Film Horor Indonesia - FI

Doran GadgetFilm horor Indonesia masih menjadi pilihan tontonan favorit masyarakat sampai saat ini. Jalan cerita yang penuh dengan kejutan tak terduga terkadang membuat adrenalin membuncah. Terlebih lagi, ini memberikan sensasi tersendiri bagi para pecinta film horor.

Apakah Anda memiliki rencana menonton film horor marathon di akhir pekan ini? Simak rekomendasinya yang telah kami himpun untuk ditonton bersama keluarga, teman, atau sendirian.

Rekomendasi Film Horor Indonesia

Berikut deretan film horor dari tanah air yang punya rating bagus dan memegang predikat terseram yang bikin bulu kuduk merinding.

1. Pengabdi Setan (2017)

Film Horor Terbaik - Pengabdi Setan
sc: Imdb

Rekomendasi film horor dengan predikat terbaik di Indonesia beberapa tahun terakhir ada ‘Para Pengabdi Setan’. Dimana di film ini dikisahkan tentang wanita bernama Rini yang terpaksa harus menghentikan kuliahnya. Alasannya untuk merawat sang ibu, Mawarni.

Pada saat merawat ibunya itulah dia mulai menemukan keanehan. Terlebih setelah sosok ibu meninggal dunia. Setiap hari Rini dan keluarganya mengalami kejadian aneh secara beruntun. Kemudian, satu per satu akhirnya terbongkar siapa sosok sang ibu sebenarnya.

Baca juga: 10+ Film Horor Terbaik dan Terseram, Berani Nonton?

2. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Film Horor Terbaik - Jahanam
sc: Imdb

Rekomendasi film horor Indonesia lainnya ada ‘Perempuan Tanah Jahanam’ yang rilis tahun 2019 lalu. Berkisah tentang Maya dan Dini di sebuah kota besar. Kemudian, Maya kembali ke kampung halaman bersama Dini untuk mencari rumah peninggalan kedua orang tuanya.

Namun, nasib yang ditemui berbeda, saat tiba di kampung itu kisah horor pun mulai terasa. Keduanya merasakan aura dan suasana mistis di desa tersebut. Semakin hari suasana semakin mencekam. Untuk berhasil meloloskan diri, mereka pun harus melewati berbagai rentetan kejadian-kejadian tak terduga.

3. Inang (2022)

Film Horor Terbaik - Inang
sc: Imdb

Film Indonesia yang tidak kalah seram adalah ‘Inang’ yang diproduksi dan rilis tahun 2022 lalu. Mengambil kisah tentang penumbalan dan sekte sesat, film ini menghadirkan serentetan adegan horor yang cukup mengejutkan.

Jalan ceritanya adalah tentang perempuan hamil di luar nikah yang bernama Wulan. Dalam kondisi yang sedang kebingungan, dia akhirnya bertemu dengan keluarga Santoso. Dimana keluarga ini berjanji dan membantu mengadopsi sang anak. Akan tetapi, Wulan malah dijadikan tumbal ritual keluarga tersebut.

Baca juga: 10 Film Dokumenter Netflix yang Wajib Anda Tonton!

4. Film Horor Indonesia – Khanzab (2023)

Film Horor Indonesia - Khanzab
sc: Imdb

Khanzab’ adalah film horor thriller yang berlatar waktu tahun 1998. Menceritakan kisah dari Rahayu dengan ibu tirinya serta adikya saat kembali ke rumah masa kecilnya. Saat terjadinya huru-hara isu pembantaian dukun santet, ayah Rahayu pun menjadi korbannya.

Dia menyaksikan secara langsung kekejian tersebut dan membuatnya trauma. Untuk menghilangkannya, Rahayu melakukan salat agar bebannya menjadi ringan. Akan tetapi, justru sebaliknya dan dirinya diganggu oleh Khanzab atau setan pengganggu. Di sinilah Rahayu mengalami pergulatan untuk mengatasi hal tersebut.

5. Sewu Dino (2023)

Film Horor Indonesia - Sewu Dino
sc: Imdb

Di nomor lima ada ‘Sewu Dino’ yang rilis di tahun 2023 ini. Film bercerita tentang gadis bernama Sri yang bekerja pada keluarga Atmojo karena himpitan ekonomi. Di sisi lain, Atmojo menerimanya karena Sri lahir di hari Jumat Kliwon. Keanehan dimulai saat Sri dibawa ke tengah hutan untuk memandikan cucu Mbah Karsa Atmojo yakni Dela Atmojo.

Sang cucu telah lama tidak sadarkan diri karena kutukan santet Sewu Dino. Di gubuk tengah hutan inilah Sri, Erna, dan Dini tidak bisa keluar karena perjanjian mistis dengan Mbah Karsa Atmojo. Yakni, menyelesaikan ritual hingga hari ke-1000. Jika melanggar, nyawa mereka jadi taruhannya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Netflix Terbaru 2023, Cocok Ditonton Weekend!

