Suka Naik Gunung? Ini Dia 5 Hal yang Tidak Boleh Dilupakan

naik gunung

Doran GadgetNaik gunung kini menjadi kegiatan yang sedang diminati oleh kalangan anak muda. Kondisi alam Indonesia yang punya banyak gunung juga turut mempengaruhi perkembangan tren yang satu ini. Bahkan buat Anda yang masih pemula, mendaki gunung juga bukan masalah.

Meskipun di Indonesia sangat mudah untuk mendaki di gunung mana saja yang diinginkan, banyak yang melupakan berbagai hal penting, terutama saat sedang persiapan naik gunung. Melalui artikel ini, Doran Gadget akan memberitahu Anda hal-hal tidak boleh dilupakan agar kegiatan outdoor Anda jadi lebih menyenangkan.

Jangan Sampai Anda Melupakan Hal Ini Saat Naik Gunung

Ini dia hal-hal yang tidak boleh dilupakan dalam persiapan sebelum mendaki gunung.

1. Survey lokasi

naik gunung

Survey lokasi gunung sangat penting, apalagi buat pemula lho. Bahkan Anda yang sudah pro dalam hal pendakian harus tetap melakukan survey jika belum pernah mendaki sebuah gunung tertentu. Sayangnya, hal ini juga sering dilewatkan karena terlalu semangat.

Jika sudah melakukan survey sebelumnya, Anda akan mendapatkan gambaran tentang medan yang harus dihadapi sehingga tidak kaget nantinya.

2. Latihan fisik

Mendaki adalah kegiatan berat yang membutuhkan kekuatan fisik luar biasa. Sayangnya, justru hal inilah yang juga sering dilupakan oleh para pendaki, terutama mereka yang masih pemula.

Meskipun gunung yang akan didaki tidak terlalu tinggi, tetap diperlukan persiapan fisik yang matang sebelum berangkat. Setidaknya seminggu sebelum berangkat, luangkan waktu di pagi dan sore hari untuk berlatih fisik. Misalnya seperti berlari dan melakukan olahraga ringan lainnya.

3. Musim saat naik gunung

Karena akan berkegiatan di alam bebas, musim harus jadi aspek penting yang diperhatikan sebelum mendaki gunung. Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, musim kemarau adalah waktu terbaik untuk mendaki, karena tidak sering hujan.

Mendaki di musim hujan memberikan tantangan yang besar pada para pendaki. Ini sama sekali tidak disarankan oleh pemula lho. Meskipun demikian, ada saja pendaki profesional yang sengaja memilih musim hujan agar lebih menantang.

4. Perlengkapan naik gunung

Tidak sedikit lho para pendaki yang menyepelekan checklist perlengkapan barang sebelum berangkat. Jika pendaki pemula belum banyak berpengalaman, pendaki profesional sering mengabaikan hal ini karena merasa sudah memiliki banyak pengalaman. Padahal kita tidak tahu apa yang akan terjadi di tengah pendakian.

Mulai dari perlengkapan darurat seperti jas hujan dan obat-obatan, hingga logistik dan sleeping bag jangan sampai ada yang ketinggalan ya!

5. Jam tangan outdoor

garmin instinct solar, garmin indonesia garmin watch original, naik gunung

Mungkin sebagian dari Anda tidak pernah terpikir akan membutuhkan jam tangan khusus untuk kegiatan outdoor seperti Garmin Instinct. Jam tangan outdoor ini dirancang untuk memudahkan Anda ketika mendaki sekaligus memberikan informasi tentang kondisi tubuh yang akurat

Jadikan Garmin Instinct Teman Mendakimu!

Pertengahan tahun seperti bulan Juni ini memang saat yang tepat untuk naik gunung. Karena negara-negara 4 musim sedang musim panas, maka curah hujan di negara kita juga cenderung rendah.

Jangan lupa cek lagi semua perlengkapan dan barang bawaan sebelum berangkat. Pastikan Anda juga membawa serta jam tangan Garmin Instinct yang dibekali dengan berbagai fitur untuk mendukung kegiatan naik gunung. Sekarang sedang ada promo khusus untuk jam tangan outdoor dari Garmin, yaitu Instinct dan Fenix 6 Series.

Dapatkan info lengkapnya dengan join di channel Telegram Doran Gadget sekarang juga!