Garmin IndonesiaGarmin kembali meluncurkan smartwatch terbaik untuk outdoor menjelang pertengahan tahun 2023 ini dengan dirilisnya Garmin Instinct 2X Solar. Varian ini menjadi pelengkap dari seri Instinct yang dirancang khusus bagi penggunaan luar ruangan yang tangguh.

Bahkan, di seri terbarunya Garmin mengklaim jika jam tangan pintar ini daya baterainya mampu hingga 100 hari. Penasaran seperti apa review Garmin Instinct 2X solar dari segi spesifikasi, fitur, keunggulan, hingga harganya? Simak ulasannya sampai tuntas dalam artikel kali ini Sobat Doran!

Spesifikasi Garmin Instinct 2X Solar

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi) (1)
sc: Tech Radar

Berikut spesifikasi Garmin Instinct 2X Solar secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya sebagaimana dilansir dari laman resmi Garmin International:

Material Lensa Power Glass
Material Case dan Bezel Fiber yang Diperkuat Polimer
Kompatibilitas Quickfit Ya (26mm)
Material Strap Silikon
Dimensi dan Bobot 50 x 50 x 14.5 mm (67 gram)
Ukuran Layar 27 x27 mm
Resolusi Layar 176 x 176 Pixel
Ketahanan Air 10 ATM
Ketahanan Baterai Hingga 100 hari
Memori 64MB
Mode Pengisian Daya Plug-in Charge
Sensor dan Navigasi GLONASS, GPS, Galileo, Kompas, Giroskop, Accelerometer, Thermometer, PulseOX, Garmin Elevate, Barometric Altimeter, dan Multi-Frequency Positioning
Warna Moss, Whitestone, Flame Red, Graphite
Harga Rp6-7 jutaan

Baca juga: 10 Jam Tangan Garmin Terbaik 2023 yang Bisa Anda Pilih

Fitur Garmin Instinct 2X Solar

Mengenai fitur dan keunggulan dari Garmin Instinct 2X Solar, bisa dilihat dari segi desain, layar, fitur olahraga dan kesehatan, hingga ketahanan baterainya. Dihimpun dari laman DC Rainmaker dan Gadgets & Wearables serta sumber lainnya, berikut di antaranya:

1. Desain dan Layar

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi) (3)
sc: Garmin

Fitur Garmin Instinct 2X Solar pertama bisa dilihat dari segi desain dan layar yang dimilikinya. Ukurannya dialnya lebih besar yakni 55mm dibandingkan dengan seri sebelumnya. Sedangkan bobotnya di kisaran 67 gram. Sedangkan untuk layarnya menggunakan tipe monokrom dan bisa dilihat walaupun di bawah terik matahari karena adanya dukungan transflective memory-in-pixel (MIP).

Untuk resolusinya adalah 176 x 176 pixel, dimana hal ini memang mirip dengan seri Instinct 2 Solar. Akan tetapi, pada versi terbaru ini Garmin menyematkan senter tipe LED dimana tidak terdapat di seri 45mm. Keunggulan dari senter ini ialah bisa memancarkan cahaya yang sesuai dengan ritme lari penggunanya.

Kemudian, senter dapat memancarkan lampu berwarna merah. Hal tersebut membantu pengguna lebih nyaman dan aman saat lari atau melakukan aktivitas outdoor di malam hari. Sebab, mudah dilihat oleh pengendara dan pengguna jalan lainnya. Senter juga bisa memancarkan cahaya dengan warna putih dan merah secara bergantian untuk membantu visibilitas di malam hari.

Baca juga: Cara Mengganti Tali Jam Tangan Garmin Instinct 2

2. Fitur Olahraga dan Kesehatan

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi) (4)
sc: Garmin

Seperti halnya jam tangan Garmin lainnya, Garmin Instinct 2X Solar memiliki sejumlah fitur olahraga dan kesehatan unggulan. Khususnya untuk aktivitas olahraga outdoor hingga indoor. Beberapa di antaranya adalah lari, bersepeda, renang, dan lainnya. Termasuk untuk olahraga berat seperti triathlon.  Bahkan, ada beberapa pembaruan mode olahraga seperti mode Running Track, Obstacle Racing, Boxing, hingga MMA.

Lalu, ada pula fitur pemantau kesehatan untuk membantu pengguna melihat kondisi kesehatan terkini sehari-hari maupun setelah berolahraga. Mulai dari pemantau kesehatan jantung (Heart Rate), VO2 Max, Pemantau kualitas tidur, dan sebagainya.

Termasuk fitur Training Readiness yang dapat melihat sejauh mana kebugaran tubuh Anda untuk melakukan aktivitas olahraga selanjutnya. Termasuk pemantau tingkat stres dan banyak lagi fitur unggulan lainnya yang membantu meningkatkan kebugaran pengguna.

