Doran GadgetJam tangan outdoor merupakan perlengkapan penting yang dapat Anda gunakan untuk beraktivitas luar ruangan. Termasuk yang berat sekalipun seperti mendaki gunung, jelajah alam, berburu, dan lain sebagainya. Untuk itulah diperlukan jam tangan dengan daya baterai yang tangguh. Artikel kali ini akan membahas mengenai rekomendasi jam tangan untuk outdoor yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Jam Tangan Outdoor Terbaik

Berikut rekomendasi jam tangan outdoor terbaik dengan berbagai fitur tangguh dan canggih serta baterai yang tahan lama dari berbagai brand ternama dunia.

1. Garmin Fenix 7

Rekomendasi yang pertama bisa dipilih adalah Garmin Fenix 7. Jam tangan ini merupakan seri premium. Desainnya sangat ringkas dengan bobot hanya 83 gram saja dan memiliki ketahanan hingga kedalaman 100 meter. Untuk kenyamanan terdapat fitur flashlight untuk kondisi minim cahaya. Kerennya lagi, walaupun memiliki tombol, di sini juga terdapat fitur touchscreen.

Daya baterainya bisa bertahan hingga 40 hari saat digunakan untuk mode GPS. Sedangkan untuk seri Fenix 7 Solar bisa bertahan hingga 1 tahun lebih untuk mode hemat daya dan pengisian menggunakan cahaya matahari.

Harga Garmin Fenix 7: Rp11 jutaan – Rp20.7 jutaan

Baca juga: 15 Seri Smartwatch Garmin dengan Ketahanan Baterai Terlama

2. G-Shock G7900A-4

Selanjutnya yakni GShock G7900A-4 yang merupakan seri terbaik dari brand Casio untuk jam tangan outdoor terbaik. Meskipun untuk outdoor, tampilannya tetap terlihat sporty dan casual. Anda tidak hanya dapat menggunakannya untuk mendaki gunung saja, tetapi juga untuk aktivitas air dengan ketahanan hingga 20 bar. Misalnya saja menyelam di laut, surfing, dan lain sebagainya.

Ketahanan baterainya mampu hingga dua tahun. Kemudian, fitur lain unggulannya antara lain zona waktu dunia, grafik gelombang, alarm multifungsi, hingga fitur ketahanan terhadap air, debu, dan guncangan. Begitu juga dengan timer, stopwatch, hingga lainnya.

Harga G-Shock G7900A-4: Rp1.3 jutaan

3. Jam Tangan Outdoor – Garmin Enduro

Selain seri Fenix 7, Garmin juga memiliki jam tangan untuk aktivitas outdoor lainnya yakni Garmin Enduro. Jam ini hadir dalam dua versi berdasarkan bahannya. Yakni berbahan stainless steel yang berat dan cukup tebal. Namun, jika Anda lebih memilih yang ringan namun kuat, bisa memilih versi berbahan titanium lengkap dengan anti-gores.

Bagaimana dengan ketahanan baterainya? Untuk ketahanan dengan mode ekspedisi GPS mampu bertahan hingga 65 hari dan 95 hari menggunakan mode pengisian daya matahari (solar). Fitur Power Manager yang dimilikinya mampu mengatur dan pengelompokan mode daya agar penggunaan semakin lama. Pengguna juga bisa menikmati berbagai fitur unggulan lainnya.

Harga Garmin Enduro: Rp11.9 jutaan

Baca juga: 20 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Sejauh Ini

4. Expedtion E6402MC

Di nomor empat Anda bisa memilih Expedition E640MC. Soal kualitasnya sudah teruji kokoh dan tangguh di segala kondisi. Hal itulah yang membuatnya sangat cocok digunakan untuk aktivitas mendaki gunung, menyelam, berenang, hingga aktivitas luar ruangan lainnya yang ekstrem.

Layarnya terbuat dari kaca berbahan kristal. Desain luarnya juga tahan terhadap air dan guncangan. Baterainya pun sangat tangguh dan memiliki ketahanan air pula. Dengan begitu sangat nyaman digunakan untuk aktivitas berat sekalipun.

