Garmin WatchGarmin Instinct Crossover vs Instinct 2 jadi perbincangan yang menarik untuk disimak bagi para pecinta seri Instinct. Sebab, dalam kurun waktu tidak sampai satu tahun, Garmin mengeluarkan seri Crossover ini.

Sebelumnya Instinct 2 diluncurkan pada bulan Februari 2022 lalu. Lantas, apa perbedaan utama keduanya? Simak ulasannya yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget kali ini.

Spesifikasi Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2

Berikut perbandingan antara Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2 dan juga seri Instinct 2s secara umum yang perlu diketahui. Khususnya bagi Anda yang mempertimbangkan mana seri Instinct terbaik untuk penggunaan dan kebutuhan sehari-hari:

 Spesifikasi  Instinct Crossover  Instinct 2  Instinct 2s
 Material Lensa  Monochrome, MIP  Monochrome, MIP  Monochrome, MIP
 Material Bezel  Fiber yang diperkuat polimer / Stainless Steel  Fiber yang diperkuat polimer  Fiber yang diperkuat polimer
 Material Case  Fiber yang diperkuat polimer  Fiber yang diperkuat polimer  Fiber yang diperkuat polimer
 Material Strap  Silikon  Silikon  Silikon
 Dimensi dan Bobot  45.0 x 45.0 x 16.2 mm (65 gram)  45 x 45 x 14.5 mm (52 gram)  40 x 40 x 13.3 mm (42 gram)
 Ukuran Layar  0.9” x 0.9” (23 x 23 mm)  0.9” x 0.9” (23 x 23 mm)  0.79” x 0.79” (20.12 x 20.12 mm)
 Resolusi Layar  176 x 176 pixels  176 x 176 pixels  156 x 156 pixels
 Tipe Layar  Monochrome, MIP  Monochrome, MIP  Monochrome, MIP
 Analog  Ya  Ya  Ya
 Sensor  Optical heart rate, SpO2, barometric altimeter, compass, accelerometer, thermometer  Optical heart rate, SpO2, barometric altimeter, compass, accelerometer, thermometer  Optical heart rate, SpO2, barometric altimeter, compass, accelerometer, thermometer
 PS Chipset  Airoha  Sony  Sony
 Ketahanan Air  10 ATM  10 ATM  10 ATM
 Penyimpanan  64 MB  32 MB  32 MB
 Koneksi  Bluetooth, ANT+  Bluetooth, ANT+  Bluetooth, ANT+
 Navigasi  GPS
 GLONASS
 GALILEO
 GPS
 GLONASS
 GALILEO
 GPS
 GLONASS
 GALILEO
 Edisi Solar  Ya  Ya  Ya
 Tipe  Standard, Tactical  Standard, Camo, Tactical Surf, Dezl, Esports  Standard, Camo, Tactical Surf, Dezl
 Harga  Rp8.6 jutaan  Rp5.7 jutaan – Rp8.2 jutaan  Rp5.7 jutaan – Rp8.2 jutaan

Baca juga: Spesifikasi Garmin Instinct Crossover: Tahan Banting di Segala Kondisi

Fitur Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2

Setelah Anda mengetahui spesifikasi Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2 secara umum, penting pula diketahui mengenai fitur yang menjadi pembeda antara keduanya. Baik dari segi dan layar, ketahanan baterai, dan fitur lainnya. Selengkapnya Anda bisa lihat di bawah ini.

1. Desain dan Layar

Perbandingan yang pertama adalah dari segi desain dan layar yang dimiliki. Baik Garmin Instinct Crossover maupun Instinct 2 sama-sama mengadopsi hybrid. Yakni masih menggunakan tombol analog untuk pengaturannya dan layar yang kecil. Begitu pun dengan dimensinya yang tidak berbeda jauh. Hanya saja, Instinct Crossover bobotnya sedikit lebih berat.

Hal lainnya yang cukup mencolok adalah pada Crossover dibekali teknologi Super-LumiNova. Terutama pada bagian tengah jarum jam tangan maupun sisi layar. Dengan begitu, pengguna lebih mudah untuk melihat layar dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun.

