7 Wisata Outdoor Terbaik Indonesia Ini Sudah Mendunia Lho!

wisata outdoor

Doran GadgetWisata outdoor alam bebas di Indonesia nyaris tidak terbatas jumlahnya. Selalu ada saja daya tarik wisata alam baru yang mengundang rasa penasaran, baik turis domestik maupun mancanegara. Banyak wisata alam Indonesia yang sudah mendunia dan menjadi destinasi favorit wisatawan asing lho!

Berpetualang di alam terbuka memang memberikan banyak manfaat. Misalnya seperti melepaskan stress dan penat akibat padatnya aktivitas sehari-hari, hingga mengabadikan pemandangan yang luar biasa indahnya. 

Namun wisata outdoor juga memberikan tantangan tersendiri. Untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan, medan yang dilalui biasanya cukup terjal. Nah, melalui artikel ini, Doran Gadget akan memberikan daftar 7 tempat wisata favorit di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Wisata Outdoor Alam Terbuka Indonesia yang Mendunia

Yuk, simak mana saja destinasi wisata terfavorit di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia!

1. Pantai Kelingking, Nusa Penida (Bali)

wisata outdoor

Tidak ada yang meragukan pesona alam Bali. Pulau Dewata hingga saat ini masih menjadi destinasi terfavorit, terutama bagi wisatawan asing. Pantai menjadi daya tarik utama pulau ini. Salah satu yang sedang naik daun adalah Pantai Kelingking atau Kelingking Beach. 

Anda bisa melihat keindahan Pantai Kelingking dari ketinggian saja, atau menuruni tebing untuk turun ke pantainya. Medan yang dilalui cukup terjal dan menantang, jadi pastikan tubuh Anda dalam kondisi yang fit.

Memantau atau mengukur kesehatan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan menggunakan smartwatch. Jam tangan Garmin, misalnya, sudah dilengkapi fitur Body Battery sehingga Anda bisa tahu kadar energi yang dimiliki tubuh Anda.

2. Wae Rebo (Nusa Tenggara Timur)

wisata outdoor

Negeri di atas awan bukan lagi sebuah dongeng. Desa Wae Rebo yang ada di Nusa Tenggara Timur adalah buktinya. Desa ini terletak di ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Namun memang tidak mudah untuk mencapai desa ini. Anda harus mendaki bukit agar sampai di Wae Rebo.

Jangan khawatir, semua perjuangan dan rasa lelah akan terbayar setelah melihat keindahan desa Wae Rebo dan bangunan tradisional yang semakin mempercantikan pemandangan alamnya. 

3. Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

wisata outdoor

Sulawesi memang surganya wisata bawah laut. Selain Bunaken, ada Wakatobi yang menawarkan keindahan biota bawah laut yang sayang dilewatkan. Taman Nasional Wakatobi terbentang seluas 13.900 km2 dan memiliki lebih dari 100 terumbu karang dan ribuan ikan-ikan bawah laut aneka warna.

Tidak heran Wakatobi menjadi tujuan favorit para penyelam dari berbagai penjuru dunia. Saat menyelam, Anda bisa menggunakan jam tangan outdoor Garmin Fenix 6 Series yang sudah dilengkapi dengan waterproof untuk terus memonitor kondisi Anda selama berada di bawah laut.

4. Wisata Outdoor Gunung Bromo (Jawa Timur)

wisata alam

Indonesia memang memiliki banyak gunung vulkanis yang masih aktif. Gunung Bromo adalah salah satu di antaranya. Gunung ini begitu terkenal, baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Beberapa lokasi yang menarik di Gunung Bromo adalah Puncak Penanjakan yang sering dijadikan spot terfavorit untuk menyaksikan matahari terbit. Karena Gunung Bromo telah menjadi destinasi wisata outdoor yang sangat terkenal, Anda bisa menemukan berbagai fasilitas umum seperti tempat ibadah, toilet, dan penjual makanan.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Pasir Berbisik, hamparan padang pasir seluas 5920 hektar yang terbentang di jalur menuju puncak Bromo.

5. Kawah Ijen (Jawa Timur)

wisata alam

Di ujung Jawa Timur, ada Kawah Ijen di Banyuwangi yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Kini nama Kawah Ijen sudah mulai populer di mancanegara karena api biru atau blue fire yang sering disebut sebagai api abadi. 

Api berwarna biru ini menyala secara alami dari dalam kawah. Di seluruh dunia, fenomena seperti ini hanya bisa ditemukan di dua negara saja, yakni Indonesia dan Islandia. Untuk dapat menyaksikannya, Anda harus mendaki Gunung Ijen agar bisa sampai ke kawahnya.

6. Pink Beach Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur)

wisata alam

Wisata outdoor yang tersohor selanjutnya adalah Pulau Komodo. Bahkan Pulau Komodo telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Di pulau ini hidup tidak kurang dari 2000 ekor komodo yang dibiarkan menyatu dengan habitat aslinya. Hewan purba yang satu ini memang hampir punah, sehingga banyak orang yang berdatangan untuk melihatnya di pulau ini.

Bukan hanya itu saja, Pulau Komodo juga memiliki banyak wisata alam lain yang layak dikunjungi. Misalnya seperti Pink Beach, sebuah pantai dengan pasir merah muda yang sangat indah. Di seluruh dunia, hanya ada 7 pantai saja yang memiliki pasir merah muda, sehingga semakin meningkatkan daya tarik Pulau Komodo.

7. Raja Ampat (Papua)

wisata alam

Raja Ampat menjadi primadona wisata alam Indonesia. Keindahan alam yang ada di Papua ini memang tidak terkalahkan. Namun untuk bisa ke sana, memang diperlukan budget yang tidak sedikit. Tapi jangan khawatir, Anda tidak akan kecewa dengan pemadangan yang tiada duanya ini.

Pianemo atau Painemu menjadi salah satu spot terfavorit, yaitu gugusan pulau karang yang membentang di atas lautan. Inilah yang membuat Raja Ampat sering disebut sebagai surga kecil dunia.

Anda juga bisa menyaksikan Laguna Bintang secara utuh dari ketinggian di atas bukit. Laguna bintang berbentuk seperti bintang dengan air berwarna hijau toska yang sangat mengagumkan.

Maksimalkan Kegiatan Wisata Outdoor Dengan Jam Tangan Canggih

Berwisata di alam bebas memang kegiatan yang sangat menyenangkan, apalagi dengan menjelajah berbagai wilayah di Indonesia. Tapi pastikan juga kondisi tubuh tetap fit selama Anda berpetualang di alam terbuka ya.

Misalnya dengan menggunakan jam tangan outdoor Garmin Instinct dan Garmin Fenix 6 Series yang dilengkapi dengan serangkaian fitur untuk aktivitas di luar ruangan. Mau Anda diving di kedalaman atau mendaki di ketinggian, Anda akan memperoleh informasi lengkap mengenai kondisi tubuh Anda.

Dapatkan info promo Garmin Instinct dan Fenix 6, serta info menarik lainnya seputar gadget dan teknologi dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!