Harga Expedition E640MC: Rp1.2 jutaan

5. Garmin Instinct 2

Kelima ada Garmin Instinct 2 yang hadir dalam dua seri yang berbeda yakni Standar dan Solar. Layarnya memilii resolusi yang tinggi, dengan begitu dapat dibaca dengan mudah bahkan saat berada di bawah sinar matahari secara langsung. Selain itu juga memiliki standar militer 810.

Daya baterainya mampu digunakan hingga 32 hari untuk seri standar. Sedangkan untuk seri solar mampu bertahan hingga 32 hari, Khususnya untuk mode ekspedisi yang bisa diaktifkan saat beraktivitas outdoor. Hal itu akan membuat pengguna merasa lebih nyaman.

Harga Garmin Instinct: Rp5 jutaan – Rp8.5 jutaan

Baca juga: 5 Fitur Penting Pada Device untuk Naik Gunung

6. Suunto Core All Black

Jam tangan outdoor terbaik di nomor enam adalah Suunto Core All Black. Bahan utamanya terbuat dari komposit, lalu bagian strapnya berbahan elastomer yang elastis, ringan, kuat, dan nyaman digunakan. Layarnya pun cukup cerah dengan resolusi 300×300 piksel dan materinya terbuat dari mineral crystal.

Untuk mendukung aktivitas outdoor, terdapat fitur unggulan yang bisa digunakan. Mulai dari kompas, barometer, altimeter, dan lain sebagainya. Tak hanya bagi para pria saja, jam tangan ini juga sangat cocok digunakan oleh wanita aktif untuk aktivitas outdoor.

Harga Suunto Core All Black: Rp3.4 jutaan

7. Jam Tangan Outdoor – North Edge Tank

Rekomendasi lainnya ada North Edge Tank Original. Dari segi desainnya, memang terlihat tangguh dan banyak dipilih oleh para petualang. Fitur-fiturnya pun cukup lengkap seperti timer untuk menghitung waktu mundur, jam dunia, hingga alarm. Tak perlu khawatir untuk penggunaan di malam hari, sebab terdapat backlight yang mempermudah pengguaannya.

Layar LCD-nya dapat mati secara otomatis saat tidak digunakan dalam waktu hanya 3 detik saja. Dengan begitu, Anda pun bisa menghemat penggunaan baterai untuk waktu lama. Pergelangan tangannya terbuat dari bahan karet dan layar anti-gores. Dimana layar tersebut tahan terhadap angin, debu, dan air. Termasuk tahan terhadap guncangan. Harga jam tangan ini juga sangat terjangkau.

Harga North Edge Tank: Rp350 ribuan

Baca juga: 5 Kegiatan Outdoor Favorit yang Menyehatkan

8. Coros Vertix 2

Coros jadi smartwatch pendatang baru yang patutu diperhitungkan. Hal ini karena GPS yang akurat dan baterai yang tangguh. Tak heran jika jam ini cocok untuk aktivitas outdoor. Salah satunya adalah Coros Vertix 2 dengan ketahanan baterai maksimal hingga 60 hari.Dengan tipe layar LCD diklaim membuatnya lebih daya pakai baterai lebih lama karena mampu menghemat energi yang ada. Apalagi layar ini sudah dibekali lapisan antigores dan benturan.

Kemudian, jika Anda menggunakannya untuk olahraga panjat tebing, jam ini dapat digunakan dengan carabiner yang dapat mengunci jam tangan dengan baik. Berkat dukungan dari Coros EvoLab membuat pemantau kesehatan dan olahraganya semakin akurat. Jam tangan Coros Vertix ini juga memiliki fitur tahan air hingga kedalaman 100 meter dan tahan terhadap suhu ekstrem dari -40°C hingga 60° Celcius.