3. Fitur Lainnya

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi) (2)
sc: Garmin

Berbicara mengenai review Garmin Instinct 2X Solar kurang lengkap jika tidak membahas fitur lainnya. Pada seri terbaru ini, Garmin memperbarui navigasinya, seperti sensor GNSS dan multiband terbaru, dimana hal tersebut dapat memberikan tingkat akurasi yang tinggi ketika digunakan untuk mode GPS maupun TracBack.

Ketahanan smartwatch juga tidak diragukan lagi, berkat sertifikasi standar militer MIL-STD-810 membuatnya tahan terhadap goncangan dan air. Bahkan, pengguna dapat memakainya untuk aktivitas air dengan kedalaman hingga 100 meter. Termasuk layar yang diperkuat dengan fitur anti-gores.

Sementara itu, pada model Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition, cahaya senter memiliki warna hijau. Dimana cahaya ini sebagai tanda saat mengaktifkan Stealth Mode maupun Jumpmaster. Dengan Stealth Mode pengguna dapat membatasi data untuk berbagai GPS. Lalu, Jumpmaster digunakan untuk aktivitas skydiver. Mode tersebut juga secara otomatis mengaktifkan barometer dan kompas ketika pengguna melompat pada waktu skydiving.

Baca juga: Garmin Instinct 2 vs Garmin Instinct, Apa Saja Perbedaannya?

4. Ketahanan Baterai

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi) (6)
sc: DC Rainmaker

Hal lainnya yang menjadi sorotan dari keunggulan fitur Garmin Instinct 2X Solar adalah dari segi ketahanan baterainya. Jam tangan ini diklaim memiliki ketahanan baterai lebih hemat 50% jika dibandingkan dengan seri Garmin Instinct 2 Solar standar.

Hal ini karena panel layar yang digunakan telah diperbarui dan itu membuat penyerapan cahaya matahari lebih baik namun tetap efisien saat digunakan. Berikut ketahanan baterai dari Garmin Instinct 2X Solar dari beberapa mode yang perlu Anda ketahui:

  • Mode smartwatch: 40 hari (tanpa solar charging) dan unlimited (dengan solar charging)
  • Mode GPS Only: 60 jam (tanpa solar charging) dan 145 jam (dengan solar charging)
  • Mode All Satellite System: 40 jam (tanpa solar charging) dan 65 jam (dengan solar charging)
  • Mode All Satellite System + Multiband: 27 jam (tanpa solar charging) dan 36 jam (dengan solar charging)
  • Mode Max Battery GPS: 150 jam (tanpa solar charging) dan unlimited (dengan solar charging)
  • Mode Expedition GPS Mode: 60 hari (tanpa solar charging) dan unlimited (dengan solar charging)
  • Mode Hemat Baterai: 100 hari (tanpa solar charging) dan unlimited (dengan solar charging)

Daya baterai di atas dapat bekerja dengan baik tanpa sambungan melalui sinar matahari dengan kondisi 50.000 lux. Jika dengan kondisi ini, maka pada mode GPS dengan baterai maksimum smartwatch ini tidak perlu diisi daya ulang.

5. Harga Garmin Instinct 2X Solar

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi)
sc: Worn & Wound

Terakhir adalah dari segi harga Garmin Instinct 2X Solar, untuk harganya sendiri melansir dari laman Garmin International, smartwatch ini dibanderol 449.99US$. Jika dikonversikan ke mata uang rupiah, maka harganya berada di kisaran Rp6 jutaan. Sedangkan untuk seri Garmin Instinct 2X Solar Tactical Edition dijual 500US$ atau sekitar Rp7 jutaan.

Sekadar catatan, harga tersebut bisa saja berubah di setiap negara atau regional. Hal itu karena harga yang masuk disesuaikan dengan berapa persentase pajak yang dikeluarkan oleh negara tersebut. Sehingga berpengaruh terhadap harga jualnya di authorized dealer maupun mitra resmi Garmin.

Baca juga: Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2 – Ini Perbedaan Utamanya

Kesimpulan

Review Garmin Instinct 2x Solar (Harga dan Sepsifikasi) (7)
sc: Garmin

Dari ulasan mengenai review Garmin Instinct 2X Solar di atas, dapat disimpulkan jika jam tangan ini jadi pilihan tepat bagi Anda pecinta adventure dan aktivitas outdoor. Hal ini karena ketahanan baterainya yang tangguh di berbagai kondisi hingga 100 hari. Termasuk desainnya yang bisa diandalkan dalam kondisi gelap sekalipun berkat adanya senter tambahan yang bisa diaktifkan.

Kini, Anda bisa mendapatkan jam tangan seri Instinct terbaik hanya di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin SurabayaGarmin JakartaGarmin SemarangGarmin Bali, dan Garmin Manado, serta Garmin Banjarmasin, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan.

Selain itu, ada pula berbagai promo menarik yang bisa didapatkan untuk pembelian langsung di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan konsultasi produk hubungi kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku di waktu tertentu.

Artikel terkait:

×