Doran GadgetHiking atau mendaki gunung saat ini menjadi aktivitas yang cukup populer di masyarakat. Selain menyehatkan, mendaki gunung juga dapat menyegarkan pikiran kita dengan mengagumi alam sekitar dan ciptaan Tuhan. Oleh karena itu, tak hanya fisik saja yang harus disiapkan. Perlengkapan naik gunung pun juga wajib diperhatikan.

Perlengkapan Naik Gunung

Berikut tujuh perlengkapan naik gunung yang perlu Anda perhatikan dan dibawa untuk melakukan pendakian yang aman dan nyaman.

1. Tas Carrier 

perlengkapan naik gunung (2)
sc: Trip Advisor

Carrier atau tas gunung merupakan perlengkapan hiking yang wajib dibawa pertama. Fungsinya jelas untuk menyimpan perbekalan selama pendakian. Maka, pilihlah tas carrier sesuai dengan kebutuhan. Idealnya, kapasitas minimum tas ransel gunung ini adalah 60 liter.

Lalu, pilihlah tas dengan perlengkapan tambahan seperti rain cover yang bisa dipasang ketika hujan turun. Kemudian, pilihlah yang sesuai postur tubuh. Hal ini penting guna menghindari rasa sakit saat digunakan yang dapat membuat Anda tidak nyaman atau bahkan cedera.

2. Baju Hangat dan Pelindung Tubuh

perlengkapan naik gunung (7)
sc: Clever Hiker

Perlengkapan naik gunung berikutnya adalah pelindung tubuh. Perlengkapan ini biasanya ialah jaket atau baju hangat untuk melindungi tubuh dari udara dingin dan hipotermia. Selain itu, juga dapat melindungi dari terik matahari saat pendakian.

Ketika Anda mendaki saat cuaca hujan, bawalah jas hujan yang nyaman. Pelindung tubuh lainnya yang tidak kalah penting yakni topi, kacamata, dan juga sarung tangan yang nyaman.

3. Obat-Obatan dan Alat Pemantau Kesehatan

perlengkapan naik gunung (6)
sc: Forever Vacation

Jangan sepelekan perjalanan pendakian terutama bagi pemula, sebab Anda tidak tahu apa yang akan terjadi selama pendakian. Terlebih untuk kondisi darurat, kesehatan saat mendaki perlu diperhatikan. Sebagai contoh kaki terkilir, badan kurang nyaman, dan kelelahan. Oleh karena itu, obat-obatan juga penting dibawa sebagai antisipasi seperti obat merah, vitamin, dan lainnya.

Lalu, bisa dengan membawa alat pemantau detak jantung untuk mengetahui kondisi dan menjaga ritme positifnya. Salah satunya menggunakan pemantau detak jantung Garmin yang dirancang khusus dengan fitur terbaik dan tali pengikat yang lembut, nyaman, dan fleksibel saat digunakan.

Baca juga: 10+ Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia 

4. Sepatu Gunung

perlengkapan naik gunung (4)
sc: CNET

Untuk melindungi kaki saat mendaki, Anda harus menggunakan alas kaki yang nyaman dan kuat. Di sini perlengkapan hiking pelindung kaki yang wajib dibawa adalah sepatu gunung dan sandal gunung. Pilihlah kedua alas kaki ini sesuai ukuran agar tidak mengalami masalah saat mendaki.

Sepatu gunung bisa Anda gunakan ketika sedang mendaki, sedangkan sandal gunung bisa digunakan saat berada di pos pendakian atau di tempat tujuan untuk beristirahat. Bila perlu, bersihkan dan keringkan sepatu di bawah sinar matahari agar nyaman digunakan kembali.

5. Matras dan Tenda

perlengkapan naik gunung (3)
sc: Halfway Anywhere

Dalam melakukan pendakian, tentu Anda memerlukan waktu dan tempat untuk beristirahat sejenak untuk melepas lelah dan penat. Agar lebih nyaman, sebaiknya bawalah perlengkapan naik gunung seperti matras untuk tidur atau makan. Fungsinya adalah untuk mengalangi hawa dingin yang ada di tanah maupun benda lainnya. Atau untuk tidur bisa pula membawa sleeping bag.

Kemudian, Anda bisa membawa tenda yang dengan ukuran sesuai. Bisa untuk Anda sendiri maupun kelompok. Pastikan jika ukurannya tidak terlalu besar agar tidak terlalu berat saat dibawa.

6. Smartwatch

perlengkapan naik gunung (5)
sc: Garmin

Jam tangan masuk sebagai perlengkapan outdoor yang wajib dibawa. Tak hanya sekadar untuk melihat waktu saja, kini jam tangan dengan fitur pintar atau smartwatch memiliki banyak kelebihan. Mulai dari memantau detak jantung, untuk musik, GPS, dan sebagainya.

Bahkan, Anda tak perlu khawatir kehabisan baterai ketika mendaki. Sebab, smartwatch memiliki daya baterai tahan lama. Beberapa di antaranya seperti Garmin Instinct Solar dilengkapi dengan fitur pengisian tenaga surya. Selain itu juga memiliki daya ketahanan terhadap air dan debu sehingga nyaman digunakan untuk berbagai kondisi cuaca.

7. Handheld GPS

sc: GearLab

Memahami navigasi sangat diperlukan ketika naik gunung. Biasanya, para pendaki menggunakan kompas untuk melakukan navigasi tersebut. Seiring perkembangan teknologi, selain kompas juga dapat didukung dengan menggunakan GPS. Salah satunya adalah handheld GPS yang mudah digenggam dan ringkas.