2. Baterai

Berikutnya adalah dari segi ketahanan baterai keduanya. Secara umum, Garmin Instinct Crossover lebih efisien dibanding Instinct 2. Hal itu berkat adanya pembaruan chipset yang dimilikinya. Dimana chipset tersebut membuat performa baterai lebih efisien dan software yang lebih optimal. Selengkapnya bisa dilihat pada tabel berikut:

 Mode Baterai  Instinct Crossover  Instinct 2  Instinct 2s
 Smartwatch  Hingga 28 hari / 70 hari untuk tipe solar  Hingga 28 hari / Tak terbatas untuk tipe solar  Hingga 21 hari / 51 hari untuk tipe solar
 Mode Hemat  Hingga 71 hari / Tak terbatas untuk tipe solar  Hingga 65 hari / Tak terbatas untuk tipe solar  Hingga 50 hari / Tak terbatas untuk tipe solar
 GPS  Hingga 25 jam/ 31 jam untuk tipe solar  Hingga 30 jam/ 48 jam untuk tipe solar  Hingga 22 jam/ 28 jam untuk tipe solar
 Daya GPS Max  Hingga 111 jam/ 553 jam untuk tipe solar  Hingga 70 jam/ 370 jam untuk tipe solar  Hingga 54 jam/ 114 jam untuk tipe solar
 Ekspedisi & GPS  Hingga 40 hari / 327 hari untuk tipe solar  Hingga 32 hari / Tak terbatas untuk tipe solar  Hingga 25 hari / 105 hari untuk tipe solar

Sekadar catatan, ketahanan daya baterai selain dipengaruhi oleh mode yang diaktifkan juga faktor lainnya seperti mengaktifkan fitur-fitur unggulan. Misalnya fitur olahraga, fitur kesehatan, dan pendukung lainnya.

Baca juga: Garmin Instinct 2 vs Garmin Instinct, Apa Saja Perbedaannya?

3. Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2 – Chipset

Perbedaan yang ketiga antara Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2 adalah dari chipset utamanya. Sebelumnya, untuk seri Instinct masih menggunakan chipset buatan Sony. Namun, untuk tipe Crossover menggunakan chipset dari Airoha. Penggunaan Airoha sebenarnya sudah dilakukan Garmin di seri smartwatch high-end mereka seperti Fenix 7 dan Epix 2. Begitu juga pada kelas mid-range seperti Forerunner 255.

Dengan digunakannya Airoha untuk Crossover, maka Garmin pun mulai melakukan migrasi dari chipset Sony ke Airoha pada produk unggulan mereka. Pembaruan chipset tersebut tujuannya untuk meningkatkan akurasi berbagai fitur-fitur pentingnya. Misalnya fitur olahraga, kesehatan, keselamatan, navigasi, dan fitur pendukung.

4. Fitur Lainnya

Spesifikasi Garmin Instinct 2 (1)

Keempat dari segi fitur-fitur lain yang dimilikinya. Pada dasarnya, perebedaannya tidak begitu mencolok. Misalnya untuk fitur olahraga dan kesehatan yang keduanya sama-sama unggul dan lengkap. Di sisi lain, Garmin Instinct Crossover sudah mendukung untuk fitur NFC standar. Itu artinya, Anda dapat menggunakan fitur Garmin Pay di beberapa negara yang mendukung. Sebelumnya, fitur ini hanya ada pada di Garmin Instinct Solar dan DEZL.

Pembaruan fitur pada Crossover juga bisa dilihat dari kapasitas penyimpanan datanya. Pada seri Instinct 2 maupun Instinct 2s hanya 32MB. Sementara itu, di Garmin Instinct Crossover kapasitasnya sudah dua kali lipat lebih besar, tepatnya 64MB. Tentu, Anda dapat menyimpan data olahraga, kesehatan, dan aktivitas lainnya dengan lebih banyak dan lengkap.

Baca juga: Apakah Fitur Garmin Pay Dapat Digunakan di Indonesia?

Penutup

Nah, itu dia Sobat Doran ulasan mengenai perbandingan sekaligus perbedaan antara Garmin Instinct Crossover vs Instinct 2. Jika Anda mengutamakan ketahanan baterai lebih lama, termasuk penyimpanan dengan kapasitas lebih besar maka Instinct Crossover bisa dijadikan pilihan. Namun, untuk keperluan sehari-hari dan melihat dari segi harga, Anda dapat memilih Garmin Instinct 2.

Apapun pilihan Anda, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mendapatkan jam tangan Garmin Instinct Series terbaik di Doran Gadget. Sebagai official store Garmin Surabaya, Garmin Jakarta, Garmin Semarang, dan Garmin Bali, produk yang dijual adalah original dengan garansi resmi pabrikan.

Raih pula kesempatan mendapatkan harga terbaik di program dan promo tertentu untuk pembelian melalui website maupun aplikasi kami. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa follow Instagram Doran Gadget dari smartphone Anda sekarang juga.

Artikel terkait:

× WhatsApp