5 Fitur Penting Pada Device untuk Naik Gunung

jam adventure, naik gunung

Doran GadgetNaik gunung termasuk aktivitas outdoor yang menyenangkan. Namun, agar pendakian Anda merasa nyaman dan aman ada banyak hal yang harus disiapkan. Persiapan fisik dan mental sudah pasti menjadi hal utama. Di sisi lain, perlengkapan naik gunung lainnya juga perlu diperhatikan. Misalnya saja device penting seperti jam tangan outdoor yang dibekali dengan fitur-fitur canggih untuk menemani aktivitas di alam bebas.

Fitur Device untuk Naik Gunung

Untuk memilih device naik gunung, sebaiknya Anda harus mempertimbangkan fitur andalannya. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya yang setidaknya bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan device terbaik.

1. Daya Tahan Baterai Tangguh

Jam tangan outdoor naik gunung (5)

Perlengkapan dan device untuk aktivitas outdoor biasanya mengandalkan daya baterai untuk penggunaannya. Semakin sering digunakan, maka daya baterainya juga semakin menurun. Maka, Anda perlu untuk memilih device yang memiliki banyak fitur namun daya tahan baterainya tangguh.

Contohnya untuk jam tangan outdoor dengan daya pakai baterai hingga lebih dari 50 hari. Atau, Anda juga bisa memilih jam tangan outdoor yang dilengkapi dengan fitur pengisian tenaga surya. Sebab, jam tangan ini akan melakukan pengisian daya secara otomatis dengan menyerap cahaya matahari. Jadi, Anda tak perlu khawatir daya baterai menurun secara drastis saat digunakan.

2. Bahan yang Tangguh di Segala Kondisi

Jam tangan outdoor naik gunung (4)

Berikutnya adalah mengenai bahan yang digunakan. Perlengkapan naik gunung haruslah dirancang tangguh di segala medan dan kondisi. Misalnya tahan terhadap guncangan, anti-gores, tahan air, dan tahan terhadap debu. Idealnya, Anda bisa memakai jam tangan outdoor dengan standar militer AS 810G dan mampu tahan terhadap air hingga 100 meter.

Sedangkan untuk bahannya, menggunakan fitur canggih seperti case dari bahan polimer dengan serat sintetis dengan teknologi Corning Gorilla Glass. Bahan dengan teknologi tersebut memiliki sifat anti-gores tinggi. Selain itu, bahan tali dari bahan silikonnya juga awet dan tahan terhadap berbagai cuaca serta tidak rusak.

3. Fitur GPS Andal untuk Naik Gunung

Jam tangan outdoor naik gunung (2)

Saat naik gunung mengetahui tentang arah menjadi hal yang tidak kalah pentingnya dengan hal lain. Di sini, mengandalkan peta saja tidak cukup dan Anda perlu menggunakan fitur penunjuk arah dan  pendukungnya. Sebagai contoh, jaringan GPS, GLONASS, dan Galileo yang terhubung dengan satelit yang digunakan di seluruh dunia.

Fitur pendukung lainnya adalah dapat digunakan untuk mengatur koordinat jaringan. Dengan fitur ini Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan orang lain melalui Universal Transverse Mercator (UTM). Bila perlu, Anda bisa menggunakan fitur Proyeksi Waypoint pada penunjuk arah saat naik gunung untuk menandai lokasi sebelum memulai perjalanan.

4. Memiliki Fitur Pemantau Kesehatan

Jam tangan outdoor naik gunung (3)

Faktor kesehatan juga menentukan perjalanan dan pendakian Anda. Penting bagi Anda untuk memantau kondisi kesehatan secara real time. Tujuannya adalah untuk menjaga ritme positif dan menentukan kapan waktu untuk beristirahat maupun meneruskan perjalanan. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan monitor heart rate khusus.

Di sisi lain, jam tangan outdoor kini juga dibekali dengan pemantau detak jantung secara otomatis. Lalu, ada pula fitur Pulse OX yang dapat Anda gunakan untuk memantau penyerapan oksigen pada tubuh. Begitu juga dengan fitur monitor energi tubuh untuk mengukur daya energi dalam diri.

Baca juga: Hitung Detak Jantung Lebih Mudah dengan Heart Monitor Rate Garmin

5. Nyaman Digunakan dan Mudah Dioperasikan

garmin instinct solar, garmin indonesia garmin watch original

Terakhir, fitur device untuk naik gunung haruslah mudah dioperasikan dan nyaman digunakan. Kemudahan dalam mengoperasikan device tidak hanya sekadar dari segi penggunaannya saja, namun mudah dioperasikan untuk hal lainnya seperti menerima pesan teks dan notifikasi.

Kemudian, adanya fitur kompas elektronik 3-sumbu memudahkan Anda menentukan arah dan navigasi sensor yang dirancang khusus untuk altimeter dan data ketinggian. Adanya power manager pada device memudahkan Anda untuk melakukan pengaturan sehingga masa pakai baterai dapat disesuaikan dengan kebutuhan di alam bebas saat naik gunung.

Dapatkan Jam Tangan Outdoor untuk Naik Gunung Terbaik

Setidaknya itulah beberapa fitur penting pada device Anda yang bisa diandalkan saat naik gunung. Oleh karena itu, pilihlah device terbaik seperti jam tangan outdoor yang memiliki kriteria di atas seperti Garmin Instinct dan Garmin Fenix. Anda bisa mendapatkan device tersebut salah satunya di Doran Gadget.

Selain barang yang dijual adalah barang asli, kami juga memberikan garansi khususb agi Anda. Begitu juga dengan transaksinya yang mudah, aman, dan nyaman dengan berbagai metode pembayaran. Anda pun berhak mendapatkan harga khusus pada promo-promo tertentu. Untuk informasi lebih lanjut dan up to date seputar jam tangan outdoor dan gadget lainnya untuk naik gunung, join di channel Telegram kami.

Selamat berpetualang!