Harga Coros Vertix 2: Rp11 jutaan

9. Suunto Traverse Alpha Stealth

Suunto Traverse Alpha Stealth telah lulus uji kelayakan dari Departemen Pertahanan di kawasan Amerika Utara. Dengan begitu, jam tangan ini sudah tidak diragukan lagi saat dibawa ke alam terbuka karena memiliki ketangguhan dan tahan banting yang tinggi.

Material bezelnya terbuat dari baja yang tangguh. Berbagai fitur unggulannya seperti navigasi hingga alarm sebagai penanda badai. Jadi, pengguna bisa lebih mempersiapkan diri ketika berada di alam terbuka dan mendapatkan notifikasi alarm tersebut.

Harga Suunto Traverse Alpha Stealth: Rp6 jutaan

Baca juga: 25+ Rekomendasi Smartwatch Kesehatan Terbaik untuk Aktivitas Anda

10. Garmin Instinct 2X Solar

Memasuki pertengahan tahun 2023, Garmin kembali merilis tipe baru untuk seri Instinct yakni Garmin Instinct 2X Solar. Tak tanggung-tanggung, ketahanan baterai jam tangan outdoor ini mampu digunakan hingga 100 hari. Ketahanan smartwatch juga tidak diragukan lagi, berkat sertifikasi standar militer MIL-STD-810 membuatnya tahan terhadap goncangan dan air.

Garmin juga memperbarui sistem navigasinya, terutama untuk sensor GNSS dan multiband terbaru, dimana hal tersebut dapat memberikan tingkat akurasi yang tinggi ketika digunakan untuk mode GPS maupun TracBack.Seri ini juga terdapat senter LED khusus yang memudahkan pengguna untuk membantu penerangan dalam kondisi gelap atau malam hari.

Harga Garmin Instinct 2X Solar: Rp6-7 jutaan

11. Coros Apex2

Coros juga merilis jam tangan outdoor tangguh lainnya yakni Coros Apex 2 dengan harga yang bisa dibilang lebih rendah dibanding Coros Vertix 2. Untuk seri Pro, jam tangan mampu bertahan hingga 30 hari. Sedangkan untuk reguler dapat bertahan hingga 17 hari.

Material jam tangan, khususnya di bagian frame dan bezel menggunakan bahan dari titanium alloy grade 5. Hal itu akan membuatnya tangguh dan dapat bertahan di kedalaman 50 meter. Material layarnya terbuat dari bahan Sapphire Glass yang memiliki perlindungan dari goresan hingga 2 kali lipat dan menggunakan tipe LCD untuk mengemat penggunaan daya baterai.

Harga Coros Apex 2: Rp7 jutaan – Rp9 jutaan (seri Pro)

Baca juga: Review Coros Apex 2: Smartwatch Outdoor Lengkap, Harga Bersahabat

12. Amazfit T-Rex Pro

Jika Anda ingin mencari smartwatch outdoor harga terjangkau dengan sejumlah fitur unggulan, tidak ada salahnya memilih Amazfit T-Rex Pro.Ketahanan baterainya mampu digunakan 40 jam hingga 18 hari dan itu tergantung pada mode yang digunakan. Selain itu, jam tangan juga memiliki ketahanan air 10ATM.

Jam juga memiliki fitur navigasi GPS untuk live tracking yang akurat. Layarnya mendukung untuk touchscreen dan masih bisa dibaca dengan jelas walaupun berada di bawah sinar matahari yang terik sekalipun.

Harga Amazfit T-Rex Pro: Rp1.3 jutaan

Penutup

Jam tangan outdoor naik gunung (4)

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai rekomendasi jam tangan outdoor terbaik yang bisa Anda miliki tahun ini. Khususnya untuk aktivitas berat seperti naik gunung, olahraga otudoor, dan aktivitas lapangan lainnya. Apapun pilihannya, pastikan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, belilah di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual smartwatch terbaik original dengan garansi resmi pabrikan. Dapatkan pula harga terbaik di program dan promo khusus yang berlaku di waktu tertentu. Terutama untuk pembelian via website, store, maupun aplikasi Doran Gadget.

Artikel terkait:

>