Perbandingan Jam Tangan Garmin Premium – Garmin Forerunner 945 VS Garmin Fenix 6

Jam garmin forerunner 945 vs smartwatch fenix 6

Dorangadget.com Berolahraga selain membuat tubuh menjadi sehat dan fit, juga bisa mengurangi stres. Untuk menemani Anda berolahraga, dua Garmin Watch yang bisa Anda pilih yakni Fenix 6 dan Forerunner 945. Keduanya merupakan sama-sama jam tangan premium untuk masing-masing tipe. Dengan menggunakan smartwatch Garmin saat olahraga akan memberikan Anda informasi penting tentang tubuh Anda untuk menghindari tubuh seperti jantung bekerja terlalu keras. 

Dalam artikel ini akan membahas perbedaan antara Fenix 6 dan Forerunner 945:

Perbedaan Tampilan Jam Tangan Garmin Forerunner 945 dan Jam Garmin Fenix 6

jam garmin pelopor 945

Baik jam Garmin Fenix 6 dan Forerunner 945 memiliki ukuran yang sama dengan tampilan yang berbeda. Jika Anda amati, Fenix 6 menggunakan logam untuk kerangkanya dengan bagian sekrup yang terbuka. Hal ini memberikan kesan agresif, sporty dan kuat.

Sedangkan Garmin Forerunner 945 menggunakan bahan Polimer dengan tampilan ramping dengan tambahan tombol di kedua sisinya. Desain tersebut memberikan kesan simpel, ramping dan modern.

Baik Forerunner 945 atau Fenix 6 sama-sama menggunakan tali atau strap silikon yang nyaman saat dikenakan. Setiap strap bisa Anda ganti, namun ketersediaannya belum terlalu banyak. Dengan begitu Anda mungkin akan tetap menggunakan Strap bawaan.

Berat Garmin Fenix 6 dan Forerunner 945

Garmin Fenix memiliki berat yang cukup berat jika Anda belum terbiasa. Fenix 6 berbahan baja memiliki berat keseluruhan 83 gram. Sedangkan untuk yang berbahan Titanium memiliki berat keseluruhan 72 gram.

Sedangkan Forerunner 945 hanya memiliki bobot 50 gram saja karena menggunakan bahan Polimer. Hal ini tentu membuat perbedaan yang signifikan terlebih saat Anda menggunakannya. Memang saat pertama akan terasa berat, namun lama kelamaan tubuh Anda akan menyesuaikan diri dan mulai terbiasa.

Layar Smartwatch Fenix 6 dan Forerunner 945

jam tangan olahraga garmin forerunner 945

Layar pada Smartwatch Fenix berdiameter 33.2 mm beresolusi 260 piksel. Layar tersebut cukup mudah diakses dan tidak terlalu memakan tempat pada pergelangan tangan. Jika Anda menyukai jam berdiameter cukup besar, Fenix 6 ini bisa menjadi pilihan.

Sedangkan Jam Forerunner 945 memiliki layar yang lebih kecil yakni 30.4 mm dengan resolusi 240 piksel. Meskipun lebih kecil dari segi layar, Anda tetap bisa mengakses menu didalamnya dengan mudah. Jika pergelangan tangan Anda berukuran sedang, jam Forerunner ini masih cocok Anda kenakan.

Performa Baterai Fenix 6 dan Forerunner 945

Baik Fenix 6 maupun Forerunner sama-sama memiliki baterai yang bisa diandalkan. Pihak Garmin menyatakan bahwa baterainya mampu bertahan 14 hari untuk mode smartwatch. saat mode GPS tanpa musik mampu bertahan 36 jam dan 10 jam untuk mode GPS dengan musik.

Namun Fenix 6 memiliki fitur yang memungkinkan Anda mematikan fitur yang tidak dibutuhkan. Sehingga masa pakai baterai Anda akan jauh lebih panjang. Hal tersebut tidak dimiliki oleh Forerunner 945. Daya tahan baterai tersebut cukup hemat, namun itu semua tergantung dengan kebutuhan Anda.

Kemudahan Penggunaan Forerunner 945 dan Garmin Fenix 6

Kedua Jam tangan ini memiliki kemiripan lagi dalam segi penggunaan. Anda bisa mengakses menu melalui tombol-tombol yang tersedia. Dua tombol pada sisi kanan dan tiga tombol pada sisi kiri.

Kedua jam ini juga memiliki berbagai tampilan yang bisa dipilih. Anda bisa menyesuaikan tampilan sesuai keinginan agar lebih mempersonalisasikan Anda.

Baca: Cara Membuat Rute Lari atau Bersepeda Dengan Aplikasi Garmin Connect

Pelacakan yang Dilakukan Garmin Fenix 6 dan Forerunner 945

smartwatch garmin forerunner 945

Jam Garmin sebagai smartwatch yang di khususkan untuk aktivitas berat di luar ruangan membuatnya sanggup melacak berbagai aktivitas Anda. Begitu juga dengan Fenix 6 dan Forerunner. Jika Anda sedang menjalani gaya hidup sehat, dengan Smartwatch Garmin Anda akan melihat perkembangan dari latihan.

Selain memiliki berbagai fitur pelacakan aktivitas tubuh. Garmin Fenix 6 lebih istimewa karena dilengkapi dengan beberapa aktivitas yang telah dimuat sebelumnya yang semakin memudahkan dalam penggunaan. Seperti bersepeda gunung, jumpmaster dan taktis.

Menggunakan Navigasi Pada Fenix 6 dan Garmin Forerunner 945

selai garmin fenix 6

Untuk kebutuhan navigasi, kedua jam tangan Garmin ini sama-sama bisa diandalkan dan memiliki notifikasi navigasi. Saat Anda menggunakan GPS, Anda akan mendapatkan informasi yang cukup akurat seperti medan jalan dan tempat-tempat menarik yang bisa Anda kunjungi.

Keduanya juga sama-sama mampu menghitung tiga rute berbeda sesuai kebutuhan Anda. Hal ini akan sangat berguna untuk Anda yang hobi berlari atau bersepeda. Keduanya juga memiliki berbagai fitur pelatihan yang bisa Anda ikuti.

Baca: Bagaimana Cara Pantau Data Aktivitas Anda Melalui Fitur My Day Garmin Connect? (Part 1)

Penutup

Kedua jam Garmin ini sama-sama memiliki berbagai fitur yang menarik untuk mendukung aktivitas gaya hidup sehat. Keduanya juga merupakan pilihan yang bagus untuk Anda yang gemar berolahraga seperti lari dan aktivitas lainnya karena sanggup menganalisa latihan, memprediksi kinerja Anda dan lain sebagainya.

Fitur pada Fenix 6 namun tidak dimiliki Forerunner 945 yakni manajer daya yang mampu menutup aplikasi yang tidak dibutuhkan untuk menghemat baterai. Untuk segi bentuk, itu kembali pada Anda. Jika lebih menyukai jam tangan simple, maka Forerunner, namun jika menginginkan jam tangan yang terlihat tangguh, maka Fenix 6 adalah jawabannya.

Jika Anda tertarik untuk memaksimalkan segala fitur jam tangan Garmin Anda. Silahkan kunjungi Garmin Connect Tutorial. Disitu terdapat banyak artikel panduan untuk membantu Anda menggunakan Aplikasi Garmin.