkumnya untuk Anda dalam artikel kali ini. Simak sampai akhir ya, Sobat Doran!

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5

Harga Samsung Galaxy Watch 4 (4)

Bagi Anda yang ingin mencari smartwatch Samsung, khususnya dalam mempertimbangkan antara Galaxy Watch terbaru, berikut perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5 dari segi spesifikasi secara umum melansir dari GSM Arena.

 Spesifikasi  Galaxy Watch 4  Galaxy Watch 5
 Dimensi  44.4 x 43.3 x 9.8 mm  44.4 x 43.3 x 9.8 mm
 Bobot  30.3 g(44mm), 25.9 g (40mm)  33.5 g (44mm), 28.7 g (40mm)
 Bahan Material  Glass front (Gorilla Glass DX+), aluminum frame  Glass front (Sapphire crystal), aluminum frame
 Tipe Layar dan Ukuran  Super AMOLED, 1.4 inches  Super AMOLED, 1.4 inches
 Resolusi Layar  450 x 450 pixels (~321 ppi density)  450 x 450 pixels (~321 ppi density)
 Perlindungan Layar  Corning Gorilla Glass DX+ (always-on display)  Sapphire crystal (always-on display)
 Sistem Operasi  Android Wear OS, One UI Watch 3  Android Wear OS 3.5, One UI Watch 4.5
 Memori Internal  16GB 1.5GB RAM  16GB 1.5GB RAM
 GPS  A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS  A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
 WLAN dan Bluetooth  Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band
 Bluetooth5.0, A2DP, LE
 Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band
 Bluetooth5.2, A2DP, LE
 Sensor  Accelerometer, gyro, heart rate, barometer,
 Natural language commands and dictation
 Samsung Pay
 Accelerometer, gyro, heart rate, barometer,
 Natural language commands and dictation
 Samsung Pay
 Ketahanan  50m water resistant (IP68)
 MIL-STD-810G Complaint
 50m water resistant (IP68)
 MIL-STD-810G Complaint
 Baterai  Li-Ion 361 mAh, non-removable, Qi wireless charging (40 jam)
 Li-Ion 410 mAh, non-removable, Qi wireless charging 10W (50 jam)
 Warna  Black, Pink Gold, Silver, Green, Thom Browne Edition, Bespoke Edition, PXG Golf Edition  Graphite, Silver, Pink Gold, Sapphire

Baca juga: 25 Rekomendasi Smartwatch Kesehatan Terbaik untuk Aktivitas Anda

Fitur Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5

Tak hanya mengenai spesifikasi secara umum saja, di sini yang menarik untuk disimak adalah perbandingan Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5 dari segi fitur yang dimiliki. Baik dari segi desain luar maupun fitur-fitur lainnya yang disematkan pada dua smartwatch terbaik Samsung ini seperti dikutip dari website Digital Trends.

1. Desain dan Layar

Pertama dari segi desainnya memang tak ada perubahan untuk keduanya, terlhat sama secara fisik. Hanya saja desain Galaxy Watch 5 lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya. Soal bobot memang Galaxy Watch 4 lebih ringan.

Kemudian, untuk layarnya menggunakan jenis Super AMOLED yang membuat tampilan semakin jelas. Pada Galaxy Watch 5, Samsung mengklaim jika lensa sapphire crystal yang disematkan 60% memiliki lapisan luar yang lebih keras dibandingkan Watch 4. Jika dilihat mana lebih unggul soal desain dan layar, keduanya sama-sama unggul.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Watch 5 dan Spesifikasinya

2. Fitur Kesehatan dan Olahraga

Selanjutnya mengenai fitur kesehatan dan olahraga. Kedua jam tangan ini memiliki fitur sensor BioActive. Namun, pada Galawy Watch 5 lebih akurat dan mudah untuk dibaca. Sensor ini termasuk Bio-Electrical Impedance (BIA), Electrocardiogram (ECG), dan sensor heart rate PPG. Jadi, Anda dapat memonitor kualitas tidur, kadar oksigen dalam darah, dan tekanan darah.