6. Bayi Ajaib (2023)

Film Horor Indonesia - Bayi Ajaib
sc: Imdb

Bayi Ajaib’ merupakan film remake dengan judul sama di tahun 1982 silam. Kisahnya menceritakan dua pemuda desa yang bernama Dorman dan Kosim yang ingin menjadi kaya dengan cara berbeda. Keduanya dirasuki ambisi keserakahan dan bersepakat membuat perjanjian mistis dengan iblis dengan tumbal anak Kosim.

Selain mengisahkan alur cerita yang membuat merinding, di sisi lain film ini sebenarnya memiliki pesan moral tersendiri. Yakni, tentang bagaimana ambisi yang tinggi dapat mengubah pribadi seseorang. Terlebih jika dilakukan dengan cara yang tidak benar. Ada konsekuensi yang harus diterima.

7. Qodrat (2022)

Film Horor Indonesia - Qodrat
sc: Imdb

Qodrat’ dibintangi oleh Vino G Bastian (sebagai Qodrat) dengan gabungan dari beberapa genre yakni religi, action, dan religi. Berkisah tentang ustadz yang memiliki kemampuan ahli ruqyah. Namun, dia gagal untuk meruqyah anak sendiri. Itulah mengapa sang anak terus dirasuki oleh sosok bernama Assuala.

Akhirnya, Qodrat pun kembali ke pesantren dimana dia menuntut ilmu. Sesampainya disana, dia pun dihadapkan dengan gangguan lainnya yang tidak bisa dijelaskan. Lantas, bagaimana kisah Qodrat selanjutnya? Anda bisa menontonnya sendiri, Sobat Doran!

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Religi Indonesia untuk Nonton Bareng Keluarga

8. KKN di Desa Penari (2022)

Film Horor Indonesia - KKN Desa Penari
sc: Imdb

Tahun 2022 lalu, film ‘KKN di Desa Penari’ sempat booming di bioskop Indonesia. Jalan ceritanya mengisahkan tentang enam orang mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa terpencil untuk membantu masyarakat. Namun, selama masa KKN ini mereka kerap diganggu makhluk halus hingga mengalami kejadian aneh yang mistis.

Gangguan itu pun semakin meningkat sampai-sampai nyawa terancam. Oleh karena itu, keenam mahasiswa tersebut bekerjasama agar bisa survive dan keluar dari desa serta menyingkap misteri yang ada. Petualangan dimulai saat mereka mencoba menguak misteri dan teror gaib secara bertubi-tubi.

9. Suzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

Film Horor Indonesia - Bernapas dalam Kubur
sc: Imdb

Film ini diadaptasi dari film horor klasik Indonesia tahun 80-an. Menceritakan tentang suami istri Suzanna dan Satria. Keduanya hidup bahagia namun tidak memiliki anak setelah lima tahun pernikahan. Hingga suatu saat, Satria mengancam pergi dari rumah.

Akhirnya, kesempatan itu digunakan para karyawan mereka merampok rumahnya. Dalam peristiwa itu, Suzanna dikubur hidup-hidup. Akan tetapi, arwah Suzanna akhirnya kembali ke dunia nyata. Selain itu, dia muncul di depan suaminya. Dari sinilah Satria mengungkap kebenaran kematian sang istri dan kisah arwah yang menghantuinya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Netflix Terbaru 2023, Cocok Ditonton Weekend!

10. Suzanna: Malam Jumat Kliwon (2023)

Film Horor Indonesia - Jumat Kliwon
sc: Imdb

Terakhir, Luna Maya juga membintangi film horor klasik Suzanna mengadaptasi film dengan judul sama ‘Malam Jumat Kliwon’ yang rilis tahun 1986. Bercerita tentang sosok Suzanna sebagai kembang desa dan menjadi pembicaraan banyak pria. Namun, dirinya telah memilih Surya. Mereka berdua bermimpi untuk membangun rumah tangga.

Di sisi lain, impian tersebut kandas karena Suzanna menikah dengan Raden Aryo karena terlilit hutang. Saat Suzanna hamil, istri pertama Raden Aryo tidak menyukainya dan berinisiatif mengirimkan santet. Sejak waktu itu, Suzanna sering diteror dan hal keanehan pun terjadi secara beruntun.

Nonton Film Horor Indoensia dengan Perangkat Terbaik

Film Horor Indonesia
sc: Lipstiq

Itulah beberapa rekomendasi film horor Indonesia terbaik dan terseram yang bisa ditonton bareng atau sendirian. Agar lebih nyaman saat nonton film favorit, gunakan perangkat terbaik yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Mulai dari smart TV hingga speaker.

Jika Anda menontonnya di smartphone, jangan lupa gunakan perangkat audio seperti headset dan TWS untuk merasakan sensasi audio lebih baik. Begitu juga dengan perangkat lainnya seperti powerbank yang menjaga daya baterai tetap prima. Khususnya saat nonton ketika traveling. Selamat menonton!

Artikel terkait: