Apa Itu Drone FPV - FI

Doran GadgetDrone FPV semakin diminati dalam beberapa waktu belakangan. Ini bukan tanpa alasan. Sebab, drone jenis ini mampu menghadirkan pengalaman dan hasil gambar yang benar-benar berbeda dibandingkan drone konvensional. Seperti apa keunggulan, jenis, dan rekomendasinya? Simak ulasannya berikut!

Apa Itu Drone FPV dan Keunggulannya?

Drone DJI FPV
sc: Cined

FPV adalah singkatan dari First Person View yang berarti pandangan pertama dari sudut pandang pilot. Drone ini dikendalikan oleh seorang pilot yang menggunakan kamera yang terpasang di drone untuk melihat area sekitarnya secara langsung melalui kacamata VR atau monitor.

Hasil dari rekaman ini akan terhubung ke sistem video real-time. Ini memberikan pengalaman seperti pilot berada di dalam drone itu sendiri. Atau merasakan seolah terbang di ketinggian tertentu. Tentu, adanya drone jenis FPV akan memberikan pengalaman tersendiri dari sebelumnya yang menerapkan mode Line of Sight (LOS) atau tidak langsung.

Beberapa keunggulan dari jenis FPV drone di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberi pilot pengalaman real-time dan langsung dari penerbangan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
  • Dengan pandangan FPV, pilot memiliki kontrol yang lebih presisi atas drone mereka. Mereka dapat menghindari rintangan dengan lebih baik dan melakukan manuver yang sulit.
  • Pilot FPV dapat mempelajari keterampilan navigasi dan manuver yang menarik, yang dapat menjadi hobi yang positif dan bermanfaat.

Baca juga: Perbedaan Drone FPV DJI vs Drone Konvensional

Jenis FPV Drone yang Perlu Diketahui

sc: Cined

FPV drone terbagi dalam beberapa jenis. Perbedaan ini didasarkan pada ukuran, sistem yang dimiliki, hingga peruntukan dan gaYa terbangnya. Sebagaimana dilansir dari laman DJI, berikut penjelasan masing-masingnya.

1. Berdasarkan Ukurannya

Jenis yang pertama yakni berdasarkan ukurannya. Di sini ada tiga tipe yakni tipe small dengan ukuran propeller atau baling-baling kurang dari 4 inci. Drone tipe small ini juga dikenal dengan drone mini. Selanjutnya adalah medium yang berukuran 4-6 inci, dimana yang paling umum untuk drone FPV ini berada di kisaran ukuran 5 inci. Ukuran lainnya adalah large FPV dengan baling-baling berukuran 7 inci dan lebih untuk penerbangan lebih jauh.

2. Berdasarkan Sistem

Berikutnya adalah berdasarkan sistemnya. Drone FPV memiliki dua sistem utama yakni sistem berbentuk fisik dan fitur pintar. Adapun komponen fisik ini seperti rangka, baling-baling, dan lainnya. Sementara, untuk komponen fitur pintar ini terdiri dari air unit, kacamata khusus atau goggles, controller, dan lainnya secara keseuruhan. Dimana teknologi pintar ini membantu penerbangan lebih baik.

3. Berdasarkan Penggunaan

Pembagian jenis yang terakir adalah berdasarkan peruntukannya. Dalam hal ini drone FPV digunakan untuk kompetisi (racing), pengambilan gambar dan foto untuk footage lebih impresif, dan ketiga adalah gabungan keduanya. Yakni drone terbang dengan kecepatan tinggi dan bermanuver, sekaligus pilot drone mengambil angle yang tepat untuk hasil terbaik. Namun, di sini diperlukan keahlian khusus dari pilot drone. Untuk pemula, Anda bisa mencobanya mengasah skill ini dengan menggunakan simulator drone FPV agar lebih aman.

Baca juga: Begini Cara Menerbangkan Drone DJI FPV yang Aman!

Rekomendasi Drone FPV Terbaik dan Perangkatnya

sc: DJI Store

Lalu, apa saja rekomendasi drone FPV terbaik yang bisa dipilih? Salah satunya adalah brand dari DJI yang cukup terkenal karena fitur unggulannya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. DJI FPV

DJI FPV COMBO BLACK, Drone DJI FPV System, DJI Digital FPV System, DJI Indonesia, DJI Surabaya

DJI FPV adalah drone pertama DJI di sektor FPV setelah memproduksi drone konvensional. DJI FPV juga dilengkapi dengan fitur keselamatan tambahan, dan memiliki Mode Sport yang dapat mencapai kecepatan terbang hingga 60-87mph (mil per jam). Selain itu, dilengkapi dengan DJI FPV Remote Controller 2, dan juga kompatibel dengan DJI Motion Controller yang bisa dibeli secara terpisah. Kamera di DJI FPV mampu merekam gambar yang immersif hingga resolusi 4K pada kecepatan 60 frame per detik.

Harga DJI FPV: mulai Rp13 jutaan

2. DJI Avata

Setelah sukses dengan DJI FPV, pihak pabrikan kembali meluncurkan drone terbaru DJI Avata. Dimana drone ini memberikan kemudahan bagi para penggunaannya. Hal tersebut dikarenakan adanya fitur cerdas yang dikembangkan, kamera, dan stabilitas yang unggul. Bentuknya pun lebih ringkas dan ringan. Sehingga lebih mudah dibawa ke mana saja. Untuk mengetahui spesifikasi dan keunggulan DJI Avata selengkapnya, bisa klik di sini.

Harga DJI Avata: mulai Rp8.7 jutaan

3. DJI O3 Air Unit

Selain itu, DJI juga memproduksi unit khusus jika Anda ingin merangkai drone FPV custom. Yakni menggunakanDJI O3 Air Unit. Perangkat ini bisa dipasangkan di berbagai model. Seperti mobil RC, drone, dan sebagainya. Dengan sensor 1/1.7 inci, FOV super lebar 155°, dan tingkat latensi rendah dengan format HD, akan menghasilkan video sudut pandang pertama yang mengagumkan. Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Harga DJI O3 Air Unit: Rp3.7 jutaan

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone FPV Terbaik Saat Ini

Penutup

DJI Rilis DJI FPV Drone Hybrid
sc: DJI

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai apa itu drone FPV, jenis, dan rekomendasinya yang bisa Anda pilih. Ingat, selain sesuai dengan kebutuhan pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang hadir sebagai mitra resmi penjualan DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bandung, DJI Bali, DJI Banjarmasin, dan DJI Manado.

Semua barang yang kami jual adalah produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, dapatkan promo menarik di waktu tertentu. Baik untuk pembelian langsung di store maupun secara online di website maupun aplikasi Doran Gadget. Khusus, platform online tersebut Anda akan mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan produk aksesoris gadget favorit.

Informasi lebih lanjut mengenai produk, ketersediaan, dan konsultasi, jangan ragu untuk hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 0878-3460-1568. Admin kami akan merespon pertanyaan Anda dengan segera. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>