Fitur kesehatan utama dari Galaxy Watch 5 adalah sensor temperatur. Dimana, sensor ini menggunakan teknologi infra merah untuk memantau temperatur dengan akurat. Bahkan ketika kondisi di sekitar pengguna berubah suhu, tetap berfokus pada suhu tubuh pengguna.

Lalu, pada Galaxy Watch 5 juga terdapat Sleep Coaching. Pengguna akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana tidur yang berkualitas. Sementara, untuk fitur olahraga baik Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5 memiliki sekitar 100 mode olahraga. Termasuk untuk latihan lari secara digital dan menyimpan data VO2 Max.

3. Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5 – Baterai

Fitur yang ketiga adalah dari segi ketahanan dan daya baterainya. Jika kita melihat dari tabel di atas, baterai Galaxy Watch 5 lebih unggul dari generasi sebelumnya dari segi kapasitas yang dimiliki. Tentu, hal tersebut berpengaruh pada daya dan ketahanan baterainya. Samsung menjanjikan ketahanan baterai mampu bertahan hingga 50 jam untuk Galaxy Watch 5, beda halnya dengan 40 jam pada Galaxy Watch 4. Namun, perlu diingat daya baterai juga tergantung pada mode dan fitur yang diaktifkan pengguna.

Perbedaan Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5 dari segi baterai adalah, pada seri Watch 5 ini dibekali fitur fast charging. Dengan begitu, bisa terisi hingga 45% dalam waktu 30 menit. Dari sini, bisa disimpulkan jika mengenai segi baterai, Galaxy Watch 5 lebih unggul.

Baca juga: Fitur dan Harga Samsung Galaxy Watch 4, Elegan dan Canggih

4. Fitur Unggulan Lain

Keempat, apa saja fitur unggulan lainnya dari Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5? Dari sistem operasi, keduanya menggunakan WearOS 3 dan Samsung One UI Watch. Dengan sistem operasi tersebut pengguna bisa mengakses Google Assistant seperti Google Maps. Tak hanya itu saja, keduanya pun kompatibel dengan ekosistem Samsung SmartThings.

Samsung pun tak lupa menyematkan fitur yang memudahkan pengguna. Misalnya saja untuk ketahanan air dan debu menggunakan standar IP68 dan 5ATM. Keduanya juga memiliki standar militer khusus. Sehingga pengguna lebih aman menggunakannya untuk aktivitas outdoor.

5. Harga

Harga Samsung Galaxy Watch 4 (2)

Terakhir mengenai harga Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5. Untuk seri Galaxy Watch 4 dibanderol mulai Rp3.4 jutaan sampai dengan Rp5.4 jutaan. Hal itu tergantung pada ukuran dan seri tertentu. Sementara untuk Galaxy Watch 5 terdiri dari dua varian yakni Standar dan Pro.

Samsung Galaxy Watch 5 Standar dibanderol mulai dari Rp3.4 jutaan sampai dengan Rp3.9 jutaan. Sedangkan untuk seri Samsung Galaxy Watch 5 Pro dibanderol seharga Rp6.4 jutaan.

Mana yang Terbaik untuk Anda?

Bila kita melihat dari segi spesifikasi maupun fitur yang ada pada Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5, di atas kertas memang terlihat kalau Galaxy Watch 5 lebih unggul. Terutama dari segi keakuratan data monitor kesehatan dan mode olahraga. Begitu pun dari segi baterai lebih unggul. Terlebih lagi bagi Anda yang menginginkan daya yang besar dan pengisian daya cepat untuk aktivitas yang padat.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 vs Watch 5 Pro, Mana yang Terbaik untuk Anda?

Penutup

Harga Samsung Galaxy Watch 4

Itulah ulasan mengenai Samsung Galaxy Watch 4 vs Galaxy Watch 5 yang perlu Anda ketahui. Khususnya bagi para atlet dan para pecinta olahraga dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan latihan. Apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan. Lalu, hal yang tak kalah pentingnya adalah belilah produk Samsung Galaxy Watch di tempat terpercaya.

Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual produk Samsung original dengan garansi resmi pabrikan. Anda pun bisa mendapatkan promo dan program menarik di waktu tertentu untuk pembelian di website maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

>