7 Olahraga Paling Banyak Membakar Kalori

membakar kalori, gaya hidup sehat, diet sehat

Dorangadget.com Terdapat banyak jenis olahraga untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan yang bisa Anda coba. Semakin banyak kalori yang terbakar, maka semakin cepat pula Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal. Lalu, bagaimana cara Anda mengetahui seberapa banyak kalori Anda terbakar selama berolahraga?

Apakah dengan melihat jumlah keringat yang Anda keluarkan, durasi juga upaya yang Anda lakukan? Cara tersebut memang bisa digunakan namun tidak sepenuhnya akurat. Satu-satunya cara paling akurat menghitung kalori terbakar yakni dengan monitor detak jantung.

Monitor detak jantung bisa menghitung jumlah kalori terbakar selama Anda melakukan aktivitas. Hal-hal yang menjadi pertimbangan untuk menghitung jumlah kalori seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan HRM (Heart Rate Monitor) untuk mengetahui pembakaran kalori sehari-hari. Namun ada baiknya Anda juga mengetahui berapa banyak kalori yang terbakar ketika Anda berolahraga untuk mengetahui olahraga apa yang paling banyak membakar kalori.

Faktor yang Mempengaruhi Pembakaran Kalori Selama Olahraga

Pelatih profesional Brooke Taylor menjelaskan bahwa faktor yang membedakan berapa banyak kalori yang terbakar selama olahraga meliputi banyak hal, seperti:

  • Zona pelatihan detak jantung: yakni target detak jantung dan zona detak jantung maksimal Anda untuk menyesuaikan dengan bagaimana Anda harus berlatih.
  • Denyut jantung saat istirahat: detak jantung normal saat keadaan normal antara 60-100 denyut per menit.
  • Berat badan: umumnya, semakin Anda berat, semakin banyak kalori yang akan Anda terbakar selama olahraga
  • Jenis latihan: latihan berbasis kardio akan membakar kalori lebih banyak daripada jenis olahraga lain seperti yoga atau angkat beban.

Baca: Panduan Lengkap Menghitung Kalori di Jam Garmin (Penting untuk yang Ingin Menambah atau Menurunkan Berat Badan

Berapa Banyak Kalori yang Terbakar Selama Olahraga

Meskipun jumlah kalori yang terbakar berbeda-beda. Namun ada perkiraan umum tentang sebanyak apa kalori yang Anda bakar selama berolahraga. Jika Anda ingin menurunkan berat badan secara alami, Berikut 7 olahraga yang paling banyak membakar kalori.

1. Jogging atau Lari

 

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Berlari menempati posisi paling tinggi karena mampu membakar kalori paling banyak. Bahkan dengan Anda berlari selama 30 menit dengan kecepatan pelan selama 30 menit, itu sanggup membakar 206 kalori. Untuk menambah pembakaran kalori, Anda bisa menambah intensitas atau interval sprint.

2. Mendaki

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Mendaki atau hiking juga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Anda yang hobi mendaki gunung, mungkin tanpa sadar sedang membakar banyak kalori, dengan 30 menit mendaki, Anda setara dengan membakar 176 kalori.

3. Bersepeda

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Bersepeda menjadi olahraga yang cukup banyak digemari belakangan ini. Hal ini tentu menjadi cara menyenangkan menurunkan berat badan. Saat bersepeda dengan santai dibawah 5,5 mph dengan durasi 30 menit, Anda bisa membakar 117 kalori. Dengan mengayuh semakin cepat dan durasi yang semakin lama, tentu kalori Anda semakin banyak yang terbakar.

4. Lompat Tali

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Olahraga lompat tali ternyata cukup efektif menurunkan berat badan karena mampu membuang kalori dengan cepat. Hanya dengan melakukan lompat tali selama 10 menit saja, Anda sudah membakar 115 kalori. Memang olahraga lompat tali ini begitu melelahkan bagi yang belum terbiasa, bahkan sebentar saja rasanya sudah sangat lelah.

5. Berjalan

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Jika Anda tidak sanggup berlari untuk membakar kalori, Anda bisa melakukan jalan kaki untuk menurunkan berat badan. Jalan kaki selama 30 menit itu setara dengan membakar 97 kalori. Olahraga ini sangat efektif dan cukup simpel karena bisa dilakukan dimana saja Anda berada.

6. Angkat Beban

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Angkat beban bukanlah cara yang cepat untuk membuang kalori atau menurunkan berat badan, dengan 30 menit angkat beban, Anda bisa membakar 88 kalori. Namun angkat beban bisa meningkatkan kekuatan, kekencangan otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan semakin banyak massa otot yang Anda miliki, semakin banyak juga kalori yang Anda bakar.

7. Yoga

menurunkan berat badan, membakar kalori, garmin watch

Meskipun yoga tidak membakar cukup banyak kalori, namun ini bisa menjadi pilihan ketika kondisi tidak begitu memungkinkan. Dengan melakukan yoga selama 30 menit, Anda bisa membakar 73 kalori.

Baca: Rekomendasi Jam Tangan Lari Garmin Terbaik 2020

Penutup

Itulah 7 olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi berat badan secara alami. Untuk memudahkan dalam menghitung jumlah kalori terbakar saat berolahraga juga detak jantung, Anda bisa menggunakan Garmin Watch.

Penggunaan jam tangan Garmin juga bisa menjadi motivasi Anda untuk terus berolahraga sekaligus membuat Anda tampil keren. Jam Garmin sendiri memiliki banyak varian yang bisa Anda pilih sesuai selera. Dengan begitu Anda bisa selalu memantau kondisi tubuh, baik saat beraktivitas atau saat sedang istirahat.