Garmin IndonesiaGarmin Epix Pro (Gen 2) diluncurkan bersamaan dengan Garmin Fenix 7 Pro beberapa waktu lalu. Dimana dalam seri tersebut memiliki sejumlah pembaruan lebih baik di beberapa fiturnya. Khususnya untuk fitur pemantau kesehatan dan olahraga. Artikel kali ini akan mengulas tuntas review Garmin Epix Pro (Gen 2) secara tuntas. Mulai dari spesifikasi, fitur unggulan, hingga harga yang dipasarkan sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Spesifikasi Garmin Epix Pro (Gen 2)

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (8)
sc: Manila Bulletin

Berikut spesifikasi Garmin Epix Pro (Gen 2) secara umum yang perlu Anda ketahui:

Dimensi 42 x 42 x 14.2 mm (42 mm)
47 x 47 x 14.6 mm (47 mm)
51 x 51 x 15.0 mm (51mm)
Bobot 63 gram (42 mm)
78 gram (47 mm)
98 gram (51 mm)
Material Lensa Corning Gorilla Glass
Material Bezel Stainless Steel
Material Case Fiber-reinforced polymer with steel rear cover
Kompatibilitas dengan Quick Band Ya, termasuk 20 mm
Material Strap Silikon
Layar Berwarna Ya
Lampu Flashlight Ya
Diameter Layar 1.2 inci (42 mm)
1.3 inci (47 mm)
1.4 inci (51 mm)
Resolusi Layar 390 x 390 pixels (42 mm)
416 x 416 pixels (47 mm)
454 x 454 pixels (51 mm)
Tipe Layar AMOLED
Ketahanan Baterai Hingga 31 hari
Ketahanan Air 10 ATM
Kapasitas Memori 32 GB
Sensor GPS, GLONASS, GALILEO, SATIQ Technolgy, Multi-frequency Positioning, Barometric, Garmin Elevate, Giroskop, dan lainnya

Baca juga: 10+ Rekomendasi Jam Tangan Outdoor Terbaik, Baterai Tangguh!

Fitur Garmin Epix Pro (Gen 2)

Garmin Epix Pro (Gen 2) hadir dengan sejumlah pembaruan fitur unggulan yang membuatnya lebih baik dari seri Epix Gen 2 standar. Dimana dengan pembaruan ini membuat pengguna semakin nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut ulasan Garmin Epix Pro (Gen 2) mulai dari desain, ketahanan baterai, fitur kesehatan dan olahraga, dan yang lainnya.

1. Desain Jam Tangan

Review Garmin Epix Pro (Gen 2)
sc: Wareable

Pertama adalah dari segi desain jam tangan, dimana Garmin Epix Pro (Gen 2) hadir dalam tiga ukuran berbeda yakni 42mm, 47mm, dan 51mm. Casenya terbuat dari bahan fiber yang diperkuat dengan polimer. Sementara itu, untuk bezelnya menggunakan bahan stainless steel yang kokoh. Bobotnya pun sebenarnya cukup ringan di kisaran 78 gram, sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Terdapat lima buah tombol pengaturan di sisi jam tangan. Yakni tiga di sisi kiri dan dua di sisi kanan. Pengguna juga bisa menggunakan fitur touchscreen untuk melakukan perpindahan mode dan lainnya. Sama halnya dengan Garmin Fenix 7 Pro, smartwatch ini dilengkapi dengan flashlight dengan dua mode cahaya, yakni merah dan putih. Hal lain yang tidak kalah unggul dari segi desain adalah ketahanan airnya yang mampu hingga 10 ATM.

Baca juga: Tips Memilih Smartwatch Garmin Sesuai Penggunaan

2. Layar yang Digunakan

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (1)
sc: Wareable

Selanjutnya untuk layarnya menggunakan tipe AMOLED. Dimana keunggulannya adalah memiliki tingkat kecerahan yang tinggi, bahkan di bawah terik matahari sekalipun. Ditambah lagi dengan material lensa terbuat dari kristal safir yang menambah kenyamanan. Material tersebut terpasang di semua ukuran Garmin Epix Pro (Gen 2).

Resolusi layarnya sebesar 416 x 416 pixel membuatnya lebih jelas, cerah, dan lebih mendetail. Sementara untuk ukuran layarnya berada pada 1.3 inci. Untuk perlindungan layarnya menggunakan Corning Gorilla Glass. Dengan begitu, smartwatch memiliki ketahanan terhadap goresan yang wajar. Apalagi adanya flashlight membantu pengguna dalam melihat layar dengan jelas pada saat berada di kondisi minim cahaya dan gelap.

