garmin smartwatch

Garmin Indonesia Body battery menjadi salah satu fitur unggulan pada beberapa seri Garmin smartwatch. Fitur ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai energi dan kesiapan Anda untuk melakukan training. Dengan adanya fitur ini, Anda yang hobi training di gym bisa mendapatkan hasil yang lebih efektif.

Body battery juga bisa dimanfaatkan sebagai manajemen stress penggunanya, serta untuk mengukur apakah tubuh sudah siap untuk melakukan aktivitas berat atau masih membutuhkan waktu pemulihan.

Simak bagaimana cara kerja dan manfaat Body Battery jam Garmin untuk penggunanya.

Cara Kerja Body Battery di Garmin Smartwatch

Garmin Smartwatch

Fitur jam Garmin ini mengkombinasikan antara data variabilitas detak jantung (HRV) , stress, dan aktivitas untuk mengkalkulasi sisa energi pengguna. Skala yang digunakan adalah 1 sampai 100, dimana angka 100 menunjukkan jumlah energi tertinggi.

HRV adalah pengukuran yang digunakan untuk melihat dominasi sistem saraf simpatik. Ini merupakan sistem saraf yang bertanggung jawab atas respon “fight or flight” tubuh dan berhubungan dengan naiknya detak jantung, imunitas menurun, gangguan pencernaan, dan kecemasan.

Normalnya, saat menghembuskan nafas tubuh kita menjadi sedikit lebih rileks. Hal ini diindikasikan dengan sedikit penurunan detak jantung. Naik turunnya detak jantung inilah yang disebut dengan “variabilitas”.

Jika detak jantung kita tidak banyak berubah selama menghembuskan nafas (yang berarti variabilitasnya rendah), hal tersebut menunjukkan tubuh Anda terlalu stress hingga tidak bisa rileks. Rendahnya variabilitas detak jantung berkaitan erat dengan kondisi fisik, penyakit, toksisitas, stress psikologis, kelaparan, hingga masa penyembuhan yang belum selesai.

Stress dan Aktivitas Tubuh

Data HRV yang diperoleh Garmin smartwatch dikombinasikan dengan stress. Kedua hal ini saling mempengaruhi satu sama lain. Singkatnya, semakin tinggi stress yang dirasakan, maka semakin cepat pula baterai tubuh habis.

Dengan demikian, Anda akan tahu bahwa tingkat aktivitas berdampak langsung pada kondisi tubuh. Misalnya Anda sudah berolahraga selama 5 hari berturut-turut, maka sudah selayaknya tubuh Anda merasa lelah dan butuh istirahat. Ini adalah salah satu manfaat smartwatch yang sangat berguna bagi Anda.

Data tidur juga menjadi faktor penentu skor Anda. Untuk memaksimalkan kinerja Garmin watch, Anda disarankan untuk tidur dengan mengenakan smartwatch Garmin Instinct, salah satu produk yang sudah dilengkapi dengan fitur ini.

Analisis yang diberikan oleh Garmin smartwatch menggunakan data kumulatif sehingga hasilnya lebih akurat. Hal ini sangat penting, jadi ketika Anda kurang tidur dalam 1 hari saja selama seminggu, bukan berarti tingkat energi Anda rendah. 

Namun jika jam tidur Anda terdeteksi tidak cukup selama lima hari dalam seminggu, maka skor Anda akan sangat terpengaruh. 

Apakah Body Battery Pada Smartwatch Garmin Penting Untuk Anda?

Garmin Smartwatch

Jika Anda bertanya tentang seberapa penting dan bermanfaat fitur yang satu ini, tentu tergantung dari penggunaan masing-masing. Menurut banyak penggunanya, fitur ini adalah representasi yang cukup akurat untuk mengukur level energi mereka.

Hasil yang ditunjukkan oleh Body Battery Garmin smartwatch menjadi dasar untuk para pengguna dalam mengatur porsi olahraga mereka. Setelah berolahraga keras selama beberapa hari, tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan energi. 

Sebelum mulai berolahraga lagi, Anda bisa melihat apakah baterai tubuh Anda sudah terisi penuh kembali atau masih membutuhkan waktu untuk istirahat.  Secara umum, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur manajemen energi secara lebih baik dan membantu Anda mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang sehat.

Terakhir, dengan fitur ini Anda dapat menganalisa tren tubuh Anda. Jika skor yang Anda dapatkan secara konsisten selalu di bawah angka yang Anda harapkan, Anda bisa mulai mencari cara untuk meningkatkannya.

Produk Garmin yang Dilengkapi Body Battery

Jika Anda tertarik dengan fitur Body Battery, Anda bisa menemukannya pada seri Garmin smartwatch berikut ini, yang bisa Anda dapatkan di Garmin Jakarta dan Garmin Surabaya. Jangan lupa cek dulu harga jam Garmin sebelum membelinya.

  • Garmin Approach S62
  • Garmin Fenix 6 series
  • Garmin Forerunner 245 / 245 Music, 745, 945
  • Garmin Instinct / Solar series
  • Garmin Lily
  • Garmin Venu / Venu SQ
  • Garmin Vivoactive 4
  • Garmin Vivosmart 4
  • Garmin Vivomove 3, Luxe, Style

Penutup

Fitur Body Battery jam Garmin ditujukan tidak hanya bagi penggila olahraga saja, tetapi juga untuk Anda yang ingin mengetahui kondisi fisik dan psikologis. Selain produk yang dituliskan di atas, Anda juga bisa mengecek rekomendasi jam Garmin di bawah 5 juta untuk menemani aktivitas Anda. Dapatkan info menarik seputar gadget dan promo dengan join di Telegram channel dorangadget.com.

Insert Video

Artikel terkait:

× WhatsApp