Di area tanpa sinyal, handheld GPS sangat bisa diandalkan cocok karena terhubung dengan sistem navigasi GPS dan GLONASS yang terintegrasi satelit. Hasilnya pun lebih akurat. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan perangkat ini untuk mengukur kecepatan, ETA, jarak, dan waktu ke tujuan berikutnya.

8. Perlengkapan Memasak 

Perlengkapan Naik Gunung
sc: Freepik

Asupan makanan memegang peranan vital dalam mendapatkan energi dan nutrisi selama melakukan pendakian. Jenis makanan bisa beragam, mulai dari makanan instan hingga makanan yang memerlukan persiapan masak. Oleh karena itu, peralatan memasak menjadi kebutuhan penting untuk mengolahnya.

Biasanya, satu orang di dalam rombongan tiga atau empat pendaki bertanggung jawab membawa peralatan masak. Namun, jika jumlah pendaki lebih banyak, disarankan membawa minimal dua set peralatan masak. Dengan demikian, proses persiapan makanan bisa dilakukan lebih cepat dan memastikan semua pendaki mendapatkan makanan dalam waktu yang tepat.

Baca juga: Selain Himalaya, Ini 13 Daftar Gunung Tertinggi di Dunia!

9. Gaiters dan Jas Hujan

sc: GearLab

Gaiters adalah perlengkapan penting untuk pemula dalam pendakian gunung, karena mereka dapat memberikan perlindungan terhadap kerikil, semak basah, dan berbagai medan berduri lainnya, serta mencegah agar benda-benda tersebut tidak masuk ke dalam sepatu. 

Selain itu, jas hujan adalah item yang sangat berguna selama perjalanan, bahkan saat musim hujan tidak tiba. Jas hujan bukan hanya melindungi dari hujan, tetapi juga berfungsi sebagai jaket anti air, memberikan manfaat tambahan dalam menjaga tubuh tetap kering dan nyaman selama pendakian.

10. Trekking Pole, Senter, dan Headlamp

Perlengkapan Naik Gunung
sc: Freepik

Trekking pole adalah alat yang sangat berguna untuk menyeimbangkan berat tubuh saat berjalan di jalur pendakian yang curam dan dapat membantu mengurangi nyeri pada lutut. Oleh karena itu, membawa trekking pole saat mendaki gunung adalah langkah bijak.

Selain itu, dalam menjelajahi alam bebas, pencahayaan sangat penting. Oleh sebab itu, peralatan seperti senter dan headlamp harus selalu siap saat Anda merencanakan pendakian. Dengan perlengkapan ini, Anda akan lebih siap dan aman selama petualangan di alam terbuka.

11. Tali dan Kantong Sampah 

Perlengkapan Naik Gunung
sc: Freepik

Tali adalah perlengkapan yang sangat penting dalam setiap pendakian dengan berbagai kegunaan, seperti menggantung pakaian, membantu dalam perjalanan menuruni tebing, atau mengikat flysheet ke pasak. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mempersiapkan tali saat hendak mendaki. 

Selain itu, penting juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan saat di alam terbuka. Jangan membuang sampah sembarangan, dan pastikan untuk membawa kantong sampah guna menampung sampah non-organik selama perjalanan. Kantong sampah ini juga dapat digunakan untuk melapisi tas atau barang-barang Anda agar terlindung dari basah saat hujan. Dengan tindakan ini, kita dapat menjaga lingkungan alam dan tetap menjalani pendakian dengan bertanggung jawab.

12. HT untuk Berkomunikasi

Handy Talky Terbaik (1)
sc: Freepik

Komunikasi yang aktif sangat penting ketika naik gunung. Apalagi jika Anda terbagi dalam rombongan pendaki. Tentu, komunikasi sangat dibutuhkan untuk memantau lokasi terkini dan kondisi tim selama pendakian. Dengan komunikasi, dapat meminimalisir hal-hal tak diinginkan seperti tersesat dan kondisi darurat lainnya.

Terkadang komunikasi dengan jaringan seluler terkendala oleh sinyal. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membawa perangkat handy talky. Jarak transmisi yang mampu hingga beberapa kilometer, membuatnya bisa diandalkan tanpa menggunakan jaringan seluler. Agar lebih nyaman, pilihlah HT dengan performa baterai yang prima dan fitur pendukung unggulan.

13. Peralatan Naik Gunung Lainnya

Perlengkapan Naik Gunung
sc: Freepik

Selain perlengkapan hiking di atas, Anda juga perlu membawa perlengkapan pendukung lainnya. Ini dilakukan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk keperluan yang mendesak. Misalnya saja pisau lipat yang multifungsi untuk memotong dahan dan ranting atau memasak, hingga sebagai perlindungan diri dari ancaman hewan liar.

Begitu pun dengan korek api yang berfungsi untuk menghangatkan badan maupun membuat api unggun atau palu untuk membuat tenda dan hammock menjadi lebih kokoh. Perlengkapan lainnya yang tak kalah penting adalah powerbank, botol air minum, karet, kursi, dan lainnya yang dirasa perlu untuk Anda bawa.

Baca juga: No Skip, Ini 10 Persiapan Wajib Naik Gunung untuk Pendaki Pemula!

Mendapatkan Perlengkapan Naik Gunung Terbaik

Handy Talky JETE

Itulah beberapa perlengkapan naik gunung yang wajib diperhatikan saat melakukan pendakian. Selain itu, persiapkan pula kondisi fisik Anda agar tetap prima dengan asupan nutrisi dan berolahraga yang cukup.

Kini, Anda bisa mendapatkan beberapa perlengkapan naik gunung terbaik seperti smartwatch, GPS, powerbank, hingga handy talky di Doran Gadget. Nikmati kenyamanan berbelanja dan banyak penawaran menarik untuk setiap pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>