Dorangadget.com Sejak Peluncuran Garmin Venu SQ beberapa hari yang lalu. Jam tangan ini membuat Garmin semakin mendekati Apple Watch, terlihat dari desainnya sendiri dan saat dibandingkan dengan desain Jam Garmin sebelumnya. Bisa jadi Garmin Venu SQ ini menjadi alternatif selain Apple Watch.

Dalam artikel kali ini akan membahas perbedaan Venu SQ dengan Apple Watch. Sehingga Anda bisa memilih dengan bijak mana yang benar-benar Anda butuhkan dan mampu mempermudah hidup.

1. Segi Harga Venu SQ dan Apple Watch

Dari segi harga, Garmin Venu SQ dijual dengan harga Rp 3.199.000 untuk versi biasa dan Rp 3.999.000 untuk versi musik dan bisa Anda dapatkan secara pre order dengan harga khusus. Sedangkan Apple Watch 3 dibandrol dengan harga Rp 4.199.000. Selisih harganya tidak terlalu jauh, lantas apa yang membedakan kedua smartwatch ini?

jam garmin terbaru

2. Desain dan Bahan

Tidak bisa dipungkiri jika Garmin Venu SQ memiliki desain seperti Apple Watch dengan bentuk persegi panjang. Desain Venu SQ terlihat sangat sporty dengan menggunakan polimer yang biasanya digunakan untuk jam Garmin. Ditambah dengan bezel aluminium, SQ terlihat semakin elegan untuk dikenakan di berbagai aktivitas.

Untuk bagian layarnya sendiri, Venu SQ sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass yang tahan goresan. Garmin Watch Terbaru ini memiliki dua tombol untuk kontrol dengan layar sentuh yang memudahkan untuk navigasi. Garmin menggunakan tali silikon 20mm dengan klip yang mempermudah Anda melepas strap.

Apple Watch 3 terbuat dari bahan aluminium yang membuatnya terasa lebih kokoh namun terasa lebih berat. Pada bagian strap jam Apple Watch, memiliki banyak varian yang bisa diganti dengan mudah. Keduanya juga memiliki waterproofing 5ATM yang membuatnya bisa digunakan berenang di kolam renang.

3. Bagian Layar Garmin Venu SQ dan Apple Watch

Terdapat beberapa perbedaan besar pada tampilan untuk kedua smartwatch ini. Pertama pada smartwatch Apple menggunakan OLED dan smartwatch Garmin menggunakan LCD. Perbedaan komponen tersebut membuat beberapa perbedaan dalam kualitas visual. Layar  OLED akan terlihat lebih bagus untuk warna mencolok dan memberikan warna hitam yang lebih pekat.

Apple Watch 3 berukuran 38mm dengan resolusi 272 x 340 piksel. Sedangkan Garmin Venu SQ memiliki resolusi 240 x 240 piksel yang membuat Apple Watch juga lebih tajam. Apple Watch juga menawarkan layar lebih besar dengan resolusi lebih tinggi di semua model. 

Pertimbangan selanjutnya dari segi layar, Apple Watch juga memiliki antarmuka pengguna yang lebih menarik secara visual. Sedangkan visual jam Garmin SQ jauh lebih sederhana. Tampilan Apple Watch yang terkesan canggih tersebut berdampak besar pada baterai.

Baca: Jam Tangan Garmin Venu SQ VS Jam Tangan Garmin Venu

garmin venu sq apple watch

4. Daya Tahan Baterai

Kelebihan utama jam Garmin Venu SQ dari Apple Watch adalah adalah untuk masa pakai baterai. Garmin watch Venu SQ sanggup bertahan selama 6 hari ketika Anda menggunakanya  sebagai smartwatch. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakannya untuk keluar di akhir pekan.

Saat Anda menggunakannya dalam mode GPS, Jam tangan Garmin Venu SQ akan bertahan selama 14 jam. Bisa dipastikan jika Anda harus mengisi dayanya seminggu sekali. Sehingga ketika Anda lupa mengisi dayanya sebelum tidur, daya baterai smartwatch Garmin masih ada.

Apple mengklaim masa pakai baterai 18 jam untuk digunakan pada hari-hari biasa. Tetapi tidak mungkin itu dapat bersaing dengan Garmin Venu SQ untuk ketahanan baterainya. Pada banyak kasus, Anda mungkin akan lebih sering lupa mengisi dayanya saat hendak tidur.

Untuk pelacakan tidur, Venu Sq akan secara realistis melacak tidur Anda. Namun di Apple Watch, Anda tidak bisa bahkan mungkin tidak akan merasakan fitur tersebut. Karena harus mengisi daya baterainya atau paginya Anda mendapati smartwatch Anda kehabisan baterai.

jam garmin venu sq

5. Sensor dan Fitur Untuk Olahraga

Terkait sensor di jam tangan ini, tidak ada perbedaan besar antara Garmin Venu SQ dan Smartwatch Apple Series 6 terbaru. Sensor pemantau kadar oksigen dalam darah di Apple Watch Series 6 juga ada di Garmin Venu SQ.