3. Ketahanan Baterai

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (2)
sc: The Verge

Sebagai jam tangan untuk aktivitas outdoor, Garmin Epix Pro (Gen 2) memiliki ketahanan baterai yang sangat tangguh. Melansir dari laman resmi Garmin International, smartwatch ini memiliki ketahanan yang berbeda-beda tergantung pada mode dan tipe yang digunakan. Adapun ketahanan baterai smartwatch ini  yakni:

Mode Epix Pro 42 mm Epix Pro 47 mm Epix Pro 51 mm
Mode smartwatch hingga 10 hari (64 hari dengan mode always-on aktif) hingga 16 hari (6 hari dengan mode always-on aktif) hingga 31 hari (11 hari dengan mode always-on aktif)
Mode hemat daya hingga 14 hari hingga 21 hari hingga 41 hari
Mode hanya GPS hingga 28 jam (20 jam dengan mode alaways-on aktif) hingga 42 jam (30 jam dengan mode alaways-on aktif) hingga 82 jam (58 jam dengan mode alaways-on aktif)
Semua sistem satelit hingga 21 jam (16 jam dengan mode alaways-on aktif) hingga 32 jam (24 jam dengan mode alaways-on aktif) hingga 62 jam (48 jam dengan mode alaways-on aktif)
Semua sistem satelit + Multiband hingga 13 jam (10 jam dengan mode alaways-on aktif) hingga 20 jam (15 jam dengan mode alaways-on aktif) hingga 38 jam (30 jam dengan mode alaways-on aktif)
Semua sistem satelit + Musik hingga 6 jam hingga 10 jam hingga 17 jam
Mode maksimal baterai GPS hingga 49 jam hingga 75 jam hingga 145 jam
Mode ekspedisi hingga 9 hari hingga 14 hari hingga 27 hari

Adapun untuk pengisian dayanya, Garmin menggunakan magnetic charging dengan lama pengisian rata-rata hingga 2 jam.

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

4. Fitur Olahraga dan Kesehatan

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (6)
sc: Garmin

Keempat yakni mengenai fitur olahraga dan kesehatan. Kedua fitur ini memang mendapatkan pembaruan lebih. Untuk mode olahraga misalnya, ada lebih dari 100 mode yang bisa dipilih dan Anda eksplorasi. Mulai dari aktivitas kebugaran seperti HIIT, pilates, yoga, adan tinju. Sementara, untuk olahraga luar ruangan di antaranya mendaki, ski, panjat tebing, memanah, dan selancar.

Begitu juga dengan olahraga tim seperti sepakbola, tenis, badminton, dan lainnya. Termasuk olahraga ekstrem seperti BMX, halang rintang, dan lainnya.Fitur olahraga ini pun didukung teknologi terbaru seperti Hill Score, Endurance Score, Up Ahead, dan Realtime Stamina.

Lalu, untuk fitur pemantau kesehatannya meliputi Pulse ox, Sleep Score, HRV, pemantau tingkat stress, dan ada fitur Instant Health Reports yang bisa membaca kondisi fisik secara realtime dengan cepat. Ini dimungkinkan berkat adanya dukungan Gen 5 Sensor yang membuat kualitas sinyal optimal dan sensor optik lebih akurat.

5. Harga Garmin Epix Pro (Gen 2)

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (3)
sc: Digital Trends

Terakhir adalah dari segi harga Garmin Epix Pro (Gen 2). Adapun harga di setiap seri dan ukurannya berbeda-beda, jika mengacu pada laman Garmin International, maka harga yang dipasarkan adalah sebagai berikut:

  • Garmin Epix Pro (Gen 2) Sapphire Edition 47mm: 999.99US$ (Rp15 jutaan)
  • Garmin Epix Pro (Gen 2) Standart Edition 47mm: 899.99US$ (Rp13.5 jutaan)
  • Garmin Epix Pro (Gen 2) Sapphire Edition 51mm: 1.099US$ (Rp16.5 jutaan)
  • Garmin Epix Pro (Gen 2) Standart Edition 51mm: 999.99US$ (Rp15 jutaan)
  • Garmin Epix Pro (Gen 2) Sapphire Edition 42mm: 999.99US$ (Rp15 jutaan)
  • Garmin Epix Pro (Gen 2) Standart Edition 42mm: 899.99US$ (Rp13.5 jutaan)

Sebagai catatan, harga tersebut adalah harga yang tertera di laman Garmin dan bisa saja berubah di tingkat distributor resmi di tanah air. Hal itu dikarenakan adanya kebijakan fiskal dan pajak atas barang impor yang masuk ke tanah air. Sehingga akan berpengaruh juga pada harga jualnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda selalu mengecek harganya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya di masing distributor.

Baca juga: Spesifikasi Garmin Epix Gen 2, Jam Tangan Premium untuk Outdoor

Penutup

Review Garmin Epix Pro (Gen 2) (4)
sc: Garmin

Dari ulasan Garmin Epix Pro (Gen 2) di atas dapat disimpulkan jika smartwatch ini memiliki sejumlah keunggulan. Terutama di pembaruan seperti sensor yang mendukung kyualitas sinyal lebih baik dan terintegrasi sesnsor optik dengan algoritma khusus. Sehingga kinerjanya lebih optimal dalam memantau aktivitas olahaga dan kesehatan sepanjang hari.

Terlebih lagi terdapat tiga ukuran yang bisa disesuaikan dengan pergelangan tangan Anda. Dari segi harganya pun bisa dibilang sepadan dengan fitur unggulan yang dimilikinya. Tertarik untuk memiliki jam tangan ini? Anda bisa hubungi kami via WhatsApp di sini.

Dapatkan pula promo menarik di waktu tertentu untuk setiap pembelian di store, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Sebagai official store  Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin BaliGarmin Manado, dan Garmin Banjarmasin, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Artikel terkait:

×