Kedua smartwatch ini melacak banyak gerakan dan metrik gaya hidup Anda. Seperti langkah-langkah, memberikan informasi rute GPS untuk memberi Anda pelacakan lokasi dan rute yang akurat dari latihan Anda.

Garmin memiliki pelacakan detak jantung paling akurat karena memonitor beberapa kali per detik untuk mengumpulkan lebih banyak data selama berolahraga. Garmin lebih dikenal untuk pelacakan olahraga dan Venu SQ salah satu jam tangan olahraga terbaik. Sedangkan Apple memasang smartwatch sebagai perangkat kesehatan saja.

Kedua perangkat mendukung pelacakan tidur. Garmin mengambil informasi ini dalam konteks latihan Anda dan stres harian untuk memberitahu apakah Anda cukup istirahat melalui fitur Body baterai. Sedangkan Apple hanya melaporkan tentang tidur Anda yang dipantau, untuk fitur tersebut, pastikan baterai Apple Watch Anda cukup untuk keesokan harinya.

apple watch smartwatch apple

6. Dukungan Smartphone

Apple Watch hanya berfungsi dengan iPhone, jika Anda pengguna Android, maka pilihannya hanya Garmin. Jika melihat data di lapangan, pengalaman perangkat pihak ketiga seperti Garmin dengan Android lebih baik daripada dengan iPhone. Karena mendukung lebih banyak fungsi melalui Google juga membalas pesan dengan cepat.

Namun, Venu SQ mendukung banyak fungsi yang Anda inginkan di iPhone. Hanya saja tidak selancar pengalaman menggunakan smartwatch Apple. Apple Watch dan iPhone merupakan perangkat yang dirancang untuk bekerja sama.

Baca: Akhirnya Rilis, Ini dia Spesifikasi dan Harga Jam Garmin Terbaru Venu SQ

Venu SQ menggunakan Garmin Connect untuk menyinkronkan data, sehingga semua aktivitas Anda muncul di aplikasi tersebut. Aplikasi Garmin Connect pada dasarnya akan berbagi data dengan layanan lain yang Anda inginkan. Bahkan akan membagikan data dengan Apple Health jika Anda ingin melihat data latihan Anda disitu.

jam garmin kotak jam garmin persegi

Baca: Perbedaan Garmin Instinct VS Garmin Forerunner 245 Mana yang Lebih Cocok Untuk Anda

Smartwatch Apple menyinkronkan data ke Apple Health dan dapat dipindahkan ke layanan lain seperti Strava. Proses tersebut dilakukan secara manual, sedangkan sinkronisasi Garmin dilakukan secara otomatis.

Baca: Memilih yang Terbaik ini Perbedaan Jam Garmin Fenix 6 vs Fenix 6S vs Fenix 6X

7. Fungsi Smartwatch

Venu SQ akan mencakup banyak fungsi untuk sebuah smartwatch. Dengan menggunakan aplikasi Garmin Connect IQ. Anda juga dapat menambahkan berbagai aplikasi, meskipun lebih fokus pada olahraga. Namun untuk Apple Watch Anda tidak akan mendapatkan berbagai aplikasi tersebut.

Baca: Perbandingan Jam Tangan Garmin Premium – Garmin Forerunner 945 VS Garmin Fenix 6

Untuk mendengarkan musik di Venu SQ, Anda harus membeli yang versi musik. Sedangkan Smartwatch Apple mendukung musik yang bisa Anda hubungkan ke AirPods. Apple Watch mulai mencoba dengan menawarkan fitur di luar olahraga. Seperti pemetaan dan ada juga dukungan untuk Siri atau kontrol suara dan antarmuka pengguna yang lebih canggih.

Baca: Perbedaan Jam Garmin Forerunner 745 VS Forerunner 945

Kesimpulan

Jika Anda mulai bingung untuk memilih diantara keduanya. Maka pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Misalnya Anda menginginkan yang dapat mendukung gaya hidup sehat dengan memberikan data-data seputar tubuh dan tetap bisa diandalkan untuk bepergian jauh dalam waktu yang lama.

Baca: Menyaingi Apple Watch, Garmin Keluarkan Jam Tangan Seri Terbaru Garmin Venu SQ Dengan Bentuk Kotak Menyerupai Apple Watch

Maka Jam Garmin terbaik adalah solusi untuk masalah tersebut. Garmin sudah terkenal digunakan untuk pelacakan olahraga. Jika Anda menggunakan perangkat Garmin, setiap aktivitas bisa diakses karena ekosistem Garmin. Misalnya Anda bersepeda menggunakan GPS Sepeda Garmin atau monitor Heart Rate Garmin. Semuanya akan terhubung satu sama lain.

Baca: Akhirnya Rilis, Ini dia Spesifikasi dan Harga Jam Garmin Terbaru Venu SQ

Pada akhirnya, itu tergantung untuk apa Anda akan menggunakannya. Jika melacak diatas segalanya, maka Garmin adalah pesaing kuat karena merupakan bagian dari platform olahraga yang hebat. Anda bisa mendapatkan smartwatch Garmin terbaik hanya di Doran Gadget sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali. Kami menjual produk dengan garansi pabrikan dan jaminan barang asli.

Artikel terkait:

× WhatsApp